Beranda > revo > Varanasi, Kota Suci Umat Hindu Yang Dijuluki “Kota Janda” Karena Dipenuhi Janda   

Varanasi, Kota Suci Umat Hindu Yang Dijuluki “Kota Janda” Karena Dipenuhi Janda   

Kota Varanasi adalah salah satu dari tujuh kota suci bagi umat Hindu. Kota itu merupakan penghubung budaya di bagian utara India. Namun, satu hal yang mungkin tidak banyak orang mengetahui, Varanasi adalah kota yang dipenuhi oleh janda.

“Varanasi dikenal sebagai Kota Para Janda,” kata Lord Raj Loomba, anggota House of Lords di Inggris, sekaligus pendiri Loomba Foundation yang memperjuangkan kesejahteraan bagi para janda dan anak-anak mereka.

Varanasi

Warga Varanasi yang didominasi janda sedang melakukan ritual agama Hindu di Sungai

Kini diperkirakan ada sekitar 38.000 janda tinggal di Varanasi. Mereka terpinggirkan dan terlupakan dan sebagian besar dari mereka tinggal dalam kemiskinan. Mereka kebanyakan tinggal di ashram (kuil keagamaan) yang diperuntukkan untuk para janda.

Varanasi Kota Janda

Seorang janda paruh baya di Varanasi terlihat sedang menjahit

“Saat para janda diusir dari rumah tangga mereka, mereka datang ke Varanasi karena kota ini adalah kota suci kesukaan Dewa Hindu Shiva, dan mereka percaya jika mereka meninggal di sana mereka akan langsung masuk ke dalam surga. Para janda menyebutnya moksha, saat mereka terbebas dari reinkarnasi terakhir,” jelas Lord Raj.

Sebagian dari janda-janda di Varanasi, sekitar 12.000 orang berusia antara 20 sampai 45 tahun. Infeksi HIV, pernikahan anak-anak, dan kemiskinan merupakan beberapa alasan yang menjadikan begitu banyak janda muda di sana.

Varanasi Kota Janda

Seorang janda muda di Varanasi mengintip dari balik jendela. Di Varanasi, terdapat banyak janda muda berusia kurang dari 45 tahun

Para janda di kota ini diharapkan untuk melepaskan segala kenikmatan hidup. Misalnya saja pada perayaan Holi, festival warna yang merupakan perayaan Hindu terbesar yang dirayakan di seantero India melarang para janda untuk ikut ambil bagian, meskipun di beberapa bagian di India para janda masih diperbolehkan untuk mengikuti festival ini.

Varanasi adalah salah satu dari 7 kota suci umat Hindu, dan sering disebut sebagai ibu kota spiritual India, dan Kota Shiva. Enam kota suci lainnya adalah Ayodhya, Mathura, Haridwar, Kanchipuram, Ujjain, dan Dwarka.

(IB Times, Al Jazeera)

Kategori:revo
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: