Beranda > revo > 6 Alasan Mengapa Kamu Tak Perlu Ragu Menjalani Hidup Dengan Mengalir dan Apa Adanya

6 Alasan Mengapa Kamu Tak Perlu Ragu Menjalani Hidup Dengan Mengalir dan Apa Adanya

Hidup itu harus punya tujuan

Ya, Hipwee setuju, tujuan hidup itu memang perlu. Ingin menjadi dokter, ingin menikah di usia 27 tahun, atau ingin punya usaha sendiri. Tujuan-tujuan ini seakan membuat hidupmu lebih berarti, karena ada sesuatu yang berhasil dicapai sebelum akhirnya meninggalkan dunia ini.

Namun sebenarnya, memaknai hidup bukan hanya sekadar berhasil mencapai tujuan saja. Terkadang, kamu perlu membiarkan hidupmu mengalir apa adanya, tanpa rencana yang sudah saklek ditentukan. Mengapa? Karena kamu akan bisa merasakan hidup to the fullest dan mendapatkan keuntungan-keuntungan ini.

1. Hidupmu tidak lagi berada dalam “kotak”. Seluruh kemampuan bisa kamu eksplorasi tanpa batas

Kemampuan dirimu tereksplor dengan maksimal

Terlalu terpaku dan terobsesi pada tujuan hidup yang telah ditentukan akan membuatmu hidup di dalam kotak. Kamu hanya akan terfokus untuk mencapai tujuan itu saja, sehingga kemampuan yang kamu kembangkan pun juga cuma yang dapat membantumu mencapai tujuan tersebut. Hasilnya, kemampuan dan bakat lain yang masih banyak dalam dirimu jadi terabaikan. Sayang sekali, ‘kan?

Nah, ini bisa jadi berbeda kalau kamu membiarkan hidupmu mengalir. Bukannya tanpa tujuan, hanya saja terkadang kamu perlu membiarkan hidupmu berjalan di luar skenario. Kamu bisa tanpa ragu mencoba berbagai hal baru yang mungkin di luar dari tujuan hidupmu, misalnya belajar memasak, memainkan alat musik, atau mencoba menulis dengan membuat blog pribadi. Kamu tidak mau menyia-nyiakan sedikit pun potensi yang ada dalam dirimu. Ya, walaupun mungkin tidak berhubungan langsung dengan tujuan utama hidupmu, kamu yakin kemampuan ini akan menjadi soft skillyang berguna untuk hidupmu sehari-hari.

2. Kamu lebih berani mencoba banyak hal. Pilihan untuk masa depanmu pun menjadi lebih beragam

Kamu bisa memilih masa depan yang lebih beragam

Menjalani hidup dengan santai dan mengalir, membuatmu tidak terpaku pada 1 tujuan hidup saja. Banyak hal yang selalu ingin kamu coba dan alami, seluruh kemampuan dirimu pun turut berkembang dengan maksimal. Tidak heran rasanya kalau masa depanmu begitu terbuka lebar; banyak pilihan yang bisa diambil sebagai jalan hidupmu.

Kamu ingin menjadi penulis? Bisa! Toh, selama ini kamu sudah rajin membuat tulisan untuk blog pribadi. Ingin bergabung dengan tim futsal kampus? Bukan masalah! Pasalnya, kamu tidak pernah absen melatih dirimu dengan bermain bersama teman-teman kostan setiap akhir pekan. Dalam mencari pekerjaan juga kamu tidak memilih-milih lokasi. Dapat di daerah terpencil pun kamu siap karena sudah melatih jiwa survival-mu dengan berbagai pendakian dan perjalanan yang ditempuh dulu.

Pokoknya kamu tidak lagi akan bingung. Dengan kemampuan tak terbatas yang selalu diasah, kamu bisa melakukan apa saja untuk masa depanmu.

3. Kamu akan mudah merasa bahagia, bahkan dari hal yang paling sederhana

Kamu akan mudah merasa bahagia

Keuntungan lain dan terpenting yang bisa kamu dapatkan dari menjalani hidup dengan mengalir adalah kamu akan mudah merasa bahagia. Kamu akan terlatih untuk tidak menaruh ekspektasi kebahagiaan terlalu tinggi. Bahkan hanya dengan hal-hal sederhana yang kamu alami setiap hari, kamu bisa merasakan bahagia.

Kamu tidak memerlukan mobil baru, memenangkan undian, atau makan malam romantis untuk bisa merasa bahagia. Buatmu, berhasil menyelesaikan tugas tepat waktu, berhasil sampai di rumah sebelum hujan turun, atau sesederhana berhasil menyantap makanan yang kamu ingin selama seminggu, sudah cukup untuk membuat senyum tersungging di wajahmu.

4. Kamu akan sadar bahwa kegagalan bukanlah sebuah akhir yang harus ditakutkan

Kegagalan menjadi sebuah refleksi, bukan lagi ditakuti

Dengan membiarkan hidupmu berjalan dengan mengalir dan apa adanya, kamu tidak akan merasa takut gagal. Pasalnya, kamu tidak lagi menjadi seseorang yang berekspektasi tinggi untuk berhasil atau menebak-nebak hasil yang kelak didapat. Kamu hanya terfokus untuk melakukan sesuatu dengan maksimal. Untuk hasil, itu masih urusan nanti. Dan itulah poin dari memiliki kehidupan yang mengalir.

Buatmu, kegagalan bukanlah akhir, apalagi sesuatu yang harus ditakutkan. Kegagalan sama saja dengan keberhasilan, yang memberikan sebuah pengalaman baru setiap selesai melakukan sesuatu atau membuat keputusan tertentu.

5. Bangun tidur tidak lagi membuatmu ogah-ogahan karena kamu tahu hari itu akan ada banyak kejutan

Kejutan seperti ini bisa kamu dapatkan di jalanan

Rutinitas bukan lagi menjadi sebuah momok menakutkan dan membosankan jika kamu menjalani hidup dengan mengalir. Soalnya, kamu meyakini bahwa setiap harinya, di sela-sela rutinitas, akan selalu ada hal baru yang mengejutkanmu.

Harimu biasanya diisi dengan kuliah atau bekerja, mengerjakan tugas, pulang, dan kemudian terus. Jika hidupmu terlampau teratur, mungkin hanya 4 kegiatan itu saja yang kamu lakukan. Tapi, orang yang menjalani hidup dengan spontan dan mengalir akan menambahkan hal-hal baru setiap harinya. Hal-hal ini boleh saja tidak direncanakan sebelumnya tapi efeknya bisa memberikan pengalaman baru dan kejutan untukmu.

Misalnya di sela-sela rutinitas, kamu menonton film asal di bioskop sepulang kerja dan ternyata film tersebut memiliki jalan cerita yang bagus dan mengagumkan. Atau saat pulang, kamu memilih berjalan kaki sebentar untuk menikmati sore di pinggiran jalan dan kendaraan yang lalu-lalang. Walaupun banyak asap, kamu bisa lebih mengenal kehidupan kotamu di kala sore. Di mana banyak penjaja makanan mulai keluar dan membangun tendanya, atau deretan lelaki dengan motor di depan gedung yang siap menjemput wanitanya pulang kerja.

6. Kamu akan paham bahwa hidup bukan hanya sekadar gagal dan berhasil saja, tetapi juga mengambil risiko untuk pengalaman di masa depan

Ambillah risiko

Hidup hanya akan sekadar gagal dan berhasil, jika kamu terus menerus terpaku pada tujuan hidup yang itu-itu saja. Bagaimana cara supaya bisa berhasil menggapainya, bagaimana jika nanti justru kegagalanlah yang didapat. Terus-terusan hanya berpikir akan 2 hal ini saja, hidupmu akan terasa sia-sia.

Lakukan saja apa yang kamu inginkan. Beranilah mengambil risiko. Hidup akan terasa membosankan jika kamu terus bermain aman. Misalnya dalam kepanitiaan, masukilah divisi yang selama ini belum pernah kamu coba. Kembangkan dirimu dan gali berbagai manfaat yang bisa diambil. Kamu mungkin tidak langsung bekerja dengan baik, sesekali juga kamu bisa kena “semprot” karena lalai dalam menjalankan tugas. Tapi dari situ kamu bisa belajar bahwa hidup bukan hanya berhasil atau gagal saja, tetapi juga mengambil risiko yang dapat memperkaya pengalaman kita.

Dan kelak, bukan predikat “Si Berhasil” atau “Si Gagal” saja yang akan menentukan hidupmu di masa depan, melainkan seberapa banyak pengalaman dan pelajaran yang berhasil membuatmu menjadi manusia yang lebih baik.

Menjalani hidup dengan santai, mengalir, dan apa adanya bukan berarti tanpa tujuan. Hanya saja, sesekali kamu perlu untuk hidup keluar dari skenario kehidupan sempurna yang kamu buat. Keluarlah dari “kotak”, biarkanlah kejutan-kejutan terus datang di hidupmu, dan kamu akan merasakan kenikmatan sesungguhnya dari kehidupan.

Artikel ini terinspirasi dari laman Elite Daily. Artikel asilinya bisa dilihat disini.

sumber

Kategori:revo
  1. 26 April 2015 pukul 4:39 pm

    Bagaimana cara mengatasi keputus asaan?🙂 Makasih

    Suka

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: