Beranda > revo > Dengan 9 Tips KPR Ini, Punya Rumah di Usia 30-an Bukan Lagi Mimpi

Dengan 9 Tips KPR Ini, Punya Rumah di Usia 30-an Bukan Lagi Mimpi

Punya rumah sebelum usia 30-an? Mimpi!

Bisa tinggal di rumah milik sendiri adalah salah satu tanda kamu bisa hidup mandiri. Namun semakin hari, semakin mahal pula harga properti. Padahal semakin lama kita menunggu, semakin tak terjangkaulah harga properti yang kita bidik.

Karena itu baik sekali jika kita sudah mulai berusaha membeli properti dari sekarang. Lagipula, punya rumah di usia muda bukan lagi hal yang mustahil, karena kamu bisa mewujudkan dengan mendaftar Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) yang ditawarkan oleh bank. Pendeknya, kamu akan mendapatkan rumah idaman lebih cepat dengan bantuan dana dari bank, lalu akan membayar cicilan ke bank dalam jumlah waktu tertentu. Nah, mau tahu selengkapnya tentang sistem KPR ini? Berikut iniHipwee  berikan penjelasannya.

 

1. Bank-bank di Indonesia berkompetisi untuk memperebutkan nasabah. Mereka pun berlomba membuat “paket” sistem KPR yang menarik. Temukan sistem kredit yang paling pas buatmu.

Kamu jangan malas survey berbagai bank

KPR adalah sistem kredit yang diberikan oleh bank untuk kamu yang ingin punya rumah. Jadi, kamu tak perlu menunggu tabunganmu beratus-ratus juta rupiah, pihak bank akan meminjamkan uang untuk melunasi pembayaran rumah sebelum uangmu benar-benar ada. Tak hanya rumah, mereka juga bisa menjaminkan apartemen untukmu. Sistem cicilan ini berbeda-beda setiap bank, dari mulai bunga cicilan hingga bentuk perjanjian juganya. Nah, jika kamu menginginkan sistem yang menguntungkan, maka kamu wajib rajin survey beberapa bank yang menyediakan fasilitas ini. Tak perlu malu, kamu bisa menggali informasi tentang KPR padacostumer service.

 

 

2. Agar tidak lebih pasak daripada tiang, carilah rumah idaman dengan harga yang benar-benar memungkinkan kamu cicil setiap bulan.

Kamu cari rumah yang memungkinkan untuk dicicil

Tak dapat dipungkiri, punya rumah mewah memang idaman setiap orang. Sebelum mendaftar KPR, kamu disarankan punya sasaran rumah mana yang ingin kamu miliki. Namun, kamu juga harus lebih realistis melihat keadaan. Agar mimpimu jadi kenyataan dan bisa mendapatkan persetujuan dari bank, maka kamu bisa memilih rumah dengan harga yang terjangkau dengan cicilan setiap bulan.

Misalnya gajimu 10 juta, maka kamu bisa membeli rumah harga 300 juta, dengan cicilan 2,8 juta perbulan selama 10 tahun. Nah, jika kamu ingin bank percaya dengan kredit yang kamu minta, maka pastikan cicilan harga rumah tak melebihi dari gajimu sekarang ya. Ini adalah cara yang aman dan memastikan bahwa hidupmu juga akan berjalan baik-baik saja.

 

 

3. Seperti halnya sistem kredit pada umumnya, kamu diharuskan punya uang 30% dari harga rumah sebagai uang muka.

Syarat KPR kamu perlu punya uang cash 30% dari harga rumah

Sama halnya sistem kredit pada umumnya, sistem KPR mengharuskanmu untuk membayar uang muka. Kebanyakan bank akan mensyaratkan 30% dari harga rumah yang kamu inginkan. Nah, jika kamu menginginkan rumah dengan harga 300 juta rupiah, maka kamu harus sudah punya uang 90 juta rupiah. Lalu 70% sisanya kamu cicil perbulan sesuai perjanjian. Mungkin kamu akan melunasinya selama 5  tahun, 10 tahun, atau 15 tahun sesuai kesanggupanmu. Agar mimpi punya rumah segera menjadi kenyataan, pastikan kamu mulai nabung dari sekarang ya untuk membayar uang muka.

 

 

4. Setiap bank menawarkan persyaratan yang berbeda-beda, tergantung pekerjaanmu sekarang. Jadi pastikan kamu menyiapkan dokumen dari sekarang.

Syarat-syarat KPR

Sistem KPR adalah kredit yang memakan waktu tak sebentar dan bernominal besar, jadi administrasi dan persyaratannya juga harus jelas dan detail. Gak jarang kamu dituntut punya jaminan anggota keluarga yang produktif (belum pensiun) hingga waktu pelunasan nanti. Selain itu setiap bank juga mensyaratkan hal-hal yang berbeda berdasarkan jenis pekerjaan. Mungkin kamu berprofesi sebagai wiraswastawan, maka kamu diwajibkan punya laporan dan surat izin usaha. Mungkin kamu seorang pegawai negeri, maka kamu wajib bisa melunasi sebelum kamu pensiun nanti. Mungkin kamu seorang dokter yang mendirikan klinik, maka kamu wajib menyetor dokumen izin praktik.

Nah, agar proses pengajuan KPRmu tidak terhambat, pastikan kamu paham semua persyaratan ya. Selain kamu juga bisa mempersiapkan berkas jauh-jauh hari sebelumnya.

 

 

5. Agar kondisi keuanganmu tetap stabil, pastikan nomilan cicilan KPR tak lebih dari 20% penghasilan bulananmu.

Pastikan cicilan KPRmu tak lebih dari 20% penghasilanmu

Bisa mendapatkan KPR memang menguntungkan, tapi pastikan kamu tak lengah untuk memikirkan kebutuhan hidup lainnya. Tentu saja kamu butuh uang untuk memenuhi kebutuhan makan, sandang, dan kendaraan. Atau bahkan kamu masih mencicil barang lain selain rumah. Maka disarankan kamu mengambil cicilan KPR yang tak lebih dari 20% penghasilanmu saat ini. Mungkin gajimu sekarang adalah 7 juta rupiah, maka belilah rumah yang bisa dicicil dengan harga tak lebih dari 2 juta rupiah perbulan.

Hal ini harus kamu patuhi agar keuanganmu tak limbung di tengah jalan. Gak mau ‘kan kamu mendapatkan sangsi dari bank karena tak sanggup membayar cicilan?

 

 

6. Dalam KPR, uang yang kamu bayarkan bukan hanya untuk mencicil rumah. Masih ada juga biaya notaris, provisi, dan administrasi lainnya. Diskusikan detil ini dengan pihak bank agar kamu tak dirugikan.

Kamu sudah paham semua prosedurnya?

Karena nilai KPR tidak kecil, sistem yang diterapkan oleh bank pun tak sederhana. Bukan hanya mengisi formulir, lalu mendapatkan persetujuan dan mencicilnya (harga rumah) perbulan. Gak jarang kamu akan berurusan dengan hal-hal prosedural terkait hukum kepemilikan rumah idaman. Jadi, kamu juga harus membayar notaris, provisi, dan administrasi lain. Biaya provisi (adminstrasi bank) biasanya dikenakan sekali pada awal cicilan, dan biaya notaris untuk memastikan kreditmu sehat dan tak macet ditengah jalan. Presentase dan jumlah nominal uang berbeda-beda tergantung jenis bank.

Jadi, pastikan kamu paham betul akan hal ini ya. Jangan kaget dan kecewa di tengah jalan karena biaya membengkak. Karena toh, ini juga demi keamanan kreditmu juga.

 

 

7. Terkait suku bunga dan sistem penalti juga perlu kamu perhatikan agar kamu tak salah memilih bank.

Pastikan suku bungan kamu sudah paham ya

Selain biaya administrasi dan keamanan, pastikan kamu juga paham tentang suku bunga dan penalti yang digunakan oleh bank pilihanmu. Agar masa depanmu tetap cerah dan rumah impian bisa kamu dapatkan pastikan kamu bagaimana sistemnya. Apakah ada kemungkinan suku bunga akan naik setelah 3 tahun cicilan? Kira-kira berapa persen? Nah, jika kamu harus paham dan tahu semua sistem ini, jadi kamu bisa lebih mantap untuk sepakat.

Selain itu, sistem penalti juga harus kamu perhatikan. Bagaimana bank saat kamu mendapatkan rejeki tak terduga dan bisa melunasinya segera? Nah, agar jika ternyata kamu malah disuruh membayar biaya penalti (biaya tambahan karena tidak sesuai kesepakatan)  yang cukup besar, maka gak ada salahnya kamu coba pikir ulang.

 

 

8. Jika kamu sudah menyanggupi semua persyaratan, maka bank akan membuatmu bisa hidup nyaman di rumah impian.

Kamu bisa punya rumah dengan KPR

Nah, jika semua persyaratan dan kesepakatan sudah mantap, maka bank akan membayarkan sejumlah uang pada pemilik rumah yang kamu idamkan. Prosedur hukum dan surat-surat kepemilikan juga lebih jelas dan beres seketika. Kunci pintu dan gerbang rumah akan kamu dapatkan sekarang. Jadi, kamu bisa bebas melakukan apa saja pada rumahmu sekarang. Karena terkadang KPR juga memberikan layanan renovasi pada rumahmu.

Namun,  perlu kamu tahu bahwa rumah yang sudah menjadi milikmu sekarang juga menjadi jaminan KPRmu lho.

 

 

9. Agar rumah bisa jadi milikmu sepenuhnya, pastikan kamu bayar cicilan tepat pada waktunya.

Kamu bisa hidup bahagia di rumah baru dengan cicilan KPR

Punya rumah sendiri memang membahagiakan. Agar bahagiamu makin lengkap, gak ada salahnya kamu mulai berhemat dan rajin membayar cicilan. Jadi surat rumah akan terbebas dari penangguhan. Tak ada salahnya punya rumah dengan kredit, yang terpenting kamu tanggung jawab pada perjanjian. Toh apakah kamu mau menunggu punya uang segunung? Gak jarang keburu harga tanah makin mahal dan harga properti makin melambung.

 

Punya rumah sebelum 30-an sekarang bukan hal yang mustahil lagi, karena kamu bisa memanfaatkan penawaran dari bank ini. Selain surat-surat kepemilikan rumah akan aman dan jelas, kamu juga semangat menghemat hingga cicilan lunas.

 

Semoga sukses ya.

sumber

Kategori:revo Tag:, , , ,
  1. 13 Maret 2015 pukul 6:23 am

    pas abis beli rumah,, pastikan langsung ditempati,, jangan biarkan orang lain yang ngisi…😀

    http://mansarpost.com/2015/03/13/pilih-mana-mx-king-150-atau-jupiter-mx-150-tanpa-king-selisih-500ribu-brosist/

    Suka

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: