Beranda > revo > Agar Tetap Sehat Selama Traveling, Hindari Hal-hal Ini Kala Di Pesawat 

Agar Tetap Sehat Selama Traveling, Hindari Hal-hal Ini Kala Di Pesawat 

Agar Tetap Sehat Selama Traveling, Hindari Hal-hal Ini Kala Di Pesawat
  

Para traveler lebih suka menumpang pesawat udara kala mereka traveling karena dianggap lebih menghemat waktu dan dana. Namun kebanyakan traveller tidak mengetahui bahwa pesawat udara bisa menjadi salah satu sumber penyakit yang diderita penumpang.

 

Ada beberapa tempat di pesawat yang seharusnya Anda hindari karena menjadi sarang penyakit. Selain itu, ada beberapa hal yang harus dilakukan atau hindari saat duduk di kursi pesawat.

 

Berikut ini adalah beberapa tips sehat selama penerbangan:

 

1. Bawa semprotan hidung

Hidung amat rentan terhadap debu meskipun partikelnya sangat kecil. Jika Anda memiliki alergi terhadap debu, sebaiknya Anda mempersiapkan semprotan hidung atau obat yang biasa Anda gunakan.

 

Terlebih jika ada yang flu yang memungkinkan Anda tertular. Dengan menjaga hidung tetap lembab, kuman akan sulit berkembang dan mencegah penularan dengan lebih baik.

 

2. Minum banyak air

Kabin pesawat merupakan tempat yang sangat kering dengan kadar kelembaban hanya 10% atau kurang. Ketika kelembaban rendah, lendir di dalam tubuh yang bertindak sebagai sistem pertahanan alami akan mengering. Hal ini memungkinkan kuman untuk berkembang dengan mudah. Untuk mencegahnya, minumlah banyak air selama penerbangan.

 

3. Area kursi merupakan sarang kuman

Sebuah penelitian yang dilakukan pada 2007 oleh Sexton menunjukkan 60% dari meja lipat di kursi pesawat menyimpan banyak kuman yang dapat menyebabkan infeksi kulit. Oleh karenanya, jika tidak sangat perlu, sebaiknya tidak mengusap meja lipat dengan tangan secara langsung.

 

Ternyata tidak hanya meja lipat, tetapi juga kantong di kursi dan bantal juga menjadi sarang kuman karena diberikan kepada penumpang tanpa benar-benar dibersihkan terlebih dahulu.

 

4. Jangan minum air toilet

Air keran di toilet pesawat tidaklah benar-benar bersih. Oleh karenanya, hindari meminum air tersebut atau bahkan jangan menggunakannya untuk menggosok gigi. Air keran di pesawat berbeda dengan air minum yang telah disediakan untuk penumpang dan awak kabin. Sedangkan air keran sendiri dinilai masih tidak cocok untuk digunakan sebagai air minum.

 

5. Hindari kursi lorong

Kursi di dekat lorong memang membuat kaki Anda memiliki ruang lebih. Tetapi ternyata duduk di kursi ini bisa membahayakan Anda. Hal tersebut karena Anda akan memiliki kontak lebih banyak dengan orang-orang yang lewat di lorong.

 

Berdasarkan penelitian pula, para peneliti menemukan bahwa persentase penumpang duduk di dekat lorong terjangkit virus lebih tinggi dari yang duduk di kursi lainnya.

 

6. Manfaatkan AC pesawat

Sistem pendingin udara di pesawat kerap disebut sebagai salah satu hal yang membuat penumpang sakit. Padahal tidak demikian, karena pendingin udara di pesawat justru dapat membantu Anda terhindar dari virus menular dari penumpang lain. Jika bisa, arahkan pendingin udara tersebut pada wajah Anda, sehingga bisa menghindarkan Anda dari penyakit.

(Daily Mail)

Kategori:revo
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: