Beranda > revo > Inilah Negara-negara Yang Tidak Memiliki Kekuatan Militer

Inilah Negara-negara Yang Tidak Memiliki Kekuatan Militer

Lembaga kemiliteran sangat dibutuhkan oleh suatu negara untuk mempertahankan keamanan dan kedaulatan suatu negeri. Tapi, ada beberapa negara yang tidak memiliki kekuatan militer dan mampu untuk menjaga wilayahnya dari ancaman musuh.

 

Inilah 10 negara yang tidak memiliki kekuatan militer:

1. Andorra

Negara mungil ini terletak di perbatasan Prancis dan Spanyol. Andorra tidak memiliki tentara. Untuk melindungi wilayahnya merekka bergantung kepada Perancis dan membuat sejumlah perjanjian pertahanan dengan negara-negara Eropa.

 

2. Grenada

Untuk menjamin keamanan di wilayahnya, Grenada memiliki anggota polisi yang memiliki kemampuan sama dengan militer.

 

3. Liechtenstein

Luas negara Liechtenstein hanya 160 kilometer persegi, dan terletak di antara Swiss dan Austria. Negara ini memiliki perlengkapan militer, namun tidak pernah digunakan karena tidak ada ancaman. Jika Liechtenstein diserang maka negara Swiss yang akan melindungi mereka.

 

4. Kepulauan Solomon

Kepulauan Solomon yang terletak di kawasan Samudera Pasifik ini hanya memiliki anggota polisi untuk mengamankan wilayahnya.

 

5. Nauru

Nauru yang juga terletak di kawasan Samudera Pasifik sepenuhnya bergantung kepada militer Australia jika terjadi serangan terhadap wilayahnya.

 

6. Vatikan

Vatikan merupakan pusat Katholik sedunia. Negeri ini memiliki pasukan dari Swiss (Swiss Guard) yang sayangnya tidak memiliki peralatan tempur. Jika terjadi serangan militer, maka Italia yang akan melindungi Vatikan.

 

Swiss Guard

Pasukan Swiss Guard yang menjaga wilayah negara Vatikan

 

Negara Vatikan berada di tengah-tengah kota Roma, Italia.

 

7. Tuvalu

Negeri yang terletak di Samudera Pasifik ini termasuk wilayah Persemakmuran Inggris. Tidak ada kekuatan militer di Tuvalu. Mereka berada dibawah perlindungan Angkatan Perang Kerajaan Inggris.

 

8. Samoa

Negeri ini memiliki anggota polisi dalam jumlah sedikit, Samoa pernah menandatangani perjanjian kerjasama dengan Selandia Baru untuk melindungi negerinya dari serangan musuh.

 

9. Palau

Palau adalah negeri di kawasan Samudera Pasifik, negeri ini hanya memiliki polisi sebanyak 30 orang dan satu kapal laut untuk melindungi negaranya. Namun, negeri ini telah bekerja sama dengan Amerika Serikat (AS) jika terjadi serangan. Jadi jangan membuat gara-gara dengan mereka karena bakalan berurusan dengan AS.

 

10. Kepulauan Marshall

Wilayah Kepulauan Marshall yang terletak di Samudera Pasifik. Negeri ini pun bergantung kepada AS untuk mengamankan negerinya.

(Wonderlist)

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan komentar