Beranda > revo > Keindahan Riau yang Patut Kamu Cumbu Saat Menjelajah Tanah Melayu

Keindahan Riau yang Patut Kamu Cumbu Saat Menjelajah Tanah Melayu

Riau, provinsi di Sumatera yang diberkahi sumber daya alam yang kaya. Minyak bumi, gas alam, karet, hingga kelapa sawit tersimpan atau tumbuh di tanah suburnya. Sayangnya, kabut asap akibat pembakaran hutan di sana membuat keindahan dan kekayaan Riau jadi samar. Liburan ke sana jadi kurang nyaman. Padahal, sejumlah destinasi wisata keren telah menanti untuk kamu jamahi di tanah Melayu ini.

Nah, kalau kemarin kamu sudah diajak berkeliling provinsi Sumatera Barat, sekarang ke Riau, yuk. Apa aja sih pesona pariwisata yang dimiliki oleh provinsi ini? Yuk, sibak keindahannya sama-sama!

 

1. Penasaran gimana rasanya berselancar bukan di pantai, tapi di sungai? Taklukkan uniknya ombak Bono di Sungai Kampar

Menunggang ombak Bono di Sungai Kampar

Ada yang unik saat kamu berkunjung ke muara Sungai Kampar, tepatnya di Desa Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan. Pada saat-saat tertentu, biasanya purnama atau bulan mati, kamu bisa menyaksikan fenomena ombak Bono, yaitu ombak besar yang muncul akibat pertemuan arus sungai menuju laut dan arus laut yang masuk ke sungai akibat pasang.

Tinggi ombak Bono ini bisa mencapai 4-6 meter dan menjadi salah satu daya tarik bagi para peselancar. Ya, memang di mana lagi sih kamu bisa menikmati rasanya menaklukkan ombak besar dengan sebilah papan di badan sungai?

 

 

2. Sambangi juga air terjun Aek Martua di Kabupaten Rokan Hulu. Di sini, air terjunnya punya tujuh tingkat!

Air terjun Aek Martua.

Ada keistimewaan tersembunyi di kawasan pegunungan Bukit Barisan yang bernama air terjun Aek Martua. Namanya diambil dari bahasa Mandailing yang berarti “air bertuah”. Air terjun ini bertingkat-tingkat, tapi gak cuma dua atau tiga tingkat, melainkan sampai tujuh tingkat! Makanya, air terjun ini juga sering disebut air terjun Tangga Seribu. Selain itu, air terjun ini juga dikelilingi panorama yang sejuk dan asri. kalau penasaran, sambangi aja air terjun ini di Desa Bangun Purba, Kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Rokan Hulu.

 

 

3. Temukan panorama pantai berpasir putih yang elok di Pulau Jemur, lengkap dengan penyu yang bertelur dan tukik yang merayap menuju laut lepas

Pantai di Pulau Jemur

Masih di Kabupaten Rokan Hulu, ada sebuah pulau yang letaknya 40 mil dari lepas pantai. Namanya Pulau Jemur. Pulau ini adalah bagian dari gugusan Kepulauan Arwah yang terdiri dari sembilan pulau kecil. Yang menarik, pulau ini menjadi tempat bertelurnya penyu hijau.  Kalau beruntung, kamu juga bisa berjumpa dengan penyu yang hendak bertelur atau membantu melepas tukik-tukik ke laut lepas.

 

 

4. Nuansa Buddhisme di Riau bisa kamu rasakan di Kompleks Candi Muara Takus yang terawat apik

Candi Muara Takus

Riau pernah jadi salah satu pusat kegiatan agama Buddha di Sumatera pada abad-abad awal. Ini terbukti dengan peninggalan kebudayaan Buddha berupa situs Candi Muara Takus di Desa Muara Takus, Kabupaten Kampar, Riau. Candi ini adalah bangunan bata terbesar di Sumatera yang ditemukan di tengah pedalaman hutan.

Para arkeolog masih berdebat soal kapan candi tertua di Sumatera ini dibangun. Jangan lewatkan untuk menyambangi Candi Muara Takus yang merupakan peninggalan sejarah berbentuk candi satu-satunya di Sumatera. Untuk sampai ke sini, kamu bisa menempuh perjalanan sejauh kurang lebih 135 kilometer dari Pekanbaru.

 

 

5. Anjungan Seni Idrus Tintin ini gak mirip gedung pertunjukan. Megahnya serupa istana!

Anjungan Seni Indrus TIntin

Kalau kamu mampir ke Pekanbaru, bangunan yang satu ini pasti menarik perhatian. Inilah Anjungan Seni Indrus Tintin, salah satu wonder building yang ada di Pekanbaru. Dengan arsitektur khasnya yang kental dengan budaya Melayu Riau, kamu bakal dibikin terkagum-kagum dengan kemegahannya yang lebih mirip istana daripada sebuah gedung pertunjukan.

Bangunan ini berdiri di kompleks Bandar Serai Jalan Sudirman Kota Pekanbaru, tidak terlalu jauh dari Bandara Sultan Syarif Kasim II. Bangunan ini sebenarnya bukan tempat wisata sih, tapi wujudnya yang ikonik sangat pas buat foto-foto selagi berkeliling kota Pekanbaru.

 

 

6. Rasakan serunya menjelajah salah satu paru-paru dunia di hutan suaka marga satwa Kerumutan

Suaka Margasatwa Kerumutan

Sebuah hutan di Riau menjadi salah satu paru-paru dunia yang penting bagi kehidupan manusia. Inilah Hutan suaka margasatwa Kerumutan yang menjadi rumah bagi beragam jenis flora dan fauna. Di kawasan seluas 1.332.169 ha ini, kamu bisa menjumpai satwa langka harimau Sumatera. Tinggal pula kuntul putihikan arwana, owa, dan buaya sinyulong.

Kamu yang gemar bertualang bisa menikamti penjelajahan di rawa gambut untuk menemukan pemandangan indah dengan itik-titk liar yang berkeliaran. Sementara, jika menyusuri hutan gambut keringnya, kamu bisa menemukan beruang madu, kera ekor panjang, dan burung enggang. Kalau beruntung, kamu mugnkin akan menemukan jejak harimau Sumatera. Sayangnya, di kawasan ini masih terdapat praktek penebangan liar yang meresahkan.

 

 

7. Ingin menyambangi pantai yang gak kalah indah dari Maladewa? Datangi saja Pantai Rupat Utara di Kabupaten Bengkalis

Pantai Rupat Utara

Siapa sangka Riau menyimpan keindahan alam yang luar biasa? Bentangan pasir putih yang luas akan menyambutmu begitu kamu menginjakkan kaki di Pantai Rupat Utara, Pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis ini. Pantai yang menghadap langsung ke Selat Malaka ini begitu alami dan bersih, jelas gak kalah dengan pantai di Maladewa yang terkenal itu.

Untuk mencapai pantai ini, kamu bisa menumpang speedboat dari Pelabuhan Rakyat di Dumai menuju Tanjung Medang selama dua jam. Lalu, kamu bisa naik ojek ke Teluk Rhu selama 30 menit. Pantai yang membentang sejauh 13 km bakal bikin kamu puas mantai.

 

 

8. Kerajaan Melayu Islam meninggalkan jejak cantiknya lewat Istana Siak di Kabupaten Siak

Istana Siak

Kalau kamu tertarik dengan peninggalan sejarah dari Kerajaan Melayu Islam, ada Istana Siak Sri Inderapura yang bisa kamu kunjungi di Kabupaten Siak. Istana ini dulunya adalah tempat tinggal Sultan Siak, pemimpin Kerajaan Siak yang merupakan pecahan dari Kerajaan Melayu.

Bangunan ikonik bergaya arsitektur Melayu-Arab-Eropa ini kini difungsikan sebagai tempat menyimpan benda-benda bersejarah warisan Kerajaan Siak. Kamu bisa melihat-lihat sejumlah koleksi seperti kursi singgasana yang bersepuh emas, duplikat mahkota kerajaan, patung perunggu Ratu Wilhemina, serta alat musik komet yang cuma ada dua di dunia.

 

 

9. Mencari tempat wisata keluarga ala theme park? Riau punya taman bermain terbesar di Sumatera: Riau Fantasi

Riau Fantasi

Orang yang tinggal di Riau dan sekitarnya gak perlu jauh-jauh datang ke Jakarta untuk menikmati serunya bermain di taman rekreasi. Ada Riau Fantasi yang merupakan taman rekreasi terbesar dan terlengkap di Sumatera. Dengan aneka wahana yang sanggup memacu adrenalin, kamu pasti gak akan menghabiskan waktu yang sebentar di sini. Siapin juga pakaian renang karena sejumlah wanaha air menanti kamu di sini.

Riau Fantasi terletak di Jalan Labersa, sekitar 45 menit dari pusat kota Pekanbaru. Cukup merogoh kocek mulai dari 60 ribu , kamu sudah bisa menikmati wahana yang ada sampai puas.

 

 

10. Datanglah ke Riau di bulan Agustus dan saksikan Festival Pacu Jalur di Kuantan Singingi

Festival Pacu Jalur

Festival Pacu Jalur adalah perlombaan perahu dayung tradisional yang diadakan setiap sekitar tanggal 23-26 Agustus. Festival ini sudah menjadi salah satu event nasional untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Partisipan dari seluruh desa di Kuantan Singingi dan sekitarnya berlomba mendayung perahu sepanjang 25-40 meter untuk mencapai garis finish. Selain perlombaan perahu dayung yang menjadi puncak acara, kamu juga akan disuguhkan pertunjukan tari-tarian, lagu daerah, dan sebagainya.

 

Gimana, Riau cukup layak jadi destinasi liburanmu, bukan? Yuk liburan ke Riau!

sumber

  1. 20 Maret 2015 pukul 12:12 pm

    walau disini riau ada minyak, gas, sawit, dan karet… masih banyak rakyat miskin.. pembangunan tidak ada..jlanan banyak yg rusak…

    Suka

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: