Beranda > revo > Saat Pekerjaan Impian Belum Ada Di Tangan Haruskah Mengalah Pada Pekerjaan yang Pertama Datang?

Saat Pekerjaan Impian Belum Ada Di Tangan Haruskah Mengalah Pada Pekerjaan yang Pertama Datang?

Saat berhasil meraih gelar sarjana tentu wajar rasanya bila kamu merasa gembira. Sederet ucapan selamat pun akan berdatangan menemanimu menyambut keberhasilan. Namun sayangnya rasa senang itu tidak akan berlangsung lama, karena (biasanya)  pertanyaan pamungkas seperti:

“Kapan mulai kerja?”

“Sudah keterima di mana?”

Akan menjadi kalimat ‘penghias’ hari-harimu selanjutnya. Kamu pun mulai dibuat galau dengan berbagai panggilan kerja yang datang silih berganti. Sebagai seorang yang baru lulus, tentu memiliki pekerjaan sesuai impian menjadi keinginan terbesar. Sayangnya nasib belum tentu selalu sepakat dengan itu. Misalnya nih Hipwee tanya, mana akan kamu pilih menunggu pekerjaan impian datang atau menyabet pekerjaan yang pertama datang?

 

 

Lulus dan mengantongi gelar sarjana tak serta merta membuat semua pintu terbuka. Pilihannya dua: mengambil kesempatan apapun yang ada di depan mata atau menunggu sampai pekerjaan impian tiba

pengalaman kerja yang utama

Sebelum akhirnya mengentaskan pendidikan tentu kamu punya sederet impian pekerjaan. Bagi yang berlatar belakang pendidikan Ilmu Komunikasi menjadi jurnalis atau penyiar radio kawakan bisa jadi telah menjadi mimpimu sedari kecil. Tidak hanya itu, kamu yang dulunya kuliah di bidang hukum sesungguhnya berkeinginan menjadi pengacara terkenal sekelas Ruhut Sitompul. Akan tetapi sayangnya belum tentu semua keinginanmu terkabul di awal.

Ada masanya kita harus ‘mengalah’ pada keadaan. Jika memang menjadi jurnalis atau pengacara terkenal belum bisa terkabul saat itu juga tak salah kamu menerima dulu pekerjaan lainnya. Dengan mengambil kesempatan kerja yang datang padamu meski itu belum tentu sesuai dengan keinginan kamu memiliki kesempatan untuk belajar. Berbagai ilmu yang dipelajari di sana tentunya akan berguna bagi kehidupan kelak. Bahkan sederet pengalaman tersebut bukan tak mungkin menjadi nilai lebih yang kamu miliki untuk mencari pekerjaan lainnya.

 

Menjalani pekerjaan pertama yang tak sesuai isi hati bukanlah harga mati. Setelah tuntas atau merasa bosan di sini toh kamu bisa memilih pergi– mencari kesempatan lain yang lebih menentramkan hati

masih banyak kesempatan yang menunggu

Hindari berpikir bahwa jika kamu mengambil pekerjaan yang tak sesuai dengan keinginan akan mematikan jenjang karir nantinya. Pekerjaan yang nantinya kamu lakoni tersebut bukanlah harga mati. Ingat selalu ada kesempatan bagi siapa saja yang mau berusaha. Di lingkungan pekerjaanmu, kamu akan bertemu dengan banyak ilmu baru yang tidak akan bisa kamu dapatkan kala memilih diam di rumah saja.

Kamu bisa men-charge otakmu dengan ilmu-ilmu tersebut. Jika memang nantinya dirasa tidak betah melamar pekerjaan di tempat yang baru tentu bisa kamu lakukan. Malahan dengan modal pengalaman kerjamu itu bisa menambah nilai jualmu sebagai calon karyawan. Pada intinya semakin kamu memiliki banyak pengalaman maka akan semakin besar pula kesempatanmu memilih pekerjaan yang sesuai dengan impian.

 

 

Otakmu bisa membayangkan betapa nikmatnya bekerja di perusahaan impian. Tapi bukankah tak ada pekerjaan yang tanpa beban? Di manapun kamu bekerja akan tetap kau hadapi tantangan dan beberapa hari yang masuk kategori menyebalkan

tiap pekerjaan memiliki tantangan

Kamu yang sudah memiliki ancang-ancang bekerja di bidang impian tentu berpikir bisa bekerja tanpa tangangan. Alasannya simpel, “Kan gue suka sama kerjaannya”.

Eits, meskipun kamu nantinya bisa berhasil bekerja di bidang yang kamu suka bukan berarti kehidupan karirmu akan berjalan mulus tanpa tantangan loh ya. Berbagai tantangan dalam pekerjaan akan tetap datang sekalipun jenis pekerjaan yang sedang kamu tekuni tersebut sesuai dengan passion-mu. Tidak salah memang jika dikatakan bekerja sesuai dengan kemauan akan memberi kekuatan untuk menghadapi setiap tantangan. Namun meskipun memiliki kekuatan bukan berarti juga kehidupan kerja bisa langgeng-langgeng saja.

 

 

Pada pekerjaan pertama yang jauh dari bayangan akan kamu dapatkan kesempatan. Secure key selanjutnya bagi langkah yang lebih ringan menuju pekerjaan impian

pengalaman

Seperti yang telah Hipwee katakan bahwa meskipun harus bekerja di bidang yang mungkin jauh dari keinginan akan memberi manfaat positif lainnya. Salah satunya adalah dengan mendapat link kerja. Mendapat tawaran dari sesama pekerja atau orang lain adalah hal lumrah ditemukan. Kalau kamu menunjukkan kualitas diri yang mumpuni tawaran pekerjaan dari berbagai pihak bisa saja datang. Justru bila kamu menunda-nunda memulai kerja dengan alasan tidak meminati bidangnya, maka kesempatan untuk meraih pekerjaan impian semakin jauh.

Di awal masa bekerja kamu mungkin setengah mati berusaha mendamaikan diri dengan pekerjaanmu tersebut. Akan tetapi yang perlu diingat adalah pekerjaan tersebut suatu saat bisa menjadi anak tangga mengantarkanmu ke pekerjaan impian nantinya.

 

 

Seperti labirin yang ujungnya masih belum tentu, kamu pun belum mengerti apa yang bisa diberikan pekerjaan ini padamu. Bisa jadi dia membukakan pintu yang selama ini ingin kamu tuju — siapa yang tahu?

modal pengalaman

Saat ini di dunia profesional memiliki pengalaman segudang adalah modal yang harus dimiliki jika ingin  menyabet berbagai pekerjaan impian. Jika kamu memiliki pengalaman yang menjanjikan maka kesempatan untuk memperoleh kerja yang baik akan semakin tinggi. Nah maka dari itu wajib hukumnya untuk memiliki “portofolio” dalam bentuk pengalaman kerja. Jadi meskipun tawaran kerja yang pertama datang tidak sesuai dengan mimpi jangan ditolak mentah-mentah ya. Pelajari dulu dan selidiki apakah pekerjaan tersebut akan memberi manfaat bagimu. Jika ya, meskipun bidangnya di luar dari keinginan ada baiknya kamu mempertimbangkan.

 

 

Pekerjaan pertama adalah gerbang yang mengajarkanmu untuk tidak tinggi hati. Dari situ pula kamu akan cerdik memilah pengalaman macam apa yang berguna bagi masa depanmu nanti

tapi tetap selektif

Akan tetapi meski sayang melewatkan pekerjaan pertama yang datang bukan berari kamu harus asal loh ya. Sebelumnya Hipwee juga pernah membahas 9 hal yang harus diketahui oleh fresh graduate saat mencari perusahaan. Dengan panduan tersebut kamu yang baru saja lulus bisa mengetahui ciri-ciri perusahaan yang berkualitas tanpa harus melewatkan berbagai kesempatan yang datang padamu.

Namun apapun hasil akhirnya, baik bagi kamy yang bertahan menunggu pekerjaan impian atau yang langsung menerima tawaran kerja pertama, Hipwee mendukung semuanya. Hal yang paling penting adalah kamu harus menjadi pribadi yang bertanggung jawab pada apapun pilihanmu nantinya ya!

 

Featured Image by: expertbeacon.com

sumber

Kategori:revo Tag:, , , , ,
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: