Arsip

Posts Tagged ‘daging sapi’

Ragam Kuliner yang Hanya Bisa Kamu Nikmati Jika Berkunjung ke Jawa Timur

Menjelajah kota-kota di Jawa Timur rasanya tak pernah menjemukan. Di setiap sudutnya, selalu saja ada keunikan yang menarik untuk dijajaki. Pesona alam hingga kekayaan kulinernya terasa sayang jika dilewatkan begitu saja.

Ibarat sayur tanpa garam, jalan-jalan tanpa mencoba kuliner lokal pastilah terasa hambar. Ada banyak kuliner asal Jawa Timur yang mungkin sudah tak asing di telingamu. Tapi tak cuma rawon dan pecel, Jawa Timur ternyata punya ragam kuliner lain yang bisa jadi hanya akan kamu temui ketika berkunjung langsung ke sana!

 

 

1. Nikmati gurihnya daging sapi yang dilumuri parutan kelapa khas Madura di Warung Sate Klopo Bu Asih

Sate Klopo asal Madura

Jika kamu sedang berjalan-jalan ke Kota Pahlawan, Surabaya, rasanya sayang kalau tidak mampir ke warung Bu Asih di Jalan Walikota Mustajab no 36 Surabaya. Kamu bisa mencoba sate klopo (kelapa) yang tersaji di sana. Sebenarnya, sate ini berasal dari Madura, namun lebih populer di Surabaya.

Secara tampilan, sekilas mungkin tidak jauh berbeda dengan sate daging pada umumnya. Bedanya, rasanya yang lebih gurih dan aromanya yang harum dan khas karena sebelum dibakar daging sapi terlebih dahulu dilumuri dengan parutan kelapa. Penyajiannya pun juga dengan kelapa kering atau serundeng. Ada tiga pilihan sate kelapa: daging, usus, dan sumsum.

Untuk mencicipi sate ini kamu perlu bersabar, karena meski warungnya sederhana, tetapi tak pernah sepi pelanggan. Buka dari jam 6 hingga jam 1 siang. Sate Klopo Bu Asih selalu ramai. Namanya saja makanan lezat, pasti banyak peminatnya, ya!

 

 

2. Mencicipi lezatnya Lontong Kupang khas Sidoarjo dengan bumbu petis dan jeruk nipis dijamin bikin kamu ketagihan

lontong kupang khas Sidoarjo

Makanan ini cukup fenomenal karena asal usulnya yang dianggap menjijikkan. Rasanya? Enak! Bahan utamanya adalah kupang putih, yakni hewan semacam kerang yang bentuk kecil-kecil. Kupang ini dimasak dan kemudian disajikan bersama lontong. Untuk bumbunya menggunakan petis dan jeruk nipis. Lontong kupang juga disajikan dengan sate kerang. Konon, makan sate kerang sambil meminum es kelapa muda dipercaya bisa menyembuhkan segala macam penyakit.

Saat kamu berjalan-jalan ke Sidoarjo, mampirlah ke daerah Pasar Suko, Sidoarjo. Tak jauh dari situ, ada Warung Lontong Kupang Pak Slamet yang sudah berdiri sejak 1974. Warung sederhana itu juga menyuplai ke beberapa restoran di Surabaya.

Tak hanya di Sidoarjo, lontong kupang juga bisa kamu jumpai di beberapa kota lain di Jawa Timur. Jika kebetulan kamu sedang berada di Malang, kamu bisa mencoba Lontong Kupang Cipto. Awalnya, warung ini terletak di Jl. Cipto, Malang dan sudah cukup terkenal. Namun karena pembangunan kota, warung ini pun harus pindah dan kini berada di Jl. Candi Bajang Ratu Blok 2 No. 36, Malang. Warung ini buka setiap hari dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore.

 

 

3. Berkunjung ke Malang akan terasa hambar jika tak menjajal Bakso Bakar Cak Man dan Bakso Sumsum Cak Hadi

Bakso pun bervariasi

Sedang berada di Kota Malang, kurang lengkap jika kamu tidak mencoba bakso Malang. Bakso Malang ini memang sudah cukup terkenal dan banyak cabangnya di berbagai kota di Indonesia. Tapi, kreatifitas pembuat bakso sepertinya tak pernah surut. Selain bakso kuah yang sudah banyak dipasarkan, di Malang terdapat juga bakso bakar dan bakso sumsum.

Bakso bakar yang cukup dikenal yaitu Bakso Bakar Cak Man. Mulanya warung bakso bakar ini hanya menggunakan tenda sederhana di depan SMP 2 Malang. Setelah cukup banyak berpindah tempat, kini Bakso Bakar Cak Man bisa dijumpai di Jalan Diponegoro Malang. Warung ini normalnya beroperasi pada puku 9 pagi, hingga 9 malam. Namun, kadang kala tutup lebih awal karena sudah habis. Untuk kamu yang ingin mencicipi bakso bakar ini, kamu sebaiknya datang siang atau sore hari agar tidak kehabisan.

Selain bakso bakar, kamu juga bisa mencoba Bakso Sumsum Cak Hadi. Bentuknya tak jauh beda dengan bakso daging pada umumnya. Namun, ketika kamu menyantapnya sumsum yang bersembunyi di dalamnya akan melumer pelan di lidahmu. Lokasinya memang agak jauh dari pusat kota Malang, yaitu di Singosari, persisnya di Jl. Kertanegara 117 Singosari, Malang. Tapi, sepadanlah dengan rasanya yang maknyus.

 

 

4. Siapkan lidahmu menikmati gurih dan pedasnya Kare Rajungan dan Manyung khas Tuban


Pedasnya menggoda

Kawasan pantai Jawa Timur, tak kalah cantik dengan pantai-pantai lain di Indonesia. Hidangan khas di daerah pesisirnya pun cukup terbilang unik. Salah satunya bisa kamu temukan ketika berkunjung ke Tuban. Sembari menikmati pantai pesisir, kamu bisa merasakan kare ranjungan dan manyung yang menjadi kuliner khas asal Tuban.

Biasanya kare dimasak dengan daging kambing atau ayam, kare ranjungan ini dimasak dengan kepiting. Di Tuban, kamu bisa mencobanya di Warung Kare Ranjungan Manunggal Jaya yang terletak di Jl Manunggal. Ketika mencobanya, kamu perlu berhati-hati karena rasanya cukup pedas. Mencicipi kuahnya sesendok saja sudah cukup menggigit di bibir.

Selain kare ranjungan, Tuban juga terkenal dengan ikan manyungnya. Ikan manyung yang terkenal di Tuban adalah Garang Asem Ndas Manyung yang berada di Warung Pak Joko Kelurahan Mondokan, Tuban. Tak berbeda jauh dengan kare ranjungan, garang asem ndas manyung ini juga memiliki cita rasa yang pedas. Cocok untuk kamu pecinta sambal.

 

 

5. Rujak Soto, kuliner unik asal Banyuwangi yang terkenal segar dan menggugah selera

rujak soto Banyuwangi

Pariwisata memang sedang menggeliat di Banyuwangi. Kota yang mendapat julukan “Sunrise of Java” ini terkenal dengan pantai-pantai dan Taman Wisata Baluran-nya yang begitu alami. Tak hanya itu, Banyuwangi juga memiliki wisata kuliner yang aneh lho. Jika kamu berkunjung ke Banyuwangi, kurang lengkap kalau kamu tidak mencoba rujak soto yang memang jadi trade mark kota ini.

Bayangkan saja rujak sayur dan soto babat bersanding dalam satu mangkuk, menarik bukan? Rujak terdiri dari campuran sayur mayur, bumbu kacang, dan petis. Kemudian bumbu kacang dicampur dengan bumbu-bumbu lain seperti garam, kacang goreng, gula merah, dan yang paling penting pisang klutuk (batu) yang muda. Untuk soto, tak jauh beda dengan soto pada umumnya yang berisi usus, tetelan, dan daging. Ada banyak warung di Banyuwangi yang menyediakan rujak soto dengan harga sangat murah, yaitu Rp.10.000,- per porsinya. Semakin tertarik untuk mencoba kan?

 

 

6. Saat berkunjung ke Jawa Timur, jangan lewatkan kesempatan mencicipi gurihnya Nasi Tiwul khas Pacitan

nasi tiwul Pacitan

Hidangan kuliner di Pacitan tidak kalah menariknya. Jika kamu sedang berjalan-jalan ke kota Pacitan, kamu harus mencoba nasi tiwul. Salah satunya bisa kamu dapatkan di Restoran Sari Laut Bu Gandos. Restoran yang terletak di Jalan Pacitan-Solo KM 5 ini menyediakan aneka nasi termasuk nasi tiwul dan hidangan laut lainnya. Menariknya, yang menjadi andalan di sini adalah nasi tiwul yang disajikan dengan sayur kalakan ikan hiu. Jangan kaget, karena ternyata yang dimasak bukanlah ikan hiu yang sebenarnya, hanya ikan yang bentuknya mirip dengan hiu.

 

Nah, gimana? Semakin semangat untuk segera berkunjung ke Jawa timur dan menjajal kuliner khasnya ‘kan?

sumber

Special Meal yang Perlu Agan Ketahui di Pesawat

Agan biasanya kalo naik pesawat makan apa di dalam cabin?

Ayam? daging sapi? ikan? atau roti isi? (pasti selalu ini menu di pesawat gan, boleh ditanya sama mbak pramugarinya)

Tapi kalo agan seorang vegetarian terus gimana? mau makan apa? ayam, daging sama ikannya gak dimakan gitu gan? terus kalo perjalanannya memakan waktu 9 jam atau bahkan 14 jam agan gak makan juga?

Jangan khawatir gan saya punya solusi gan…

Mungkin sebagian agan-agan ada yang belum tau kalo kita naik pesawat itu bisa pesan makanan yang sesuai sama makanan yang kita butuhkan.

Seorang vegetarian gak bisa makan daging, seorang yang punya penyakit diabetes ga bisa makan nasi/gula, seorang Yahudi ga bisa makan sembarangan, agan punya anak yang masih berumur 1 tahun gak mungkin banget dikasih makanan standard dari pesawat.

Kalo agan adalah termasuk penumpang yang punya kasus seperti itu, coba agan cek macam-macam makanan yang bisa agan pesan dibawah ini.

Quote:
•●• Baby, Infant and Child Meals •●•

Spoiler for meals:
Quote:
• Baby Meal (BBML)
Suitable for infants less than 1 year old, this meal consists of 3 jars (approximately 80g/3oz to 110g/4oz per jar) of baby food – main course, vegetables and dessert.

Spoiler for BBML:

• Post-Weaning Meal (PWMLM)
Suitable for infants between 1 and 2 years old, this meal is more substantial than a Baby Meal. Food items are easy to bite, chew and digest.

Spoiler for PWMLM:

• Child Meal for Infant (CHMLI)
Suitable for infants less than 2 years old, this meal is more substantial in terms of quantity and choice of meal components. Food items are easy to bite, chew and digest.

Spoiler for CHMLI:

• Child Meal (CHML)
Suitable for children between 2 and 7 years old, this meal is less substantial than adult meal. Food items are easy to bite and chew, and are attractive to children.

Spoiler for CHML:

**Note: Perbedaannya di kelompokkan berdasarkan umur.

Quote:•●• Religious Meals •●•

Spoiler for meals:
Quote:• Hindu Non-Vegetarian Meal (HNML)
This meal is non-vegetarian and contains meat (lamb, poultry), fish, and/or dairy products. It is a non-vegetarian meal suitable for those who do not consume beef, veal, pork, smoked and raw fish. Typically cooked spicy or curried, its preparation and cooking style may vary.

Spoiler for HNML:

• Kosher Meal (KSML)
Prepared according to Jewish religious specifications, this pre-packed meal (which is sealed) contains meat.

Spoiler for KSML:

• Kosher Vegetarian (KSMLV)
Prepared according to Jewish religious specifications, this pre-packed meal (which is sealed) excludes the use of any meat, seafood and dairy products. Please contact our Reservations Office to make the necessary arrangements for your flight.

Spoiler for KSMLV:
sama seperti KSML biasa, bedanya hanya komposisi makanannya hanya boleh sayuran aja, tetep harus ada sertifikat Kosher.

• Muslim Meal (MOML)
No alcohol, pork, pig by-products, ham or bacon is used in the preparation of this meal. Its preparation and cooking style may vary.

Spoiler for MOML:

Quote:
•●• Vegetarian Meals •●•

Spoiler for meals:
Quote:
• Raw Vegetarian Meal (RVML)
This meal composes a combination of raw fruits and/or vegetables.

Spoiler for RVML:

• Vegetarian Indian Meal (AVML)
This is a non-strict vegetarian meal which is prepared in an Indian style and is usually spicy. No meat, seafood or egg is allowed. This meal may include dairy products.

Spoiler for AVML:

• Vegetarian Jain Meal (VJML)
Suitable for Jains, this meal is cooked in an Indian style and is usually spicy. No meat, seafood, egg and dairy products are used in the preparation of this meal. Onions, garlic, ginger, mushrooms and root vegetables are also not used. Please contact our Reservations Office to make the necessary arrangements for your flight.

Spoiler for VJML:

• Vegetarian Oriental Meal (VOML)
Typically cooked in Chinese style, this meal does not contain meat, seafood, egg and dairy products.

Spoiler for VOML:

• Vegetarian Vegan Meal (VGML)
Typically cooked in Western style, this meal does not contain meat, seafood, egg and dairy products.

Spoiler for VGML:

• Vegetarian Lacto-Ovo Meal (VLML)
Prepared in Western style, this is a non-strict vegetarian meal which can include eggs and dairy products but eliminates all meats and seafood.

Spoiler for VLML:


Quote:
•●• Dietary Meals •●•

Spoiler for meals:
Quote:
• Bland Meal (BLML)
Items that cause gastric irritation will not be used in the preparation of this meal e.g. black pepper, chilli powder, cocoa and alcohol.

Spoiler for BLML:

• Diabetic Meal (DBML)
Sugar is not used in the preparation of this meal. Salt in restricted quantity is allowed.

Spoiler for DBML:

• Fat Free Meal (FFMLM)
This meal excludes the use of animal fats or fatty foods, and dairy products. Food naturally high in cholesterol, such as red meat, prawns and poultry skin of all types are avoided. Fried foods of all types are prohibited.

Spoiler for FFMLM:

• Fruit Platter (FPML)
Only fresh fruits are served for this meal.

Spoiler for FPML:

• Gluten Intolerant Meal (GFML)
No wheat, rye, barley, oats and bran in any form (including food items which may contain such ingredients) are served for this meal.

Spoiler for GFML:

• Low Calorie Meal (LCML)
Foods contaning large quantities of fat (e.g. fried foods, sauces and gravies) are used in limited amounts to prepare this meal. The use of sugar-rich items is also restricted.

Spoiler for LCML:

• Low Fat Meal (LFML)
This meal excludes the use of animal fats or fatty foods. Food naturally high in cholesterol (e.g. prawns and poultry skin of all types) and fried foods of all types are prohibited. Only low-fat dairy products (e.g. skim milk or cottage cheese), lean meat and poly-unsaturated liquid vegetable oils are permitted.

Spoiler for LFML:

• Low Fibre Residue Meal (LFBRS)
This easy digestible meal limits the amount of fibre consumed. Bran and whole-grain products are avoided. Fruits, vegetables and juices are restricted.

Spoiler for LFBRS:

• Low Lactose Meal (NLML)
This meal excludes foods which contain milk, dry milk solids, casein, cheese, cream, butter, lactose and margarine.

Spoiler for NLML:

• Low Salt Meal (LSML)
Salt, as well as naturally salted and processed foods (e.g. baking powder, soda and MSG) are either eliminated or restricted in amount in the preparation of this meal.

Spoiler for LSML:

• Non-Carbohydrate Meal (NCBHD)
No starch and carbohydrates in any form will be featured in this meal.

Spoiler for NCBHD:

• Non-Strict Nut Free Meal (NFMLA)
Ingredients such as groundnuts and legumes are omitted from this meal. Please contact our Reservations Office to make the necessary arrangements for your flight.

Spoiler for :

• Semi-Fluid Meal (SMFUM)
Mainly pureed, minced and easily digestible items (e.g. milk, yogurt, porridge, minced or homogenised meat, pureed vegetables and fruits) are featured in this meal.

Spoiler for SMFUM:

• Soft Fluid Meal (SFUML)
Mainly sieved and soupy items (e.g. milk, sieved porridge, sieved thickened soup or clear soup) are featured in this meal.

Spoiler for SFUML:

• Ulcer Diet Meal (UCDEM)
This meal contains easily digestible, plain, poached and broiled foods (e.g. white meat or fish). Food or fruits that are acidic (e.g. citrus fruits) are avoided.

Spoiler for UCDEM:
ini udah mati-matian nyari gambarnya gan, tapi gak dapet. kalo ada yang punya boleh dishare disini.

Quote:
•●• Other Meals •●•

Spoiler for meals:
Quote:
• Japanese Meal (JPMLM)
Available only to Suites and First Class passengers, this meal is featured on flights from Singapore and other selected routes, with a flight duration of 2 hours or more. Please contact our Reservations Office to make the necessary arrangements for your flight.

Spoiler for JPMLM:

• Seafood Meal(SFML)
This meal contains only seafood, including fish.

Spoiler for SFML:

• Non-Beef Meal (NBMLM)
This meal prohibits the use of beef or beef by-products in all courses.

Spoiler for NBMLM:

**Note: Code yang ada di dalam kurung itu adalah kode IATA yang digunakan di sistem reservasi, jadi gak akan ditulis disana Hindu Meal, Kosher Meal, Post-Weaning Meal dll.

Sekian dulu thread dari ane, semoga bisa bermanfaat buat agan-agan yang mau naik pesawat.

Jangan lupa rate bintang 5 gan.
Sukur-sukur ada yang ngasih cendol gan.

Quote:sumber 1
sumber 2 

SUMBER

Penyembelihan Dan Perdagangan Daging Anjing Di China

Jika anda melihat foto-foto di bawah ini mungkin anda akan menyaksikan sebuah pemandangan yang ganjil bahkan aneh di mata orang Indonesia. Jika di Indonesia daging yang biasa di jual belikan secara umum  biasanya adalah daging sapi, kerbau, kambing dan ayam maka di China ada tambahan lagi yaitu daging anjing. Perdagangan daging anjing di negeri ini cukup marak dan sangat umum di lakukan. Restoran dengan menu utama daging anjingpun tidak susah untuk di peroleh di negeri tirai bambu ini.

Lihatlah foto-foto di bawah ini Anjing yang akan di sembelih di perlakukan secara kejam, pelakunya seolah-olah tidak mempunyai rasa sayang terhadap binatang. Menurut saya walaupun binatang tersebut akan disembelih mereka juga punya hak untuk mati dengan terhormat, jadi selayaknya tidak di lakukan hal seperti itu. Masih ada cara lain yang lebih bagus untuk meembunuh anjing-anjing tersebut

Foto-foto di bawah ini membawa kita kepada suatu gambaran tentang betapa kasih sayang terhadap sesama makhluk hidup sudah terkikis habis dari hati manusia. Anjing-anjing ini di sebelih dengan cara yang sangat kejam hingga akhirnya di jual di pasar sebagai lauk buat manusia. Sungguh tragis

sumber:

10 Merk Mie Instant Terfavorit di Dunia

Mie instan merupakan salusi makanan instan yang cepat dan praktis. Di dunia sangat beragam rasa diciptakan untuk mie instan ini, juga di Indonesia. Dari daftar mie instan paling fovorit di dunia, ternyata 2 merk mie instan Indonesia menduduki peringkat.

Perusahaan konsultan Ramen di dunia ‘The Ramen Rater’ melakukan penilaian mie instan terbaik. Sepuluh mie instan dengan rasa yang unik dan terfavorit berhasil ditemukan. Berikut 10 mie instan yang telah dipilih menjadi yang terbaik didunia.

1.Indomie Special Fried Curly Noodles – Indonesia

Rasa pedas dan manis pada mie ini menciptakan perpaduan rasa yang enak. Jika dilengkapi dengan kalkun, telur ceplok, potongan cabai, dan taburan bawang goreng, makin sempurna lezatnya.


2.Indomie Mie Goreng Rasa Ayam Panggang Jumbo – Indonesia


Ukurannya yang jumbo bisa menumpas rasa lapar. Sepaket bumbu, kecap manis, saus cabai, kaldu bubuk, kaldu minyak membuat rasa mie ini lezat. Telur ceplok, irisan cabai dan taburan bawang goreng adalah pelengkap yang sempurna.


3.Nissin Yakisoba with Mayonnaise/Mustard Packet Jepang

 

Mie ini sering dinikmati warga Jepang, karena rasanya yang unik. Tiriskan mie setelah direbus agar airnya berkurang. Campur dengan bumbu mayonaise atau mustard untuk mendapatkan  rasa yang sangat enak. Namun mie ini hanya bisa dinikmati di negara asalnya.


4.Sapporo Ichiban, Japanese Style Noodles Chow Mein Jepang

Ukuran kemasannya yang lebih kecil, membuat mie ini cepat habis saat dimakan. Rasa manis dan asin pada mie ini sangat menyenangkan. Dalam kemasannya juga ada bubuk rumput laut. Jika dilengkapi dengan  irisan daging sapi panggang dan taburan bawang goreng membuat mie ini semakin lezat.


5.Mie Sedap Instan Kari Special Bumbu Kari Special


Menginginkan kuah pedah pada bumbu kari? Bisa mencoba mie yang satu ini. Kuah kaldu yang sedikit berlemak membuat aroma gurihnya menjadi pekat. Rasa manis juga didapatkan dari mie ini. Telur ceplok bisa menjadi pelengkapnya.


6.Myojo Hyoubanya no Chukasoba Japanese Style Noodles, Oriental Flavor Jepang

 

Mie instan tradisional dari Jepang ini teksturnya kenyal dan berkaldu encer. Jika dilengkapi  telur dan ayam panggang mie ini semakin lezat. Bisa ditambah garam dan merica kalau ingin rasa lebih kuat.


7.Nong Shim Shin Ramyun Black – Korea


Rasa kuah karinya yang menyerupai sup buntut, kental dan berwarna kuning pekat. Berbagai sayuran seperti bok choy  bisa dicampurkan pada mie ini. Kuahnya yang pedas sangat pas jika dipadu juga dengan potongan keju dan telur.


8.Sapporo Ichiban Shio Ramen, Japanese Style Noodles Jepang


Setelah peneliti dari “The Ramen Rater” mencoba varina ini, rasa yang sempurna langsung ditemukan. Kaldunya yang kental dan berminyak, gruih mirip mentega. Dalam kemasannya juga disediakan bubuk wijen. Semakin sempurna jika ditambahkan ayam panggang, daun bawang dan telur rebus.


9.Doll Instant Noodle, Artificial Chicken Flavour Hong Kong


Mie instan yang satu ini tidak akan membosankan, kuah kaldunya yang tampil sempurna sangat enak disantap panas. Jika ingin ditambahkan telur, cukup menambahkan 45 detik saat memasaknya.


10.Koka Instant Non-Fried Noodles, Spicy Black Pepper Flavour Singapore


Mie instan rendah lemak ini rasanya sangat lembut, potongan sayuran kering menambah kelezatannya. Namun isian sayurannya tergantung pada musim. Rasa pedas dan manisnya sangat enak terasa terutama jika disantap saat panas.

sumber

 

Penyembelihan Dan Perdagangan Daging Anjing Di China

Jika anda melihat foto-foto di bawah ini mungkin anda akan menyaksikan sebuah pemandangan yang ganjil bahkan aneh di mata orang Indonesia. Jika di Indonesia daging yang biasa di jual belikan secara umum  biasanya adalah daging sapi, kerbau, kambing dan ayam maka di China ada tambahan lagi yaitu daging anjing. Perdagangan daging anjing di negeri ini cukup marak dan sangat umum di lakukan. Restoran dengan menu utama daging anjingpun tidak susah untuk di peroleh di negeri tirai bambu ini.

Lihatlah foto-foto di bawah ini Anjing yang akan di sembelih di perlakukan secara kejam, pelakunya seolah-olah tidak mempunyai rasa sayang terhadap binatang. Menurut saya walaupun binatang tersebut akan disembelih mereka juga punya hak untuk mati dengan terhormat, jadi selayaknya tidak di lakukan hal seperti itu. Masih ada cara lain yang lebih bagus untuk meembunuh anjing-anjing tersebut

Foto-foto di bawah ini membawa kita kepada suatu gambaran tentang betapa kasih sayang terhadap sesama makhluk hidup sudah terkikis habis dari hati manusia. Anjing-anjing ini di sebelih dengan cara yang sangat kejam hingga akhirnya di jual di pasar sebagai lauk buat manusia. Sungguh tragis

 

 

 

 

 

 

 

undefined

Makanan Terlezat di Dunia Ternyata Dari Indonesia

Merupakan kebanggaan bagi bangsa ini ketika dunia akhirnya mengakui makanan paling enak itu ada di Indonesia. Tak main-main, survei tersebut dilakukan web kuliner dengan kredibilitas baik, CNNgo.com.
Makanan apa, sih? Pasti sudah banyak yang tahu, yakni Rendang. Namun, tahukah kamu ada yang “salah kaprah” soal rendang?

1. Rendang sebenarnya bukan nama makanan, tapi teknik memasak.
Reno Andam Suri (40), penulis buku Rendang Traveler dan pemilik situs rendangunifarah.com menegaskan soal kesalahan tanggapan akan rendang, “Mirip masakan oseng-oseng atau tumis, sesungguhnya menyebut teknik memasaknya, yaitu dengan mengoseng atau menumis, lalu bergeser menjadi bagian dari nama masakan.”

2. Rendang berasal dari Minangkabau, bukan Padang.
Rendang adalah masakan tradisional Minang yang resepnya diwariskan turun temurun. Rendang dibuat dari daging sapi atau daging kerbau yang dimasak dengan santan kental dan bumbu-bumbu dan dimasak hingga kering dan berwarna kehitaman.

Dalam memasak rendang pun walaupun resep dasarnya sama, tiap daerah menampilkan cara memasak dan bumbu rendang yang agak berbeda. Daerah darek, atau daerah Minangkabau di pedalaman seperti Tanah Datar, Payakumbuh, Bukittinggi, Agam bumbu rendangnya lebih sederhana, begitu juga teknik memasaknya. Rasa rendangnya juga terasa manis tanpa banyak aroma rempah.

Sedangkan rendang daerah pesisir seperti Pariaman dan Pesisir Selatan banyak menambahkan bumbu rempah lainnya sehingga rasa rendangnya lebih pedas dan aroma rempahnya terasa.

Rendang juga tidak selamanya menggunakan daging sapi, melainkan banyak lagi ragamnya, antara lain:

1. Rendang belut – Khas Batusangkar

2. Rendang lokan (sejenis kerang  air tawar) – dari kota-kota pesisir seperti Painan dan Pariaman.
3. Rendang Itiak – Khas Bukit tinggi. Rendang ini menggunakan daging itik. Gulai itiak lado mudo, begitu kira-kira sebutannya.
Rendang Itiak
4. Rendang Jariang – Kamu tahu apa itu Jariang? Yakni sebutan untuk jengkol. Rendang ini biasanya menggunakan irisan hati sapi sebagai campuran.
Rendang Jariang
5. Rendang Telur. Jangan bayangkan telur rebus bulat yang begitu saja dimasukkan ke kuah rendang, melainkan telur diolah menjadi keripik, lalu dimasak dalam kuah santan sampai kering dan renyah.
Rendang telur
Rendang memiliki filosofi tersendiri bagi masyarakat Minang Sumatera Barat, yaitu musyawarah dan mufakat, yang berangkat dari empat bahan pokok yang melambangkan keutuhan masyarakat Minang:

1. Dagiang (daging sapi), merupakan lambang dari “Niniak Mamak” (para pemimpin Suku adat)
2. Karambia (kelapa), merupakan lambang “Cadiak Pandai” (kaum Intelektual)
3. Lado (cabai), merupakan lambang “Alim Ulama” yang pedas, tegas untuk mengajarkan syariat agama
4.  Pemasak (bumbu), merupakan lambang dari keseluruhan masyarakat Minangkabau.

Dalam tradisi Minangkabau, rendang adalah hidangan yang wajib disajikan dalam setiap perhelatan istimewa, seperti berbagai upacara adat Minangkabau, kenduri, atau menyambut tamu kehormatan.

8 Fakta tentang Garam yang Patut Diketahui

Garam menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia. Karenanya ini kali kita akan melihat beberapa fakta seputar garam.
1. Sampai menjelang abad 20, garam masih digunakan di Abyssinia (sekarang disebut Ethiopia) sebagai alat pembayaran atau mata uang.
2. Pada abad pertengahan, garam sangat mahal harganya, sehingga disebut sebagai “emas putih”. Di Jerman masih terdapat trotoar yang dipakai sebagai jalur transportasi garam antara Pantai Baltik hingga kota pedalaman di Luneberg.
Foto: Museum garam di Luneberg
3. Begitu mahalnya harga garam, di awal 1800-an harganya 4 kali lebih mahal dari daging sapi.
4. Garam ada yang berwarna hitam. Produksinya ada di India, caranya dengan mencampurkan garam dengan biji Harad. Saat campuran tersebut menguap akan meninggalkan gumpalan garam berwarna hitam.
Foto: garam hitam
5. Salar de Uyuni, Bolivia, adalah padang garam terbesar di dunia seluas 4.000 mil persegi. Bila ada lapisan tipis air di atasnya, maka padang garam tersebut tampak seperti cermin yang sangat besar. Padang garam ini juga memasok lithium, setengah dari kebutuhan dunia.
Foto: Salar de Uyuni, Bolivia
6. Tahukah kamu bahwa garam sangat penting bagi tubuh. Jika pasokan garam dalam tubuh terlampau sedikit, bisa menyebabkan Hiponatremia yang fatal.
7. Namun, konsumsi terlalu banyak garam pun dapat mematikan. Perbandingannya sebagai berikut: 1 gram garam untuk per kilogram berat badan. Contoh, bila berat kamu 70 Kg, maka memakan 70 gram garam akan membunuhmu. Anehnya, kaum bangsawan di Cina sempat menggunakan garam sebagai bagian dari ritual bunuh diri.

8. Ada kesalahpahaman yang sangat umum tentang tentara Romawi yang digaji dengan garam. Sebenarnya mereka dibayar dengan uang normal. Gaji (salary) mengacu pada kata latin: salarium. Hasil gaji inilah yang digunakan para prajurit untuk membeli garam.

10 Mie Instan Terlezat di Dunia, Indomie Peringkat Pertama

23 Maret 2012 2 komentar


Indomie goreng yang diproduksi oleh PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk, menjadi mie instan dengan cita rasa terbaik di dunia.

Peringkat mie terlezat di jagad raya ini, berdasarkan penelitian para pakar mie, The ramen rater, selama lebih dari 30 tahun.

Indomie terpilih setelah mengalahkan sekitar 670 jenis mie instan dari seluruh negara yang dijadikan sample penelitian. Dari 10 yang terbaik, tiga mie instan asal Indonesia masuk dalam peringkat 5 besar.  Berikut peringkat mie terlezat berdasarkan hasil riset, seperti yang dilansir situs kuliner serious eat.com.

10. Singapura: Koka Instant Non-Fried Noodles, Spicy Black Pepper Flavor.

Mie instan yang rendah lemak ini memiliki cita rasa yang kuat. Resep utamanya berbahan sayuran dan memiliki rasa pedas manis.

9. HOngkong: Doll Instant Noodle, Artificial Chicken Flavor.

Dilihat sekilas memang biasa. Namun mie instan dengan rasa kaldu ayam ini memiliki cita rasa kaldu ayam yang sempurna.

8. Japan: Sapporo Ichiban Shio Ramen Noodles

Meski termasuk pendatang baru dalam daftar The Ramen Raterm namun mie instan ini spesial. Campuran daun bawang dan telur rebus ditambah dengan sedikit wijen, dijamin membuat ketagihan.

7. Korea: Nong Shim Shin Ramyun Black Premium Noodle Soup

Mie dengan porsi jumbo ini sangat lezat disantap dengan sedikit sayuran, irisan daging sapi dan bumbu pedas.

6. Japan: Myojo Hyoubanya no Chukasoba Noodles, Oriental Flavor

Merupakan mie instan tradisional khas Jepang. Mie yang sangat kenyal dan memiliki cita rasa makanan laut (seafood).

5. Indonesia: Mie Sedaap Instant Kari Spesial Bumbu Kari Kental

Mie Sedap milik PT Sayap Mas Utama yang merupakan grup dari kelompok Wings, memiliki cita rasa pedas yang lezat. Mie instan produk terbesar kedunia di Indonesia ini memiliki rasa dan aroma yang mantap.

4. Japan: Sapporo Ichiban Japanese Style Noodles Chow Mein

Mie instan ini memiliki rasa manis dan asin ditambah dengan cita rasa khas rumput laut.

3. Japan: Nissin Yakisoba with Mayonnaise / Mustard Packet

Yakisoba merupakan hidangan yang umum disajikan di Jepang. Dimasak dengan cara direbus kemudian ditiriskan. Kemudian dicampur dengan bumbu guna menambah kelezatanya.

2. Indonesia: Indomie Mi Goreng Rasa Ayam Panggang, BBQ Chicken Flavor

Mie dengan paket jumbo, dengan lima cita rasa yang berasal dari kecap manis, saus sambel pedas.

1. Indonesia: Indomie Special Fried Curly Noodles

Indomie goreng keriting ini merupakan jenis mie instan terbaik yang pernah dicoba oleh para pakar mie ramen dari the Ramen Rater. Mie ini dinilai sangat lezat karena memiliki bumbu komplit yang pas dan mantap

 

Mengenal Macam-Macam Makanan Korea

11 Maret 2012 1 komentar

 

Bagi orang Korea, makanan bukan sekedar pengisi perut, tapi juga tentang rasa, manfaat, dan nasionalisme. Dari sekian banyak makanan Korea, di bawah ini 10 makanan korea paling lezat yang disukai bukan hanya oleh orang Korea, tapi juga orang di seluruh dunia :
10. Soondubu Jiggae
Makanan Korea ini masuk dalam kategori rebusan. Lebih kental dari sup, tapi lebih encer dari bubur. Kalau dengan cara tradisional (menggunakan gerabah), Soondubu Jiggae dimasak hanya untuk satu piring.

Masakan Korea ini dibuat dari ikan segar, sedikit daging sapi, bubuk cabe, tahu sutra, dan telur. Bila tidak suka pedas atau memasak buat anak-anak, bisa dikurangi bubuk cabe yang dipakai agar rasa pedasnya berkurang. Penggunaan daging sapi menggambarkan betapa sehatnya menu ini. Namun, daging sapi dicampurkan bukan untuk mengenyangkan perut, tapi lebih kepada penambah rasa masakan.

9. Seolleongtang

 

Seolleongtang adalah sup yang populer di Korea. Saking terkenalnya, ada restoran yang sengaja hanya menyediakan menu ini. Dari semua masakan yang ada, Seolleongtang adalah yang paling lama masaknya karena harus merebus tulang sapi (kaki atau buntut sapi). Dimasaknya harus berjam-jam agar semua kalsium terlepas dan sampai tulangnya berwarna putih yang khas.

Bukan hanya tulang yang ada dalam menu ini, namun ada juga potongan daging sapi dan lobak yang dicampurkan di dalamnya. Biasanya, sup ini dibuat saat musim dingin atau dibuat dalam jumlah besar agar bisa dikonsumsi selama 1 minggu. Di Korea, Seolleongtang bukan hanya dimakan untuk makan malam, tapi juga buat sarapan. 

 
8. Ddukbokkie
Masakan ini sering tercium saat malam hari di kota-kota besar di Korea. Seperti Seoul, di sana banyak pedagang yang menjajakan Ddukbokkie dengan resep dan cita rasa sendiri. Makanan Korea ini merupakan jajanan jalanan yang paling populer dan datang dengan berbagai rasa.

Ddukbokkie dibuat dari kue ikan, telur rebus, ditambah saus pedas yang sedikit manis. Kue beras yang kenyal dan lembut, dihadirkan sebagai penawar rasa pedas.

7. Dakjuk
Dakjuk dibuat dari daging ayam yang direbus dalam air dicampur dengan bawang merah dan bawang putih. Kemudian ditambahkan nasi dan dimasak sampai daging ayam matang. Hasilnya, seperti bubur yang sangat kental, kaya akan daging ayam dan rasa bawang putih.
6. Hoeddeok
Kalau kamu suka dengan rasa manis, makanan Korea ini mungkin wajib dicoba. Hoeddeok seperti pancake, tapi cara pembuatannya sedikti lebih rumit. Karena dibuat dari adonan ragi yang disiramkan campur an kayu manis, gula merah, dan kenari. Semuanya digoreng dalam wadah berminyak. Hoeddeok sangat disukai anak-anak di Korea.
5. Yangnyeom Tongdak

 

Bila mencobanya, kamu mungkin tidak akan lagi ke Kentucky Fried Chicken, tapi beralih ke Korean Fried Chicken. Itu karena ayam goreng khas Korea dengan nama Yangnyeom Tongdak. Saat pertama kali menggigitnya, akan terasa saus yang manis bercampur pedas. Kemudian baru akan terasa renyah dan empuknya daging ayam.
4. Japchae

 

Saat mencicipinya, baru akan tahu betapa lezatnya masakan ini. Awalnya, Japchae yang populer di Korea dan negara lain ini, dibuat tanpa mie. Adalah seorang raja dan seorang juru masaknya yang pertama kali membuat Japchae.

Lain dengan sekarang di mana mie merupakan elemen penting dari masakan ini. Mie dibuat dari ubi jalar yang membuatnya memiliki tekstur lebih kenyal. Mie bersama dengan berbagai sayuran yang dimasak setengah matang, kemudian diracik dengan cara ditumis.

3. Bulgogi
Mungkin menu ini paling banyak dikenal orang, biasanya di restoran-restoran Korean BBQ selalu menampilkan Bulgogi. Menu ini terbuat dari irisan daging sapi yang dicelupkan dalam saus terbuat dari jus buah pir, bawang putih, kecap, dan lainnya. Rasanya, adalah sepotong daging lembut yang manis, gurih, dan lezat.
2. Bibimbap
Dalam bahasa Korea, “bibim” berarti “campuran” dan “bap” berarti beras. Semua bahan kecuali daging disiapkan sebelumnya yang kemudian akan ditambahkan di atas nasi hangat. Setelah itu, ditambahkan daging goreng dan telur mata sapi di atasnya.

Bibimbap biasanya disajikan dengan saus pedas terbuat dari gochujang (pasta cabai Korea) dan ditambahkan sesuai keinginan.

1. Kimchi
Kimchi merupakan makanan Korea dan merupakan hidangan hasil fermentasi seperti halnya roti atau yoghurt. Makanan Korea ini terbuat dari kubis yang terbalut campuran serbuk cabai, bawang putih, daun bawang, bawang merah, jus buah pir, dan lainnya.

Kimchi adalah hidangan yang harus ada di Korea, entah itu saat sarapan, makan siang, atau makan malam. Tampilanya memang tidak menarik, tapi rasanya yang menawan.

sumber   

 

%d blogger menyukai ini: