Arsip

Archive for 4 Januari 2015

12 Hal yang Menjadikan Posisi Ibu di Hati Anaknya Tak Tergantikan

Sebagaimana hubungan antarmanusia yang lainnya, hubunganmu dengan ibu tidak selamanya akur. Selisih pendapat hingga pertengkaran hebat dapat merenggangkan ikatan yang tadinya terjalin erat. Bahkan mungkin kamu pernah merasa harus menjauh, atau menjaga jarak dengan ibumu untuk waktu yang lama.

Ketika bertengkar, kalian bisa saja saling membentak mempertahankan pendapat dan beradu argumen dengan sengit. Di level yang lebih serius, aksi saling diam pun tak terelakkan. Ajaibnya, sehebat apapun pertengkaran ini, pada akhirnya toh kalian tetap saling memaafkan dan merindukan.

Kamu dan ibumu memiliki koneksi yang tidak akan pernah bisa diputus. Dalam hati mungkin kamu bertanya:”Kenapa bisa, ya?” Semoga, penjabaran dalam artikel ini bisa memberikan jawaban yang memuaskan untukmu.

 

1. Ibu dan Anak Tak Hanya “Diikat” Oleh Proses Kehamilan dan Melahirkan. Fase Menyusui Pun Membentuk Kedekatan Emosional di Antara Kalian.

Proses menyusui menimbulkan kedekatan anak dan ibu

Tentu ada penjelasan kenapa ibu dan anak memiliki ikatan yang sangat kuat. Proses kehamilan di mana bayi berada di rahim sang ibu selama 9 bulan, ditambah fase melahirkan, adalah salah satu jawabannya. Tak hanya itu, ikatan ini semakin direkatkan saat si ibu menyusui bayinya. Proses menyusui tersebut menimbulkan terjadinya kontak fisik antara ibu dan anak yang intens dimana hal ini menimbulkan rasa sayang. Selain itu, kontak mata juga bisa menambah perasaan kedekatan antara ibu dan anak. Maka tidak mengherankan jika sampai besar pun kalian tidak akan bisa lepas dari sosok seorang ibu.

 

 

2. Mungkin Ia Tak Selalu Ada Saat Kamu Sudah Dewasa. Tapi di Hari-Hari yang Kini Tak Bisa Kamu Ingat Lagi, Ia Tak Pernah Absen Menemanimu.

Tak pernah ada kata istirahat untuk seorang ibu

Sekalipun mungkin ibumu adalah perempuan karir yang sibuk dengan pekerjaannya, ketiadaan fisiknya tak lantas menghapus perannya untuk memeliharamu. Dia bisa saja tidak memasak langsung untuk anaknya, tidak mengantar ke sekolah, atau menyambut di pintu selepas pulang belajar. Namun, di hari-hari yang sekarang tak lagi kamu ingat, dengan sangat intens dia akan terus mengawasimu. Mengecek menu makan siangmu dengan menelepon asisten rumah tangga kala ia bekerja di kantor, menemani kamu mengerjakan PR di malam hari setelah seharian bekerja, atau kerepotan menyiapkan bekal ke sekolah adalah caranya untuk memelihara anugerah terindah dari Tuhan untuknya: kamu.

 

 

3. Saat Masih Bayi, Kamu Perlu Minum Susu 2-3 Jam Sekali. Ibumu Rela Memangkas Waktu Tidurnya Agar Kamu Tak Kelaparan

Aku sedang belajar menerima Mama

Coba tanyakan pada ibumu, dulu selagi kamu masih bayi, berapa jam sekali ibumu harus memberi susu? Rata-rata tiap bayi akan minum susu 2-3 jam sekali. Begitu juga saat malam hari datang. Sosok ibu rela memangkas habis waktu tidurnya demi menjagamu kenyang sepanjang malam. Dia melindungi anaknya dari rasa lapar dengan cara stand by memberi susu setiap kamu membutuhkannya. Karena sudah begitu tergantung dengannya sejak masih bayi, saat sudah besar pun kamu tidak akan bisa lepas dari perannya sebagai ibu!

 

 

4. Di Masa Awal Kelahiran Anaknya, Banyak Ibu yang Rela Mundur dari Pekerjaannya Untuk Memberikan Perhatian Pada Buah Hatinya

Meninggalkan karir yang dirintis demi kamu

Karena harus minum susu setiap 2-3 jam sekali sepanjang hari, banyak ibu akan khawatir tidak bisa memenuhi kewajibannya jika tetap bekerja. Maka tidak mengherankan jika banyak ibu merelakan kehilangan kesempatan terbaik untuk mengembangkan diri dalam karir guna merawat anaknya. Padahal mungkin di usia muda tersebutlah masa-masa emas untuk menjadi yang terhebat di pekerjaan bisa dilakukan. Namun semua ambisi itu dikuburnya dalam-dalam demi merawat kamu. Ketulusan inilah yang menjadi magnet perekat hubunganmu dengannya.

 

 

5. Uang yang Terbatas Membuatnya Harus Membuat Prioritas, dan Prioritas Baginya Adalah Kamu

Prioritasnya adalah kamu dalam segala hal termasuk pengeluaran

Saat memiliki anak, semua ego orangtua secara otomatis terkikis. Bagi yang dulunya hobi belanja akan meredam hobi tersebut demi membeli susu kalengmu yang tidak murah. Buat yang hobi traveling rela menekan keinginan bepergian agar semua kebutuhan bisa dipenuhi. Ketika kamu beranjak sekolah, kebutuhan pun kian tinggi. Gajinya akan dihabiskan untuk membayar uang sekolah, les, asuransi, dan sederet kebutuhan lainnya.Ibu sebagai bendahara rumah tangga akan lebih dulu membayar semua kebutuhanmu daripada kebutuhan lainnya. Sikapnya yang selalu mengutamakanmu inilah yang membuat peran ibu sebagai penolong bagi anaknya sulit tergantikan.

 

 

6. Ketika Masa Remaja Datang, Ibu Bisa Jadi Musuh Besarmu Karena Aturannya yang Mengekang. Namun, Semua Hal Itu Dilakukannya Karena Ia Terbiasa Melindungi

Rela dimusuhi oleh anaknya

Masa remaja adalah masa peralihan dari anak-anak menuju ke dewasa. Di masa ini kamu mulai merasa jatuh cinta, ingin mencoba segalanya, bergaul dengan semua orang yang terkadang bisa jadi bukanlah orang yang memberikan pengaruh baik. Ibumu yang sudah lebih berpengalaman akan membuat berbagai aturan agar kamu tidak salah jalan.

Namun karena masa remaja adalah masa yang penuh dengan rasa penasaran, kamu pun tak segan melawan. Kamu seringkali harus terlibat pertengkaran dengannya dan merasa bahwa dia adalah pihak yang sulit mengerti. Akan tetapi lambat laun kamu mulai mengerti arti kemarahannya adalah karena dia begitu takut kamu melakukan hal yang negatif. Dia merelakan dirinya dimusuhi anaknya sendiri agar kamu selalu berada pada jalur yang tepat. Caranya melindungi kamu dengan sepenuh hati tersebutlah yang tanpa disadari begitu membuat kamu begitu dekat dengan dirinya.

 

 

7. Seorang Manusia Mendengar dengan Telinga, Namun Ibu Juga Mendengar Dengan Telinga. Karena Itu, Ibu Memahamimu.

Pendengar terbaik adalah ibu

Mungkin saat dia mengomel seharian karena kamarmu yang berantakan atau nilai yang menurun, dia adalah sosok yang paling menyebalkan. Belum lagi jika ia dengan terang-terangan mengkritik kekasihmu yang menurutnya “Gak jelas”. Predikat sebagai Big Enemy melekat kuat pada dirinya. Tapi di sisi lain dirinya adalah sosok yang selalu sensitif dengan semua perasaanmu. Jika kamu habis putus dengan kekasihmu (yang ternyata tidak baik dan sudah kamu bela habis-habisan) dia dengan setia mendengar semua cerita drama percintaanmu.

Kamu bisa menggunakan telinganya untuk menumpahkan perasaan ketika merasa tak ada seorang pun yang mau mendengar curhatanmu yang membosankan. Dengan kedalaman cintanya ia juga akan memberi penghiburan yang menenangkan dan solusi yang membantu. Ibu adalah sahabat terbaik untuk setiap anak-anaknya. Sekarang pertanyaan Hipwee, adakah seseorang yang bisa lepas begitu saja dari sahabatnya?

 

 

8. Mulai Dari Mengajari Bicara Sampai Menuntunmu Memulai Rumah Tangga, Dia Adalah Guru Sepanjang Hidupmu

Guru terbaik sepanjang masa

Jangan pernah berpikir bahwa mengajari seorang anak berbicara adalah hal yang mudah. Orangtua setiap harinya secara konsisten mengajarkan hal tersebut sampai kamu pandai menyusun kata. Tidak hanya itu, memberikan pendidikan akhlak dan mencontohkan pada anaknya adalah pekerjaan sepanjang usia setiap orangtua. Bahkan ketika tiba waktunya kamu menikah, segenap petuah tak pernah bosan keluar dari mulutnya. Karena bimbingannya yang terus menerus tersebutlah, ibu menjadi guru seumur hidupmu.

 

 

9. Jika Kamu Melakukan Kesalahan Ribuan Kali, Seorang Ibu Telah Menyiapkan Jutaan Maaf Untuk Menerimamu Kembali

Ibu tak pernah bosan memberi maaf

Dalam hidup, tak jarang masing-masing dari kita memiliki musuh abadi. Baik itu karena kesalahannya atau karena kesalahan kita. Tidak saling memaafkan adalah sebuah keputusan yang telah dibuat. Kesalahan yang  terlalu dalam seolah menjadi alasan untuk menutup pintu maaf.

Namun hal tersebut tidak berlaku bagi hubungan ibu dan anak. Baginya tak ada kata maaf terakhir. Sekalipun kamu berbuat salah yang sama berulang kali, ibu tak pernah bosan memaafkan anaknya. Kesalahan tak cukup menghapus kasihnya yang begitu besar.

 

 

10. Jangan Kesal Kalau Ia Selalu Rewel dan Cerewet. Energinya Memang Tak Pernah Bisa Habis Untuk Mendukungmu dalam Setiap Fase Hidupmu.

Pendukung setiamu dalam segala hal

Tak ada anak yang boleh gagal bagi seorang ibu

Kasih sayangnya membuat keinginan untuk mengantar buah hatinya pada keberhasilan begitu kuat bahkan ketika anak itu sendiri tidak perduli. Ketika nilaimu jelek, gagal dalam ujian, ditolak melamar pekerjaan dia akan mati-matian membantu. Tidak hanya mencerewetimu untuk lebih giat tapi dia juga rela bergadang menemanimu belajar. Dalam doanya dia juga tak pernah absen menyebut nama anak-anaknya. Dia selalu ingin ada dalam setiap fase kehidupanmu, untuk membantu jikalau kesulitan menghadang.

 

 

11. Ia Tahu Dirinya Berpengaruh Besar Pada Dirimu. Tak Heran, Ia Selalu Berusaha Menjadi Teladan.

seks bukan hal yang tabu

Anak adalah peniru ulung dan seorang ibu menyadari itu. Tidak mengherankan jika ia selalu memberikan contoh yang terbaik untuk anaknya. Ketika masih kecil, ia akan mengajarimu etika makan yang baik sembari mencontohkan secara langsung. Mendidikmu untuk menghormati orang yang lebih tua dengan cara:

Ayo salam ke Pakde sama Budenya, Kak… (Sembari ikut menyalam supaya kamu mengikuti)

Tidak hanya itu, ketika ibumu berkata:

Makan sayur dong Dek, biar sehat… (Dia akan menyendok sayur ke piringmu dan piringnya)

Semua itu dilakukannya agar kamu sebagai anak mengikutinya. Dia tahu bahwa dirinya adalah role model yang harus mencontohkan tindakan nyata supaya kamu menurut.

 

 

12. Siapapun Kamu, dan Apapun Cerita Hidupmu, Kamu Selalu Punya Pendukung Garis Keras: Dia yang Kamu Panggil “Ibu…”

Arisan tempat ibu-ibu membanggakan anaknya

Apa yang akan kamu lakukan ketika mendukung tokoh idolamu?

Tentunya adalah membela atau membanggakan idolamu tersebut. Begitu pula ketika seorang ibu sedang kumpul dengan ibu-ibu lainnya, dia akan dengan sangat bangga mempromosikanmu sebagai anak yang pantas dibanggakan.

“Si kakak sekarang sudah keterima di UG* loh, pintar kayak papanya.”

“Kalau adiknya si Mas sudah pintar ngaji, jarang minta uang.” (Meskipun gak ada hubungannya tetap diomongin)

Pokoknya semua hal positif yang berhubungan denganmu akan jadi topik pembicaraannya! Kurang garis keras apa, coba?:)

 

Hubungan antara ibu dan anak adalah hubungan yang tak pernah habis dimakan zaman. Dia tidak hanya melahirkanmu ke dunia tapi juga memberi hidup serta merawatmu dengan cara terbaik. Sekarang, masihkah kamu penasaran kenapa ikatanmu dengan ibumu tak akan bisa dipatahkan?

sumber

Jika Ingin Melangsingkan Badan, Jus-Jus yang Segar Ini Bisa Membantumu!

Dewasa ini banyak orang berlomba-lomba untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal atau langsing. Pria atau wanita, banyak dari mereka yang kemudian melakukan diet ketat dan olahraga keras demi mendapatkan tubuh yang langsing dan sempurna. Semakin singkat mendapatkan bentuk tubuh yang diinginkan, rasanya semakin bangga.

Tapi bukankah mendapatkan tubuh yang ideal itu tak hanya soal cepat-tidaknya? Kita juga harus memerhatikan gizi dan nutrisi yang kita masukkan ke tubuh selama diet. Jangan sampai karena begitu ingin tercapainya tubuh langsing, kamu mengabaikan fakta bahwa tubuh yang sehat jauh lebih penting.

Sekarang pertanyaannya, gimana sih cara menjaga asupan makanan supaya gizi berimbang, tetap bisa dinikmati, namun nggak bikin gendut? Nah, salah satu alternatif jawabannya adalah mencoba resep-resep jus di bawah ini. Percaya, tercapainya tubuh sempurna nggak harus mengorbankan kesehatan raga!

jus buah dan sayur

Jus atau yang biasa disebut dengan sari buah merupakan cairan alami yang diambil dari buah-buahan atau sayur segar. Minuman ini sangat berkhasiat dan kaya akan vitamin, karena vitamin yang terkandung di buah benar-benar langsung dikonsumsi tubuh tanpa melalui sulingan atau penambahan zat kimiawi buatan. Membuatnya pun cukup mudah karena hanya membutuhkan buah/sayur segar, air, dan es batu. Kamu pasti memiliki blender atau juicer di rumah, bukan? :’)

Nah, walaupun hampir semua buah atau sayur bisa dijadikan jus, sebenarnya ada beberapa macam perpaduan buah dan sayur yang bila diolah menjadi satu akan memiliki khasiat untuk melangsingkan badan. Apa sajakah itu?

 

1. Jus apel, daun kale, plus jahe: perpaduan asam dan segar yang akan membakar banyak kalori di tubuhmu.

jus hijau untuk menolak lemak

Nggak usah bete karena tampangnya dulu deh — mungkin ini adalah pepatah yang tepat ditujukan padamu ketika pertama kali melihat penampilan dari jus ini. Walaupun penampilan dari jus hijau ini agak kurang menarik (baca : buruk rupa), khasiatnya untuk membakar kalorimu tidak perlu diragukan lagi. Rasanya pun tidak pahit karena ada beberapa kombinasi buah yang akan membuat jus ini berasa asam dan segar.

Untuk membuat jus hijau ini, kamu butuh mempersiapkan :
• 2 buah apel berukuran sedang
• 4 batang seledri
• 1 buah mentimun
• 1 ruas jahe
• 6 lembar daun kale (bisa dibeli di supermarket besar)
• Setengah buah jeruk lemon

Daun kale yang terkandung di dalam jus ini memiliki 0 gram lemak, 36 kalori, dan 5 gram serat. Sangat bagus untuk pencernaan karena kandungan seratnya yang tinggi. Daun kale juga memiliki kadar vitamin A, C, dan K yang tinggi demi pemenuhan vitamin dalam tubuhmu. Mungkin kamu juga bertanya-tanya, apa sih manfaatnya rempah-rempah jahe demi penurunan berat badan? Buat kamu yang belum tahu, jahe dapat mengurangi nafsu makan dengan cara menekan produksi hormon kortisol dalam tubuh. Hormon kortisol adalah hormon yang dilepaskan ketika seseorang merasa stress dan bisa meningkatkan nafsu makan. Sedangkan seledri bermanfaat untuk menjaga keelastisan kulit serta mengontrol tekanan darah.

 

 

2. Jus dengan kandungan Apel dan Ubi Merah Bit, mampu membuang lemak jahat dalam tubuh

Jus buah bit

Sudah bukan rahasia lagi jika buah apel sangat membantu dalam proses penurunan berat badan. Buah apel yang tinggi serat sangat bagus untuk fungsi pencernaan dalam tubuh. Buat kamu yang belum merasa familiar dengan buah bit merah, Hipwee punya informasi baru untukmu. Buah bit, yang berwarna merah keunguan dengan besar sekepal jari dan bentuk seperti ubi, adalah buah dengan sumber energi yang tinggi. Buah bit memiliki kalori yang rendah dengan kandungan gula yang tinggi, sehingga kamu tidak perlu khawatir berat badan akan bertambah jika mengkonsumsi buah ini.

Kamu akan membutuhkan:

• 1 buah apel ukuran sedang
• 1 buah ubi merah bit
• 12 wortel ukuran sedang
• ½ buah lemon
• 2 buah jeruk, dikupas

Walaupun banyak orang yang kurang menyukai rasa dari buah bit merah, kamu bisa menambahkan beberapa macam sayuran dan buah lainnya untuk menyamarkan rasanya. Wortel, lemon, dan jeruk yang bisa kamu tambahkan ke dalam jus segar ini bisa cukup menyeimbangkan rasa, kok!

 

 

3. Selain cantik dipandang, beri-berian juga mampu menjaga tubuhmu tetap langsing. Coba saja jus delima dengan stroberi ini!

jus berry dan pomegranate

Kamu hanya membutuhkan bahan sederhana:
• 1 cup / 148 g buah bluberi/ stroberi
• ¼ buah lemon
• 174 g buah delima

Buah beri-berian seperti bluberi, raspberi, dan stroberi sangat baik untuk menjaga metabolisme tubuh. Rutin melahap buah ini akan membantumu mencerna serat dan racun yang masuk ke dalam tubuh. Yang juga perlu kamu tahu, buah ini bisa mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh. Nah, inilah yang nanti akan berkontribusi membantumu melangsingkan tubuh.

Buah delima atau pomegranate sendiri mampu meningkatkan kesehatan pencernaan, karena tingginya serat dalam delima merah mampu membantu untuk mengatur gerakan usus dan meningkatkan pencernaan. Buah ini juga sangat dianjurkan bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan, karena buah ini tidak memiliki kandungan kolesterol atau lemak jenuh.

 

 

4. Selain itu, campuran buah nanas dan kiwi juga ampuh untuk menjaga angka di timbangan tetap stabil

jus nanas dan kiwi

Nanas kaya akan antioksidan mineral serta vitamin serat. Buah ini juga bebas lemak dan kolesterol. Karena mengandung 85% air, buah nanas juga mampu menjaga perut kita tetap kenyang dan mampu menekan keinginan untuk makan. Sedangkan buah kiwi sendiri juga sangat baik untuk menurunkan berat badan, karena buah ini memiliki kandungan vitamin C dan serat tinggi yang mampu mengurangi nafsu makan.

Bahan yang harus kamu persiapkan untuk membuat jus segar ini adalah:
• 1 buah nanas
• 4 buah kiwi
• 2 buah apel ukuran sedang
• ¼ buah lemon dengan kulitnya
• ¼ buah jeruk limau dengan kulitnya
• 2 buah jeruk, dikupas

 

 

5. Campurkan juga kubis merah dengan buah pir. Lemak jenuh nggak bakal mampir!

jus kubis dan pir

Kandungan karbohidrat yang tinggi dalam buah pir tidak menjadi masalah, karena buah ini juga memberikan energi untuk memberikan kadar gula yang diperlukan dan dapat menenangkan pencernaan setelah diet malam. Sedangkan kubis merah, setiap satu cangkirnya hanya mengandung 33 kalori, sehingga kamu bisa mengkonsumsinya dalam jumlah banyak.

Buah yang harus kamu persiapkan :
• 2 buah pir ukuran sedang
• 4 lembar daun kubis merah
• ½ buah lemon dengan kulitnya

 

 

6. Walau sekarang kamu belum terbiasa meminumnya, jus wortel sebenarnya sangat berguna. Agar lebih berkhasiat lagi, campurkanlah wortelmu dengan sebuah persik utuh.

jus wortel dan persik

Kamu hanya harus menyiapkan :
• 2 buah persik ukuran besar
• 10 buah wortel ukuran sedang
• ½ buah lemon, kulit bagia luar dihilangkan
• 1 buah jeruk mandarin ukuran besar
• 2 buah apel ukuran besar

Selain apel yang memang memiliki serat tinggi dan sangat bermanfaat dalam proses penurunan berat badan, buah persik juga mampu menjaga tubuh tetap langsing. Kandungan airnya yang tinggi dapat membuatmu tetap kenyang serta mampu mengusir kolesterol jahat yang ada dalam tubuh. Buah persik juga menyediakan energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Buah persik merupakan produk rendah karbohidrat yang mampu menurunkan dan membantu membakar lemah yang berlebih. Jadi, tidak ada alasan untukmu untuk tidak menyertakan buah ini ke dalam program dietmu.

 

 

7. Lahir dan besar di negeri matahari, kamu tentu sudah akrab dengan buah-buahan tropis ini. Ya, mangga dan apel memang sahabatmu sejak dulu!

jus buah tropis

Buah mangga yang dengan mudah kita temui di pasar dan kebun halaman belakang ternyata bisa berjasa untuk diet. Buah tropis yang mengandung vitamin, nutrisi, serta kalori ini dapat membantu menurunkan berat badanmu. Tetapi yang perlu diingat, kamu tidak boeh mengonsumsi buah ini lebih dari 1 dalam sehari. Selain itu, buah ini juga harus dikonsumsi dengan buah lainnya supaya nutrisi yang masuk ke tubuh lebih beragam. Oleh karena itu, kamu bisa mencampur buah mangga dengan apel yang tinggi serat dan lemon yang kaya akan vitamin C.

Bahan yang harus kamu siapkan juga cukup mudah kok, hanya :
• 1 buah apel ukuran besar
• ½ buah lemon dikupas
• 1 buah mangga kupas
• 1 buah jeruk mandarin kupas

 

Cukup mudah ‘kan resep jus buah yang dapat menjaga berat badanmu? Jadi, yang mana jus favoritmu? Kamu juga bisa melihat resepnya yang lebih lengkap lagi di sini. Selamat mencoba!

sumber

10 Fakta Tentang Kerokan yang Lebih dari Sekadar Masuk Angin dan Sendawa

Musim hujan nih! Gak cuma keguyur air hujan yang datangnya tiba-tiba, hembusan angin yang buat pohon goyang-goyang juga bisa bikin badanmu gampang masuk angin. ‘Masuk angin’ yang sampai sekarang belum jelas istilah medisnya ini tuh pasti bikin galau. Cuma masuk angin kok sampai ke dokter segala, tapi kalau dibiarkan aja badan rasanya gak enak banget. Makanya, senjata utama orang Indonesia kalau lagi masuk angin apalagi kalau bukan kerokan!

Walaupun udah turun temurun dari generasi ke generasi, masih banyak lho orang yang salah kaprah lho perihal kerokan ini. Nah kali ini Hipwee udah merangkum fakta-fakta unik yang mungkin belum kamu ketahui tentang kerokan.

 

 

1. Walaupun Penuh Mitos dan Tradisi, Kerokan Itu Sebenarnya Bukti Paling Nyata dari Rumus Fisika Paling Terkenal di Dunia Lho

Emc2

Kamu pasti gak sadar ‘kan kalau waktu kerokan tuh sebenarnya kamu sedang mempraktikan rumus fisika Albert Einstein yang paling terkenal, E=MC2? Sederhananya, rumus ini menjelaskan bagaimana energi itu bisa terbentuk dari pergesekkan antara dua permukaan benda. Nah walaupun leluhur kita mungkin tidak berpikir seilmiah itu ketika menemukan metode penyembuhan ini, kerokan itu benar-benar menjiwai prinsip ilmiah ini lho.

Menggosokkan uang logam ke kulit secara berulang-berulang itu sebenarnya gerakan gesek yang mampu menciptakan energi. Energi disini berupa panas. Jadi, ya wajar aja kalau setelah kerokan kamu merasa hangat. Konsep ini sama halnya ketika kamu saling menggosokkan kedua telapak tanganmu. Kalau guru jaman SMA menjelaskan teori ini pakai contoh kerokan, mungkin pelajaran fisikanya bisa nyantol sampai sekarang kali ya?

 

 

2. ‘Masuk Angin’ Itu Bukan Karena Terlalu Banyak Angin yang Masuk dalam Tubuh, Jadi Kerokan Juga Sebenarnya Gak Bisa Mengusir Angin

Hmm apa bener ada angin yang masuk?

Salah kaprah masalah metode penyembuhan kerokan ini bisa jadi berasal gara-gara penyakit yang kita sebut ‘masuk angin’ itu juga masih ambigu. Kehujanan, terlalu sering kena angin malam yang dingin, atau menggigil di ruang ber-AC, memang biang kerok yang sering menyebabkanmu masuk angin. Tapi sebenarnya gejala ‘masuk angin’ itu bukan karena anginnya yang masuk dalam tubuh.

Udara atau angin dingin itu justru membuat pembuluh darah di kulit menyempit sampai-sampai otot-otot kekurangan oksigen. Otot yang tidak bisa bernapas ini-lah yang menimbulkan gejala masuk angin seperti rasa nyeri otot (mialga) dan pegal-pegal. Disamping paparan udara dingin, kekurangan gerak sehingga pembuluh darah kaku dan tidak luwes juga memiliki dampak yang sama. Maka dari itu, gerakan mengerok atau menggaruk kulit itu bukannya ‘mengusir’ atau mendorong angin keluar tapi memperlebar pembuluh-pembuluh darah di permukaan kulit yang menyempit karena dingin.

 

 

3. Bekas Kerokan yang Semakin Merah Itu Juga Bukan Tanda Kalau Sakitmu Lebih Parah

Haduh mau mau ngusir penyakit atau buat tato mas?

Apakah kamu termasuk orang yang merasa semakin yakin bahwa kamu memang sakit mendengar komentar ibu atau saudaramu yang mengeroki bahwa bekas kerokan di punggungmu merah sekali? Jika iya, mulai sekarang mungkin kamu harus buang jauh-jauh kayakinan itu. Kerokan pada dasarnya merupakan metode memperlebar pembuluh darah tepi yang menyempit atau menutup (vasokontriksi) menjadi lebar (vasodilatasi), pasti akan meninggalkan bekas merah di kulit.

Bekas itu merupakan jejak pembuluh darah yang terbuka atau pecah seiring gesekan koin atau kerokan. Daerah tersebut akan diisi dengan aliran darah yang sebelumnya tertutup. Dibandingkan intensitas warna yang pasti akan semakin pekat jika kamu mengerok kulitmu lebih kuat atau sering, bagian tubuh mana yang dikerok justru akan lebih menentukan kemanjuran pengobatan ini.

 

 

4. Gak Usah Kerokan Sampai Ujung-Ujung Tangan atau Kaki Segala. Metode Penyembuhan ini Memang Paling Ideal Kalau Dipraktikan di Punggung

Miring melintang di kanan-kiri tulang punggung

Lalu bagian tubuh mana yang paling ideal untuk memaksimalkan manfaat kerokan? Yup, punggung! Walaupun sebagian besar orang juga pasti kerokan di punggung, pasti masih banyak yang belum tahu kenapa kerokan itu idealnya di punggung. Untuk mendapatkan manfaat yang optimal untuk memperlebar pembuluh dan melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh, kamu harus memilih pembuluh darah yang panjang dan terhubung ke semua bagian tubuh. Jadi dengan satu gesekan koin, manfaatnya bisa dialirkan lebih jauh.

Punggung adalah pusat syaraf terpadu dengan pembuluh darah yang paling panjang dan menyebar kemana-mana. Pembuluh darah tepi yang pecah di ujungnya akibat kerokan akan memaksa sekujur pembuluh darah tersebut untuk melebar. Sebaiknya kerokan juga dilakukan dengan arah miring mengikuti ‘dermaton’ yaitu arah syaraf menuju kulit yaitu di kanan-kiri tulang punggung. Bayangkan jika kamu memilih pembuluh darah di tangan yang pendek, ya efek kerokan itu cuma di tangan saja.

101550109_025f30789a

Apalagi buat cewek-cewek yang harus tampil kece, gara-gara gak mau kelihatan bekas kerokan di leher terus seharian pakai selendang padahal hari lagi panas-panasnya. Kalau cukup dengan kerokan di punggung yang ternyata bisa mengalirkan manfaat ke semua bagian tubuh, kenapa harus ‘menghiasi’ bagian tubuhmu yang lain dengan bekas kerokan?

 

 

5. Layaknya Mencandu Morfin yang Bikin Tenang dan Segar, Kerokan Itu Memicu Peningkatan Produksi Morfin dalam Tubuh Yang Disebut Beta Endorfin

Walaupun enak, jangan sampai kecanduan ya

Nah disamping melancarkan aliran darah yang mampu mengurangi nyeri otot dan pegal-pegal, kerokan ternyata juga bisa kamu tenang dan segar layaknya menghirup morfin atau zat sedatif. Eits…ini bukan morfin atau obat-obat terlarang yang bisa membuat kamu di penjara itu lho. Ini adalah morfin yang diproduksi secara alami dalam tubuh kita sendiri yaitu ‘beta endorfin‘. Produksi hormon ini diatur oleh jaringan endotel, yaitu bagian terdalam dari pembuluh darah kita.

Tekanan yang dihasilkan oleh gerakan kerokan ternyata mampu mencapai jaringan tersebut sehingga produksi beta endorfin dalam tubuh kita meningkat. Konsep ini sama halnya ketika kamu sedang dipijat. Maka dari itu banyak orang yang kecanduan dengan rasa tenang dan segar setelah dipijat atau dikerok. Tapi ingat, apapun jika dalam jumlah berlebihan itu bisa jadi buruk. Jadi walaupun dipijat maupun kerokan itu tidak berbahaya, tapi kalau sampai kecanduan kan repot juga?!

 

 

6. Kerokan Itu Layaknya Ilusi yang Mengelabui Otak Bahwa Tubuh Sedang Terluka Sehingga Dengan Otomatis Tubuhmu Akan Mempertahankan Diri dengan Meningkatkan Kekebalan

image

Sebelumnya sudah dibahas mengapa kerokan bisa menghangatkan, mengurangi pegal-pegal, menenangkan, dan menyegarkan, tapi apakah kerokan benar-benar bisa menyembuhkan masuk angin? Lagi-lagi itu tergantung definisimu atas gejala masuk angin sendiri. Tapi secara umum, kerokan itu memang bisa meningkatkan kekebalan tubuh lho.

Pelebaran atau pembesaran diameter pembuluh darah sebagai akibat kerokan secara tidak langsung juga menyediakan ruang lebih untuk pergerakan sel darah putih yang merupakan agen kekebalan tubuh utama. Nah, sel-sel darah putih ini jadi semakin reaktif untuk mempertahankan tubuh kita ketika ribuan ujung pembuluh darah tepi pecah layaknya terbentur atau dipukul. Pecahnya pembuluh darah tepi yang juga bisa disebut peradangan ini juga memicu reaksi zat anti-peradangan yang disebut‘cytokines’. 

Nah ilusi seakan-akan tubuh kita terserang radang dan terluka dalam kerokan itu ternyata memicu peningkatan sistem kekebalan tubuh kita sendiri.

 

 

7. Walaupun Pada Dasarnya Tergolong Aman, Tapi Khusus Untuk Ibu-Ibu Hamil Kerokan Bisa Menyebabkan Kelahiran Prematur

Cari cara lain untuk 'mengusir angin' di kala hamil

Banyak juga orang yang meragukan keabsahan kerokan karena meragukan manfaat dan khawatir dengan berbagai efek samping negatif yang secara medis justru membahayakan. Hipwee sudah menjelaskan diatas berbagai manfaat dari kerokan, tapi apakah benar kerokan justru dapat membahayakan kesehatan?

Kekhawatiran biasanya terpusat antara penipisan kulit, peradangan, atau masuknya bakteri ketika pori-pori kulit terbuka. Disamping belum benar-benar terbukti secara ilmiah, daya regenarasi kulit manusia yang cukup cepat menjadikan ketakutan ini tidak begitu signifikan. Asalkan tidak berlebihan atau kecanduan, kerokan tidak akan membahayakan kesehatanmu.

Nah tapi khusus untuk ibu-ibu hamil, kerokan itu bisa jadi berbahaya. Tidak secara langsung mengancam jiwa ibu atau janin, tapi memicu kelahiran prematur. Zat anti-peradangan ‘cytokines‘ yang pada tubuh orang biasa meningkatkan kekebalan tubuh, pada ibu hamil justru akan menyebabkan munculnya zat ‘prostaglandin’. Zat ini bisa memicu kontraksi dini pada kehamilan sehingga berisiko menyebabkan kelahiran prematur. Makanya, untuk ibu-ibu hamil coba deh cari pengobatan lain ya kalau masuk angin.

 

 

8. Kerokan Itu Bukan Hanya Terkenal di Indonesia, Metode Pengobatan Ini Juga Tersebar di Negara-Negara Lain

Caranya beda-beda, tapi intinya mengusir angin

Menggesekkan objek ke permukaan kulit secara berulang kali untuk ‘mengusir angin’ bukanlah metode penyembuhan tradisional yang hanya dapat ditemui di Indonesia. Jika di Indonesia objek yang sering dipakai untuk kerokan adalah uang logam, di negara-negara lain seperti Cina, Vietnam, Kamboja, atau Laos objek yang digunakan berbeda-beda. Kerokan ala Cina yang disebut ‘gua sha‘ menggunakan sejenis batu giok dengan juga dibantu semacam minyak untuk menghindari iritasi kulit.

Walaupun jenis objek dan minyak yang digunakan untuk mengerok punggung berbeda-beda, namun uniknya kearifan lokal yang mengilhami praktik pengobatan tradisional itu justru mirip. Seperti halnya ‘gua sha‘, kerokan di Vietnam yang disebut ‘cao gio’ ternyata artinya juga ‘mengusir’ atau menggeser angin. Di berbagai kebudayaan Timur ini tampaknya angin melambangkan keburukan atau kesakitan yang harus dihilangkan. Jadi mungkin ‘masuk angin’ atau ‘mengusir angin’ itu sebenarnya lebih sarat dengan nilai kebudayaan dibandingkan benar-benar berarti angin dalam tubuh.

 

 

9. Hati-Hati Kalau Mempraktikan Kearifan Pengobatan Timur Ini di Negara-Negara Barat. Bekas Merah Kehitaman Mirip Lebam Sering Dikira Bekas Pukulan atau Kekerasan Fisik Lho

Masa ini kekerasan fisik sih?

Namanya juga tradisi atau kekayaan budaya, ya pastinya orang yang benar-benar bisa memahami nilai dan manfaat kerokan itu ya hanya orang Indonesia. Nah setelah mengetahui bahwa banyak juga orang-orang di negara tetangga yang memiliki tradisi yang serupa, ternyata ada juga bangsa lain yang sama sekali tidak mengerti kebaikan kerokan ini.

Parahnya di negara-negara Barat, tradisi yang sudah turun temurun digunakan untuk mengobati ‘masuk angin’ di kebudayaan Timur ini justru sering dikira sebagai bentuk kekerasaan fisik. Banyak orang Indonesia atau Vietnam yang pergi ke rumah sakit di tempat bermukim mereka di Amerika Serikat dengan bekas kerokan justru dicurigai atau bahkan dilaporkan untuk kekerasan rumah tangga. Lebih parah lagi jika bekas kerokan itu ditemukan pada anak-anak, orang tuanya bisa dilaporkan untuk kasus kekerasan anak.

Padahal itu justru bentuk kasih sayang untuk suami atau anak mereka.

 

 

10. Walaupun Masih Banyak yang Belum Bisa Dibuktikan Secara Empiris dan Medis, Tradisi yang Sudah Ada Beribu-Ribu Tahun Ini Tetap Layak Dipertahankan

Tradisi yang tidak boleh punah

Nah sebenarnya untuk menjembatani kesalahpahaman budaya itu, penelitian empiris tentang segala manfaat dan mungkin efek samping pengobatan tradisional ini perlu diupayakan. Disamping untuk meluruskan kesalahpahaman dan mitos yang tidak benar tentang kerokan, justifikasi ilmiah juga bisa membantu melestarikan kekayaan budaya Indonesia yang semakin tidak populer di kalangan muda ini. Jadi walaupun kamu sendiri belum yakin dengan manfaat kerokan ini, gak sepantasnya kamu serta-merta tidak peduli dengan kekayaan tradisi Indonesia yang satu ini. Hehe siapa tahu kalau diteliti kebaikan lebih lanjut dan dipromosikan dengan benar, kerokan bisa jadi metode pengobatan alternatif yang mendunia.

 

Menarik ‘kan fakta-fakta unik mengenai kerokan ini? Ternyata banyak juga ya hal yang belum kita ketahui dari tradisi yang sebenarnya kita praktikan sehari-harinya. Dan supaya kekayaan kebudayaan kita tetap terjaga dengan baik, sudah seharusnya kita lebih menghargai dan mengenal kearifan lokal yang ada di sekeliling kita ini.

sumber

 

Kategori:revo Tag:, , ,

Tip menghilangkan tai lalat

4 Januari 2015 2 komentar

bawang putih dapat menghilangkan tai lalat

Papiloma melanggar tidak hanya penampilan, tetapi juga berbahaya bagi tubuh. Mari kita periksa resep untuk menyingkirkan mereka. Ternyata bawang putih adalah obat yang sangat baik untuk menghilangkan kulit formasi tanpa pengobatan atau intervensi eksternal.

Mengambil siung bawang putih dan potong menjadi irisan tipis. Morph papiloma setiap hari selama beberapa menit. Setelah beberapa saat Anda akan menemukan:) Saya harap Anda mengambil keuntungan dari ini indah papan memberitahu teman-teman mereka tentang mereka:)

%d blogger menyukai ini: