Beranda > revo > Kini, Keping CD/DVD yang Sudah Gak Zaman Bisa Kamu Sulap Jadi Barang Sekeren Ini!

Kini, Keping CD/DVD yang Sudah Gak Zaman Bisa Kamu Sulap Jadi Barang Sekeren Ini!

CD? DVD? Udah gak jaman kaleee!

Kemajuan teknologi yang berkembang pesat membuat barang-barang lama mulai tergilas relevansinya. Gak terkecuali dengan kepingan CD atau DVD yang kamu punya. Dulu, saat tahun 2000-an CD/DVD menjadi barang mewah. Rekaman video klip, film, hingga mp3 menjadi koleksi berharga yang bikin kamu bangga. Namun sejak flashdisk, external HD, dan layanan streaming internet hadir, barang-barang ini perlahan usang. Daripada membeli film dalam bentuk CD/DVD, kamu lebih sukadownload atau streaming sendiri. Kamu pun harus bertanya-tanya:

Mau diapakan lagi CD sama DVD ini? Dijual aja pasti udah nggak laku lagi.

Daripada membuangnya ke tempat sampah dan menambah pencemaran lingkungan, gak ada salahnya kamu memanfaatkannya untuk jadi hiasan. Selain ramah terhadap alam, barang sehari-hari yang kamu punya bisa terlihat lebih gaya. Mau tahu bagaimana caranya? Simak ulasan Hipwee berikut ini yuk!

 

1. Daripada hanya disimpan di gudang, bungkus saja CD-mu dengan kain dan jadikan tempat gantungan.

CD/DVD mu dibikin gantungan yang bermanfaat

Kepingan CD/DVD mengandung bahan kimia yang susah diurai di alam. Akibatnya, kepingan-kepingan inipun menjadi pencemar lingkungan. Nah, dari pada tumpukan keping CD/DVD jadulmu makin memperparah keadaan, kamu bisa mengolahnya menjadi barang yang bermanfaat. Salah satu barang yang bisa kamu buat sendiri dari kepingan CD/DVD adalah tempat gantungan perkakas seperti di foto ini.

Bahan yang kamu butuhkan:

  • Kepingan CD/DVD
  • Kain flanel polos dan warna warni
  • Lem (misalnya lem E 600)
  • Gunting

Caranya mudah kok, pertama-tama kamu siapkan  tempelkan kain flanel berwarna polos pada seluruh permukaan kepingan. Setelah kering, kamu tempelkan lagi kain flanel bermotif setengah lingkaran dengan memberi lem pada bagian pinggir saja. Agar lebih cantik, kamu bisa hias dengan renda. Nah, agar tempat perkakasmu bisa berjajar indah di tembok, kamu sambung antar kepingan dengan menggunakan kain flanel yang cukup tebal. Dengan cara ini, selain kamu bisa membantu menyelamatkan lingkungan, barang-barangmu juga menjadi lebih rapi.

 

 

2. Hanya dengan tambahan klip buku, CD bekas bisa mempercantik jendela kamarmu.

Kepingan menjadi tirai jendela kamar

Daripada keeping CD/DVD-mu hanya tergeletak begitu saja, sekarang kamu bisa memanfaatkannya menjadi tirai jendela. Caranya mudah kok, pertama- tama kamu beri lubang pada bagian pinggir kepingan menggunakan alat pengebor kayu. Lalu kaitkan antar lubang yang kamu buat dengan menggunakan klip buku yang berukuran besar. Lalu rangkai hingga menjadi panjang seperti tirai, misalnya terdiri dari 8-10 kepingan. Nah, setelah itu kamu pasang rangkaian ini dengan tali yang diiikat dibagian tengan.

Mudah ‘kan? Kamu tak perlu mengeluarkan banyak uang untuk tirai gemerlap warna-warni untuk mempercantik kamarmu saat ini. Karena hasil kreasimu sendiri sudah bisa membuatmu betah di kamar.

 

 

3. Tak perlu bayar mahal untuk mendapatkan jam dinding yang unik, karena CD/ DVD jadulmu bisa menjadi kamu kreasikan sendiri.

kepingan CD menjadi jam dinding

Mau punya jam dinding yang unik tapi kondisi kantong sedang kering? Tanpa harus sedih, sekarang kamu bisa manfaatkan CD/DVD bekas yang berisi lagu-lagu jadul. Caranya mudah kok. Pertama-tama, jiplak ukuran CD pada kertas kado dengan pola yang kamu suka. Lalu, tempelkan kertas tersebut pada permukaan CD dengan menggunakan lem adhesif yang kuat (misalnya, UHU atau castol). Setelah itu kamu gunting kertas berwarna dan angka 3, 6, 9, 12 sebagai indikator jam. Kemudian barulah kamu pasang mesin jam melalui lubang bagian tengah kepingan. Simsalabim, sekarang jam unik satu-satunya di bumi bisa kamu miliki!

 

 

4. Simpan kenanganmu dengan pigura pecahan CD/DVD yang kerlap-kerlip. Dijamin fotomu akan terlihat lebih menarik. 

Figura foto dari kepingan CD

Kepingan CD/DVD boleh jadi sudah tergantikan oleh flashdisk, tapi pigura tak akan tergantikan fungsinya dalam memajang fotomu yang menawan. Alih-alih kamu beli pigura yang mahal agar fotomu tampak lebih indah, sekarang kamu bisa manfaatkan kepingan CD/ DVD bekas untuk memajangnya. Caranya mudah kok, pertama-tama kamu pola dasar pigura dari karton. Caranya bisa kamu ikuti di sini. Lalu kamu potong CD/DVD menjadi kepingan kecil-kecil menggunakan gunting. Agar lebih mudah saat dipotong, kamu bisa bengkokkan berkali-kali secara manual ya. Setelah itu, pasang lem kayu pada pinggiran pigura dan tempelkan potongan CD/DVD dengan rapi.

Nah, agar piguramu menjadi lebih cantik, kamu bisa gunakan cat kain atau cat lukis berwarna hitam di sela-sela kepingan. Tunggu hingga kering dan jadi deh. Figura kerlap-kerlip siap untuk menyimpak fotomu yang paling menarik.

 

 

5. Hanya dengan hiasan CD/DVD pada kerah kemeja, penampilanmu bisa makin eye-catching dan gaya. 

Kepingan CD bisa membuat pakaian menjadi lebih apik

Tampil gaya bukan berarti harus mahal, karena sekarang kamu bisa menggunakan kepingan CD/DVD untuk membuat baju makin terlihat “wah”. Penasaran? Caranya gampang kok. Pertama-tama cuci kepingan dalam air mendidih selama 2 menit agar tempelan kertas label dan tulisan lebih mudah menghilang. Setelah itu, bengkokkan keping CD/DVD berulang-ulang. Kemudian gunting keping CD ini menjadi kepingan-kepingan yang lebih kecil. Tempelkan sesuai pola pada kerah baju dengan menggunakan lem sepatu. Pastikan kepingan yang warna warni berada dibagian atas ya. Tunggu hingga kering, dan voila! Baru kemejamu bisa terlihat makin gaya.

 

 

6. Mempercantik suasana meja makan tak harus dengan bunga. Buat saja alas gelas dari kepingan CD/DVD lama.

Kepingan CD/DVD bekas bisa menjadi alas gelas

CD/DVD jadul yang sudah menumpuk seringkali membuatmu bingung. Tapi, sekarang kamu bisa memanfaatkan mereka untuk mempercantik hidangan di meja makan.

Caranya cukup praktis kok. Pertama-tama, bersihkan kertas label yang menempel pada CD. Setelah itu, tempelkan kain flanel polos berdiameter lebih kecil pada bagian tengah kepingan yang warna-warni. Lalu jiplak kepingan CD pada kain bermotif floral warna cerah, dan tempelkan menggunakan lem yang kuat seperti lem kayu atau lem keramik. Agar kepingan CD tidak mudah berpindah saat ditaruh di meja, kamu bisa menjahit sisi-sisinya dengan kain berwarna putih. Nah, jadi deh. Dengan alas seperti ini, dijamin orang lain pasti juga akan lebih semangat untuk mencicipi minuman yang kamu suguhkan.

 

 

7. Agar semangat belajarmu makin membara, sekarang saatnya membuat tempat pensil yang meriah. 

Kepingan CD menjadi hiasan tempat pensil

Kaleng bekas cat bisa jadi wadah pensil yang meriah dengan kepingan CD yang kamu tempelkan bagai mozaik. Caranya gak ribet kok, pertama-tama kamu cuci kaleng, gelas atau wadah plastik yang akan kamu gunakan untuk tempat pensil. Lalu potong kepingan CD/DVD dengan penggunakan gunting menjadi bagian yang kecil-kecil. Kemudian tempelkan kepingan CD/ DVD hingga merata pada permukaan kaleng menggunakan lem lilin. Lalu, diamkan hingga kering.

Agar tempat pensilmu terlihat lebih cantik, kamu bisa gunakan plamir untuk mengisi sela-sela permukaan yang kosong. Lalu, bersihkan dengan kain agar plamir tak menutupi bagian mengkilap kepingan CD. Dan, jadi deh!

Mudah ‘kan? Dengan tempat pensil meriah seperti ini kamu pasti menjadi lebih bersemangat untuk belajar.

 

 

8. Bosan dengan sepatu polosmu? Ramaikan saja dengan kepingan CD/DVD yang warna-warni.

Kepingan CD menjadi penghias sepatu

Kamu bosan dengan sepatu polos? Atau kamu punya sepatu lama yang jarang digunakan? Sekarang saatnya kamu modifikasi dengan sedikit sentuhan kepingan CD/DVD yang warna-warni.

Caranya sederhana. Pertama-tama kamu bersihkan kepingan CD/DVD dengan merendamnya pada air mendidih. Lalu gunting menjadi bagian kecil. Sebelum menempelkannya, kamu bersihkan lebih dulu bagian sepatu yang akan kamu hias. Nah, agar lebih rapi, kamu tempelkan kepingan CD dengan menggunakan pinset dan lem sepatu biar kuat. Dan biarkan beberapa lama agar kering sempurna. Sepatu modifikasimu jadi deh. Dengan cara ini, dijamin sepatumu bisa lebih keren tanpa harus mengeluarkan banyak uang.

 

 

9.Tanpa perlu susah payah, kalung unik kerlap-kerlip bisa kamu buat sendiri dengan mudah

Kalung yang terbuat dari CD

Sebagai pemuda yang pernah hidup di masa tahun 90-an, pasti kamu punya koleksi kepingan CD/DVD yang berisi lagu-lagu terbaru pada jaman itu. Nah, daripada memenuhi gudang atau menjadi sampah di lingkungan, sekarang kamu bisa memotongnya menjadi kalung yang tiada duanya. Cara dan alat yang dibutuhkan gak ribet kok. Pertama-tama kamu buat pola dasar kalung -misalnya setengah lingkaran- menggunakan kain flanel. Lalu potong CD/DVD menggunakan gunting menjadi kepingan-kepingan kecil. Setelah itu, tempelkan pada kain flanel menggunakan pinset dan lem. Kemudian kamu buat lubang pada bagian ujung dan pasangi rantai kalung yang dibeli di toko aksesoris. Nah, jadi deh! Gampang ‘kan? Tanpa perlu bahan yang banyak dan cara yang rumit, kepinga CD/DVD bisa mempercantik dandananmu hari ini.

 

 

Kepingan CD/DVD adalah barang  yang cukup mencemari lingkungan karena kandungan bahan kimianya yang susah diurai di lingkungan. Maka, sikap yang lebih tepat adalah memanfaatkannya menjadi barang yang bermanfaat. Tanpa perlu tenaga dan modal yang banyak, barang jadul ini justru bisa memperindah suasana dan barang-barangmu dengan 9 cara ini. Nah, berani mencoba?

Selamat berkarya!

sumber

Kategori:revo Tag:, , , ,
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: