Beranda > revo > Ini Alasan Mengapa Lokasi Toko Indomaret dan Alfamart Selalu Berdekatan   

Ini Alasan Mengapa Lokasi Toko Indomaret dan Alfamart Selalu Berdekatan   

Ini Alasan Mengapa Lokasi Toko Indomaret dan Alfamart Selalu Berdekatan

Pertumbuhan minimarket dalam beberapa tahun terakhir semakin menjamur, khususnya di sentra-sentra pemukiman dan kawasan pendidikan. Lewat sistem waralaba, perusahaan ritel semakin mudah membuka toko tanpa harus mengeluarkan biaya cukup besar.

Tren minimarket yang kini sudah masuk hingga kawasan pedesaan seringkali dilakukan tanpa mempertimbangan banyak faktor. Kita menjadi terbiasa melihat keberadaan dua minimarket dari perusahaan yang berbeda di satu lokasi.

Di Jakarta dan beberapa kota di Indonesia, masyarakat seringkali melihat keberadaan minimarket Indomaret milik PT Indomarco Prismatama yang harus berhadapan langsung dengan minimarket Alfamart yang lisensinya dipegang oleh PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. Kedua minimarket ini berebut pangsa pasar yang sama.

Marketing Director PT Indomarco Prismatama, Wiwiek Yusuf menuding Alfamart sebagai perusahaan yang meniru strategi bisnisnya. Bahkan diakuinya, sejumlah karyawan Indomaret pun banyak yang hengkang ke pesaingnya tersebut.

Persaingan Indomaret vs Alfamart

Dimana ada Indomaret, pasti di dekatnya ada Alfamart. Seringkali bahkan letak kedua minimarket yang saling bersaing ini bedempetan

“Kita sudah mulai berdiri dari tahun 1985, berjalannya waktu mulai 2000-an (gerai) mereka belajar dari kita, sebagian (karyawan) kita masuk ke mereka. Mereka targetnya sama, kita sudah survei tempat, katakanlah mereka curi start kita,” kata Wiwiek di Jakarta, belum lama ini.

Wiwiek menambahkan dekatnya jarak antar minimarket memang mengusik dirinya. Namun bagi Indomaret, hal itu justru menjadi tantangan bagi minimarketnya untuk lebih memberikan kualitas dan pelayanan yang lebih baik.

“Kalau dibilang ganggu pasti, positifnya kita berlomba-lomba sama-sama memberikan pelayanan pada konsumen,” tegasnya.

Untuk memenangkan persiangan, Indomaret mengaku memasang strategi yang jauh lebih menarik konsumen daripada pesaingnya tersebut. Salah satunya adalah gencar berpromosi dan memberikan sejumlah program promo dalam setiap pembelian produk.

“Mulai dari promosi dan memberikan fasiliatas lebih dari produk dan kemasan. Kita sebisa mungkin buat konsumen puas, meski pasti ada yang tidak puas, bagaimana caranya agar mereka lebih puas lagi datang belanja ke tempat kita,” pungkasnya.

Tidak hanya itu, kedepan Indomaret menurut Wiwiek juga akan menjadi pelopor tempat perbelanjaan keluarga modern yang melayani berbagai fasilitas payment poin, mulai yang saat ini sudah diterapkan dari pembayaran listrik, pembelian pulsa elektronik, hingga pembelian tiket pesawat, kereeta api dan pemesanan hotel.

(istimewa)

Kategori:revo
  1. 11 Agustus 2015 pukul 11:44 pm

    Ada ga ulasan mengenak buruk nya kinerja pegawai indomaret?? Itu salah satu hengkangnya para pembeli. Para kasirnya tidak bekerja secara profesional seperti tidak melayani pembeli malah sibuk mengobrol atau main hape atau bergerombol saat ada pemeli dikasir.

    Dikirim dari iPhone saya

    Suka

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: