Arsip

Posts Tagged ‘punya’

Kini, Keping CD/DVD yang Sudah Gak Zaman Bisa Kamu Sulap Jadi Barang Sekeren Ini!

CD? DVD? Udah gak jaman kaleee!

Kemajuan teknologi yang berkembang pesat membuat barang-barang lama mulai tergilas relevansinya. Gak terkecuali dengan kepingan CD atau DVD yang kamu punya. Dulu, saat tahun 2000-an CD/DVD menjadi barang mewah. Rekaman video klip, film, hingga mp3 menjadi koleksi berharga yang bikin kamu bangga. Namun sejak flashdisk, external HD, dan layanan streaming internet hadir, barang-barang ini perlahan usang. Daripada membeli film dalam bentuk CD/DVD, kamu lebih sukadownload atau streaming sendiri. Kamu pun harus bertanya-tanya:

Mau diapakan lagi CD sama DVD ini? Dijual aja pasti udah nggak laku lagi.

Daripada membuangnya ke tempat sampah dan menambah pencemaran lingkungan, gak ada salahnya kamu memanfaatkannya untuk jadi hiasan. Selain ramah terhadap alam, barang sehari-hari yang kamu punya bisa terlihat lebih gaya. Mau tahu bagaimana caranya? Simak ulasan Hipwee berikut ini yuk!

 

1. Daripada hanya disimpan di gudang, bungkus saja CD-mu dengan kain dan jadikan tempat gantungan.

CD/DVD mu dibikin gantungan yang bermanfaat

Kepingan CD/DVD mengandung bahan kimia yang susah diurai di alam. Akibatnya, kepingan-kepingan inipun menjadi pencemar lingkungan. Nah, dari pada tumpukan keping CD/DVD jadulmu makin memperparah keadaan, kamu bisa mengolahnya menjadi barang yang bermanfaat. Salah satu barang yang bisa kamu buat sendiri dari kepingan CD/DVD adalah tempat gantungan perkakas seperti di foto ini.

Bahan yang kamu butuhkan:

  • Kepingan CD/DVD
  • Kain flanel polos dan warna warni
  • Lem (misalnya lem E 600)
  • Gunting

Caranya mudah kok, pertama-tama kamu siapkan  tempelkan kain flanel berwarna polos pada seluruh permukaan kepingan. Setelah kering, kamu tempelkan lagi kain flanel bermotif setengah lingkaran dengan memberi lem pada bagian pinggir saja. Agar lebih cantik, kamu bisa hias dengan renda. Nah, agar tempat perkakasmu bisa berjajar indah di tembok, kamu sambung antar kepingan dengan menggunakan kain flanel yang cukup tebal. Dengan cara ini, selain kamu bisa membantu menyelamatkan lingkungan, barang-barangmu juga menjadi lebih rapi.

 

 

2. Hanya dengan tambahan klip buku, CD bekas bisa mempercantik jendela kamarmu.

Kepingan menjadi tirai jendela kamar

Daripada keeping CD/DVD-mu hanya tergeletak begitu saja, sekarang kamu bisa memanfaatkannya menjadi tirai jendela. Caranya mudah kok, pertama- tama kamu beri lubang pada bagian pinggir kepingan menggunakan alat pengebor kayu. Lalu kaitkan antar lubang yang kamu buat dengan menggunakan klip buku yang berukuran besar. Lalu rangkai hingga menjadi panjang seperti tirai, misalnya terdiri dari 8-10 kepingan. Nah, setelah itu kamu pasang rangkaian ini dengan tali yang diiikat dibagian tengan.

Mudah ‘kan? Kamu tak perlu mengeluarkan banyak uang untuk tirai gemerlap warna-warni untuk mempercantik kamarmu saat ini. Karena hasil kreasimu sendiri sudah bisa membuatmu betah di kamar.

 

 

3. Tak perlu bayar mahal untuk mendapatkan jam dinding yang unik, karena CD/ DVD jadulmu bisa menjadi kamu kreasikan sendiri.

kepingan CD menjadi jam dinding

Mau punya jam dinding yang unik tapi kondisi kantong sedang kering? Tanpa harus sedih, sekarang kamu bisa manfaatkan CD/DVD bekas yang berisi lagu-lagu jadul. Caranya mudah kok. Pertama-tama, jiplak ukuran CD pada kertas kado dengan pola yang kamu suka. Lalu, tempelkan kertas tersebut pada permukaan CD dengan menggunakan lem adhesif yang kuat (misalnya, UHU atau castol). Setelah itu kamu gunting kertas berwarna dan angka 3, 6, 9, 12 sebagai indikator jam. Kemudian barulah kamu pasang mesin jam melalui lubang bagian tengah kepingan. Simsalabim, sekarang jam unik satu-satunya di bumi bisa kamu miliki!

 

 

4. Simpan kenanganmu dengan pigura pecahan CD/DVD yang kerlap-kerlip. Dijamin fotomu akan terlihat lebih menarik. 

Figura foto dari kepingan CD

Kepingan CD/DVD boleh jadi sudah tergantikan oleh flashdisk, tapi pigura tak akan tergantikan fungsinya dalam memajang fotomu yang menawan. Alih-alih kamu beli pigura yang mahal agar fotomu tampak lebih indah, sekarang kamu bisa manfaatkan kepingan CD/ DVD bekas untuk memajangnya. Caranya mudah kok, pertama-tama kamu pola dasar pigura dari karton. Caranya bisa kamu ikuti di sini. Lalu kamu potong CD/DVD menjadi kepingan kecil-kecil menggunakan gunting. Agar lebih mudah saat dipotong, kamu bisa bengkokkan berkali-kali secara manual ya. Setelah itu, pasang lem kayu pada pinggiran pigura dan tempelkan potongan CD/DVD dengan rapi.

Nah, agar piguramu menjadi lebih cantik, kamu bisa gunakan cat kain atau cat lukis berwarna hitam di sela-sela kepingan. Tunggu hingga kering dan jadi deh. Figura kerlap-kerlip siap untuk menyimpak fotomu yang paling menarik.

 

 

5. Hanya dengan hiasan CD/DVD pada kerah kemeja, penampilanmu bisa makin eye-catching dan gaya. 

Kepingan CD bisa membuat pakaian menjadi lebih apik

Tampil gaya bukan berarti harus mahal, karena sekarang kamu bisa menggunakan kepingan CD/DVD untuk membuat baju makin terlihat “wah”. Penasaran? Caranya gampang kok. Pertama-tama cuci kepingan dalam air mendidih selama 2 menit agar tempelan kertas label dan tulisan lebih mudah menghilang. Setelah itu, bengkokkan keping CD/DVD berulang-ulang. Kemudian gunting keping CD ini menjadi kepingan-kepingan yang lebih kecil. Tempelkan sesuai pola pada kerah baju dengan menggunakan lem sepatu. Pastikan kepingan yang warna warni berada dibagian atas ya. Tunggu hingga kering, dan voila! Baru kemejamu bisa terlihat makin gaya.

 

 

6. Mempercantik suasana meja makan tak harus dengan bunga. Buat saja alas gelas dari kepingan CD/DVD lama.

Kepingan CD/DVD bekas bisa menjadi alas gelas

CD/DVD jadul yang sudah menumpuk seringkali membuatmu bingung. Tapi, sekarang kamu bisa memanfaatkan mereka untuk mempercantik hidangan di meja makan.

Caranya cukup praktis kok. Pertama-tama, bersihkan kertas label yang menempel pada CD. Setelah itu, tempelkan kain flanel polos berdiameter lebih kecil pada bagian tengah kepingan yang warna-warni. Lalu jiplak kepingan CD pada kain bermotif floral warna cerah, dan tempelkan menggunakan lem yang kuat seperti lem kayu atau lem keramik. Agar kepingan CD tidak mudah berpindah saat ditaruh di meja, kamu bisa menjahit sisi-sisinya dengan kain berwarna putih. Nah, jadi deh. Dengan alas seperti ini, dijamin orang lain pasti juga akan lebih semangat untuk mencicipi minuman yang kamu suguhkan.

 

 

7. Agar semangat belajarmu makin membara, sekarang saatnya membuat tempat pensil yang meriah. 

Kepingan CD menjadi hiasan tempat pensil

Kaleng bekas cat bisa jadi wadah pensil yang meriah dengan kepingan CD yang kamu tempelkan bagai mozaik. Caranya gak ribet kok, pertama-tama kamu cuci kaleng, gelas atau wadah plastik yang akan kamu gunakan untuk tempat pensil. Lalu potong kepingan CD/DVD dengan penggunakan gunting menjadi bagian yang kecil-kecil. Kemudian tempelkan kepingan CD/ DVD hingga merata pada permukaan kaleng menggunakan lem lilin. Lalu, diamkan hingga kering.

Agar tempat pensilmu terlihat lebih cantik, kamu bisa gunakan plamir untuk mengisi sela-sela permukaan yang kosong. Lalu, bersihkan dengan kain agar plamir tak menutupi bagian mengkilap kepingan CD. Dan, jadi deh!

Mudah ‘kan? Dengan tempat pensil meriah seperti ini kamu pasti menjadi lebih bersemangat untuk belajar.

 

 

8. Bosan dengan sepatu polosmu? Ramaikan saja dengan kepingan CD/DVD yang warna-warni.

Kepingan CD menjadi penghias sepatu

Kamu bosan dengan sepatu polos? Atau kamu punya sepatu lama yang jarang digunakan? Sekarang saatnya kamu modifikasi dengan sedikit sentuhan kepingan CD/DVD yang warna-warni.

Caranya sederhana. Pertama-tama kamu bersihkan kepingan CD/DVD dengan merendamnya pada air mendidih. Lalu gunting menjadi bagian kecil. Sebelum menempelkannya, kamu bersihkan lebih dulu bagian sepatu yang akan kamu hias. Nah, agar lebih rapi, kamu tempelkan kepingan CD dengan menggunakan pinset dan lem sepatu biar kuat. Dan biarkan beberapa lama agar kering sempurna. Sepatu modifikasimu jadi deh. Dengan cara ini, dijamin sepatumu bisa lebih keren tanpa harus mengeluarkan banyak uang.

 

 

9.Tanpa perlu susah payah, kalung unik kerlap-kerlip bisa kamu buat sendiri dengan mudah

Kalung yang terbuat dari CD

Sebagai pemuda yang pernah hidup di masa tahun 90-an, pasti kamu punya koleksi kepingan CD/DVD yang berisi lagu-lagu terbaru pada jaman itu. Nah, daripada memenuhi gudang atau menjadi sampah di lingkungan, sekarang kamu bisa memotongnya menjadi kalung yang tiada duanya. Cara dan alat yang dibutuhkan gak ribet kok. Pertama-tama kamu buat pola dasar kalung -misalnya setengah lingkaran- menggunakan kain flanel. Lalu potong CD/DVD menggunakan gunting menjadi kepingan-kepingan kecil. Setelah itu, tempelkan pada kain flanel menggunakan pinset dan lem. Kemudian kamu buat lubang pada bagian ujung dan pasangi rantai kalung yang dibeli di toko aksesoris. Nah, jadi deh! Gampang ‘kan? Tanpa perlu bahan yang banyak dan cara yang rumit, kepinga CD/DVD bisa mempercantik dandananmu hari ini.

 

 

Kepingan CD/DVD adalah barang  yang cukup mencemari lingkungan karena kandungan bahan kimianya yang susah diurai di lingkungan. Maka, sikap yang lebih tepat adalah memanfaatkannya menjadi barang yang bermanfaat. Tanpa perlu tenaga dan modal yang banyak, barang jadul ini justru bisa memperindah suasana dan barang-barangmu dengan 9 cara ini. Nah, berani mencoba?

Selamat berkarya!

sumber

Kategori:revo Tag:, , , ,

Dengan 9 Tips KPR Ini, Punya Rumah di Usia 30-an Bukan Lagi Mimpi

13 Maret 2015 1 komentar

Punya rumah sebelum usia 30-an? Mimpi!

Bisa tinggal di rumah milik sendiri adalah salah satu tanda kamu bisa hidup mandiri. Namun semakin hari, semakin mahal pula harga properti. Padahal semakin lama kita menunggu, semakin tak terjangkaulah harga properti yang kita bidik.

Karena itu baik sekali jika kita sudah mulai berusaha membeli properti dari sekarang. Lagipula, punya rumah di usia muda bukan lagi hal yang mustahil, karena kamu bisa mewujudkan dengan mendaftar Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) yang ditawarkan oleh bank. Pendeknya, kamu akan mendapatkan rumah idaman lebih cepat dengan bantuan dana dari bank, lalu akan membayar cicilan ke bank dalam jumlah waktu tertentu. Nah, mau tahu selengkapnya tentang sistem KPR ini? Berikut iniHipwee  berikan penjelasannya.

 

1. Bank-bank di Indonesia berkompetisi untuk memperebutkan nasabah. Mereka pun berlomba membuat “paket” sistem KPR yang menarik. Temukan sistem kredit yang paling pas buatmu.

Kamu jangan malas survey berbagai bank

KPR adalah sistem kredit yang diberikan oleh bank untuk kamu yang ingin punya rumah. Jadi, kamu tak perlu menunggu tabunganmu beratus-ratus juta rupiah, pihak bank akan meminjamkan uang untuk melunasi pembayaran rumah sebelum uangmu benar-benar ada. Tak hanya rumah, mereka juga bisa menjaminkan apartemen untukmu. Sistem cicilan ini berbeda-beda setiap bank, dari mulai bunga cicilan hingga bentuk perjanjian juganya. Nah, jika kamu menginginkan sistem yang menguntungkan, maka kamu wajib rajin survey beberapa bank yang menyediakan fasilitas ini. Tak perlu malu, kamu bisa menggali informasi tentang KPR padacostumer service.

 

 

2. Agar tidak lebih pasak daripada tiang, carilah rumah idaman dengan harga yang benar-benar memungkinkan kamu cicil setiap bulan.

Kamu cari rumah yang memungkinkan untuk dicicil

Tak dapat dipungkiri, punya rumah mewah memang idaman setiap orang. Sebelum mendaftar KPR, kamu disarankan punya sasaran rumah mana yang ingin kamu miliki. Namun, kamu juga harus lebih realistis melihat keadaan. Agar mimpimu jadi kenyataan dan bisa mendapatkan persetujuan dari bank, maka kamu bisa memilih rumah dengan harga yang terjangkau dengan cicilan setiap bulan.

Misalnya gajimu 10 juta, maka kamu bisa membeli rumah harga 300 juta, dengan cicilan 2,8 juta perbulan selama 10 tahun. Nah, jika kamu ingin bank percaya dengan kredit yang kamu minta, maka pastikan cicilan harga rumah tak melebihi dari gajimu sekarang ya. Ini adalah cara yang aman dan memastikan bahwa hidupmu juga akan berjalan baik-baik saja.

 

 

3. Seperti halnya sistem kredit pada umumnya, kamu diharuskan punya uang 30% dari harga rumah sebagai uang muka.

Syarat KPR kamu perlu punya uang cash 30% dari harga rumah

Sama halnya sistem kredit pada umumnya, sistem KPR mengharuskanmu untuk membayar uang muka. Kebanyakan bank akan mensyaratkan 30% dari harga rumah yang kamu inginkan. Nah, jika kamu menginginkan rumah dengan harga 300 juta rupiah, maka kamu harus sudah punya uang 90 juta rupiah. Lalu 70% sisanya kamu cicil perbulan sesuai perjanjian. Mungkin kamu akan melunasinya selama 5  tahun, 10 tahun, atau 15 tahun sesuai kesanggupanmu. Agar mimpi punya rumah segera menjadi kenyataan, pastikan kamu mulai nabung dari sekarang ya untuk membayar uang muka.

 

 

4. Setiap bank menawarkan persyaratan yang berbeda-beda, tergantung pekerjaanmu sekarang. Jadi pastikan kamu menyiapkan dokumen dari sekarang.

Syarat-syarat KPR

Sistem KPR adalah kredit yang memakan waktu tak sebentar dan bernominal besar, jadi administrasi dan persyaratannya juga harus jelas dan detail. Gak jarang kamu dituntut punya jaminan anggota keluarga yang produktif (belum pensiun) hingga waktu pelunasan nanti. Selain itu setiap bank juga mensyaratkan hal-hal yang berbeda berdasarkan jenis pekerjaan. Mungkin kamu berprofesi sebagai wiraswastawan, maka kamu diwajibkan punya laporan dan surat izin usaha. Mungkin kamu seorang pegawai negeri, maka kamu wajib bisa melunasi sebelum kamu pensiun nanti. Mungkin kamu seorang dokter yang mendirikan klinik, maka kamu wajib menyetor dokumen izin praktik.

Nah, agar proses pengajuan KPRmu tidak terhambat, pastikan kamu paham semua persyaratan ya. Selain kamu juga bisa mempersiapkan berkas jauh-jauh hari sebelumnya.

 

 

5. Agar kondisi keuanganmu tetap stabil, pastikan nomilan cicilan KPR tak lebih dari 20% penghasilan bulananmu.

Pastikan cicilan KPRmu tak lebih dari 20% penghasilanmu

Bisa mendapatkan KPR memang menguntungkan, tapi pastikan kamu tak lengah untuk memikirkan kebutuhan hidup lainnya. Tentu saja kamu butuh uang untuk memenuhi kebutuhan makan, sandang, dan kendaraan. Atau bahkan kamu masih mencicil barang lain selain rumah. Maka disarankan kamu mengambil cicilan KPR yang tak lebih dari 20% penghasilanmu saat ini. Mungkin gajimu sekarang adalah 7 juta rupiah, maka belilah rumah yang bisa dicicil dengan harga tak lebih dari 2 juta rupiah perbulan.

Hal ini harus kamu patuhi agar keuanganmu tak limbung di tengah jalan. Gak mau ‘kan kamu mendapatkan sangsi dari bank karena tak sanggup membayar cicilan?

 

 

6. Dalam KPR, uang yang kamu bayarkan bukan hanya untuk mencicil rumah. Masih ada juga biaya notaris, provisi, dan administrasi lainnya. Diskusikan detil ini dengan pihak bank agar kamu tak dirugikan.

Kamu sudah paham semua prosedurnya?

Karena nilai KPR tidak kecil, sistem yang diterapkan oleh bank pun tak sederhana. Bukan hanya mengisi formulir, lalu mendapatkan persetujuan dan mencicilnya (harga rumah) perbulan. Gak jarang kamu akan berurusan dengan hal-hal prosedural terkait hukum kepemilikan rumah idaman. Jadi, kamu juga harus membayar notaris, provisi, dan administrasi lain. Biaya provisi (adminstrasi bank) biasanya dikenakan sekali pada awal cicilan, dan biaya notaris untuk memastikan kreditmu sehat dan tak macet ditengah jalan. Presentase dan jumlah nominal uang berbeda-beda tergantung jenis bank.

Jadi, pastikan kamu paham betul akan hal ini ya. Jangan kaget dan kecewa di tengah jalan karena biaya membengkak. Karena toh, ini juga demi keamanan kreditmu juga.

 

 

7. Terkait suku bunga dan sistem penalti juga perlu kamu perhatikan agar kamu tak salah memilih bank.

Pastikan suku bungan kamu sudah paham ya

Selain biaya administrasi dan keamanan, pastikan kamu juga paham tentang suku bunga dan penalti yang digunakan oleh bank pilihanmu. Agar masa depanmu tetap cerah dan rumah impian bisa kamu dapatkan pastikan kamu bagaimana sistemnya. Apakah ada kemungkinan suku bunga akan naik setelah 3 tahun cicilan? Kira-kira berapa persen? Nah, jika kamu harus paham dan tahu semua sistem ini, jadi kamu bisa lebih mantap untuk sepakat.

Selain itu, sistem penalti juga harus kamu perhatikan. Bagaimana bank saat kamu mendapatkan rejeki tak terduga dan bisa melunasinya segera? Nah, agar jika ternyata kamu malah disuruh membayar biaya penalti (biaya tambahan karena tidak sesuai kesepakatan)  yang cukup besar, maka gak ada salahnya kamu coba pikir ulang.

 

 

8. Jika kamu sudah menyanggupi semua persyaratan, maka bank akan membuatmu bisa hidup nyaman di rumah impian.

Kamu bisa punya rumah dengan KPR

Nah, jika semua persyaratan dan kesepakatan sudah mantap, maka bank akan membayarkan sejumlah uang pada pemilik rumah yang kamu idamkan. Prosedur hukum dan surat-surat kepemilikan juga lebih jelas dan beres seketika. Kunci pintu dan gerbang rumah akan kamu dapatkan sekarang. Jadi, kamu bisa bebas melakukan apa saja pada rumahmu sekarang. Karena terkadang KPR juga memberikan layanan renovasi pada rumahmu.

Namun,  perlu kamu tahu bahwa rumah yang sudah menjadi milikmu sekarang juga menjadi jaminan KPRmu lho.

 

 

9. Agar rumah bisa jadi milikmu sepenuhnya, pastikan kamu bayar cicilan tepat pada waktunya.

Kamu bisa hidup bahagia di rumah baru dengan cicilan KPR

Punya rumah sendiri memang membahagiakan. Agar bahagiamu makin lengkap, gak ada salahnya kamu mulai berhemat dan rajin membayar cicilan. Jadi surat rumah akan terbebas dari penangguhan. Tak ada salahnya punya rumah dengan kredit, yang terpenting kamu tanggung jawab pada perjanjian. Toh apakah kamu mau menunggu punya uang segunung? Gak jarang keburu harga tanah makin mahal dan harga properti makin melambung.

 

Punya rumah sebelum 30-an sekarang bukan hal yang mustahil lagi, karena kamu bisa memanfaatkan penawaran dari bank ini. Selain surat-surat kepemilikan rumah akan aman dan jelas, kamu juga semangat menghemat hingga cicilan lunas.

 

Semoga sukses ya.

sumber

Kategori:revo Tag:, , , ,

6 Langkah Kecil Agar Usahamu Tidak Mandek di Tempat yang Itu-Itu Saja

Kamu yang sedang merintis usaha pasti punya cita-cita untuk membuatnya lebih berkembang. Setiap hari, setiap detik, pikiran kamu curahkan dan keringat kamu kucurkan demi mencapai target yang telah kamu sendiri pasang. Namun, apakah selama ini kamu sudah mengerti apa saja yang kamu butuhkan agar bisnismu itu berkembang? Atau kamu justru tak menganut strategi tertentu, lebih memilih fokus pada pentingnya bekerja keras?

Jangan salah. Kerja keras memang penting, tapi kamu juga harus tahu cara bekerja cerdas. Percuma saja mengorbankan semua waktumu, termasuk hari Sabtu dan Minggu, untuk bisnismu padahal kamu tak tahu apa yang paling perlu kamu lakukan dan paling penting kamu perbaiki. Justru waktu berhargamu itu bisa terbuang sia-sia.

Nah, supaya kamu tak salah langkah, pastikan kamu sudah mengamalkan langkah-langkah kecil ini untuk mengembangkan usahamu!

 

1. Buatlah produk atau moda bisnis yang berbeda. Di tengah kerumunan para pebisnis muda, kamu harus punya sesuatu yang menarik mata.

Be Different

Jika saat ini kamu punya bisnis berjualan jersey online, pastikan kamu berbeda dengan penjual lain. Kamu harus sadar, bahwa penjual jersey di dunia maya sangatlah banyak. Mungkin kamu perlu membenahi toko online kamu supaya bisa lebih rapi daneye-catching.

Misalnya, ketika kebanyakan toko online memajang foto-foto yang diambil dari mesin pencarian Google, mulailah memajang foto asli produkmu sendiri. Dengan begini, kamu akan menjadi lebih dipercaya oleh calon pelangganmu. Modelnya cukup temanmu, kakakmu, adikmu, atau bahkan kamu sendiri. Nggak perlu keluar banyak uang untuk membayar model profesional.

 

 

2. Pelanggan adalah ratu, raja, mahapatih — segalanya. Pastikan mereka merasa nyaman dengan layanan yang kamu berikan.

Berikan pelayanan terbaik

Misalkan kamu dan sainganmu sama-sama menjual menjual pakaian formal untuk pria dewasa. Jika untuk menarik pelanggan sainganmu memberi sekaleng minuman ringan, jangan mau kalah! Tawarkan espresso kepada calon pembeli begitu dia masuk ke tokomu. Dan jika ternyata sainganmu menduplikat dan melakukan hal yang sama, ganti dan tawarkan segelas jus jeruk yang baru diperas!

Maksudnya, biar bagaimanapun, kamu harus memberi nilai lebih kepada para pelangganmu. Kamu tak perlu khawatir jika akhirnya beberapa pelanggan akan meninggalkanmu dan beralih kepada penjual lain. Toh masih banyak pelanggan setia yang akan memberimu lebih banyak keuntungan.

 

 

3. Cari mereka yang lebih pintar dan brilian darimu, lalu buat mereka bekerja untukmu.

Pegawai yang memiliki semangat dan ambisi

Di dalam menjalankan bisnis, haram hukumnya jika kamu hanya merekrut orang-orang yang kamu sukai. Sebaliknya, carilah orang yang profesional dan benar-benar mengerti tentang tugas yang akan kamu berikan kepada-nya. Jangan ragu untuk merekrut orang-orang besar yang hebat untuk bekerja denganmu. Karena jika kamu terus menerus mempekrjakan orang-orang kecil yang selalu memiliki pengetahuan atau keahlian dibawahmu, usahamu hanya-lah akan menjadi perusahaan liliput!

 

 

4. Rekrutlah para bintang jatuh: mereka yang matanya berbinar dan punya semangat terpancar.

Mereka yang memiliki passion

Orang-orang seperti ini memiliki semangat dan penuh ambisi. Jika ada karyawan yang selalu ingin tahu tentang pekerjaan, itu artinya mereka memiliki ambisi yang kuat. Mereka tak akan puas jika hanya disuruh mengerjakan ini-itu, sebaliknya mereka lebih sering bertanya untuk apa dia melakukan ini, mengapa kita memproduksi dengan cara itu, sudahkah mencoba menjual barang dengan begini? Pertanyaan-pertanyaan tersebut menunjukkan bahwa dia peduli, memiliki semangat dan ambisi yang kuat pada usahamu, dan mereka ingin diberi kesempatan untuk membuktikan bahwa diri-nya bisa.

Semakin kamu banyak menunjukkan keyakinan pada orang yang ambisius, semakin banyak yang akan mereka kembalikan padamu. Bahkan jika ternyata ambisi mereka keluar dari bisnismu, mereka akan tetap menyukaimu karena kamu telah memberinya kesempatan.

 

 

5. Doronglah dirimu dan pegawaimu agar selalu memiliki pemikiran yang kreatif.

Menjadi kreatif

Berpikir kreatif tak hanya berlaku bagi mereka berprofesi sebagai seniman. Kamu sebagai pengusaha pun perlu berpikir kreatif. Kamu perlu mencari cara baru agar pemasaran-mu menjadi lebih efektif, bagaimana menekan biaya produksi, dan kamu juga perlu mencari cara bagaiamana pegawaimu menjadi lebih produktif di tempat kerja.

Pancing keluar kreativitas yang ada dalam pikiranmu. Bagaimana caranya? Kamu bisa mengajak dirimu dan pegawai-pegawaimu untuk berlibur menikmati keindahan panorama pantai atau melakukan outbond di alam terbuka. Pokoknya sebisa mungkin menjauhlah dari hiruk pikuk kota dan penatnya pekerjaan.

 

 

6. Jangan pernah berpuas diri dengan apa yang kamu raih, karena tanpa kamu sadari, para pesaingmu telah siap memacu tunggangannya untuk menyalipmu.

Orang-orang yang memiliki semangat

Sekali lagi, jangan pernah merasa berpuas diri dengan apa yang telah kamu raih dan dapatkan. Karena sesungguhnya salah satu musuh terbesar manusia adalah mudah berpuas diri. Bayangkan dirimu sebagai buah yang masih mentah, sehingga terus menerus berusaha agar bisa menjadi matang. Jika kamu merasa telah menjadi buah yang matang, maka tak lama lagi kamu akan membusuk, dan akhirnya terjatuh.

Kamu harus tahu bahwa dunia ini selalu berubah, pelanggan berubah, kondisi pasar berubah, karyawanmu berubah, oleh karena itu kamu juga harus melakukan perubahan pada dirimu dan usahamu. Jika tidak, siap-siap saja terjun bebas dari puncak tertinggi pencapaianmu.

 

Sudahkah kamu memperhatikan langkah-langkah itu dalam usahamu mengembangkan usaha? Semoga kamu berhasil, ya.

sumber

Membuatmu Kagum Sampai Geleng-Geleng Kepala

20 Desember 2014 1 komentar

Indonesia memang surganya keberagaman budaya. Selain kearifan lokal masyarakatnya yang bersahaja, masing-masing daerah selalu punya cara untuk memikat pengunjungnya dengan tradisi unik yang mempesona. Tak jarang, mereka malah bikin kamu heran sampai geleng-geleng kepala.

Nah, sebagai orang Indonesia yang cinta petualangan dan ingin menggali pengalaman, tradisi-tradisi unik berikut ini tentu gak boleh kamu lewatkan. Hipwee akan paparkan beragam tradisi unik Indonesia yang bisa membuka matamu bahwa jika berurusan dengan budaya, Indonesia itu gak ada duanya!

 

 

 

1. Perancis punya La Fête du Baiser, Bali pun punya festival berciuman yang namanya Omed-omedan

Omed-Omedan di Bali.

Berlibur ke Bali bertepatan dengan hari raya Nyepi memang bikin bosan. Selain jalanan sepi dan tempat wisata pada tutup, kamu juga diminta untuk gak meninggalkan penginapan untuk menghormati hari raya ini. Gak usah bete, karena esoknya kamu bisa menonton tradisi menarik yang digelar setiap tahun baru Saka di Desa Sesetan, Denpasar.

Tradisi unik yang ini bernama Omed-Omedan, yang artinya” tarik-tarikan.” Ya, inilah tradisi ciuman massal warisan leluhur yang dilakukan anak-anak muda Desa Sesetan. Konon, tradisi ini sudah digelar sejak abad ke-17.

Pesertanya mulai dari anak SMP sampai mahasiswa yang belum menikah. Muda-mudi akan diarak secara terpisah, sesuai jenis kelamin untuk kemudian saling tarik dan berciuman. Jangan salah sangka terhadap makna di bali ktradisi ini, ya. Omed-omedan memiliki tujuan untuk mengakrabkan muda-mudi sembari membuat mereka punya kesempatan saling meminta maaf sebelum menyambut tahun Saka.

Wah, kok kayaknya asyik, sih? Hipwee boleh ikutan juga gak ya?:D

 

 

2. Tawuran yang satu ini gak berbahaya. Inilah acara Tawur Nasi di Rembang, Jawa Tengah yang justru bikin orang-orang bergembira

Tawur Nasi di Rembang

Mendengar kata ‘tawuran’, apa yang terbayang di benakmu? Mungkin dua kubu massa yang saling hantam dengan batu, kayu, bahkan senjata tajam. Nah, tawuran yang ini memang gak kalah brutal. Tapi, alih-alih menyerang dengan kebencian, mereka justru bergembira. Senjatanya juga gak berbahaya, karena mereka saling serang dengan nasi.

Tradisi Tawur Nasi ini diadakan setiap tahun di Desa Pelemsari, Rembang, Jawa Tengah sebagai ungkapan syukur atas hasil panen yang melimpah. Seusai berdoa, pemuda-pemuda desa saling lempar sambil tertawa gembira. Konon, pernah suatu kali desa ini gak mengadakan tradisi Tawur Nasi, dan hasilnya mereka gagal panen. Nantinya, nasi-nasi yang tercecer ini akan dikumpulkan warga untuk pakan ternak. Mereka percaya, hasil dari ternak yang diberi makan nasi hasil “tawuran” akan melimpah seperti panen mereka.

 

 

3. Di Mentawai kamu bisa menemukan gadis-gadis bergigi runcing yang membentuk kecantikannya lewat prosesi kerik gigi

Kerik Gigi Mentawai

Jika di Bali kamu mengenal upacara potong Gigi, masyarakat adat Mentawai, Sumatera Barat, juga punya tradisi yang serupa. Tradisi ini dilakukan sebagai simbol kedewasaan seorang wanita di suku Mentawai. Selain itu, kerik gigi ini juga dipercaya menambah kecantikan dari si wanita. Wanita yang giginya runcing akan lebih digilai pria-pria di sekitarnya.

Tak hanya menambah kecantikan, modifikasi tubuh dengan kerik gigi dipercaya bisa membuat jiwa berdamai dengan tubuh. Masyarakat Mentawai percaya bahwa untuk mendapatkan kebahagiaan keinginan jiwa harus sejalan dengan bentuk tubuh. Keyakinan ini diwujudkan laki-laki Suku Mentawai lewat tato tradisional, dan bagi wanitanya melalui tradisi kerik gigi.

Bagaimana cara meruncingkan gigi ala Mentawai? Gigi gadis-gadis ini akan dikerikmenggunakan alat dari besi yang sudah diasah sampai runcing. Proses meruncingkan gigi ini sangat menyakitkan dan tanpa menggunakan anastesi sama sekali. Sehingga perlu waktu tidak sebentar untuk meruncingkan seluruh gigi yang ada. Seharusnya cuma gadis Mentawai yang punya hak untuk bilang, “Beauty is pain” – kamu-kamu yang sudah merasa paling menderita saat dibersihkan komedonya waktu facial tidak layak mengeluh. :p

 

 

4. Menyambut Ramadhan ala masyarakat Riau dengan mandi beramai-ramai lewat ritual Balimau Kasai

Balimau Kasai

Sehari menjelang bulan puasa, masyarakat Kabupaten Kampar, Riau, mengadakan ritual besar-besaran yang diikuti seluruh lapisan masyarakat, mulai dari pemuka adat, pemuka agama, pejabat pemerintah, sampai maysarakat umum. Mereka menyucikan diri di sungai Kampar sebagai perwujudan rasa syukur memasuki bulan Ramadhan dalam ritual Balimau Kasai.

Balimau Kasai adalah tradisi mandi beramai-ramai menggunakan limau atau campuran jeruk, dan kasai, wewangian yang digunakan untuk keramas. Masyarakat Kampar percaya, pengharum rambut ini dapat mengusir segala macam rasa dengki yang mendiami pikiran. Sebelum menceburkan diri ke sungai, ada acara santap bersama yang disebut Makan Majamba.

 

 

5. Manusia super itu bukan sekadar cerita komik. Kamu bisa melihat manusia-manusia super beraksi lewat atraksi Debus di Banten

Atraksi Debus di Banten

Kamu pasti gak asing lagi dengan Superman, pahlawan super yang punya kekuatan dahsyat dan kebal terhadap serangan senjata tajam maupun peluru. Di Indonesia, Superman itu, bukan sekadar fiksi. Gak percaya? Saksikan aja atraksi Debus yang ada di provinsi Banten.

Mereka memperlihatkan kemampuan super mereka dengan atraksi-atraksi seperti menyayat atau mengoleskan api di kulit sendiri, berguling di atas serpihan beling, menginjak paku atau bara api menyala, bahkan sampai menyiram tubuh dengan air keras. Hebatnya, mereka sama sekali gak terluka atau merasakan sakit. Praktisi debus ini gak cuma terdiri dari orang-orang dewasa, ada remaja dan anak-anaknya juga, lho. Hiii, mereka memang gak terluka, tapi atraksinya bikin ngilu yang lihat.

 

 

6. Kalau Rembang punya ritual Tawur Nasi, masyarakat Bugis di Bone juga punya tradisi adu betis untuk mensyukuri hasil panen

Malanca, tradisi adu betis di Bone

Masyarakat Dusun Paroto, Desa Samaelo, Barebbo, Bone, Sulawesi Selatan, ini juga punya tradisi menarik untuk mengungkapkan rasa syukur setelah memanen padi. Gak kalah brutal dengan Tawur Nasi di Rembang, mereka saling mengadu kekuatan betis lewat permainan Malanca. Tradisi turun-temurun ini diikuti oleh sejumlah pemuda kampung dan disaksikan oleh ratusan warga lainnya.

Setelah aba-aba, pesertanya akan saling adu kuat menendang betis lawan. Tak jarang, mereka akan meringis kesakitan, bahkan sampai keseleo karena kekuatan tendangan lawan. Tapi, gak ada yang mendendam, mereka tetap bersuka cita karena hasil panen yang melimpah. Hayo, beranikah kamu mencoba mengadu kekuatan dengan mereka?

 

 

7. Tradisi Potong Jari, bukti kehilangan tingkat tinggi yang dilakukan oleh Suku Dani

Seorang sesepuh memperlihatkan jarinya yang tidak utuh

Kamu mungkin pernah menonton film Denias, Senandung di Atas Awan karya sutradara John de Rantau. Kalau iya, kamu pasti gak asing lagi dengan tradisi yang satu ini. Potong Jari adalah tradisi berkabung yang dimiliki suku Dani untuk mengungkapkan kesedihan karena ditinggalkan oleh anggota keluarga.

Kenapa potong jari? Bagi Suku Dani, jari bisa diartikan sebagai symbol kerukunan, kebersatuan dan kekuatan dalam diri manusia maupun sebuah keluarga. Kehilangan salah satu ruasnya saja, tangan kita tidak lagi berfungsi optimal. Itulah nilai filosofi dari tradisi ini. Zaman sekarang, tradisi ini sudah mulai ditinggalkan, tapi kamu masih bisa menjumpai sesepuh suku Dani yang jemarinya sudah tidak utuh lagi.

 

 

8. Saksikan masyarakat Toraja menghantarkan roh leluhur lewat perayaan meriah upacara Rambu Solo

Upacara Rambu Solo Toraja

Upacara Rambu Solo adalah pesta kematian unik dari Tana Toraja. Upacara ini dimaksudkan untuk mengantarkan arwah kerabat yang sudah meninggal menuju alam roh untuk kembali pada leluhur mereka. Bagi masyarakat Toraja, seseorang belum dianggap mati bila belum diantar ke alam roh lewat upacara ini. Mereka cuma dianggap layaknya orang sakit: masih diberi makan, pakaian, bahkan diajak bicara. Nah, Rambu Solo adalah upacara agar kematian mereka sempurna.

Pesta yang meriah ini diadakan sampai berhari-hari dengan sejumlah prosesi yang rumit. Keluarga yang mengadakan upacara juga menyediakan kerbau dan babi untuk dikurbankan, jumlahnya pun mencapai puluhan ekor. Padahal, kerbau yang disembeli itu bukan kerbau sembarangan, melainkan kerbau Tedong Bonga yang harganya berkisar antara 10–50 juta per ekornya. Gak heran kalau upacara Rambu Solo adalah salah satu upacara pemakaman termahal; tradisi ini bisa menghabiskan ratusan juta sampai milyaran rupiah!

Dengan biaya yang fantastis itu, keluarga yang ingin mengadakan upacara Rambu Solo harus menngumpulkan uang sampai berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Makanya, jika kamu bertandang ke Tana Toraja, jangan sampai melewatkan acara yang satu ini, karena bisa menjadi pengalaman sekali seumur hidupmu.

 

 

9. Gak cuma panorama yang mempesona, Bromo juga menjadi tempat masyarakat Tengger mengadakan upacara Yadnya Kasada

Prosesi upacara Yadnya Kasada

Pemandangan yang disuguhkan Gunung Boromo selalu memikat untuk disambangi. Tapi, kamu tahu gak kalau Bromo juga menjadi tempat masyarakat Tengger menggelar ritual adat Yadnya Kasada? Upacara Yadnya Kasada atau Kasodo ini digelar setiap bulan Kasada hari-14 dalam penanggalan kalender tradisional Hindu Tengger. Masyarakat Tengger memang memegang teguh adat Hindu lama dan mengadakan upacara ini untuk mempersembahkan sesajen pada Sang Hyang Widhi.

Upacara Kasada ini tak lepas dari kisah Rara Anteng dan Jaka Seger yang menjadi cikal bakal penduduk Tengger. Ritual ini bertujuan untuk menghormati putra bungsu mereka yang mengorbankan diri untuk meredakan murka Sang Hyang Widhi. Jika kamu ingin menyaksikan jalannya ritual ini, kamu bisa bersiap dari malam hari saat upacara hendak digelar, karena tempat ini akan dibanjiri oleh penduduk Tengger serta pengunjung dari segala penjuru. Yang menarik, kamu bisa melihat ternyata banyak orang yang sudah bersiap dengan jala di bibir kawah untuk menangkap sesajen yang dilemparkan ke dalam kawah. Wah, berani juga, ya.

 

 

10. Saat kita menyambut tahun baru dengan riuhnya kembang api — tradisi Tapa Bisu Mubeng Beteng di Yogyakarta jadi pengingat untuk selalu mawas diri

Tapa bisu mubeng beteng

Selain punya destinasi wisata dan ragam kuliner yang khas, Yogyakarta juga punya sejumlah tradisi unik. Salah satunya adalah tradisi Tapa Bisu Mubeng Beteng. Tradisi ini diadakan setiap malam Satu Suro alias malam Tahun Baru kalender Jawa. Dalam tradisi ini, para abdi dalem Keraton beserta ribuan warga Yogyakarta berjalan kaki melakukan kirab atau arak-arakan sambil tapa bisu (membisu) selama mengitari benteng Keraton.

Tradisi ini dimaksudkan sebagai sikap mawas diri atas segala perbuatan yang dilakukan selama setahun ini dan mengharapkan kesejahteraan serta keselamatan pada tahun berikutnya. Kalau mau, kamu juga boleh bergabung dengan warga Jogja untuk melakukan tradisi ini. Tapi ingat, selama mubeng benteng kamu dilarang berbicara dan wajib menjaga keheningan.

 

Tradisi unik ini adalah bukti bahwa Indonesia  sarat makna. Kamu mungkin gak bisa menjamahi semuanya, tapi mengenal dan mempelajari mereka akan menjadikanmu pribadi yang kaya. Apa kamu punya tradisi unik lain di daerahmu? Bagikan ke pembaca lain lewat komentar, yuk!

sumber

Kategori:revo Tag:, , ,

Bagus Susanto, Sang Office Boy Dengan Gaji Selangit

Mengisi jabatan baru, Bagus merasa banyak hal harus dipelajari. Selain itu, tanggung jawab yang dipikul juga semakin berat. Dengan alasan ini, Bagus harus meluangkan waktu ekstra untuk belajar. Setiap pagi, Bagus menjadi orang pertama yang datang ke kantor dan pulang terakhir, dengan maksud lebih punya banyak waktu untuk belajar.

“Jadi, saya itu dijuluki office boy dengan gaji termahal. Biasanya kan office boy yang buka pintu kantor, lah ini saya,” kelakar Bagus.

Setelah setahun lebih, rutinitas yang Bagus lakukan justru mendapat protes dari anak buahnya. Sikap rajin Bagus dianggap menjadi tekanan kerja bagi bawahannya di kantor. “Padahal, saya sama sekali tidak punya maksud begitu. Sekretaris saya saja kalau sudah sore selalu saya suruh pulang. ‘Loh, Bapak kan belum pulang.’ Kamu sekretaris saya apa baby sitter saya? Saya tanya balik, yang penting tugas beres, pulang cepatlah,” ungkap Bagus.

Supaya tidak terkesan memberikan tekanan kepada karyawan, Bagus mulai menurunkan frekuensi rutinitasnya itu. Supaya karyawan percaya, perusahaan bahkan membuat peraturan baru. Setiap Jumat, mereka yang belum pulang lebih dari pukul 17.00 akan diwajibkan membayar denda Rp 50.000.

“Kalau Jumat, besoknya kan weekend, waktunya untuk keluarga. Kalau Jumat, mereka capek juga, keluarga mau dapet apa, sisaan doang. Prinsipnya simpel aja, Jumat malam mau kumpul dengan keluarga, dengan teman bagi yang lajang, sehingga aktivitas pada akhir pekan juga berkualitas, bernilai,” cerita Bagus.

Menjadi pemimpin tertinggi di perusahaan global membuat Bagus terlihat lebih spesial. Pasalnya, sebelumnya, jabatan ini hanya diisi oleh tenaga asing. Rintangan pertama yang dihadapi Bagus ketika menjabat sebagai Managing Director Ford Motor Indonesia (FMI) adalah soal motivasi karyawan yang terpuruk. Dalam survei internal Ford, motivasi pekerja FMI periode 2009-2010 terus menukik tajam. Untuk mengatasi hal ini, Bagus berpegang pada ungkapan, “Apa yang membawa kita ke sini tidak akan bisa membawa kita ke sana (tempat lain)”.

Akhirnya, Bagus mengundang Direktur HRD dan menanyakan langkah yang bisa dilakukan untuk memperbaiki situasi ini. Pihaknya menjelaskan langkah-langkah serta strategi kepada Bagus. “Lantas bedanya apa dibandingkan action kita tahun lalu? ‘Sama, Pak,’ Saya bilang, berarti kita tidak bisa pakai ini. Sesimpel itu. Kalau kita minum obat nggak sembuh, ya jangan minum itu terus. Ini sudah Anda lakukan tahun lalu, kok disodorkan lagi ke saya. Harus diubah, perlu plan yang bagus,” celoteh Bagus.

Bagus lantas meminta HRD untuk menanyakan kepada karyawan yang tidak puas, mengetahui alasan mereka. Setelah dikumpulkan, disimpulkan, sampai menemukan beberapa poin masalah, lantas langkah baru pun disiapkan untuk memperbaiki kondisi ini, dan hal tersebut segera dijalankan.

“Saya kemudian mengumpulkan jajaran manajemen. Kita tahu masalahnya apa, bahkan sudah tahu resepnya. Kalau jadi pimpinan manajemen, ‘You have to Walk the Talk, bukan Talk the Talk.’ Tinggal bagaimana kita melakukannya, harus konsisten melakukan itu semua,” beber Bagus.

Setelah melakukan strategi yang disiapkan, hasil positif mulai terlihat. Setahun berselang, ekspektasi karyawan FMI melesat sebagai yang tertinggi di kawasan regional Asia Pasifik, mengalahkan negara lain. Dari semula yang paling rendah, menjadi yang tertinggi.

“Kita, sebagai pimpinan senior manajemen di sini, masa tidak bisa memberikan contoh yang baik. Tanpa itu, mustahil anak buah mau mengikuti aturan,” cetus Bagus.

Menjadi pemimpin, Bagus sadar kalau tugas utamanya bukan mengerjakan pekerjaan yang ada di depan mata. Tugas paling utama pemimpin adalah mencetak pemimpin. Kedua, memaksimalkan dari apa yang sudah dimiliki perusahaan karena tidak punya kemampuan untuk memilih.

“Jadi simpel saja, memimpin pasukan itu gampang. Ford ini belum jadi organisasi besar, karyawan kita paling 60-70 orang. Mereka mau diberi kesempatan memimpin juga suatu saat nanti. Jadi, kalau ada posisi kosong, pasti akan diisi orang dari dalam. Mereka jadi punya harapan. Nggak usah mikir yang macam-macam. Akan lebih fokus dan bagaimana menjaga motivasi karyawan, ini yang tetap harus dijaga,” tutup Bagus.

(istimewa)

Kategori:revo Tag:, , ,

Ajaib, Wanita Ini Terperosok Dan Terjebak Selama 15 Hari Di Dalam Sumur Tua, Namun Masih Hidup

Su Qixiu benar-benar punya “nyawa sambungan”. Betapa tidak, perempuan 38 tahun itu sudah 15 hari terperangkap dalam sebuah sumur tua di bagian tengah Provinsi Henan, Tiongkok. Dia selamat meski ditemukan dalam kondisi nyaris seperti jerangkung.

 

Dahe Daily melaporkan, Su kecemplung saat sedang memanen jagung. Dia terperosok ke dalam lubang yang berdiameter 1 meter dan dalam 4 meter. Nahas, dinding sumur itu terlalu licin untuk dipanjat.

 

Untungnya, Su jatuh bersama jagung-jagung yang dipanennya. Jagung mentah beserta tongkolnya itulah yang menjadi makanan Su selama 15 hari. Untuk minum, dia menampung air hujan.

 

Su Qixiu saat ditarik keluar oleh tim pemadam kebakaran

 

Nyawa Su selamat lantaran warga yang sedang memanen mendengar teriakannya. Tim pemadam kebakaran pun dihubungi.

 

Sebuah video menunjukkan bahwa seorang penyelamat mengulurkan seutas tali kepada Su yang hanya bisa bersimpuh pada lubang sempit yang digenangi air.

Kategori:revo Tag:, ,

15 Alasan Remaja 15-20 Tahun yang Lalu Lebih Keren daripada Sekarang

Di era teknologi canggih seperti sekarang, para remaja sepertinya sudah menjadi generasi terkeren dalam kehidupan sehari-hari. Ada banyak tren baru untuk hang out, pacaran, eksis di pergaulan atau mencari hiburan.
Namun jangan salah sangka. Ternyata ada banyak hal lebih keren yang dialami para remaja 15-20 tahun lalu. Hal-hal keren ini bisa membuat para remaja zaman sekarang menjadi iri. Bahkan di internet kita sering membaca komentar para remaja seperti: “I hate my generation”, “Kenapa gue gak tumbuh dewasa di era yang lebih asyik?”, “ABG sekarang serem banget!”, dsb.
Anyway, setiap zaman pasti punya hal-hal asyik tersendiri. Berikut ini 15 hal terkeren yang dialamin para remaja 15-20 tahun lalu. Bisa jadi inspirasi buat para remaja sekarang atau jadi bahan nostaligia buat kalian yang sudah jadi orang dewasa.
1. Acara musik di TV lebih keren: Ada MTV dan para VJ yang bening
Dulu kita punya MTV Indonesia yang nayangin video musik para musisi hebat dan acara-acara seru di TV. Para VJ nya juga bening, smart, dan terkenal di kancah internasional seperti Nadya Hutagalung, Nirina Zubir, Sarah Sechan, Jamie Aditya, dll.
Sekarang kita punya ini:
2. Lagu-lagu pop lebih manis dan romantis
Dulu para remaja biasa mendengarkan lagu-lagu pop yang manis dan romantis. Contohnya seperti Coldplay “The Scientist”, Sixpence None the Richer “Kiss Me”, Natalie Imbruglia “Torn”, Westlife “Flying Without Wings”, The Corrs “So Young”, dll. Bahkan lagu-lagu tersebut masih enak didengarkan sampai sekarang.
Sekarang kita punya ini:
 
3. Sinetron zaman dulu lebih sederhana dan mengajarkan nilai moral
Dulu banyak sinetron yang mengangkat budaya Indonesia dengan jalan cerita yang lebih sederhana. Sinetron-sinetron tersebut banyak mengajarkan nilai moral seperti Si Doel Anak Sekolahan, Keluarga Cemara, dll.
Sekarang kita punya ini:
4. Film Indonesia di bioskop banyak yang digarap dengan serius
Industri perfilman Indonesia tahun 80an dan 90an adalah industri yang digarap dengan cukup serius. Aktor dan aktris yang dipilih adalah orang-orang yang mengerti ilmu teater, sehingga kualitas akting mereka tidak diragukan. Film-film terbaik di era tersebut antara lain adalah Daun Di Atas Bantal, Tjoet Nja’ Dhien, dll.
Sekarang kita punya ini:
5. Boyband Indonesia zaman dulu lebih keren dan berkualitas
Boyband Indonesia di era 80an dan 90an beranggotakan cowok-cowok yang lebih macho dan keren. Contohnya Kahitna, Trio Libels, dll. Karir Kahitna bahkan masih berjalan hingga sekarang, tidak seperti banyak boyband yang bermunculan dan cepat hilang seperti saat ini.
Sekarang kita punya ini:
6. Nyatain cinta lebih romantis dan kreatif
Dulu kalau mau nembak atau nyatain cinta bisa lewat surat yang ditulis di atas kertas. Hal itu jauh lebih romantis daripada sekadar lewat SMS, chatting, atau email. Tidak heran para pasangan suami-istri zaman dulu masih menyimpan surat-surat cinta mereka.
Sekarang kita punya ini:
7. Kencan pertama lebih mendebarkan
Sebelum ada sosial media, para remaja yang jatuh cinta tidak akan banyak tahu tentang kepribadian gebetan. Tidak seperti sekarang ini, stalking gebetan di sosial media akan membuat kita banyak tahu tentang dia. Hal itu bisa mengurangi misteri dan debaran saat-saat kencan pertama.
Sekarang kita punya ini:
8. Putus cinta lebih sopan dan tulus
Memutuskan hubungan cinta memang berat dinyatakan secara langsung. Anyway, memutuskan hubungan secara langsung akan membuat mantan kamu lebih merasa dihargai dan alasanmu putus akan lebih masuk akal. Sekarang ini banyak remaja yang putus cinta cuma lewat pesan singkat di HP, tidak seperti zaman dulu yang kebanyakan harus bertemu langsung dan nangis bareng.
Sekarang kita punya ini:
10. Tumbuh dewasa tanpa alay dan cabe-cabean
Para remaja zaman dulu dijamin tidak muak menghabiskan masa kecil dan melihat tingkah anak-anak sebayanya di TV. Banyak lagu anak yang sesuai dengan umur mereka, seperti lagu-lagu Joshua, Agnes Monica, Meisy, dll. Tidak seperti sekarang ini, banyak lagu dan sinetron percintaan anak-anak. Belum lagi cabe-cabean dimana-mana.
Sekarang kita punya ini:
11. Main video game lebih asyik bareng temen
Dulu para remaja dan anak-anak sangat senang main Sega dan Snes bareng di rumah teman. Tidak seperti sekarang, game bisa di download dengan mudah di PC dan smartphone.
Sekarang kita punya ini:
12. Banyak kartun dan anime dari pagi sampai sore
Dulu dunia pertelevisian Indonesia banyak menyediakan jatah untuk anak dan remaja. Setiap pagi dan sore, ada anime dan kartun Nickelodeon yang bagus dan keren seperti Hey Arnold, Rugarts, The Wild Thornberrys, dll.
Sekarang kita punya ini:
13. Banyak jajanan murah meriah dan berhadiah
Dulu makanan ringan murah seperti Cheetos, Chiki, dan Taro selalu memberi bonus hadiah di dalamnya. Banyak sekali jajanan sangat murah dibawah Rp. 500 seperti Anak Mas, cokelat Superman, dll.
Sekarang jajanan yang bergengsi buat para remaja harganya mahal seperti ini:
14. Banyak serial drama asing yang menarik di TV
Remaja zaman dulu dijamin tidak bosan melihat TV karena banyak ditayangkan serial drama dari Amerika Serikat, Cina, dan negara-negara Amerika Latin. Contohnya seperti Friends, Putri Huan Zhu, Meteor Garden, Amigos X Siempre, dll.
Sekarang kita punya ini:
15. Kriminalitas anak muda tidak meneror di media
Saat ini sangat banyak kasus kriminal yang dilakukan anak muda diekspos terus-menerus di media. Contohnya seperti kasus Ade Sara, Emon, dan video-video porno anak SMP. Dulu kasus-kasus seperti itu tidak meneror mental anak-anak muda di Indonesia. Semoga kasus-kasus serupa tidak banyak terulang di generasi mendatang.
Sekarang kita harus hati-hati dengan kriminalitas seperti ini:

Berbagai Kesalahan Finansial Di Usia 20-an yang Sebaiknya Kamu Hindari

19 September 2014 Tinggalkan komentar

Umur 20-an adalah masa dimana kamu bisa mulai meraba-raba arah hidupmu. Di umur ini kamu akan banyak dihadapkan pada keputusan dan pilihan penting, termasuk menentukan arah kehidupan keuangan dan pekerjaanmu. Tapi tunggu! Apakah selama ini kamu sudah bisa mengatur uangmu dengan baik?

Ada kalanya lho kita lalai dan membuat keputusan yang salah. Nah, agar terhindar dari masalah keuangan yang mengancam masa depanmu, kali ini Hipwee akan mengulas tentang hal-hal yang sebaiknya tidak kamu lakukan di usia 20-an. Kamu tentu ingin ‘kan bisa menjalani masa muda yang menyenangkan dan mempunyai masa tua yang nyaman kelak?

 

 

1. Kuliah Tidak Dijalani dengan Serius Sekalipun Biayanya Sangat Besar

Tidak serius menjalani kuliah

Banyak yang percaya bahwa pendidikan adalah sebuah investasi. Bangku kuliah menghasilkan gelar sarjana yang bisa jadi modal untuk bekerja di perusahaan ternama dan dapat gaji tinggi. Demi masa depanmu, orang tua rela merogoh kocek dalam-dalam untuk mengirimmu ke universitas berkualitas. Tapi, apakah semua sarjana punya jaminan sukses secara finansial?

Tanpa rencana karir yang jelas dan keseriusan menjalani kuliah, akan sulit menemukan pekerjaan yang bisa mengantarmu ke level ‘mapan’. IPK yang tidak excellent, minim pengalaman organisasi dan pengalaman kerja tidak akan membawamu kemanapun. Kuliah yang hanya asal-asalan sama halnya membuang-buang uang.

Dana pendidikan tentu sah-sah saja jika digunakan dengan bertanggung jawab. Pastikan bahwa uang yang dikeluarkankan oleh orang tuamu memang benar-benar bermanfaat dan menjadikanmu pribadi yang berkualitas.

 

 

2. Sudah Mulai Berhutang Sejak Usia Muda

hutang

Orang-orang yang akhirnya sukses di usia 40 atau 50-an mengaku sangat berhati-hati dengan keuangan mereka di usia 20-an. Pasalnya, jika di usia muda saja sudah mulai berhutang, ini bisa jadi pertanda bahaya untuk masa tuamu kelak.

Usia muda adalah waktumu untuk menekan diri sekuat-kuatnya. Misalnya, lebih memilih transportasi umum dan makan di warteg daripada harus kredit motor atau nongkrong di restoran. Alih-alih berhutang, seharusnya momentum masa muda bisa dimanfaatkan untuk menabung sebanyak-banyaknya.

Anak muda belum punya banyak kebutuhan yang sifatnya mendesak layaknya mereka yang sudah berkeluarga. Lalu, buat apa hutang? Berusahalah memenuhi kebutuhan dengan penghasilan yang kamu miliki. Kuncinya, kamu harus pintar-pintar membedakan antara keinginan dan kebutuhan.

 

 

3. Menggunakan Kartu Kredit Tanpa Diimbangi Kemampuan Mengontrol Diri Sendiri

hidup dengan kartu kredit

Kartu kredit bisa jadi masalah bagi kamu yang nggak bisa mengontrol diri sendiri. Sistem meminjam uang lewat kartu kredit hanya akan mengajarkanmu hidup boros. Terbiasa belanja dan mengejar diskon dengan kartu kredit,  kamu pun terlilit banyak hutang yang entah kapan bisa dilunasi.

Akan lebih baik jika anak muda menunda memiliki kartu kredit hingga kondisi finansialnya benar-benar mapan. Hal ini penting lantaran sikap gegabah seringkali masih muncul dalam diri anak muda.

Ketika akan berbelanja, sebaiknya tentukan jumlah uang yang akan dibelanjakan. Pastikan untuk membawa uang tunai sesuai jatah belanja yang sudah ditentukan.

 

 

4. Gegabah Memutuskan untuk Kredit Kendaraan Pribadi

kredit kendaraan pribadi

Sekali lagi, kendaraan pribadi sebenarnya belum jadi kebutuhan mendesak bagi anak muda 20-an. Selain gaji di awal karir yang belum cukup ‘aman’ untuk membayar cicilan, akan lebih baik jika uangmu ditabung terlebih dahulu.

Kendaraan pribadi cenderung jadi keinginan dan bukan kebutuhan bagi anak muda. Kadang, ada rasa gengsi jika bertemu teman-teman lama tanpa membawa tunggangan baru yang dianggap bukti dari hasil kerjamu sendiri.

Bertahanlah sementara waktu dengan kendaraan yang dihibahkan oleh orang tua. Jika tak ada “warisan” macam ini, menggunakan transportasi umum juga jauh lebih murah dan efisien kok. Sepeda juga bisa jadi alternatif transportasi yang punya nilai lebih, yaitu membuat tubuhmu lebih bugar.

 

 

5. Gagal Mengontrol Pengeluaran Sosial

pengeluaran sosial

Gagal mengontrol pengeluaran sosial adalah salah satu kesalahan finansial yang sering  tidak disadari banyak dilakukan oleh anak muda. Ada saja acara nongkrong bersama teman-teman sepulang kerja, pergi ke bioskop di akhir pekan, atau pergi berlibur ke luar kota. Kalau tidak diatur dengan cerdik, bisa-bisa kantungmu sudah cekak sebelum akhir bulan.

Ketika tidak bisa mengatur keuangan untuk pengeluaran sosial dengan baik, berapa pun gajimu akan cepat habis. Kamu harus bisa menyusun strategi demi bisa tetap menabung dan bersosialisasi dengan teman-temanmu.

Selama satu minggu, pilih 2 atau 3 hari sebagai kesempatanmu untuk bersenang-senang. Sisanya, gunakan waktumu untuk melakukan kegiatan lain yang lebih bermanfaat sekaligus tidak mengeluarkan biaya.

 

 

6. Gampang Tergoda Iklan dan Punya Sifat Konsumtif

punya sifat konsumtif

Beberapa orang memang punya kecenderungan berperilaku konsumtif. Hobi berbelanja dan loyal menghamburkan uang untuk barang-barang yang sebenarnya tidak terlalu penting. Kadang, hanya lantaran menonton iklan atau mendengar cerita teman bisa membuatmu gatal untuk membeli gadgets keluaran terbaru.

Nah, ini lho sikap yang sebaiknya kamu hindari. Perilaku konsumtif dan mudah terpengaruh jelas akan merugikanmu sendiri. Gaji dan uang tabunganmu bisa mendadak raib ketika kamu hobi gonta-ganti gadgets setiap bulannya. Sadarilah kalau mengikuti tren gawai itu tidak pernah akan ada ujungnya. Pilih gawai yang paling bisa memenuhi kebutuhanmu dan bertahanlah dengannya sampai maut memisahkan ia benar-benar rusak.

 

 

7. Tidak Punya Rencana Masa Depan yang Jelas

Tetapkan tujuan masa depan yang jelas

Merasa masih muda, kamu mungkin berpikir bahwa belum saatnya merencanakan masa depan. Pekerjaan dijalani dengan biasa saja, asalkan merasa nyaman dan ‘cukup’. Padahal, penting untuk menyadari bahwa pekerjaan yang dijalani saat ini tidak akan selamanya kamu kerjakan. Bukankah setiap karyawan bisa pensiun atau dipecat sewaktu-waktu ketika kinerja mereka tidak cukup baik?

Nah, mulailah merencanakan untuk berinvestasi. Pelajari tentang valuta asing, reksa dana, emas, hingga investasi properti. Pikirkan strategi berinvestasi yang paling tepat supaya bisa menikmati masa tuamu dengan santai dan bahagia. Masih bingung harus mulai berinvestasi dari mana? Hipwee pernah menulis artikel “Instrumen Investasi yang Cocok Dicoba Anak Muda” yang bisa jadi bahan pertimbanganmu.

 

 

8. Tidak Menyiapkan Dana Darurat

dana darurat

Selain kemungkinan diberhentikan dari tempat kerja, ada-ada saja musibah yang bisa setiap saat menghampirimu. Mendadak sakit, kebutuhan membantu keluarga, atau bahkan kecelakaan bisa jadi hal yang tak diduga membuat kantungmu tiris.

Cara paling aman untuk mengatasi kondisi tidak terduga adalah dengan menyiapkan dana darurat. Setiap bulannya, usahakan menyisihkan 20% dari gajimu untuk masuk ke rekening dana darurat. Jadi, ketika sewaktu-waktu mendapat musibah, kamu tidak perlu meminjam ke teman atau minta bantuan ke orang tua.

 

 

9. Menganggap Bahwa Anak Muda Belum Butuh Asuransi

anak muda butuh asuransi

Seperti sudah dijelaskan di poin sebelumnya, musibah bisa saja datang kapan saja dan pada siapa saja. Inilah kenapa memiliki asuransi yang bisa memberikanmu proteksi sangat dibutuhkan. Kemalangan dan hal-hal tak terduga tidak hanya datang pada mereka yang sudah mapan dan berkeluarga ‘kan?

Jika saat ini kamu belum memiliki asuransi, mulailah pelajari tentang asuransi jiwa, kesehatan, hingga properti. Pilihlah satu atau dua jenis asuransi yang menurutmu paling cocok dan pembayarannya tidak terlalu memberatkanmu. Menyisihkan uang setiap bulan atau per 3 bulan untuk membayar premi asuransi akan sebanding dengan manfaat jangka panjang yang bisa kamu rasakan.

 

 

10. Nekat Menikah Walaupun Belum Punya Kemampuan Finansial yang Mumpuni

keputusan menikah

Anak muda usia 20-an biasanya sudah punya pasangan dan mulai memikirkan tentang pernikahan. Menjalani hubungan pacaran yang menyenangkan, kemudian berharap bisa segera melangkah ke pelaminan. Saat kamu sudah merasa siap secara mental, apakah kondisi finasialmu juga sudah mumpuni?

Kenyataannya, usia 20-an adalah masa-masa produktif bagi anak muda untuk meniti karir. Daripada membagi fokus untuk karir dan berumahtangga, sebaiknya utamakan pencapaian karirmu dulu. Pasalnya, pernikahan bukan hanya perkara menggelar resepsi, setelahnya banyak hal yang harus dipikirkan. Tempat tinggal, kendaraan, kebutuhan sehari-hari hingga dana untuk anak harus disiapkan matang-matang. Yakin nih, mau buru-buru menikah kalau kemampuan finansial belum memadai?

 

Nah, itu tadi kesalahan-kesalahan finansial yang seringkali dilakukan anak muda 20-an. Supaya masa depanmu lebih ‘aman’ secara finansial, sebaiknya hindari hal-hal di atas, ya! Semoga sukses!

 

sumber

Ini Dia Alasan Kenapa Gelar Sarjanamu Gak Penting buat Bekerja di Google

13 September 2014 1 komentar

Siapa yang nggak mau kerja di Google? Salah satu perusahaan multinasional terbesar ini punya kantor keren di Jakarta yang pernah Hipwee bahas di artikel ini. Hebatnya, perusahaan sebesar ini ternyata tidak terlalu memikirkan gelar sarjanamu, lho!

Salah satu petinggi Google sekaligus kepala rekrutmennya, Laszlo Bock, mengungkapkan bahwa nilai akademik dalam ijazah sarjanamu tidak bisa serta-merta memberikan gambaran potensimu sebagai karyawan. Jadi, IPK 4 sempurna bukan jaminan kamu bisa bergabung ke perusahaan ini.

Lantas, apa saja sih yang dilihat perusahaan sekaliber Google dari kandidatnya selain gelar perguruan tinggi?

 

1. Kamu tidak perlu gelar sarjana untuk menunjukkan bakatmu.

aaaa

“Saat orang yang tidak mengenyam bangku sekolah bisa berhasil dalam hidupnya, berarti dia adalah orang yang istimewa. Kita perlu melakukan yang terbaik untuk bisa menemukan lebih banyak orang-orang seperti ini.”

Tuh, yang paling kamu butuhkan sebenarnya bukan gelar sarjana, melainkan kemauan untuk belajar. Memang sih, masih banyak perusahaan yang memperhitungkan gelar sarjana dalam memilih kandidatnya. Tapi, Google sendiri tidak menganggap itu sebagai sesuatu yang mutlak.

Sekarang sudah banyak kursus mandiri dan pendidikan kejuruan yang bisa kamu ikuti. Beberapa malah gratis dan online, seperti yang pernah Hipwee bahas di artikel ini. Lewat kursus-kursus itulah, mereka yang punya kemauan bisa mempelajari kecakapan yang diperlukan untuk bekerja di sebuah perusahaan. Jadi, nggak kuliah bukan alasan kamu nggak bisa berkembang, ‘kan?

 

 

2. Gelar sarjana tak akan cukup memastikan bahwa kamu memiliki karakter yang diperlukan perusahaan.

Tunjukkan bahwa kamu serbabisa.

“Kami akan memilih pelamar yang memiliki kemampuan kognitif tinggi, rasa ingin tahu yang besar, mau belajar, berjiwa pemimpin, tapi belum memiliki pengetahuan yang memadai, daripada seseorang yang cuma fokus pada satu bidang dan menjadi ahli di bidang tersebut.”

Gelar sarjana hanyalah sebuah sertifikat keahlian. Misalnya, punya gelar di bidang jurnalisme adalah penanda bahwa kamu tahu sedikit-banyak tentang menulis berita dan mewawancarai narasumber. Tapi, itu belum tentu menunjukkan apakah kamu bisa menyajikan ide yang brilian. Belum tentu juga itu menunjukkan kemampuanmu bicara di depan orang banyak. Belum tentu kamu bisa membangun sebuah situs atau berpikir secara antusias terhadap suatu permasalahan.

Lebih lanjut lagi, ijazah sarjana itu belum tentu membuktikan bahwa kamu memang memiliki karakter yang diperlukan perusahaan. Apakah kamu orang yang mau belajar? Apakah kamu orang yang terbuka pada kritik? Apakah kamu luwes dan komunikatif, atau selama ini cuma sukses melalui berbagai tes di bangku kuliah?

 

 

3. Logika itu harus terus dipelajari. Bangku kuliah belum tentu mencukupi.

Berpikir logis dan analitis.

“Secara alami, manusia adalah makhluk yang kreatif, namun bukan makhluk yang logis. Logika dan cara berpikir yang runut adalah dua kemampuan yang harus berusaha dipelajari seseorang.”

Berpikir secara logis tak segampang kelihatannya. Bahkan, orang-orang yang bergulat di bidang komputer dan matematika masih bisa terjebak pada kesesatan logika.

Misalnya, di tahun 2010 Facebook mengklaim bahwa semakin banyak seorang kandidat politik memiliki fans di Facebook pagenya, semakin mungkin dia memenangkan pemilihan umum, Tapi, ini pendapat yang kurang tepat. Mungkin aja calon yang punya banyak fans di Facebook page-nya itu memang sudah terkenal dari dulu. Kandidat politik yang punya fans sedikit di Facebook juga masih mungkin menang kalau konstituennya memang bukan pengguna Facebook yang aktif.

Para karyawan Facebook yang membuat klaim di atas tidak menunjukkan kemampuan berpikir analitis yang baik. Padahal, Facebook adalah salah satu perusahaan Internet multinasional terbesar di Amerika. Seharusnya, yang bekerja disana bukan orang-orang sembarangan, bukan?

Memilah data dan membuat simpulan dari data-data tersebut memerlukan pelatihan teknis yang khusus, demi memahami hubungan sebab-akibat dan mengeksplorasi pola-pola data yang ada. Gelar sarjana saja tak akan cukup memastikan bahwa kamu bisa melakukannya.

 

 

4. Gelar sarjana tak akan cukup untuk membuktikan bahwa kamu orang yang gigih

Buktikan kegigihanmu.

“Hal yang membedakan mahasiswa yang biasa-biasa aja dengan mahasiswa yang sukses itu bukanlah pengetahuan mereka, melainkan kegigihan mereka mengusahakan sesuatu.”

Google lebih tertarik untuk membentuk orang-orang yang punya kegigihan dibandingkan mereka yang cerdas dan punya nilai tinggi tetapi malas. Sementara, kita tidak bisa melihat apakah seseorang itu “sudah pintar dari sananya” atau memang pekerja keras cuma dari gelar sarjana saja. Buat sebagian orang, kuliah itu mudah. Mereka bisa tetap dapat nilai A meskipun sebelum ujian akhir mereka dugem sampai jam 4 pagi. Padahal, yang lain cuma dapat nilai B meskipun sudah susah payah belajar.

 

 

5. Kalau kamu memang tetap mau kuliah, pastikan bahwa waktumu terpakai untuk menempa skill dan karaktermu.

Asah kemampuanmu, jangan cuma berfokus ke satu hal.

“Saya bukannya menyarankan bahwa kamu tidak usah kuliah. Asal, pikirkan juga kenapa kamu harus kuliah, dan apa yang kamu ingin lakukan selepas jadi sarjana.”

Kuliah itu penting, setuju; kalau bisa, memang sebaiknya kamu belajar di perguruan tinggi. Tapi, yang penting itu bukan penguasaanmu terhadap jurusan yang kamu ambil, melainkan keterampilan (termasuk soft skill) serta pengalaman. Tipe kandidat seperti itulah yang lebih dicari oleh Google.

 

Jadi, IPK yang kurang memuaskan atau gelar sarjana yang belum di tangan sama sekali tak perlu membuatmu berkecil hati. Yang penting, kamu gigih dan punya kemauan untuk belajar. Buat kamu yang kuliah, jangan cuma fokus untuk dapat IPK tinggi doang. Gunakan waktu empat tahunmu untuk mempelajari hal lain di luar kelas, dan dapatkanlah pengalaman baru yang akan membangun karaktermu.

sumber

%d blogger menyukai ini: