Beranda > revo > Ratusan Korban Penculikan Boko Haram Ditemukan   

Ratusan Korban Penculikan Boko Haram Ditemukan   

Ratusan Korban Penculikan Boko Haram Ditemukan

Ratusan lagi korban penculikan Boko Haram ditemukan di hutan Nigeria seiring upaya tentara memberantas markas dan kamp pelatihan kelompok bersenjata itu. Namun belum diketahui apakah yang ditemukan kali ini adalah para siswi yang diculik di Chibok atau bukan.

Juru bicara militer Nigeria Sani Usman mengatakan pada Kamis (30/4) bahwa mereka menemukan 160 korban penclikan yang terdiri dari wanita dan anak-anak di hutan Sambisa dalam penyerbuan ke tempat persembunyian Boko Haram.

“Kami masih berusaha memverifikasi jumlah pasti dari korban yang diselamatkan, tapi saya bisa katakan saat ini sekitar 60 wanita  dan 100 anak-anak,” ujar Usman, dikutip dari CNN.

Dalam penyerbuan tersebut, seorang sandera wanita dan tentara terbunuh. Namun Usman mengakui kemajuan yang mereka peroleh, termasuk menghancurkan sembilan kamp militer Boko Haram.

“Kebanyakan yang diculik mengalami trauma psikologis dan indoktrinasi,” kata Usman.

Sebelumnya dalam operasi militer awal pekan ini, tentara juga berhasil menyelamatkan sebanyak 200 gadis perawan dan 93 perempuan di dalam Hutan Sambisa.

Namun dalam pemeriksaan awal, para wanita ini bukanlah bagian dari 200 siswi yang diculik dari sebuah asrama sekolah di Chibok tahun lalu. Penculikan di Chibok memicu keprihatinan internasional dengan munculnya desakan dari berbagai tokoh dunia, termasuk ibu negara Amerika Serikat Michelle Obama.

Saat ini ratusan wanita itu masih berada di zona operasi militer yang belum bisa diakses oleh petugas medis. Namun, badan bantuan darurat nasional Nigeria telah mengirimkan pasokan makanan dan sanitasi untuk para wanita tersebut.

Drama penyelamatan para wanita di Nigeria ini menjadi pemberitaan nasional dan internasional serta banyak menuai pujian, terutama dari para pegiat HAM yang sebelumnya mendesak pemerintah Nigeria mempercepat upaya penyelamatan para wanita.

“Perkembangan ini memang patut dirayakan dan memberikan rasa lega bagi para wanita dan keluarganya. Namun ini hanya ujung dari gunung es, masih ada ribuan lagi wanita, dan pria serta anak-anak yang diculik Boko Haram,” ujar Netsanet Belay, direktur Afrika di lembaga Amnesty International.

Menurut data Amnesty International, ada lebih dari 2.000 wanita yang diculik oleh Boko Haram sejak tahun lalu.

Kategori:revo
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: