Arsip

Archive for 7 Februari 2015

Lagi Musim Rambutan Gan, Mengenal Buah Rambutan Yuk!

7 Februari 2015 1 komentar

Salam hangat gan and sis…
January ini rupanya sedang musim rambutan (Normalnya sih Desember hingga Maret) yak Gan, hampir semua pohon rambutan di daerah ane lagi giat-giatnya berbuah. Tentu ane penggemar buah rambutan setelah buah durian , ane jadi kepingin buat trit tentang buah rambutan, yang ternyata memiliki cerita dan manfaat yang nggak kalah dari buah yang lain.

ASAL USUL
BUAH RAMBUTAN

Quote:Rambutan adalah tanaman tropis yang tergolong ke dalam suku lerak-lerakan atau Sapindaceae, berasal dari daerah kepulauan di Asia Tenggara. Kata “rambutan” berasal dari bentuk buahnya yang mempunyai kulit luar menyerupai rambut. Rambutan banyak terdapat di daerah tropis seperti Afrika, Kamboja, Karibia , Amerika Tengah, India,
Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand dan Sri Lanka.

Pohon hijau abadi ini, menyukai suhu tropika hangat (suhu rata-rata 25 derajat Celsius), tinggi dapat mencapai 8m namun biasanya tajuknya melebar hingga jari-jari 4m. Daun majemuk menyirip dengan anak daun 5 hingga 9, berbentuk bulat telur, dengan variasi tergantung umur, posisi pada pohon, dan ras lokal.
Quote:Pertumbuhan rambutan dipengaruhi oleh ketersediaan air. Setelah masa berbuah selesai, pohon rambutan akan merona (flushing) menghasilkan cabang dan daun baru. Tahap ini sangat jelas teramati dengan warna pohon
yang hijau muda karena didominasi oleh daun muda.

Pertumbuhan ini akan berhenti ketika ketersediaan air terbatas dan tumbuhan beristirahat tumbuh. Warnanya hijau ketika masih muda, lalu berangsur kuning hingga merah ketika masak/ranum. Endokarp berwarna putih, menutupi “daging”. Bagian buah yang dimakan, “daging buah”, sebenarnya adalah salut biji atau aril, yang bisa melekat kuat pada kulit terluar biji atau lepas (“rambutan ace”/ngelotok).
Musimnya biasanya bersamaan dengan buah musiman lain, seperti durian dan mangga.

Rambutan
(Nephelium lappaceum)

Klasifikasi ilmiah

Regnum : Plantae
Divisio : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Ordo : Sapindales
Familia : Sapindaceae
Genus : Nephelium
Spesies : Nephelium lappaceum

JENIS JENIS RAMBUTAN

RAMBUTAN RAPIAH
Asal Pasara Minggu – Jakarta Selatan
Ciri khasnya:

Spoiler for :
Quote:
Buah berbentuk bulat dan mempunyai ciri khas yaitu adanya pelat pada kulitnya. Warna buah hijau kekuningan dengan rambut yang sangat pendek, kasar, agak jarang, dan berwarna hijau dengan ujung kemerahan.
Daging buah tebal, putih, agak kering, kenyal, ngelotok, dan kulit bijinya agak melekat.

Rasanya manis agak renyah dan aromanya tidak tajam. Bijinya kecil, berbentuk bulat, dan mempunyai pelat.
Buahnyakecil, dengan berat per buah sekitar 18-19 g. Produksinya tidak terlalu tinggi, per pohon 1.000-1.600 buah atau 18-30 kg per tahun. Daya tahannya mencapai enam hari setelah petik.
Soal rasa menurut ane ini paling manis Lezat dan harga tergolong mahal.
Nama Rapiah karena seperti rambut yang dipotong pendek dan rapi, maka di sebut rambutan Rapiah


RAMBUTAN Si Nyonya
Asal. Kampar, Riau
Ciri khasnya:

Spoiler for :
Quote:
Warna buah rambutan ini sangat cantik dan menarik mata, rambut buahnya lebat dan berwarna merah terang.
Tapi jangan tertipu dengan warnanya yang merah menyala, justru buah ini rasanya TIDAK manis, melainkan cenderung asam. Kandungan air buahnya banyak, buahnya tipis dan menempel pada biji buah.
Namun rambutan ini termasuk jenis yang disukai dan diburu karena rasanya yang unik.

RAMBUTAN Binjai
Asal Binjai – Sumatera Utara
Ciri khasnya:

Spoiler for :
Quote:
Inilah rambutan yang paling nikmat dan memiliki varietas paling unggul.
Rambutan yang berasal dari Sumatera Utara ini rasanya manis dan segar, daging buah tebal dan kering.
Bibit buah Rambutan Binjai telah tersebar dan dibudidayakan di berbagai tempat di Indonesia, seperti Blitar, Jawa Timur.Soal rasa menurut ane ini paling manis Lezat dan harga tergolong mahal.

RAMBUTAN Tangkue LebakAsal Banten dari Kecamatan Maja, Banten
Ciri khasnya:

Spoiler for :
Quote:
Rasanya manis
Buahnya besar berbentuk lonjong
Telah dipatenkan oleh balai sertifikasi benih unggulan di Bogor
Menjadi andalan eksport ke Timur Tengah

RAMBUTAN Cimacan
Asal Cianjur, Jawa Barat
Ciri khasnya:

Spoiler for :
Quote:
Kurang lebat buahnya dengan rata-rata hasil 90-170 ikat per pohon,
kulit berwarna merah kekuningan sampai merah tua, rambut kasar & agak jarang,
rasa manis, sedikit berair tetapi kurang tahan dlm pengangkutan.

Rambutan Bahrang
Asal Langkat, Sumatera Utara
Ciri khasnya:

Spoiler for :
Quote:
Ukuran rambutnya lebih panjang dari jenis lain
Warna dagingya agak kekuningan
Rasanya manis lezat

Rambutan Lebak Bulus
Asal Pasar Minggu, Jakarta Selatan
Ciri khasnya:

Spoiler for :
Quote:
Kulit buah berwarna merah kuning, halus, rasanya segar manis-asam banyak air & ngelotok
Daya simpan 4 hari setelah dipetik
buah ini tahan dlm pengangkutan

Rambutan Sibatuk Ganal
Asal Sungai Andai, Kalimantan Selatan
Ciri khasnya:

Spoiler for :
Quote:
Jenis rambutan ini berasal dari Sungai Andai, Kalimantan Selatan.
Buahnya cenderung lebih besar dari jenis rambutan lain, warnanya merah kekuningan.
Jika sudah matang, daging buah rambutan akan mudah terlepas dari bijinya.
Kandungan air pada buahnya cukup banyak, buahnya mempunyai rasa manis dan segar.

Rambutan Narmada
Asala Nusa Tenggara Barat
Ciri khasnya:

Spoiler for :
Quote:
Rambutan yang satu ini berasal dari Lombok.
Rasanya sangat istimewa dan karakteristik daging buah sangat spesifik, daging buahnya tidak lembek.
Rambutan Narmada berwarna menarik, kuning berpadu dengan merah, sangat berbeda dengan jenis rambutan yang lain. Diluar daerah seperti Bali dan Jawa jenis Rambutan Narmada sangat disukai.

Rambutan Garuda
Asal Sungai Andai, Kalimantan Selatan
Ciri khasnya:

Spoiler for :
Quote:
Disebut juga rambutan raksasa karena ukurannya yang lebih besar dari rambutan pada umumnya, panjang buah mencapai 7 cm, dengan diameter sekitar 3 cm.
Rambutan Garuda berasal dari daerah Sungai Andai, Kalimantan Selatan.
Rambut buahnya berukuran panjang, agak rapat, dan berwarna merah dengan ujung kekuningan.
Daging buahnya berwarna putih dengan ketebalan bisa mencapai 7 mm.
Keunikannya, selain manis, rasa rambutan ini juga agak gurih dan daging buahnya paling kering dibandingkan rambutan jenis lainnya.

Rambutan Sibongkok
Asal Sungai Luhut, Kalimantan Selatan
Ciri khasnya:

Spoiler for :
Quote:
Rambutan si bongkok merupakan salah satu rambutan kebanggaan warga Kalimantan Selatan.
Jenis yang sudah dilepas sebagai varietas unggul ini berasal dari Sungai Luhut.
Salah satu ciri jenis ini adalah buahnya merah tua kecokelatan, berbentuk lonjong dengan rambut yang agak halus. Daging buahnya putih bening, agak kering, dan ngelotok dengan kulit biji agak melekat.
Rasanya manis dan aromanya kurang tajam.
Bijinya berukuran relatif kecil dan berbentuk bulat panjang dengan ujung agak membengkok.
Buahnya cukup besar, herat rata-rata per buah sekitar 51 g.
Produktivitasnya per pohon 3.500-4.500 buah atau sekitar 175-225 kg per tahun.

Rambutan Antalagi
Asal Sungai Andai, Kalimantan Selatan
Ciri khasnya:

Spoiler for :
Quote:
Rambutan ini juga berasal dari daerah Sungai Andai, Kalimantan Selatan.
Buahnya berbentuk bulat memanjang, agak pipih, dengan rambut buah pendek berwarna hijau dan sedikit kuning.
Rasanya sangat manis dan mempunyai aroma buah yang sangat harum.
Rambutan antalagi termasuk jenis rambutan terbaik khas Indonesia.

Kandungan Yang Ada di Buah Rambutan

Meski buahnya tidak beraroma dan tidak berwarna,
tetapi kandungan senyawa yang ada di dalam buah rambutan ini sama saja dengan buah lainnya.

Para peneliti menjumpai sejumlah senyawa antara lain kalium, vitamin C, zat besi, protein, fosfor, kalsium,
tannin, saponin, serat, air dan masih banyak lagi lainnya.

Dalam hitungan sederhana, 3 buah rambutan itu mengandung kalori sebanyak 69 kalori,
karbohidrat sebanyak 18,1 gram, dan vitamin sebanyak 58 mg.

Sementara itu kadar serat di dalam rambutan berkisar di angka 2 gram per 100 gram berat buah rambutan itu sendiri.
Angka ini cukup tinggi maka akan bermanfaat sebagai patner mereka yang inign berdiet atau
ingin menurunkan berat badan

Manfaat Buah Rambutan

Membantu memelihara kesehatan sistem pencernaan manusia

Mengandung Vitamin C Lebih Tinggi dari Jeruk, Apel, Anggur dan Pisang

Serat yang tinggi pada rambutan akan menghindarkan Anda dari sistem pembuangan yang macet alias sembelit

Serat ini juga membuat lambung jauh lebih sehat

Rasa manis pada rambutan akan memebri energi extra,
kandungan gulanya jenis gula sederhana yang gampang dicerna

Kaya akan zat besi yang baik untuk mengontrol kadar oksigen dalam tubuh

Mencegah terjadinya anemia, sehingga tidak mudah lelah dan pusing

Memberikan 4,3 persen kebutuhan fosfor harian tubuh sehingga metabolisme jaringan dan sel tubuh tetap terjaga kesehatannya dan membantu tubuh agan menjadi lebih bugar

Akar tanaman ini untuk obat demam

Kulit kayunya untuk obat radang mulut

Daunnya untuk obat sakit kepala sebagai tapal (popok)

►► ATTENTION! ◄◄
Bagi ibu-ibu hamil TIDAK DI SARANKAN memakan buah Rambutan yang telah matang benar,
memerah, karena memiliki kandungan senyawa alkohol yang berakibat
buruk bagi kesehatan ibu dan janin.

Rambutan yang terlalu matang juga memiliki kadar gula yang berlebih sehingga
dapat menimbulkan penyakit diabetes

Tips Memilih Buah Rambutan Jenis Rapiah / Binjai
Banyak orang menyukai buah rambutan jenis Rapiah dan Binjai, ciri khas aslinya sudah di jelaskan diatas,
namun supaya tidak terjebak oleh penjual nakal perhatikan jenis rambutnya.

Rapiah dan Binjai asli rambutnya nyaris botak, pendek dan jarang.
Ada penjual yang nakal menipu pembeli dengan cara buah rambutan jenis lain rambutnya di gunting atau dibakar sedikit guna mendapatkan kesan rambut menjadi pendek dan natural

Ada juga penjual yan nakal mencampur rambutan Rapiah atau Binjai asli dengan jenis lainnya,
yang penting kenali jenis asli buah Rapiah dan Binjai

Saat membeli perhatikan 1 kelompok ikatan,
penjual nakal suka mencampur rapiah atau binjai asli dengan palsu tadi, lagi-lagi perhatikan bentuk rambutnya
dan ukuran buahnya.

۞ PANEN RAMBUTAN, Gan ۞

Sumur :
http://id.wikipedia.org/wiki/Rambutan
dan berbagai sumber dari Google

Beginilah Kemewahan Pulau Buatan di Doha, Qatar

Halo semuanya, ketemu lagi sama ane nih di thread Amazing lainnya Kali ini ane akan membahas tentang hal-hal yang menakjubkan dari seluruh dunia Sadar gak sih gan kalo lahan di dunia udah makin sedikit dengan banyaknya penduduk di duinia yang setiap harinya terus bertambah? Nah banyak inovasi yang bisa dilakukan oleh pemerintahan, mulai dari pembangunan apartemen, rusun bahkan yang gila membangun pulau buatan di lepas pantai gan Nah beberapa negara telah mewujudkan ‘ide gila’ itu dan membangun pulau buatan yang gak kalah mewah sama hotel berbintang loh Setelah ane baca-baca thread di kaskus tentang Proyek Pulau Buatan  (kask.us) ane jadi pengen bahas salah satunya gan Dan sekarang ane akan membahas tentang salah satu pembangunan pulau buatan super mewah di Doha, Qatar Penasaran kek apa pulau buatan itu? Yuk langsung aja cekidot gan

Quote:The Pearl-Qatar di Doha, Qatar, adalah sebuah kompleks perumahan mewah yang sedang dikembangkan di sebuah pulau buatan, di lepas pantai Doha West Bay Pulau ini dibuat di atas tanah reklamasi seluas 4 km2, dan berjarak 32 kilometer dari garis pantai baru, pulau ini juga dilengkapi dengan vila pribadi, puluhan apartemen dan ratusan rumah yang tentunya dengan desain dan harga yang fantastis, bersama dengan hotel mewah dan toko-toko mewah dan restoran Pada musim semi tahun 2012, lebih dari 5.000 warga telah pindah kepulau buatan ini Ketika konstruksi selesai pada tahun 2015, pulau ini akan memiliki ruang yang cukup untuk 41.000 orang The Pearl-Qatar adalah salah satu proyek pembangunan yang paling ambisius di Qatar, dan pengembangan pertama yang menawarkan hak milik dan perumahan untuk klien internasional.

Nama dari pembangunan ini adalah “Pearl” (Mutiara) mengacu pada industri mutiara sebagai sumber anggaran utama yang digunakan untuk membangun pulau buatan ini di atas laut yang dangkal Qatar adalah salah satu pedagang mutiara utama di Asia, sebelum Jepang memperkenalkan mutiara yang lebih murah dan lebih terjangkau sebelum booming minyak Qatar di dunia. Desain pulau ini juga menyerupai kalung mutiara

Quote:

Ini salah satu pulau buatan di Pearl Qatar yang udah rampung gan

Ketika memasuki Pearl Qatar, agan akan disambut oleh pintu gerbang ke pulau buatan yang menawarkan jalan setapak mewah terpanjang di dunia, dengan panjangnya 3,5 kilometer yang nantinya akan melewati gedung mewah bernama “La Croisette”, yang merupakan rumah bagi merek perhotelan internasional dan butik high-end Distrik Porto Arabia juga meliputi 31 tower apartemen di sekitar laguna dengan bentuk melingkar dan sebuah pulau kecil di tengah sebagai pusatnya dan pelabuhannya pun bisa menampung hingga 750 kapal Ada juga lebih dari 400 rumah perkotaan, lebih dari 6.000 ruang parkir dan beberapa ruang yang luas untuk toko ritel termasuk banyak outlet terkenal secara internasional Termasuk merek dagang seperti Giorgio Armani, Hugo Boss, Roberto Cavalli dan Elie Saab Bahkan di pulau ini kita akan sseperti berada di Venesia, Itali, lengkap dengan sistem kanal yang luas, dan plaza dan rumah yang langsung menghadap ke pantai. Bahkan ada replika jembatan Venesia yang terkenal, Rialto

Ketika proyek ini pertama kali dicanangkan pada tahun 2004, biaya awal pembangunan pulau buatan ini mencapai $ 2,5 miliar Dan sekarang banyak yang percaya bahwa proyek ini akan menelan biaya lebih dari $ 15 miliar setelah selesai nanti

Quote:

Ini kalo dilihat dari satelit gan, keren yan

Nantinya akan ada 4 bagian utama di Pearl Qatar yang menjadi daya tarik utama, yaitu meliputi: ____

Porto Arabia Towers, dengan jumlah menara 31 dan total 4.700 apartemen. Format alamat adalah 1 untuk Porto Arabia. Beberapa referensi menggunakan PA-1 untuk kenyamanan Viva Bahriya Towers, akan ada 29 menara secara keseluruhan. Format alamat adalah 1 juga untuk Viva Bahriya, dengan nama VB-1 Qanat Quartier, dibagian ini memiliki sistem kanal yang luas, jalan setapak buat pejalan kaki dan plaza dan townhouse pantai. Penduduk pertama mulai tinggal di Qanat Quartier pada tahun 2012. Setelah selesai akan ada: 977 apartemen perumahan di 31 bangunan, 188 townhouse, 15 jembatan, termasuk replika jembatan Rialto, 200 unit ritel, 320.000 kaki persegi ruang ritel, 1.135 ruang parkir untuk mobil, 200 tambatan di pelabuhan untuk kapal laut, serta Kempinski Resort dan Spa Abraj Quartier, terletak di tepi pintu masuk The Pearl Qatar, dan akan memiliki 7 menara dan juga termasuk gedung tertinggi direncanakan untuk pembangunan, dengan jumlah lantainya sampai 40 lantai

Berikut ini adalah beberapa galeri tentang pulau buatan Pearl Qatar di Doha, Qatar

Spoiler for The Pearl Qatar:

Lagi tahap pembangunan nih gan, beberapa tahun yang lalu

Spoiler for The Pearl Qatar:

Bah… Rumahnya bagus-bagus banget ya gan jadi pengen tinggal disitu yak

Spoiler for The Pearl Qatar:

Nah kalo ini apartemen yang ada di pinggiran Pearl Qatar gan, gak kalah mewah juga loh

Spoiler for The Pearl Qatar:

Lagi dibangun juga nih gan, proyek masa depan

Spoiler for The Pearl Qatar:

Betapa indahnya dunia kalo melihat rumah kek gitu gan

Spoiler for The Pearl Qatar:

Ditambah pemandangan malam hari yang sangat menakjubkan

Spoiler for The Pearl Qatar:

Pintu gerbangnya nih gan, udah mewah kan depannya

Spoiler for The Pearl Qatar:

Pelabuhan disana nih gan, keknya juga masih tahap pembangunan

Nah bagus banget ya gan hasil pembangunan Pearl Qatar-nya Mungkin gak kaskuser ada yang mau pindah kesana nantinya, mungkin 5 tahun yang akan datang? Kalo gitu ane tunggu disana aja ya gan, dadaaahh~   

SUMBER

Renungan buat pendengar lagu dan muzik

Lagu dan muzik mungkin tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan kita pada masa kini. Di mana-mana sahaja anda berada pasti tidak terlepas mendengarnya. Hatta, ada yang menjadikan lagu dan muzik sebagai perkara utama dalam kehidupan sehingga menjadikannya sebagai kerjaya hidup dan tak kurang yang meleleh air mata dek kerana terlampau menghayati lagu-lagu cintan yang mengguris hati dan menggamit kenangan lampau.
 
Kita bukan hendak berbicara tentang hukum hakam lagu atau muzik, perbahasan mengenai ini mungkin sudah selesai lama yakni berlaku khilaf pandangan ulama tentang ini. Jika anda berpegang kepada keharusan mendengar lagu dan muzik, maka kita di sini ingin bertanya kepada anda, sejauh manakah anda dapat mengawal diri sendiri daripada terhimpit kepada kelalaian yang melampau sehingga menghancurkan roh-roh Islam yang ada pada diri? Maka renung-renungkanlah.
 
***
 
 
 
Anda menghabiskan masa yang banyak dengan mendengar lagu dan muzik, jadi bilakah anda mendengar Al-Qur’an?
 
Allah berkata dalam Al-Qur’an:
وَلَقَدْ ذَرَأْنَا لِجَهَنَّمَ كَثِيرًا مِنَ الْجِنِّ وَالْإِنْسِ لَهُمْ قُلُوبٌ لَا يَفْقَهُونَ بِهَا وَلَهُمْ أَعْيُنٌ لَا يُبْصِرُونَ بِهَا وَلَهُمْ آذَانٌ لَا يَسْمَعُونَ بِهَا أُولَئِكَ كَالْأَنْعَامِ بَلْ هُمْ أَضَلُّ أُولَئِكَ هُمُ الْغَافِلُونَ
«Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan untuk Jahannam itu banyak daripada jin dan manusia. Mereka mempunyaï hati-hati yang mereka tidak memahami dengannya, dan mereka mempunyaï mata-mata yang mereka tidak melihat dengannya, dan mereka mempunyaï telinga-telinga yang mereka tidak mendengar dengannya. Mereka itulah seperti binatang ternakan, bahkan mereka lebih sesat. Mereka itulah orang-orang yang lalai» [Al-A`raf: 179]
 
At-Tabariy menyebut ta’wil ayat ini sebagai:
وكذلك قوله:(ولهم آذان لا يسمعون بها)، آيات كتاب الله، فيعتبروها ويتفكروا فيها، ولكنهم يعرضون عنها
Dan demikian kata-Nya: «Dan mereka mempunyaï telinga-telinga yang mereka tidak mendengar dengannya» ayat-ayat Kitabu Llah, dan mengambil pengajarannya dan berfikir tentangnya, tetapi mereka menjauhi daripadanya.
 
 
 
Anda menghabiskan usia anda untuk menghafal dan berhibur dengan lagu dan muzik, tetapi tidakkah anda membaca ayat berikut?
 
Allah berkata dalam Al-Qur’an:
الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ
«Orang-orang yang beriman dan yang tenang hati-hati mereka dengan mengingati Allah. Ketahuïlah bahawa dengan mengingati Allah ia akan menenangkan hati-hati» [Ar-Ra`d: 28]
 
 
 
Anda berhujah bahawa ia dibenarkan selagi tidak melalaikan. Tetapi tidakkah anda terlalai daripada ayat Allah di bawah ini?
 
Allah berkata dalam Al-Qur’an:
أُولَئِكَ الَّذِينَ لَعَنَهُمُ اللَّهُ فَأَصَمَّهُمْ وَأَعْمَى أَبْصَارَهُمْ * أَفَلَا يَتَدَبَّرُونَ الْقُرْآنَ أَمْ عَلَى قُلُوبٍ أَقْفَالُهَا
«Mereka itulah orang-orang yang Allah melaknat mereka, dan Dia memekakkan mereka dan membutakan penglihatan mereka. Tidakkah mereka meneliti Al-Qur’an? Atau terdapat di atas hati-hati mereka kunci-kuncinya?» [Muhammad: 23-24]
 
 
 
Tidakkah lagu dan muzik itu melalaikan anda daripada meneliti dan memahami Al-Qur’an? Sedangkan Allah menyuruh mengingati-Nya?
 
Allah berkata dalam Al-Qur’an:
وَاذْكُر رَّبَّكَ كَثِيرًا وَسَبِّحْ بِالْعَشِيِّ وَالإِبْكَارِ
«Dan ingatlah Tuan kamu banyak-banyak, dan bertasbihlah ketika petang dan pagi» [Ali `Imran: 41]
 
 
 
Jika anda hanya mendengar satu atau dua lagu sehari, yang mungkin memakan hanya lima hingga sepuluh minit, maka itu tidaklah menjadi suatu kesalahan.Namun, jika earphone anda sentiasa di telinga, dengan iPod atau mp3 player anda sentiasa di sisi, tidakkah itu melalaikan anda daripada-Nya?
 
Allah berkata dalam Al-Qur’an:
إِنَّ السَّمْعَ وَالْبَصَرَ وَالْفُؤَادَ كُلُّ أُولَئِكَ كَانَ عَنْهُ مَسْئُولًا
«Sesungguhnya pendengaran dan penglihatan dan hati, setiap itu – terhadapnya – akan disoal» [Al-Isra’: 36]
 
 
 
Maka apakah jawapan anda terhadap soalan itu nanti?
 
WaLlahu a`lam. 
Kategori:revo
%d blogger menyukai ini: