Arsip

Archive for April, 2015

Makin Lunturnya Nasionalisme Warga Di Perbatasan Negara RI-Timor Leste   

Makin Lunturnya Nasionalisme Warga Di Perbatasan Negara RI-Timor Leste

Kawasan perbatasan Nusa Tenggara Timur-Timor Leste di Pulau Timor masih dililit masalah serius. Masalah itu di antaranya minimnya sarana dan prasarana pendukung pembangunan ekonomi, kesejahteraan sosial, serta ketahanan budaya. Kondisi itu membuat kian lunturnya rasa nasionalisme sejumlah warga di kawasan perbatasan.

Hal itu mengemuka dalam seminar nasional bertema “Strategi Pembangunan Kawasan Perbatasan” di Kupang, Rabu 29 April 2015. Acara dibuka Wakil Gubernur NTT Benny A Litelnoni. Kegiatan yang digagas Universitas Nusa Cendana Kupang dan Bank NTT ini sebenarnya mirip konsultasi publik guna menghimpun berbagai masukan membenahi kawasan perbatasan.

Sebagaimana disampaikan pemandu diskusi, Thomas Ola Langoday, pakar ekonomi dari Universitas Katolik Widya Mandira Kupang, tidak ada narasumber utama dalam acara itu. Para peserta yang diberi kesempatan berbicara sekaligus narasumber. Mereka di antaranya I Gede Suratha (Asisten Deputi Penataan Ruang Kawasan Perbatasan Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan), Frans Gana (Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Undana), Daniel Tagu Dedo (Direktur Utama Bank NTT), dan H Indra Hassan (pengusaha nasional asal NTT yang berdomisili di Jakarta).

Nasionalisme Warga Perbatasan
Kompas.com/Sigiranus Marutho Bere Sejumlah Anggota DPRD Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) sementara mengecat pintu gerbang perbatasan RI-Timor Leste di Wini, Desa Humusu C, Kecamatan Insana Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU)

Menurut Benny Litelnoni, kondisi kawasan perbatasan yang masih terabaikan dan melunturnya rasa nasionalisme di kawasan perbatasan, bersumber dari sejumlah penyebab. Penyebab itu di antaranya keterbatasan jangkauan pembinaan juga dorongan orientasi dan peluang kegiatan ekonomi di negara tetangga. Penyebab lainnya adalah pengelolaan kawasan perbatasan yang belum komprehensif, termasuk belum jelasnya peran, fungsi, dan kewenangan pemerintah daerah dalam pengelolaan kawasan perbatasan.

I Gede Suratha mengakui masalah perbatasan menjadi tema “senyap” secara politis. Kalangan politisi terkesan jarang melirik masalah ini karena kawasan perbatasan umumnya berpenduduk jarang sehingga sepertinya dinilai menguntungkan dalam mengumpulkan suara ketika pemilihan legislatif atau pemilihan kepala daerah.


Warga negara Timor Leste dari Distrik Oecusse ikut mengibarkan Bendera Timor Leste di samping bendera Merah Putih saat penutupan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Desa Tasinifu, Kecamatan Mutis, Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur, pada 4 Juni 2013

Padahal, katanya, masalah perbatasan itu martabat bangsa. Selain sebagai beranda depan NKRI, juga terkait pertahanan dan keamanan. Dengan demikian, pembenahannya menuntut perhatian serius semua pihak, termasuk kalangan politisi.

Frans Gana menyebutkan, APBN sebenarnya menyediakan dana triliunan rupiah untuk pembenahan kawasan perbatasan. Namun, implementasinya kurang fokus karena Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) berada di bawah Kementerian Dalam Negeri. “BNPP seharusnya langsung di bawah presiden sehingga pembenahan kawasan perbatasan bisa lebih fokus dan terarah,” katanya.

Sementara Indra Hassan berpendapat, posisi NTT yang berbatasan langsung dengan Timor Leste dan Australia harus menjadi modal mendorong pengembangan ekonomi. “NTT salah satu kantong sapi nasional. Harus didorong pengembangan industri khusus sehingga sapi yang dipasarkan ke Jakarta berupa daging olahan,” tuturnya. 

sumber

Kategori:revo

Ini Alasan Mengapa Rakyat Jerman Ramai-ramai Kurangi Makan Sosis 

Ini Alasan Mengapa Rakyat Jerman Ramai-ramai Kurangi Makan Sosis
  

Orang Jerman dikenal dengan kecintaan mereka akan sosis, mengurangi makan daging dan lebih banyak mengonsumsi makanan vegetarian karena kekhawatiran yang meningkat akan kesehatan, kesejahteraan hewan, dan dampak negatif peternakan untuk lingkungan.

Survei statistik menunjukkan bahwa konsumsi daging di mayoritas negara maju cenderung menurun dan fenomena ini paling menonjol menonjol di Jerman, yang notabene merupakan produsen daging babi terbesar di Eropa dan tempat asal 1.500 ragam sosis, termasuk yang paling disukai oleh rakyat Jerman, yakni curry-wurst.

Perubahan kebiasaan terkait makanan ini stabil, tetapi bukan ke arah spektakuler. Industri makanan menghadapi fakta bahwa sosis, dan daging secara umum, tidak akan lagi menempati posisi terhormat dalam budaya nasional Jerman.

Partai Greens memicu kehebohan pada 2013 dengan meminta kantin-kantin pekerja sektor publik untuk menyediakan hanya makanan vegetarian seminggu sekali. Selain itu, meski minoritas Muslim yang jumlahnya besar menghindari daging babi, daging-daging lain, seperti kambing, tetap populer di kalangan mereka.

Curry Wurst

Sosis Curry Wurst, makanan tradisional Jerman yang menggoda selera ini kini sudah mulai ditinggalkan oleh mayoritas rakyat Jerman karena alasan kesehatan

Tercatat bahwa angka konsumsi daging secara keseluruhan jatuh tahun lalu menjadi 60,1 kilogram per orang dari 62,8 kilogram pada 2011. Meski masih di atas rata-rata global, jumlah itu setengah dari yang dimakan rata-rata orang Amerika.

Tren ini sepertinya akan berlanjut di negara yang memiliki jumlah komunitas vegetarian yang kecil, tetapi meningkat. Perusahaan data pasar, Euromonitor, memperkirakan bahwa konsumsi daging segar Jerman akan jatuh 2,9 persen pada 2019, setelah turun 1,2 persen pada 2014, rekor tertinggi di dunia selain di Yunani, yang kini sedang tertimpa resesi.

Kekhawatiran warga Jerman meluas, dari soal antibiotik dalam daging, dampak kesejahteraan dari peternakan pabrik skala besar, sampai penebangan hutan hujan untuk membuka lahan perkebunan yang bukan untuk manusia, melainkan untuk pakan ternak.

(Voa, The Drink Business)

Kategori:revo

Inilah 8 Situs Bersejarah Nepal Yang Terkena Dampak Gempa   

Inilah 8 Situs Bersejarah Nepal Yang Terkena Dampak Gempa

Nepal adalah rumah untuk sejumlah bangunan bersejarah yang dikategorikan UNESCO sebagai situs warisan dunia.

Saat gempa mengguncang Sabtu lalu, tidak hanya menara Dharahara yang hancur, tapi juga sejumlah bangunan bersejarah yang terletak di Lembah Kathmandu, yakni Durbar Square of Hanuman Dhoka, Patan dan Bhaktapur, stupa Buddha Swayambhu dan Bauddhanath, kuil Hindu Pashupati dan Changu Narayan. Sebelumnya, wilayah-wilayah tersebut pernah pula direnovasi setelah mengalami kerusakan sebagai dampak gempa di tahun 1934.

Menurut Robin Coningham, seorang arkeolog dari Durham University, situs-situs tersebut merupakan gerbang yang menghubungkan surga dan bumi. “Bangunan-bangunan ini tidak hanya sekadar museum dan situs bersejarah, tapi juga tempat istimewa di Bumi dimana manusia melakukan komunikasinya dengan para dewa-dewi.”

Vatsala Durga Temple

Terletak 20 kilometer di sebelah timur Kathmandu, dan menjaditempat  yang paling dekat dengan titik episenter gempa Sabtu lalu. 80% dari total kuil yang berada di kawasan ini rusak akibat gempa, termasuk Vatsala Durga Temple, yang dibangun di abad 18

Boudhanath Temple ini merupakan salah satu kuil terbesar di dunia, tempat dimana kaum Buddha Nepal dan Tibet melakukan ziarah. Terletak sejauh 10 kilometer dari kota Kathmandu, stupa berumur 1500 tahun ini tetap berdiri tegap walau telah diguncang gempa Sabtu lalu.

Changu Narayan Temple merupakan kuil yang dibangun pada abad ke-5 Sebelum Masehi, sebagai bentuk penghambaan orang Hindu kepada dewa Wisnu

Lumbini Temple Nepal

Lumbini Temple merupakan kawasan kuil Buddha tertua di dunia. Dibangun sejak abad ke-6 Sebelum Masehi, kawasan kuil yang merupakan tempat Dewi Maya lahir ini tidak mengalami kerusakan berarti.

Pashupatinath Temple ini merupakan kuil penting yang dibangun untuk Dewa Penghancur dalam keyakinan agama Hindu, Dewa Shiva. Karena tidak mengalami dampak kerusakan akibat gempa, warga lokal membawa korban tewas ke kawasan kuil untuk melakukan ritual upacara terakhir mereka

Patan Durbar square

Patan Durbar Square terletak di sebelah selatan Lembah Kathmandu. Merupakan salah satu kompleks kerajaan Nepal yang dibangun di abad ke-17. Kawasan ini tidak mengalami kerusakan parah akibat gempa, namun sejumlah Pagoda kecil runtuh

Swayambunath Temple

Swayambunath Temple terletak di sebelah barat kota Kathmandu, ada sebuah stupa yang dianggap sebagai stupa paling terkenal di dunia. Stupa bertabur mata Buddha ini tetap berdiri tegap, sementara kuil Pratapur yang terletak di sampingnya runtuh akibat gempa Sabtu lalu.

(CNN, Telegraph, Guardian)

Kategori:revo

Inilah Prospek Karir Menggiurkan Di Industri Kepariwisataan, Mau?

Inilah Prospek Karir Menggiurkan Di Industri Kepariwisataan, Mau?
   

Sumber daya manusia Indonesia di sektor pariwisata saat ini masih didominasi oleh tenaga kejuruan. Kebanyakan warga lokal, bahkan yang berpendidikan sekalipun, menempati posisi praktis, mulai kasir, penerima tamu, juru masak, akuntan, dan lain-lain. Meskipun cukup menjanjikan, kualitas SDM lokal kurang mampu berkompetisi pada posisi manajerial.

Banyak orang alergi menekuni bidang pariwisata karena dianggap tidak dapat menjamin kesejahteraan di masa depan. Bagi orang tua kelas ekonomi menengah ke atas, menyekolahkan anaknya ke jurusan bisnis dirasa lebih menjanjikan ketimbang bidang kepariwisataan.

Yuliana, Head of Hospitality and Tourism Management Binus International mengatakan bahwa para orang tua memiliki ekspektasi tinggi terhadap karir anaknya setelah bergelar sarjana. Mereka memilih jurusan manajemen bisnis atau jurusan berbau ekonomi karena dianggap jangkauannya lebih luas dan menjanjikan jalur karir jelas.

“Padahal, untuk menekuni bisnis pariwisata dibutuhkan pengetahuan mendalam tentang produk yang ditawarkan. Kalau membuka restoran misalnya, kita menggaji chef. Lalu, kalau chef-nya kabur, habislah bisnis kita,” ujar Yuliana.

Di Hospitality and Tourism Management, lanjut Yuliana, mahasiswa diajarkan semua hal berkaitan dengan aspek-aspek teknis dan jenis kepariwisataan, mulai perhotelan, restoran, pengembangan wisata, sampai pariwisata makro. Dengan pengetahuan luas dan mendalam, lulusannya memiliki kompetensi untuk memilih karir tingkat menengah atau tinggi, misalnya manager, supervisor, konsultan, bahkan wirausahawan.

“Mereka bisa langsung masuk jajaran manajerial dengan gaji minimal Rp 7 sampai Rp 8 juta. Ada juga yang sukses membuka usaha sendiri dengan omset puluhan juta,” ujar Yuliana.

Dia menjelaskan, ketika para mahasiswa diberikan proyek membangun usaha sendiri, mereka dituntut membuat perencanaan bisnis yang menyeluruh. Artinya, mereka harus mengembangkan inovasi produk atau menu makanan dan minumannya sendiri. Seluruh rancangan, mulai dari perencanaan modal, pemilihan tempat, penentuan harga, sponsor, sampai hal remeh temeh semisal desain logo atau kebutuhan interior tempat usaha harus diselesaikan sendiri.

Yuliana berharap, kompetensi pendidikan kepariwisataan di Indonesia akan terus meningkat dan memiliki peminatnya sendiri. Karena, menurut Yuliana, industri pariwisata tak pernah surut dan akan terus berkembang. Nantinya, SDM berkualitas semakin dibutuhkan.

(Binus)

Kategori:revo

‘Pulau Penis’ di Fiji Dijual Seharga Rp 1,6 Miliar   

 Pulau Penis di Fiji Dijual Seharga Rp 1,6 Miliar

Pulau berbentuk burung dan bentuk hati bukanlah pulau paling aneh yang ada di dunia. Sebuah pulau kecil yang ada di Fiji, Pasific Selatan bahkan pulau ini disebut-sebut memiliki bentuk yang mirip penis.

Jika dilihat dari atas, pulau kecil ini memang memiliki bentuk seperti organ kelamin pria. Dalam laman resmi pulau ini, Mavuva disebut-sebut sebagai pulau yang mudah diakses. Pulau ini juga diklaim bisa membawa orang yang ada di sana seperti hidup di surga.

Pulau berukuran sekitar 43 hektar dan memiliki atol atau pulau karang di bagian bawahnya yang tak terlalu tebal di bawahnya. Hal ini membuat pulau Mavuva banyak diincar untuk prospek real estate.

Pulau ini juga masih berada dalam lingkup Great Sea Reef, barisan karang laut paling besar ketiga di dunia. Pantai yang memiliki penampakan berwarna hijau cerah ini merupakan salah satu harta alam Fiji.

Pulau ini memiliki kehidupan laut yang sangat indah dan kaya. Pohon kelapa, pohon palem, bebatuan lava, bunga eksotis semua terhampar di sekitar pulau ini. Selain itu, ada dua pantai berpasir putih yang membentang dari ujung ke ujung pulau.

Pulau Mavuva

Restoran, bar dan club house, yang pastinya punya pemandangan pantai yang menakjubkan juga tersedia di pulau ini. Namun jika Anda benar-benar ingin berlibur ke tempat ini, nampaknya Anda harus merogoh kocek yang cukup dalam. Dilansir dari Thrillist, Anda harus membayar sekitar US$ 125.000 atau sekitar Rp 1,6 miliar.

Namun dengan harga ini, Anda tak cuma bisa berlibur saja. Tetapi dengan harga tersebut, Anda juga bisa sekaligus jadi pemilik pulau unik ini. Harga ini cukup mengejutkan, pasalnya, untuk menjadi pemilik pulau, Anda hanya perlu merogih kocek Rp 1,6 miliar, sementara harga sebuah rumah di kawasan elit Pantai Indah Kapuk saja berkisar antara Rp 3-5 miliar.

(CNN)

Kategori:revo

Ratusan Korban Penculikan Boko Haram Ditemukan   

Ratusan Korban Penculikan Boko Haram Ditemukan

Ratusan lagi korban penculikan Boko Haram ditemukan di hutan Nigeria seiring upaya tentara memberantas markas dan kamp pelatihan kelompok bersenjata itu. Namun belum diketahui apakah yang ditemukan kali ini adalah para siswi yang diculik di Chibok atau bukan.

Juru bicara militer Nigeria Sani Usman mengatakan pada Kamis (30/4) bahwa mereka menemukan 160 korban penclikan yang terdiri dari wanita dan anak-anak di hutan Sambisa dalam penyerbuan ke tempat persembunyian Boko Haram.

“Kami masih berusaha memverifikasi jumlah pasti dari korban yang diselamatkan, tapi saya bisa katakan saat ini sekitar 60 wanita  dan 100 anak-anak,” ujar Usman, dikutip dari CNN.

Dalam penyerbuan tersebut, seorang sandera wanita dan tentara terbunuh. Namun Usman mengakui kemajuan yang mereka peroleh, termasuk menghancurkan sembilan kamp militer Boko Haram.

“Kebanyakan yang diculik mengalami trauma psikologis dan indoktrinasi,” kata Usman.

Sebelumnya dalam operasi militer awal pekan ini, tentara juga berhasil menyelamatkan sebanyak 200 gadis perawan dan 93 perempuan di dalam Hutan Sambisa.

Namun dalam pemeriksaan awal, para wanita ini bukanlah bagian dari 200 siswi yang diculik dari sebuah asrama sekolah di Chibok tahun lalu. Penculikan di Chibok memicu keprihatinan internasional dengan munculnya desakan dari berbagai tokoh dunia, termasuk ibu negara Amerika Serikat Michelle Obama.

Saat ini ratusan wanita itu masih berada di zona operasi militer yang belum bisa diakses oleh petugas medis. Namun, badan bantuan darurat nasional Nigeria telah mengirimkan pasokan makanan dan sanitasi untuk para wanita tersebut.

Drama penyelamatan para wanita di Nigeria ini menjadi pemberitaan nasional dan internasional serta banyak menuai pujian, terutama dari para pegiat HAM yang sebelumnya mendesak pemerintah Nigeria mempercepat upaya penyelamatan para wanita.

“Perkembangan ini memang patut dirayakan dan memberikan rasa lega bagi para wanita dan keluarganya. Namun ini hanya ujung dari gunung es, masih ada ribuan lagi wanita, dan pria serta anak-anak yang diculik Boko Haram,” ujar Netsanet Belay, direktur Afrika di lembaga Amnesty International.

Menurut data Amnesty International, ada lebih dari 2.000 wanita yang diculik oleh Boko Haram sejak tahun lalu.

Kategori:revo

6 Akibat Berbahaya Jika Kamu Sering Membiarkan Tangki Bensin Motormu Tak Ada Isinya

29 April 2015 1 komentar

Motor pastilah butuh bahan bakar sebagai penggerak mesin. Tanpa bahan bakar, motor jelas tak bisa berfungsi sebagai kendaraan yang selalu menemanimu beraktivitas sehari-hari. Sayangnya, kita justru seringkali lalai pada kebutuhan utama si kuda besi ini. Entah lantaran teledor lupa mengisinya atau memang uang di dompet sudah tak bersisa sehingga membiarkan tangki motor kosong.

Padahal, kebiasaan membiarkan tangki motor kosong tak terisi bensin sebenarnya bisa berakibat fatal bagi tunggangan kita. Ancaman karatan, tangki menjadi kotor, hingga kemungkinan rusaknya komponen pada motormu pun bisa terjadi. Nah, supaya kamu bisa lebih perhatian pada motormu sendiri, simak dulu hal-hal berikut ini!

1. Kalau terlalu sering dibiarkan kosong, tangki motormu akan rawan karatan dan gampang bocor

kayak gini nih kalo tangkimu bocor karena karat

Pada dasarnya, komponen-komponen motor memang terbuat dari besi, termasuk bagian tangkinya. Kuda besimu ini secara harfiah memang banyak besinya (apalagi motormu keluaran dibawah 1985, yang motornya masih besi semua).. dan secara alamiah, memang namanya besi itu takut sama karat. Nah, kosongnya tangki bensin bisa bikin bensin menguap di dalam tangki ketika terkena panas matahari.

Akibatnya? Tangki bensinmu pun jadi mudah karatan. Kalo mudah karatan, maka isinya akan mudah bocor. Dan apabila hal tersebut sudah terjadi, siap-siap aja deh kemana-mana bawa sabun.

2. Tangki yang kosong juga jadi rumah bagi endapan kotoran. Jangan kaget kalau mesin motormu jadi gampang macet dan rusak

endapan dari tangki yang kotor, bakal keliatan ketika tangkinya dikuras

Uap-uap yang ada karena tangkimu kosong, ketika dingin akan mengumpulkan kotoran-kotoran di dalam tangki dan akan mengendapkan kotoran tersebut, yang berpotensi mengganggu kinerja motor.

3. Lebih parah lagi, fuel pump – alat yang berfungsi mendistribusikan bensin ke seluruh mesin – milikmu berisiko rusak

penampakan fuel pump

Setelah indikator bensinmu rusak dan tangkimu berisi endapan kotoran tangki, kamu masih bisa lebih sial lagi. Di bawah tangki bensinmu, terdapat semacam perangkat yang bertugas mendistribusikan bensin ke mesin, dan nama perangkatnya adalahFuel pump. Fuel pump ini kalau dicekoki endapan-endapan dari tangki tersebut, lama kelamaan akan mampet plus ngadat.

4. Seperti kanker, kerusakan ini bisa menjalar sampai ke karburator dan injektor, yang merupakan “ruang” pengapian motor.

kecil sih, tapi kalo rusak, bisa nangis kamu.

Rusaknya fuel pump bahkan bisa mengakibatkan kerusakan yang lebih fatal lagi, yakni bisa menjalar sampai ke pengapian (karburator atau injektor) Pengapian itu yang alat pembakar uap BBM agar diubah menjadi tenaga untuk menggerakkan mekanisme mesin.

Nah, kalau ruang bakarmu sudah “kena”, siap-siap aja…

5. Bensinmu jadi boros karena motor harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk membakar mesin-mesinnya

kalo ini, mana ya yang tenaganya ngempos?

Ironisnya, kalau kamu malas mengisi tangki bensin karena takut boros, perilaku ini justru membuat konsumsi bensinmu boros dalam jangka panjang. Ini karena motormu membutuhkan tenaga ekstra (dari bensin) untuk membakar mesin-mesinnya. Kuda besi andalanmu yang senantiasa menemanimu kini menjadi lemah bak kurang hormon.

6. Ujung-ujungnya, kamu harus beli bensin berkali-kali dan mengganti banyak onderdil motor. Semua karena kamu malas mengisi tangki bensin!

dompetkuuuu...!!!!

Tentu saja, dompetmu bakal garing nan kosong melompong. Akibat komponen motormu banyak yang diganti baru karena rusak. Tentunya, ini akan lebih mahal dari sekedar isi bensin.

Motor itu gak cuma dikendarai aja, tapi juga harus dirawat baik-baik. Toh ketika motormu rusak, kamu juga yang repot ‘kan. Yuk, mulai sekarang kita lebih memperhatikan tunggangan kesayangan kita. Salah satunya, dengan tidak membiarkannya terkapar terus-terusan tanpa bensin.

sumber

Kategori:revo

Karena Duduk Terlalu Lama Bisa Bikin Mati Muda, Budayakan Kerja Sambil Berdiri Sekarang Juga!

Duduk berjam-jam di kantor, mengetik laporan, maupun menulis kode-kode pemrograman, berjam-jam dalam sehari kamu habiskan di atas kursi dan tak bergerak. Namun, tahukah kamu bahwa membiarkan diri duduk berjam-jam dalam waktu lama bisa berakibat buruk pada kesehatan?

Fakta menunjukkan bahwa orang rata-rata menghabiskan waktu duduk selama 19 jam perhari. Tak heran jika banyak orang yang mengeluh sakit pinggang, leher, maupun tengkuk. Gejala-gejala tersebut masih tergolong ringan dibanding efek lainnya dari terlalu banyak duduk, seperti kolesterol dan stroke!

Oleh karenanya, kita perlu menyiasati bagaimana caranya agar kita tak banyak menghabiskan waktu duduk di kursi. Sebelumnya Hipwee pernah membahas gerakan-gerakan olahraga ringan yang bisa mengurangi dampak buruk karena duduk terlalu lama, kali ini Hipwee ingin mengungkapkan mengapa kamu harus bekerja sambil berdiri. Berdiri? Iya betul sekali.

1. Jangan remehkan pegal-pegal di punggung, pinggang, maupun lehermu. Itu bisa saja berarti kamu sudah duduk terlalu lama

Sakit punggung menandakan ada yang tidak beres pada tubuhmu

Ketika kita bergerak dan berjalan, maka ada sendi dalam tulang belakang kita akan melebar dan mengkerut speerti spon dan menyerap nutrisi-nutrisi yang dialirkan melalui darah. Namun ketika duduk, sendi tersebut akan tergencet dan tidak merata. Oleh karenanya kolagen mengeras di sekitar tendon dan ligamen. Hal inilah yang menyebabkan leher dan tulang belakang kita terasa sakit. Jika hal ini terjadi dalam kurun waktu lama, bukan tidak mungkin jika di kemudian hari bentuk tulang belakang kita menjadi buruk.

2. Duduk terlalu lama bahkan lebih bahaya dari merokok!

Mending ngerokok aja deh kalo gitu

Karena itulah banyak yang mengatakan bahwa sitting is the new smoking, alias duduk itu sama saja—bahkan lebih berbahaya dari merokok. Fakta ini ditunjukkan karena adanya sirkulasi darah yang tidak merata, pankreas yang memproduksi insulin berlebih karena insulin tersebut tak terpakai, dan bahaya-bahaya lainnya pada tubuh. Bahkan penelitian juga menunjukkan terlalu banyak duduk akan mengakibatkan otak kita menjadi kurang tajam karena jarang sekali bergerak, sehingga otak kekurangan asupan darah serta oksigen. Apalagi jika kamu hobi bekerja lama sambil duduk, dan merokok? Pasti efek negatifnya juga bakal dobel.

3. Terlalu banyak duduk juga memungkinkanmu memiliki berat badan berlebih

Bikin gemuk lho

Penelitian ini dikarenakan ketika kita duduk, metabolisme kita terhambat sehingga tak ada kalori yang bisa dibakar. Selain itu, terlalu sering duduk juga akan menimbulkan penumpukan gula di dalam tubuh, sehingga dapat meningkatkan resiko diabetes, penyakit jantung, hingga penyumbatan darah yang jika berlangsung lama dapat menimbulkan stroke!

Oleh karenanya, tak ada salahnya jika kamu mencoba trend yang sedang marak dilakukan oleh para pekerja kantoran di Amerika, yaitu : bekerja sambil berdiri. Kali ini Hipwee ingin menjunjukkan beberapa alasan mengapa kamu ‘perlu’ mengganti kursimu menjadi standing desk.

4. Bekerja sambil berdiri memang capek pada awalnya. Namun dalam jangka panjang, ini bisa meningkatkan energi dan mengurangi kelelahan tubuh

Meningkatkan

Mungkin banyak dari kalian yang di siang hari kamu merasa kelelahan dan akhirnya mengantuk sehingga tak bisa berpikir jernih. Ini adalah salah satu dampak dari kebanyakan duduk. Tubuh kita terlalu santai, sehingga jantung tak dapat memompa oksigen serta darah secara maksimal. Mereka lambat memompa pasokan energi ke seluruh tubuh. Dengan bekerja sambil berdiri, maka jantung kita akan lebih maksimal bekerja, sehingga kita akan merasa semangat dan penuh energi di kemudian hari.

5. Bekerja sambil berdiri juga dapat mengurangi berat badan lho!

Mau nggak langsing kayak gini?

Hal ini terjadi karena ketika kita berdiri, jantung akan bekerja secara optimal, sehingga  dapat membantu memperlancar aliran darah. Karena hal inilah akan banyak kalori dan lemak yang dibakar. Sebuah studi yang dilakukan oleh seorang peneliti di American Cancer Society menunjukkan bahwa orang yang sering duduk terlalu lama dapat berisiko terserang berbagai macam penyakit dan – katanya – memiliki angka harapan hidup yang lebih pendek.

Namun kamu tak perlu khawatir akan hal ini, karena studi yang dilakukan oleh U.S. Centers for Disease Control and Prevention menunjukkan bahwa orang yang mampu mengurangi porsi duduknya ketika bekerja akan dapat mengurangi nyeri di punggung bagian atas sekaligus meningkatkan semangat bekerja.

6. Namun sebelum memutuskan untuk mengganti mejamu denganstanding desk, perhatikan beberapa poin penting berikut ini

Perhatikan hal-hal ini

Dari gambar di atas, pastikan posisi meja berdirimu itu nyaman untuk kamu gunakan. Artinya, posisikan layar agar kamu bisa menatap layar dengan lurus tanpa harus menundukkan maupun mendongakkan kepalamu. Selain itu, pastikan pula posisi meja untuk menaruh keyboard senyaman mungkin untuk tanganmu. Oleh karenanya, penting untuk mengukur atau membuat meja yang bisa dinaikkan atau diturunkan sesuai dengan penggunanya.

7. Jika kamu merasa lelah ketika berdiri, istirahatlah sejenak di kursi nyamanmu

Duduk sejenak

Meski berdiri lebih baik daripada banyak duduk, namun tetap saja kamu akan merasa kelelahan jika terlalu lama berdiri. Hal ini wajar karena ada otot-otot yang saling tertarik di kakimu, sehingga membuat kaki, pinggang terasa nyeri. Maka dari itu istirahatlah dengan duduk di kursi yang tersedia barang 15-30 menit.

Oke, itulah alasan mengapa kamu harus mengurangi frekuensi dudukmu dan usahakan agar kamu lebih sering berdiri. Jadi, apakah kamu akan membuat standing desk sekarang juga?

Credit gambar utama oleh abcnews.go.com  

sumber

Kategori:revo

Jangan Terlalu Sering Pesan Es Teh dan Es Jeruk Lagi. Kurang Air Putih Bisa Bikin Tubuhmu Setengah Mati

Manusia butuh untuk mengkonsumsi air putih untuk memenuhi kebutuhan harian mereka. Walau para ahli hingga sekarang belum sepakat tentang berapa gelas air yang harus kita minum setiap harinya, kira-kira 8-10 gelas wajib kamu konsumsi agar ketahanan tubuh tetap terjaga. Apalagi, sekitar 60-70% dari tubuh kita adalah cairan.

Tapi tetap saja, banyak dari kita yang jarang memperhatikan kadar air putih yang kita minum setiap hari. Kalau sedang pergi ke warung makan, yang kita pesan pastilah tak jauh-jauh dari es teh dan es jeruk. Padahal, kurang minum air putih bisa membuat tubuh kita setengah mati, lho. Badan jadi rentan terserang penyakit dan kondisi-kondisi nggak mengenakkan. Misalnya aja…

Sering susah fokus dan konsentrasi? Jangan salahkan waktu istirahat yang nggak cukup — mungkin sebenarnya, kamu dehidrasi.

1322

75% dari otak kita adalah air, begitu juga dengan 90% dari darah kita. Ketika kita kekurangan asupan air, otak dan darah secara otomatis akan terkena dampaknya. Beragam aktivitas kognitif seperti memperhatikan pelajaran dan kuliah, membaca dan menulis, sampai berjalan dan menyetir jadi nggak maksimal. Kamu sering ngantuk di kelas dan susah menangkap pelajaran? Nyaris nabrak dalam perjalanan ke rumah teman? Susah konsentrasi dan nggak fokus, pikiran bermacam-macam dan bercabang-cabang? Jangan dulu menyalahkan waktu istirahat yang kurang. Siapa tahu, kamu cuma kurang minum air putih aja.

Kurang minum juga sama dengan menggali kubur sendiri. Pasalnya, ini membuatmu berisiko terkena darah tinggi

medical

Secara sains, keadaaan ini bisa dijelaskan dengan sederhana. Saat kadar air di dalam darahmu menurun, otomatis darah akan mengental. Jika darah mengental, jantungmu akan butuh usaha lebih banyak untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Ini yang menyebabkan darah dipompa dengan tekanan di atas normal yang pada akhirnya menjadi tekanan darah tinggi.

Mungkin saat ini kamu meremehkannya karena usia yang masih muda. Tapi ingat, waktu selalu berjalan lebih cepat dari yang kita minta, dan kamu tidak akan jadi muda selamanya. Saat menjadi tua nanti, tubuhmu akan meminta lebih banyak perhatian dan kamu tak bisa lagi berkelit dengan alasan “Umurku ‘kan masih 20-an…”

Jadi sekali-kali, biar nggak dehidrasi, pesan air putih di warung ya.

Mungkin kamu punya masalah dengan berat badan. Kalau diet nggak berhasil juga, wajib perhatikan jumlah air yang kamu konsumsi tiap harinya.

A women walks down the street on Michiga

Apakah selama ini kamu kesulitan menurunkan berat badanmu? Setelah mati-matian diet, masih saja lemak di mana-mana mengganggu. Tak hanya itu, di usia semuda ini, kamu pun sudah menderita asam urat. Usut diusut, ternyata tingkat kolesterol di tubuhmu terlalu tinggi.

Selama ini kita selalu berpikir bahwa junk food dan makanan tidak sehat lainnya adalah sumber dari tumpukan lemak dan kolesterol jahat di tubuh kita. Padahal, lemak dan kolesterol tinggi juga sesuatu yang bisa disebabkan oleh perihal sepele macam kurang minum. Jika kamu dehidrasi, tubuh akan memproduksi lebih banyak kolesterol demi mencegah hilangnya air dari sel-sel tubuh. Proses penghancuran lemak di tubuh pun melambat karena sistem pencernaan dan pembuangan juga terganggu. Otomatis lemak dan kolesterol bersarang di tubuhmu. Dan otomatis pula, berat badanmu tidak turun-turun dari dulu.

Mungkin sebelum menjajal aneka diet yang menyiksa, ada baiknya perhatikan saja jumlah air yang kamu konsumsi tiap harinya. Sudah cukupkah untuk kebutuhanmu sehari-hari? Jangan kaget kalau nantinya kamu sadar selama ini hanya terbiasa minum 2-3 gelas air putih tiap hari. Kalau sudah begini, ya wajar saja gemuk terus. Hehehe.

Kenapa kamu gampang capek dan pegal-pegal? Sebelum menyalahkan tugas kantor yang menumpuk, pastikan dulu kamu sudah minum 8-10 gelas air putih tiap harinya.

Mudah capek

Dehidrasi akan membuat bantalan otot kita mengerut dan mengeras. Pada akhirnya, ini akan membuat tubuh mudah pegal dan linu, apalagi setelah olahraga berat dan mengerjakan tugas kantor semalaman.

Ada banyak alasan kenapa tubuhmu mudah capek dan rasanya ingin pergi ke tempat pijat terus. Salah satunya adalah kekurangan air putih. Nah, daripada penasaran terus kenapa kamu selalu kecapekan, hitung deh berapa gelas air putih yang kamu minum tiap hari. Adakah itu sudah mencukupi?

Kamu sudah sering capek, ngantuk, kesemutan dan pegal-pegal. Sekarang, masih maukah kamu untuk selalu memesan es teh atau es jeruk sewaktu makan?

Jangan pesan ini terus, ya!

Hipwee tahu bahwa makan di warung itu memang lebih enak dengan segelas teh atau minuman jeruk dingin. Sedangkan kalau kamu pergi ke kafe, malu kalau cuma memesan air putih saja. Tapi coba deh untuk sesekali memesan air putih di samping minuman berisa favoritmu. Dengan ini, asupan airmu bisa lebih terjaga. Kamu pun akan bisa mencegah dehidrasi dan segala kondisi tak mengenakkan yang disebabkannya.

Nah, mau makan di mana kamu malam ini? Terus untuk minumnya, kamu mau pesan apa? Jangan es teh dan es jeruk melulu ya. Hehehe:D

sumber

Kategori:revo

ENGKAU BERZINA DENGAN ISTRI TETANGGAMU

zina

Islam adalah agama komprehensif yang mengatur seluruh sendi kehidupan. Islam mengatur interaksi terbaik antara seseorang dengan keluarganya; orang tua, suami, istri, anak, dan anggota keluarga yang lain, juga terhadap tetangga dan masyarakat sekitar.

Tetangga di dalam al-Qur’an disebutkan sebagai al-Jaridzil Qurba (dekat) dan al-Jaridzil Junub (Jauh). Tetangga dekat adalah keluarga yang memiliki hubungan darah, sedangkan tetangga jauh adalah mereka yang tidak memiliki hubungan kekerabatan.

Saking perhatiannya Islam terhadap tetangga, malaikat Jibril senantiasa berwasiat kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam agar berbuat baik kepada tetangga. Karenanya, Rasulullah menyangka bahwa seorang tetangga memiliki hak waris.

Hal lainnya, perintah memperhatikan tetangga terletak pada perhatian dan empati; jangan sampai kita kekenyangan, sementara tetangga kelaparan. Bahkan, saat memasak, Nabi memerintahkan agar kita memperbanyak kuahnya untuk dibagikan kepada tetangga.

Yang lebih luar biasa lagi, melalui sabdanya, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam menggolongkan seseorang yang berlaku zhalim kepada tetangganya sebagai pelaku dosa besar.

‘Abdullah bin Mas’ud bertanya, “Ya Rasulullah, apakah dosa yang paling besar?”

Jawab Nabi, “Engkau menjadikan tandingan bagi Allah Ta’ala, padahal Dialah yang menciptakanmu.”

“Kemudian apalagi?” tanya ‘Abdullah bin Mas’ud kemudian.

“Engkau membunuh anakmu karena takut ia akan makan bersamamu.”

Pungkas ‘Abdullah bin Mas’ud bertanya, “Lalu apalagi?”

“Engkau berzina dengan istri tetanggamu,” tutup Rasulullah sebagaimana diriwayatkan oleh Imam al-Bukhari dan Muslim.

Demikianlah di antara kemuliaan dan kekhususan tetangga sehingga kita harus berbuat baik kepada mereka. Jangan zhalim, berikan yang terbaik, perhatikan, dan dakwahi. Yang paling mudah, doakan agar mereka senantiasa diberikan hidayah dari Allah Ta’ala.

Perbuatan buruk kepada tetangga akan diganjari lebih buruk dari perbuatan serupa yang dilakukan kepada sepuluh orang yang bukan tetangga. Pun terkait zina dan mencuri, misalnya. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad bin hanbal.

“Zinanya seseorang dengan sepuluh wanita lebih ringan baginya daripada berzina dengan istri tetangga. Seseorang yang mencuri di sepuluh rumah lebih ringan baginya daripada mencuri di rumah tetangganya.”

Jika berzina sekali saja dosanya sangat besar, bagaimana dengan zina sepuluh kali? Bagaimana pula dengan dosa yang lebih berat dari zina sepuluh kali?” Semoga Allah Ta’ala melindungi kita dari buruknya godaan setan. Semoga Allah Ta’ala berikan kekuatan kepada kita untuk berbuat baik kepada tetangga. Aamiin. [Pirman]

sumber

Kategori:revo
%d blogger menyukai ini: