Arsip

Posts Tagged ‘makan’

15 Syarat Menjadi WNI Teladan

Kamu lahir di Indonesia, bisa bahasa Indonesia dan punya KTP. Apakah itu udah cukup buat kamu menjadi seorang Indonesia? Jawabannya bisa iya bisa juga engga. Ada beberapa hal kecil yang ngga pernah kamu sadari ngga pernah dimiliki atau dilakuin orang-orang di negara lain kecuali Indonesia.

Ngga percaya? Artikel berikut bakal ngeyakinin kamu bahwa kamu emang bener-bener seorang Indonesia. Caranya, cukup mengakui saja bahwa 10 dari 15 poinnya pernah kamu lakuin, maka kamu sah menjadi Indonesia. Yuk mareee

1. Makan nggak makan asal wi-fi eh ngumpul

Emang bener orang Indonesia terkenal suka ngumpul. Pokoknya paling anti kemana-mana sendirian, kudu rame-rame. Entah itu di cafe, jalan-jalan bahkan ke toilet sekalipun juga mesti barengan. Itulah sifat orang Indonesia yang gemar bersosialisasi.

2. Suka yang murah-murah

Hayo ngaku, siapa dari kalian yang langsung panas dingin begitu lihat mantra-mantra sakti ini: PROMO, DISKON, GRATIS, OBRAL. Tenang itu wajar kok, tau sendiri kan kondisi perekonomian negara kita kayak gimana?

3. Indomie..selerakuuu

Bukan mau ngiklan ya. Tapi siapa sih yang ngga suka kalau tiap pagi sarapannya rendang, siangnya makan iga penyet terus malemnya makan kari ayam? Ehm, dalam bentuk mie. Ngga dipungkiri kalau mie instan yang satu ini familiar banget di kalangan orang Indonesia. Tapi jangan kebanyakan yaa…

4. Hobi pencitraan

Ga cuma para politikus aja yang demen pencitraan tapi mayoritas orang Indonesia suka yang ‘keliatan’ daripada yang ‘sebenernya’. Contoh paling gampang di media sosial deh, ngetwit: “Lagi dinner nih #kuliner” padahal makan di warung pecel lele. Atau bikin status: “Aku Rapopo” padahal hatinya lagi kembang-kempis abis ditolak gebetan atau diputusin pacar.


5. Suka yang singkat-singkat

Nyadar ngga dari dulu orang Indonesia terkenal ngirit dalam penggunaan kata alias demen bikin singkatan. Mulai dari trikora, jas merah, pemilukada, terus variasi singkatan ‘cumi’ dari mulai ‘cucah mingkem’ sampai ‘curhat miris’ terus ada lagi PHP, CLBK, PDKT dan JKT48 eh itu mah bukan ya?

6. Bermanis-manis dahulu, nggerundel kemudian

Ini nih yang masih banyak dilakuin sama kebanyakan dari kita. Kebiasaan buruk orang Indonesia satu ini masih ada hubungannya dengan pencitraan yang udah dibahas di atas. Misalnya nih kamu sering banget bilang “nggak apa-apa kok” padahal lagi ada sesuatu yang ganjel.

7. Korupsi adalah Kita

Sadar ato nggak korupsi adalah bagian dari budaya Indonesia. Mulai dari sogok menyogok biar urusan lancar, sengaja minta uang SPP lebih buat jajan, atau yang paling gawat kamu nggelapin dana SPP. Pokoknya jangan sampai itu dibiarin. Meski ini adalah budaya, kita ngga boleh warisin ini ke anak cucu kita. Cuma ada satu kata: LAWAN!

8. Jam karet, molor terus

Janjian jam 10 dateng jam 10.10 atau jam 10.30. Ditanyain, “lagi di mana kok lama banget” dijawab “lagi otw” padahal emang lagi otw dari kamar ke kamar mandi. Ini juga udah jadi kebiasaan, tapi plis deh siapa sih orang yang suka nunggu. Yuk pelan-pelan belajar menghargai waktu dan orang lain.

9. Damai itu  INDAH  Rp. 50.000,-

Pilih sidang atau berdamai? Pas kena tilang kadang ada beberapa oknum aparat yang terang-terangan nawarin jasa ‘perdamaian’ dengan meminta sejumlah uang. Kita yang kadang ga mau repot atau lagi buru-buru suka gampang aja ngasih mereka. Ih amit-amit, jadi warga negara yang baik dong ah.

10. Disodorin daftar menu, yang diliat sisi kanan alias harga

Ketika makan di restoran atau cafe, dan ngeliat daftar menu apa yang pertama kali jadi pertimbanganmu? Rasa, kandungan gizi atau errr… harga? Hehe, ngga semua sih tapi terutama bagi mahasiswa yang lagi kering kerontang di akhir bulan mereka bakal langsung nengok ke sisi kanan. “Wah nemu nih makanan murah cuma Rp 3.000!” Pas diliat ternyata, “nasi putih”. Yaahh apess.

11. Ngegosip

Coba bandingin jumlah stasiun TV yang nayangin acara gosip sama yang engga. Emang kalau udah ngumpul-ngumpul dan kehabisan bahan buat diomongin, biasanya topiknya bakalan ngga jauh-jauh dari ngomongin orang lain. Mendingan ngobrolin artikel-artikel di Pizna aja deh.

Orang biasa ngobrolin orang. Orang hebat ngobrolin ide. Orang biasa yang hebat ngobrolin Pizna.

12. Takhayul dan hal-hal mistis

Yang satu ini Pizna juga heran kenapa orang Indonesia cenderung menyukai hal-hal mistis dan gaib serta berbau takhayul. Makanya, jenis dan variasi setan di Indonesia pun jauh lebih beragam ketimbang yang ada di luar negeri sana. Kalau di luar negeri mah paling vampir, drakula, werewolf. Nah kalau di sini ada pocong, kuntilanak, sundel bolong, genderuwo, suster ngesot, suster keramas, kakek cangkul, nenek gayung, bude cangkir, tante kasur dan setan absurd lainnya. Orang Indonesia juga masih banyak yang percaya dukun.

13. Hobi main kode

Seperti kata Om Kasino (alm) di lagu nyanyian kode takode-kode, takode-kode. Mungkin karena karakter mayoritas orang Indonesia yang ngga suka atau sungkan buat ngomong terus terang, mereka jadi suka mainan kode. Nyebar kode se timeline Twitter: “Pengen bobo bareng kamu nih, kamu iya kamu” dan bikin se TL kegeeran karena ngerasa dia yang diajak bobo bareng padahal yang dimaksud itu bobo bareng boneka Teddy Bear yang lagi di-laundry.

14. Kerokan!

Hahaha ini dia pengobatan yang entah mengapa meski belum benar-benar bisa dibuktikan secara medis, tapi dipercaya sangat manjur buat ngobatin penyakit masuk angin. Emang ada ya penyakit masuk angin di luar negeri? Namanya apa dong? Enter Wind? ((((Enter Wind))))

15. KEPO

Udah bukan rahasia lah kalau orang Indonesia itu demen ngurusin masalah orang lain. Jangan sembarangan ngumbar rahasia kalau ngga mau bocor kemana-mana. Di Indonesia juga dianggep wajar ketika kamu nanyain hal pribadi seperti: umurmu berapa sih sekarang? udah punya pacar? kok ga jadi nikah? BAB lancar? Wah kalau di luar negeri udah digampar iPad tuh!

Jangan kesindir ya. Jadiin ajang introspeksi aja. Seperti kata Pak Ustadz. Yang buruk tinggalkan, ambil yang baik. *Terus ambil sandal yang bagus sepulang dari masjid*

Satrio Rizki Dharma 

sumber

6 Mie Ayam Jogja yang Dijamin Maknyus

Kalau denger “mie ayam”, pasti perut kamu langsung menjerit-jerit pengen makan 😀 Apalagi kalau mie ayam yang berwarna-warni kayak pelangi, trus ada lagi mie ayam batagor dan juga mie ayam jamur yang uenak banget.

Dan ini dia Mie Ayam yang paling enak di Jogja.

1) Mie Ayam Pelangi

Ada pelangi di mangkokmu.
Awalnya pizna bertanya-tanya deh, kok dinamakan mie pelangi? 😀 Tapi setelah mencoba mie ayam pelangi ini, ternyata mienya begitu warna-warni kayak pelangi gitu. Warung Mie Ayam ini terletak di dekat Stasiun Lempuyangan.

2) Mie Ayam Jamur

Mie Ayam jamur ini terletak di dekat perempatan Manding, Bantul. Kalau Kamu mencoba mie ayam ini pastinya bakalan ketagihan. Soalnya enak dan harganya ekonomis. 🙂

3) Mie Surya 88

Awalnya sih saat pizna hunting kuliner mie ayam ini tidak tahu tempatnya di sebelah mana. Tahunya cuman di belakang Ramai Mall Jogja. Ternyata tempat ini memang kecil, tapi rasanya wahhh jos dan T.O.P deh.

4) Mie Ayam Batagor

Jika Kamu kuliah di UGM pasti bakalan tahu dimana tempat ini deh. Mie Ayam Batagor ini teletak Sekip di dekat Kampus Fisipol UGM. Kamu pasti penasaran dengan rasa mie ayam batagor ini kan? Buruan nyoba deh guys, harganya juga ekonomis kok. 😀

5) Mie Ayam Bangka | Jl. Sagan

Pernah makan Mie Ayam Bangka belum guys? Jika belum cobain nich Mie Ayam Bangka yang terletak di Jalan Sagan utara Galleria.

6) Mie Bangka Seberang | SMP 7 Yogya

Kalau Mie Bangka yang ini terletak di seberang SMP 7 Yogya. Bedanya sama yang di Jl. Sagan sih yang pasti adalah kalau di Jl. Sagan tidak ada taugenya, kalau yang ini sih ada. Menurut pizna, porsinya juga banyak yang ini. Hehhehehe

Oke, itu tadi mie Ayam paling recommended di Jogja. Tambahin juga dong mie ayam paling enak menurut kamu. Biar Pizna cicipin! 😀
Created By : SIESIEF  

sumber

Beberapa Pantangan di Berbagai Negara yang Mungkin Belum Agan Tahu [PENTING]

15 November 2014 1 komentar

Setiap negara pasti memiliki kebudayaan dan kebiasaannya sendiri-sendiri. Kadang-kadang mungkin kebudayaan atau kebiasaan yang ada pada masyarakat setempat terasa aneh buat kita. Tapi sebagai turis yang baik tentunya kita wajib tahu dan wajib mematuhi berbagai aturan yang kadang sifatnya tidak tertulis.
Berikut ini rangkuman berbagai aturan non tertulis yang wajib kamu patuhi saat ada negara-negara ini :

Quote:
Quote:Jordania

image by 3.bp.blogspot.com

Jangan pernah mengembalikan cangkir kopi dalam keadaan kosong kepada pemilik rumah. Mengembalikan cangkir dalam keadaan kosong menandakan kalau kamu masih menginginkan kopi lagi. Kalau di Indonesia malah bagusan abis, malah kalau perlu sama cangkir-cangkirnya kali ya supaya kelihatan doyan. Hehe…
Quote:Venezuela

image by media02.hongkiat.com

Buat kamu yang terbiasa on time terutama untuk undangan makan, harus agak sedikit merubah taktik saat di Venezuela. Di Venezuela datang tepat waktu saat jam makan mengindikasikan kamu orang yang rakus. Ini juga termasuk peraturan absurd, masa orang datang tepat waktu dianggap rakus? Kalau udah kelaparan gimana ya?
Quote:Portugal

image by photo-dictionary.com

Kalau lagi makan di Portugal dan di atas meja gak ada garam atau merica yang disiapkan kamu tidak disarankan untuk meminta kepada pemilik rumah. Meminta garam atau merica dianggap sebagai sebuah bentuk penghinaan terhadap masakan mereka. Orang Portugal sensitif juga ternyata, masa nambahin garam sama lada bisa tersinggung. Gimana kaya tukang bakso di Indonesia yang kalau ada orang beli kadang ditambahin garam, cuka, saus, kecap, sambal?
Quote:Korea Selatan

image by graphics8.nytimes.com

Di Korea Selatan ada aturan makanan yang mungkin belum banyak orang tahu. Aturan tersebut adalah mempersilahkan orang yang lebih tua untuk memulai makan terlebih dulu, daripada orang yang usianya lebih muda. Kalau yang ini sih agak mirip di Indonesia ya, biasa kan kalau lagi makan bareng si bapak, kepala keluarga kaya dapat privilege buat makan lebih dulu meskipun cuma beda beberapa detik?
Quote:Mexico

image by i.huffpost.com

Jangan pernah makan taco dengan menggunakan pisau atau garpu kaya kalau kamu makan steak. Mereka pada umumnya makan taco dengan menggunakan tangan. Memang rada susah ya makan taco makan pisau sama garpu, tapi untuk orang Indonesia makan dengan menggunakan tangan udah tentu bukan masalah besar karena kita memang kebiasaan kaya gini kan?

Quote:
Quote:Jepang

image by cockeyed.com

Jangan pernah ngasih hadiah apapun kepada orang Jepang dengan unsur angka 4 dan 9. Angka 4 dan 9 di Jepang dipercaya sebagai sebuah angka yang membawa kesialan. Mungkin kalau di Indonesia angka sialnya angka 13 kali ya.
Quote:China

image by steve-t.co.uk

Kalau kamu lagi jalan-jalan ke China dan mungkin kamu ikutan couchsurfing dan ingin memberi host kamu hadiah, jangan sekali-sekali ngasih payung atau jam. Kenapa? Karena payung dan jam menjadi lambang kematian atau perpisahan di sana. Wah agak seram juga filosofi orang China soal payung dan jam.
Quote:Belanda

image by steve-t.co.uk

Saat memberi hadiah di Belanda jangan pernah memberikan gunting atau pisau sebagai hadiah. Memberikan benda ini sebagai hadiah dilihat sebagai sesuatu yang buruk. Ya iyalah, masak mau dikasih gunting sama pisau, emangnya mau ikut pelajaran kesenian apa?
Quote:Vietnam

image by 1.bp.blogspot.com

Di Vietnam menerima hadiah dengan satu tangan di anggap tidak sopan. Kamu harus menggunakan kedua tangan kamu untuk menerima pemberian orang lain. Katanya sih, menerima hadiah dengan satu tangan menandakan kamu tidak bersyukur terhadap hadiah yang kamu terima. Mmm, kalau tangan satunya kotor gimana ya?
Quote:Cyprus

image by flowersday.org

Memberikan bunga di Indonesia udah jadi hal yang lumrah. Mulai dari ngirim bunga pas nikahan, baru buka usaha, sampai ke acara ulang tahun biasa dilakukan. Tapi hal tersebut ternyata gak berlalu di Cyprus. Memberikan bunga di negara tersebut justru bisa jadi bumerang. Bunga lili putih sebagai hadiah memiliki asosiasi dengan upacara pemakaman. Rada repot juga nih negara Cyprus, masa bunga diartiin yang seram-seram gitu.

Quote:
Quote:Thailand

image by arm2.static.flickr.com

Masih dari negara dengan julukan gajah putih, Thailand. Di sana kamu juga dilarang menghina keluarga dari kerajaan. Kabarnya sang raja di Thailand ini sangat dihormati loh. Jadi kamu harus super hati-hati, karena kalau kamu sampai keceplosan menghina keluarga kerajaan, bisa berurusan sama hukum.
Quote:Uni Emirat Arab

image by psikologid.com

Negara UEA terkenal dengan pengaruh agama yang Islam yang kuat. Makanya gak heran kalau berciuman atau berpegangan tangan di negara tersebut dinilai sebagai sesuatu yang gak sopan.
Quote:Hungaria

image by anthonysparadiseisland.com

Di beberapa negara cheers dengan menggunakan gelas adalah sebuah budaya menghargai orang lain. Tapi jangan kamu lakukan kalau lagi di Hungaria, menurut info yang beredar, kalau menggunakan gelas untuk ber-cheers ria mengingatkan pada sejarah kelam mereka yaitu eksekusi 13 martir pada tahun 1849.
Quote:Filipina

image by supercoolcreative.com

Kabarnya di Filipina ketika kamu berjabat tangan dengan orang lain kamu gak boleh megang tangan kamu terlalu keras. Memegang tangan orang terlalu keras saat bersalaman bisa diartikan sebagai sesuatu yang gak ramah atau malah agresif.
Quote:Bangladesh

image by victorialabalme.com

Kalau di Bangladesh menunjuk orang lain dengan jari telunjuk itu dianggap sebuah tindakan yang selain gak sopan juga dianggap kasar. Sebenarnya agak mirip sih sama budaya Jawa terutama Jawa Tengah. Di Yogyakarta menunjuk orang biasanya yang sopan akan menggunakan ibu jari dan bukan jari telunjuk. Coba deh tanya teman kamu yang asli Yogyakarta masih ngerti maksud ini apa. 

sumber

Kategori:revo Tag:, , , ,

Resep-Resep Nasi Goreng yang Bisa Kamu Coba, Bahkan Kalau Kamu Nggak Pintar Masak

28 September 2014 Tinggalkan komentar

Nasi goreng adalah salah satu menu andalan orang Indonesia. Kita bisa menyantapnya kapan saja: untuk sarapan, makan siang, makan malam, bahkan dini hari ketika perut tiba-tiba lapar.

Nah, hari ini, kenapa nggak coba masak nasi gorengmu sendiri? Di bawah ini adalah berbagai resep sederhana yang bisa kamu ikuti. Kamu nggak harus pintar masak kok untuk membuatnya. Seberapa dasarpun kemampuanmu, kamu tetap bisa membuat nasi goreng yang enak.

Sebagai tips awal, masaklah nasi goreng dengan nasi sisa semalam atau nasi yang sudah didinginkan. Pastikan juga bahwa kualimu sudah dipanaskan sebelum kamu mulai memasukkan bahan-bahan. Ini akan mencegah nasi tersebut menggumpal. Selamat mencoba!

 

1. Nasi Goreng Nanas

Nasi goreng nanas

Rasa asam nanas yang khas bisa membuat nasi gorengmu jadi segar. Meraciknya pun cukup mudah. Kamu butuh 1 sendok teh minyak wijen, 1 cangkir penuh potongan nanas, 1/2 cangkir potongan wortel, 2 sendok teh kecap, 2 sendok makan saus unagi (kalau ada), dan 3 batang daun bawang yang sudah dipotong-potong.

Panaskan kualimu dengan api maksimal, lalu tambahkan minyak wijen. Masukkan nanas yang sudah dipotong dadu; biarkan hingga warnanya kecoklatan. Tambahkan nasimu, pisah-pisah dengan spatula agar tak menggumpal. Kalau nasimu tetap susah dipisahkan, percikkan sedikit air ke kuali. Ketika nasi sudah cukup panas, tambahkan saus unagi dan kecap. Akhiri dengan menaburkan potongan daun bawang!

PS: Kamu bisa juga kok mengisi nasi dengan bahan yang lain, seperti merica merah dan telur. Masak bahan-bahan ini dulu ya sebelum memasukkan nanasmu ke kuali.

 

 

2. Nasi Goreng Pattaya

Nasi goreng pattaya

Nasi goreng Pattaya berasal dari Malaysia. Di Jepang, hidangan ini dikenal dengan nama omurice. Wujudnya adalah nasi goreng ayam yang dibungkus telur dadar tipis.

Tertarik membuatnya? Untuk nasi gorengmu, siapkan 2 sendok makan minyak zaitun, 2 siung bawang putih, 2 siung bawang merah, fillet ayam secukupnya, 2 sendok makan saus ikan, 2 sendok makan saus tomat, serta potongan wortel, merica merah, dan kacang polong.

Panaskan minyak zaitun di kuali. Selanjutnya, goreng bawang putih dan bawang merahmu sampai harum. Barulah tambahkan ayam, wortel, merica, dan kacang polong ke kuali. Setelah masak, tambahkan nasi. Ketika nasi sudah panas, tambahkan saus ikan dan saus tomat ke dalam masakanmu. Aduk hingga rata.

Untuk membuat omeletnya, panaskan teflon. Pecahkan 2 butir telur ke atas teflon dan angkat teflon untuk membuat telur tersebut melapisi permukaan dengan rata. Biarkan omelet yang tipis terbentuk. Ketika sudah berwarna keemasan, balik lapisan omelet dan tunggu hingga matang. Pindahkan ke piring dan “selimuti” nasimu dengan omelet ini.

 

 

3. Nasi Goreng dengan Mint

Nasi goreng mint

Nah, ini resep tepat kalau kamu mau sesuatu yang berbeda. Hidangan ini menggunakan daun mint dan cabe hijau segar, sehingga rasanya kaya dan menantang.

Kalau kamu penasaran ingin mencoba, sediakan 1/4 cangkir daun mint, 1/4 cangkir daun ketumbar (bentuknya mirip seledri dan peterseli), 2 buah cabe hijau besar, 1/4 bagian bawang bombay besar, jintan putih secukupnya, dan 1 lembar daun salam. Untuk bumbu nasi, sediakan mentega dan garam.

Di kuali yang panas, lumerkan mentegamu hingga cair. Selanjutnya goreng jintan putih, cabe hijau, dan daun salam hingga tercipta aroma menyenangkan. Tambahkan nasi dan sayur sesuai selera ke dalam kuali. Setelah satu menit, tambahkan bawang bombay dan masak hingga bawangmu berwarna kecoklatan. Pindahkan nasi ke piring.

Setelah itu, masaklah daun mint, daun ketumbar, dan 1 buah cabe hijau yang dipotong-potong di dalam kuali yang telah diisi minyak. Masak hingga berbentuk pasta. Campurkan pasta ini ke dalam nasi yang tadi sudah kamu masak. Tambahkan garam secukupnya. Voila!

 

 

4. Nasi Goreng Ala Meksiko

Nasi goreng meksiko

Untuk yang satu ini, kamu harus pakai beras coklat. Siapkan 1/4 cangkir bengkuang yang sudah dipotong dadu, 1/4 cangkir jamur kancing, 1/4 cangkir kacang polong, 2 sendok makan daun ketumbar, dan potongan apokat, biji labu, daging sapi yang dipotong dadu, serta irisan nanas secukupnya.

Panaskan kuali dengan api sedang. Tambahkan 2 sendok makan minyak zaitun. Ketika minyak di dalam kuali sudah keemasan, tambahkan jamurmu dan masak hingga sedikit berwarna. Setelahnya, tambahkan potongan bengkuang, kacang polong, dan daging sapi. Masak hingga bengkuangmu matang dan jamurmu berwarna emas. Masukkan nasi dan aduk rata semua bahan. Hidangkan dengan potongan apokat, irisan nanas, dan saus salsa.

 

 

5. Nasi Goreng Kimchi

Kimchi

Kalau kamu suka makanan Korea, coba deh resep kimchi yang mudah ini. Kamu perlu 4-6 lembar sawi putih ukuran besar, 1/2 sdt garam, 2 sdt cuka beras, 1 sdm gula, 1/2 sdt bubuk paprika, 1 buah paprika merah ukuran medium, 1 buah cabe merah panjang yang sudah dipotong-potong, 2 siung bawang putih yang sudah dipotong-potong, 1 sendok makan bubuk jahe, dan 4 lembar daun bawang yang diiris tipis.

Potong-potong sawimu. Garami dalam mangkuk. Bungkus dengan plastik dan biarkan selama 2 jam. Masukkan cuka, gula, paprika, dan cabe merah ke dalam wajan kecil hingga tercipta semacam larutan cuka. Pindahkan dari atas panci.

Setelah 2 jam, cuci dan keringkan sawimu. Cuci mangkok yang kamu gunakan tadi untuk menyimpan sawi. Kembalikan lagi sawimu ke dalamnya, dan kali ini tambahkan daun bawang, paprika merah, jahe, bawang putih, dan larutan cuka. Simpan dalam wadah yang tertutup rapat minimal 2 x 24 jam.

Setelah kimchimu siap, campurkan kimchi bersama semangkok nasi dan cuka beras dalam sebuah mangkuk. Masak ke dalam wajan yang telah dipanaskan; tambahkan potongan daging dan telur dadar. Aduk hingga nasimu berubah keemasan.

 

 

6. Nasi Goreng Pembersih Kulkas

Yay! Kulkasku bersih!

Seperti namanya, dengan nasi goreng ini kamu bisa menggunakan sisa bahan makanan yang eksistensinya di kulkas saja nyaris terlupakan. Siapkan 2 siung bawang putih, 2 siung bawang merah, sedikit garam dan merica, nasi sisa tadi malam, bersama telur, potongan daging ayam, daging sapi, udang, zucchini, timun, kacang polong, tomat, kecap, saus tiram — apapun yang kamu punya, deh.

Pertama, panaskan wajan dan masak bawang putih dan merah hingga harum. Pecahkan telur dan buat orak-arik. Masukkan isi seperti daging ayam, sapi, dan lain-lain hingga matang. Baru setelah itu masukkan nasi beserta kecap dan saus tiram. Makan dengan keju parmesan (atau keju apapun yang kamu punya di kulkas).

 

Nah, kira-kira resep mana yang bakal kamu coba?

sumber

Kategori:Inspirasi Tag:, ,

Kamu Pasti Terkejut! Rahasia Besar Dibalik Makanan Mewah

19 September 2014 Tinggalkan komentar

Bagi kebanyakan orang, yang namanya makan-makan itu adalah sebuah kegiatan yang ditunggu-tunggu. Apalagi kalau udah hampir seharian perut nahan rasa laper. Udah gitu ternyata makan-makannya ada yang bayarin. Terusnya lagi yang akan kamu makan itu bukan makanan biasa tapi makanan Eropa yang mewah gitu dan harganya mahal pula. Uuuaaaa. Eh tapi tunggu dulu, jangan keburu seneng duluan, karena kebanyakan nama-nama hidangan Eropa itu kan masih asing buat kamu. Emang kamu tau makanan itu dibuat dari apa? terus proses pembuatannya gimana? Nah, daripada kamu asal main embat apa sing liwat kayak kucing garong, mending simak dulu deh artikel MBDC kali ini tentang beberapa makanan mewah yang ternyata nyeremin.

Casu Marzu

Casu Marzu

Yang pertama adalah Casu Marzu yang berasal dari Italia. Casu Marzu ini sendiri adalah sejenis keju tradisional Sardinia yang terbuat dari susu domba. “Lho tapi itu kan cuma keju MBDC, dimana seremnya?” Lha tunggu dulu, meskipun ini cuma keju tapi orang Italia sendiri ternyata juga jijik sama yang namanya Casu Marzu ini. Sebab untuk membuat Casu Marzu ini keju diangin-anginkan di tempat terbuka dalam beberapa hari hingga dipenuhi larva dari piophila casei (semacam lalat keju). Nah larva-larva itu nantinya akan memakan keju tersebut dan mempercepat proses fermentasi lanjutan kejunya. Kenapa harus pakai larva piophila casei, karena larva piophila casei itu punya asam dan sistem pencernaan yang bisa memecah lemak keju sehingga tekstur keju pada Casu Marzu menjadi sangat lembut jika dibandingkan sama keju biasa.

Untuk memakan Casu Marzu ini ada orang yang membersihkan larvanya lebih dulu tapi ada juga yang enggak. Kalau enggak dibersihkan ya berarti kejunya dimakan beserta larva-larvanya. Karena konon katanya larva-larva pada Casu Marzu ini berguna untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan gitu. Terus juga katanya ketika makan Casu Marzu ini bisa menimbulkan sensasi seperti sedikit membakar lidah dan meninggalkan aftertaste selama beberapa jam sesudahnya.

Haggis

Haggis

Berikutnya adalah Haggis yang sebenarnya adalah varian dari Black Pudding. Kalau dalam bayangan kamu Black Pudding itu semacam agar-agar jelly yang kenyal dan manis, kamu salah besar. Karena sebenarnya Black Pudding itu adalah sosis yang terbuat dari darah babi. Sementara Haggis gak jauh beda, yaitu campuran organ dalam dan darah hewan seperti jantung, hati, dan paru-paru dari domba dan babi yang kemudian dibumbui dengan rempah-rempah, garam, dan potongan bawang bombay. Terus adonan Haggis itu direbus selama kurang lebih tiga jam. Kalau udah mateng tinggal dimasukin deh ke dalam selongsong sosis yang terbuat dari usus domba. Jadilah sosis Haggis yang biasanya dibuat sarapan sama orang Skotlandia dan Irlandia. Berdasarkan cerita yang berkembang, Haggis diciptakan supaya bagian-bagian lain dari daging hewan gak terbuang sia-sia gitu. Tapi menurut MBDC sih Haggis itu lebih tepat jika disebut dengan kompilasi jeroan. Bayangin aja kalo kamu makan sate jeroan pasti banyak yang ngingetin tentang resiko penyakit yang bisa ditimbulkan, apalagi kalo makan Haggis.

Canard Au Sang

Canard Au Sang

Yang ketiga ada olahan daging bebek dari Perancis yang gak kalah seremnya. Kenapa serem, karena secara harafiah Canard Au Sang itu kalau diartikan adalah bebek dalam saus darah. Prosesnya sih simple, ada bebek, dicekek sampe mati biar darahnya tetep di dalam. Terus bagian dadanya (bagian yang paling banyak dagingnya) diambil dan dimasak setengah mateng. Terus bagian lainnya dimasukkan ke dalam alat pres, terus diperas sampe darah dan cairan tubuh dari si bebeknya keluar semua. Terus saus darah itu disiramkan ke atas daging bebek yang tadi dimasak setengah mateng.

Di Perancis sendiri, masakan yang juga disebut Canard a la Rouennaise ini dianggap hidangan yang elegant dan biasanya disajikan di restoran-restoran mewah. Meskipun dalam cara penyajiannya kepada turis-turis biasanya dibarengi sama anggur buat ngilangin rasa dan bau yang tajam dari sausnya.

Foie Gras

Foie Gras

Selanjutnya ada Foie Gras yang merupakan hidangan mewah dari Perancis dimana cara pembuatannya kontroversial banget. Buat kamu yang belum tau, Foie Gras itu sebenernya berbahan dasar dari hati angsa. Nah kontroversinya sendiri adalah dimana sebelum dimasak angsa itu akan dipaksa makan sebanyak-banyaknya dengan cara force-feeding. Caranya adalah dengan menaruh pipa berbahan logam pada tenggorokan angsa, sehingga makanan yang masuk dari mulut langsung menuju ke perut si angsa. Terus angsa itu akan diberi makan berlebihan hingga empat kali sehari selama sekitar lima bulan. Kalau udah gitu hati dan saluran pencernaannya membengkak. Tinggal tunggu aja deh angsa itu mati kekenyangan, atau kalau gak mati-mati ya disembelih. Hati angsa yang gede karena bengkak ini kabarnya mahal lho. Sekilonya bisa sekitar 100-200 Euro atau sejuta sampai dua juta gitu kalau dirupiahin. Kemudian hati angsa itu tinggal diolah jadi Foie Gras yang disebut banyak orang memiliki tekstur yang lembut dan halus seperti mentega. Tapi ya karena cara di balik layarnya yang menyiksa hewan banget, beberapa negara seperti Turki, Denmark, dan Israel akhirnya mengeluarkan larangan perdaganan Foie Gras di negara mereka.

Ortolan

Ortolan

Menu yang terakhir dari daftar makanan nyeremin adalah Ortolan, dimana bahan dasarnya adalah kesukaannya para pembaca MBDC, yaitu burung. Tapi inget, burung yang MBDC bahas di sini burung beneran. Burung aves gitu bukan burung penis. Secara dasar prosesnya sih hampir mirip sama Foie Gras, dimana burung Ortolannya digemukin secara paksa. Caranya burung Ortolan itu akan dikurung di dalam kandang yang gelap dan tidak ada cahaya sama sekali. Karena tidak ada cahaya yang masuk, maka burung itu jadi tidak tau waktu sampai pola makannya juga ikutan kacau. Jadinya burung itu ya makan sepanjang waktu sampai mengalami obesitas dan badannya menggembung dua sampai tiga kali lipat dari ukuran semula. Kalau udah gendut gitu, si burung ortolan tinggal ditenggelamkan dalam minuman keras sampe mati. Sesudah mati baru deh burung Ortolan itu diolah dengan cara dipanggang. Disamping prosesnya yang kejam dan status burung Ortolan yang merupakan burung langka dan dilindungi, saat ini pemerintah Perancis sudah resmi mengeluarkan larangan mengkonsumsi burung Ortolan itu. Tapi kalo Foie Gras masih boleh, dan malah dijadikan tradisi kuliner yang harus dilestarikan. Wew.

Tuh kan, makanan-makanan yang kelihatannya lezat itu ternyata di baliknya ada cerita-cerita yang nyeremin. Makanya kalau kamu ke luar negeri ada baiknya kamu cari tau dulu tentang makanan lokal setempat. Jadi kamu gak asal mesen aja. Eh ngomong-ngomong kamu tau makanan lainnya yang nyeremin gak? Atau kamu lagi ngebayangin burung kamu digedein paksa, terus dimasukin ke cairan keras kemudian di panggang??

 

sumber

Kategori:revo Tag:, , , ,

8 Kreasi Mie Instan Yang Bisa Kamu Buat Sendiri Di Kost

Siapa sih orang Indonesia yang nggak suka mie instan? Dari kalangan tua, muda, hingga anak-anak pasti gemar menyantap hidangan yang mudah dibuat ini. Apalagi anak kost. Mie instan menjadi pilihan waktu sedang malas makan di luar atau saat uang bulanan sudah mulai menipis.

Masalahnya, kita pasti bakal bosan kalau mie instan yang kita makan dihidangkan dengan cara yang itu-itu aja. Buat mengakali rasa bosan ini Hipwee akan membagikan kreasi-kreasi mudah dalam mengolah mie instan. Nilai plusnya? Beberapa olahan di bawah ini juga menambah nilai gizi mie instan kamu!

Quote:Quote:1. Martabak Mie

Kreasi yang ini pasti sudah sering kamu buat dan makan. Nggak heran, karena cara membuatnya mudah banget. Kamu cukup menyediakan 1 bungkus mi instan, 1 butir telur, dan minyak goreng.

Cara membuatnya:

  • Rebus air hingga mendidih, lalu masukkan mie instan dan masak selama ± 3 menit. Matikan api dan tiriskan mie.
  • Kocok rata telurmu di mangkuk yang agak besar. Masukkan ke mangkuk itu mie yang telah ditiriskan bersama bumbunya. Aduk rata. Kalau di lemari es kamu terdapat sosis atau kornet, bisa ditambahkan dan aduk rata kembali.
  • Panaskan minyak goreng di wajan anti lengket. Goreng kocokan mi dan telur hingga kecoklatan.
  • Santap selagi panas.


Kamu bisa menyantap kreasi ini dengan cocolan sambal atau saus tomat. Bisa juga disantap dengan nasi, jika kamu sedang sangat lapar.

Quote:Quote:2. Mie Carbonara

Biasanya hidangan carbonara dibuat dengan menggunakan pasta spaghetti, fettuccine, atau makaroni. Kalau kamu nggak punya salah satu pasta itu, kamu bisa menggunakan mi instan sebagai penggantinya. Bahan yang diperlukan pun nggak begitu mahal: cukup 1 bungkus mi instan, 1 gelas susu putih (sekitar 500ml), sosis sapi secukupnya, dan keju cheddar.

Cara membuatnya:

  • Rebus mi instan seperti biasa. Jika kamu ingin merasakan sensasi seperti memakan makaroni, remukkan dulu mie instanmu sebelum direbus.
  • Setelah 2 menit, kecilkan api dan buang sedikit air rebusannya. Masukkan sosis dan susu. Masak hingga sosis matang dan kuah mie mulai sedikit mengental. Matikan api, masukkan bumbu, aduk rata.
  • Tuang mie dan kuah ke mangkuk. Hidangkan dengan parutan cheddar sesuai selera di atasnya.


Quote:Quote:3. Mie Gulung Sosis

Kalau sedang mengerjakan tugas di kamar dan butuh camilan, kenapa nggak nyoba mie gulung sosis ini? Siapkan 1 bungkus mi instan, 1 bungkus sosis, dan minyak goreng. Langkah-langkah membuatnya:

  • Rebus mie instan hingga matang. Sambil menunggu, potong sosis menjadi 2 atau 3 bagian. Lalu, bentuk ujung sosis menjadi bentuk bunga.
  • Tiriskan mie dan biarkan hingga dingin. Taburi mie dengan bumbunya.
  • Lilitkan mie pada sosis. Biarkan ujung-ujung sosis tetap terlihat.
  • Panaskan minyak pada wajan dan goreng sosis yang telah dililit mie hingga coklat keemasan.
  • Hidangkan dengan sambal atau saus tomat.


Quote:Quote:4. Wafel Mie

Kreasi mie instan satu ini nikmat disantap sebagai makanan penutup. Mie instan dijadikan sebagai pengganti waffle yang biasanya bertekstur seperti kue dan dihidangkan dengan es krim di atasnya. Untuk membuat makanan penutup ini, siapkan 1 bungkus mi instan, margarin, maple syrup (bisa diganti dengan madu), stroberi atau anggur, dan es krim dengan rasa sesuai selera.

Cara membuatnya:

  • Rebus mie hingga matang dan tiriskan sebentar saja.
  • Panaskan margarin pada wajan anti lengket, lalu goreng mie kamu selagi panas. Tekan-tekan merata hingga bagian bawah mi berwarna keemasan. Lakukan langkah yang sama pada sisi mie yang satunya.
  • Setelah kedua sisi berwarna keemasan, tiriskan mie supaya tidak berminyak.
  • Hidangkan di piring dengan es krim, buah, dan maple syrup.


Quote:Quote:5. Mie Yamin

Ketika ingin makan mie instan goreng tetapi hanya punya mie instan rebus, kamu bisa mencoba kreasi satu ini. Bahan yang diperlukan hanya 1 bungkus mie dan kecap manis saja!

Pertama, rebus mie instan seperti biasa hingga matang, lalu buang semua airnya. Tuang mie ke dalam mangkuk dan campurkan dengan bumbunya sedikit saja (sekitar 1/3 bungkus). Jangan lupa bubuhkan bubuk cabai dan minyak bumbu. Setelah diaduk rata, tambahkan kecap sesuai selera hingga rasanya menurutmu seimbang. Selamat menikmati mie goreng rasa baru!

Quote:Quote:6. Mie Bolognaise

Di nomor 2 sebelumnya, Hipwee kasih tahu kamu cara membuat mie carbonara. Nah, sekarang giliran saus pasta terkenal bolognese yang bersanding dengan mie instan.

Yang kamu butuhkan hanya 2, yaitu 1 bungkus mie instan dan 1 bungkus saus bolognaise instan yang banyak dijual di pasaran. Pertama, rebus mi instan hingga matang dan tiriskan. Lalu, panaskan saus bolognaise instan di atas wajan dan siramkan ke atas mi instan selagi panas.

Voilà! Mi instan dengan saus bolognaise siap untuk disantap!

Quote:Quote:7. Sandwich Mie

Kalau kamu punya roti tawar, telur, keju, dan mie instan di kost, kreasi ini bisa menjadi alternatif di saat kamu bosan dengan mi instan yang begitu-begitu saja. Untuk membuatnya, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Rebus mie hingga matang, kemudian tiriskan. Kocok mie bersama bumbu dan telur. Lalu, buat martabak mie dengan mengikuti langkah di nomor 1.
  • Panggang 2 lembar roti tawar di atas wajan dengan api kecil. Tambahkan keju dan martabak mie di atasnya.
  • Bila kedua sisi roti telah terpanggang dengan baik, sandwich mie bisa segera kamu santap dengan sambal atau saus tomat.

sumber


Quote:Quote:8. Mie Nyemek

Memasak dengan cara nyemek atau lembek biasanya dipakai ketika membuat bakmi jawa. Rasanya akan lebih gurih karena bumbu meresap dengan lebih baik. Tapi dengan mie instan, kamu juga bisa kok membuat mie nyemek ala bakmi jawa ini di kost!

Yang harus kamu siapkan adalah 1 bungkus mi instan, 1 butir telur, kornet secukupnya, gula, dan lada juga secukupnya. Untuk membuatnya, kamu hanya perlu merebus mie instan seperti biasa hingga matang. Lalu, buang sedikit airnya hingga tidak lagi menutupi permukaan mi. Masukkan telur, aduk dengan cepat hingga hancur. Kemudian, tambahkan kornet, bumbu mi, gula, dan lada sesuai selera. Aduk rata dan tunggu sebentar hingga telur matang. Santap selagi panas dan jangan lupa tambahkan cabai rawit!

Kategori:revo Tag:, , , ,

Tolong BANTU dijawab, Cewek ini Pakai CELANA atau TIDAK?

27 Desember 2012 1 komentar

maaf gan kalo repost, buat seruan aja yuuukkk, Tolong BANTU dijawab, Cewek ini Pakai CELANA atau TIDAK? – INFOKONYOL.COM

Wah, lagi-lagi nemuin foto-foto aneh. Kali ini seoarang cewek yang lagi makan di kantin yang di foto secara diam-diam, soalnya saya ada pertanyaan yang bikin penasaran “Apakah Cewek ini pakai Celana atau Tidak”

Langsung saja lihat gambarnya

Spoiler
undefined
Spoiler
Spoiler
undefined

Kena Tilang Di Cina ? Makan CABE Deh…

Loading image...
Ini merupakan salah satu ide yang cukup unik dan kreatif yang terjadi di china
dan patut di tiru untuk di negara kita

uniknya kenapa?

tapi terutama khusus yang ngantuk aja loh…

Ngantuk ? tilangnya makan cabe.

Rasanya tindakan polisi di Chongqing , Tiongkok patut ditiru. Mereka melakukan aksi penilangan terhadap pengemudi yang mengantuk.

Sanksi yang dihadapkan ke pengemudi bukanlah hukuman berat. Karena sang pengemudi hanya disuruh memakan cabe merah untuk menghilangkan rasa ngantuk yang teramat sangat.
enak kan

ga ada damai damai, cukup makan cabe 😀

Inilah Ular Yang Kalau Dimakan Rasanya Manis…

Ular Sawa Yang Boleh Makan Oleh Semua Orang. Makan Oleh Semua Orang.

Ini adalah kek yang menakutkan dan ular itu nampak sangat REAL!!

Inilah Ular Yang Kalo Dimakan Rasanya Manis... [ www.BlogApaAja.com ]

Inilah Ular Yang Kalo Dimakan Rasanya Manis... [ www.BlogApaAja.com ]

Inilah Ular Yang Kalo Dimakan Rasanya Manis... [ www.BlogApaAja.com ]

Inilah Ular Yang Kalo Dimakan Rasanya Manis... [ www.BlogApaAja.com ]

Inilah Ular Yang Kalo Dimakan Rasanya Manis... [ www.BlogApaAja.com ]

Inilah Ular Yang Kalo Dimakan Rasanya Manis... [ www.BlogApaAja.com ]

sumber

Kategori:revo Tag:, , , ,

cara EDAN MAKAN SEMANGKA !!!

cara EDAN MAKAN SEMANGKA !!!

https://absoluterevo.files.wordpress.com/2012/06/13391974504253440.jpg?w=300

https://absoluterevo.files.wordpress.com/2012/06/13391974434288353.jpg?w=300

https://absoluterevo.files.wordpress.com/2012/06/13391974296023654.jpg?w=223

https://absoluterevo.files.wordpress.com/2012/06/13391974139685601.jpg?w=300

sumber

 

Kategori:revo Tag:, , , ,
%d blogger menyukai ini: