Arsip

Archive for 27 Desember 2014

24 Objek Wisata yang Membawamu Menyusuri Sisi Lain Kota Bandung

27 Desember 2014 1 komentar

Mendengar kata Bandung tentu bukanlah hal yang terdengar asing di telingamu. Ya kota berhawa dingin yang terkenal dengan julukan Kota Kembang ini seolah memiliki magnet yang selalu mampu menarik perhatian wisatawan untuk selalu datang dan datang kembali.

Akan tetapi meskipun memiliki daya tarik yang seolah tak pernah habis, masih banyak orang yang hanya menghabiskan waktu menjelajah objek wisata yang itu-itu saja. Padahal jika mau, masih banyak sekali loh tempat wisata di Bandung yang menyimpan beribu pesona yang bisa membuat kamu betah dan tak ingin beranjak.

Mau tahu apa saja objek wisata di Bandung yang akan membuat kamu terhenyak dengan segala pesonanya? Ini dia rangkuman lengkap dari Hipwee untuk kamu:

 

 

1. Awali Perjalananmu dengan Melongok Kemegahan Alam di Puncak Tebing Keraton

Punya alasan untuk tak datang ke sini?

Melihat bukit mungkin sudah jadi pemandangan “standar” bagi kamu yang sering berkunjung ke Bandung. Akan tetapi gimana jadinya kalau kamu diajak melihat pemandangan nan mengagumkan dari puncak tebing?

Ya di Bandung, tepatnya di daerah Dago ada sebuah tebing yang dikenal dengan nama Tebing Keraton. Menurut penemu aslinya yang bernama Pak Asep, tebing ini dalam Bahasa Sunda bernama Tebing Karaton yang memiliki arti kemegahan alam. Kemegahan alam ala Tebing Karaton baru akan kamu rasakan setelah sampai di puncak. Dari atas sana hamparan pohon nan hijau siap memanjakan mata kamu. Bersiap-siaplah berdecak kagum kala kamu berhasil menjejakkan kaki di puncak bukit. Tiket masuk yang dikenakan oleh pengelola untuk pengunjung yakni sebesar Rp.11.000. Oh ya bagi kamu yang tertarik untuk mengunjungi tebing cantik ini jangan lupa menyiapkan jaket dan sepatu ya karena udara dingin dan kontur jalan yang licin siap menyambut kamu di sana.

 

 

2. Berburu Makanan Sambil Mengambang di Floating Market, Lembang

Manjakan lidah di pasar terapung

Jika sebelumnya Hipwee pernah membahas tentang 12 Pasar Unik di Indonesia yang salah satunya adalah pasar terapung di Banjarmasin, kini pasar sejenis juga ada di Bandung tepatnya di daerah Lembang. Pasar ini sejatinya sudah ada sejak tahun 2012 dan cukup sukses menarik perhatian wisatawan yang berkunjung ke Bandung.

Meskipun sama-sama memiliki konsep pasar terapung, namun pasar ini tidak menjual barang dagangan seperti ikan, daging, dan sayur-sayuran mentah. Pasar ini adalah pasar yang menjual berbagai kuliner mulai dari jajanan hingga makanan berat yang mengenyangkan. Sebelum memasuki area pasar, pengunjung harus membayar tiket masuk seharga Rp. 10.000/orang di mana tiket tersebut nantinya bisa ditukar dengan minuman hangat seperti lemon tea, Milo, coffee latte, dan juga choco latte. Harga makanan di tempat tersebut pun bervariasi mulai dari Rp.5.000 hingga Rp.35.000. Tidak hanya berisi perahu-perahu yang menjajakan makanan saja, di pasar ini juga tersedia berbagai wahana yang siap memanjakan pengunjung yang datang.

 

 

3. Temukan Romantisme Tiada Henti di Situ cileunca

Panorama alam indah di Situ Cileunyi

Selain dikenal sebagai kota kuliner, Bandung juga diketahui sebagai kota wisata yang memiliki banyak tempat romantis yang diincar oleh para wisatawannya. Salah satu spot yang bisa kamu datangi untuk berburu romantisme khas kota kembang ini adalah Situ Cileunca. Situ Cileunca terletak di Kecamatan Pengalengan, sebuah daerah berudara dingin nan syahdu di Bandung.

Selain menimati keindahan Situ Cileunca pengunjung juga bisa melakukan berbagai kegiatan seperti rafting, camping, atau trekking. Jika tertarik untuk datang ke objek wisata ini, kamu bisa menggunakan kendaraan umum jurusan Bandung-Pengalengan dengan waktu tempuh 2-2,5 jam. Sementara itu harga tiket masuknya adalah sebesar Rp.2.500. Tidak mahal kan untuk tempat seindah ini?

 

 

4. Kecantikan Bandung Bisa Kamu Lihat Dari Sudut 180° Di Bukit Moko

Pemandangan dari atas Moko

Bagi kamu warga Bandung, nama Bukit Moko mungkin bukanlah sebuah nama baru. Akan tetapi nama ini mungkin terdengar sedikit asing di telinga penduduk luar Bandung. Dari bukit yang memiliki ketinggian 1.500 mdpl ini kamu bisa menikmati kecantikan kota kembang dari sudut 180 derajat. Itu artinya melihat pemandangan nyari seluruh isi kota bisa kamu lakukan dari puncak Moko. Namun sayangnya meskipun menawarkan sensasi melihat pemandangan kota yang tak bisa, kontur jalanan menuju ke sana tidaklah mudah. Kamu perlu memikirkan kendaraan yang akan kamu gunakan untuk mengunjungi tempat nan cantik tersebut.

 

 

5. Ajak Adik Atau Keponakan Kecilmu Mengikuti Wisata Ngabekong Di Perkebunan Teh Gambung

Gak cuma cuci mata, tapi kamu juga bisa dapat edukasi di sini

Melihat pemandangan kebun teh kala berlibur ke Bandung tentu bukanlah hal spektakuler lagi. Namun apa jadinya jika kamu tidak hanya diajak untuk melihat hamparan kebun teh nan indah tapi juga langsung mempelajari proses penanaman, mulai dari benih hingga dapat langsung dipetik?

Ya salah satu kebun teh di Bandung mengadakan tersebut yang diberi nama Ngabekong. Melalu program tersebut pengunjung akan diajak melihat proses pengolahan daun teh mulai dari penanaman hingga pemanenan. Program ini sangat cocok untuk diikuti oleh orang-orang yang tertarik pada dunia agrikultur. Biasanya pengunjung yang program ini adalah anak-anak SD dari kota Bandung.

 

 

6. Biarkan Dirimu Terombang Ambing Di Atas Derasnya Sungai Citarum

Bermain di gelombang sungai citarum

Sudah sering ke Bandung tapi cuma jalan-jalan di kotanya sambil belanja? Jika ya, ini saatnya kamu sedikit keluar dari comfort zone untuk menikmati keseruan memacu detak jantung di derasnya aliran Sungai Citarum yang terletak di Kota Bandung tersebut. Terletak di Desa Cisameng, wisata ini tergolong mudah dijangkau karena dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor dalam waktu 2 jam saja. Sesampainya di sana kamu bisa memilih berbagai operator arung jeram dengan harga bervariasi. Paket arung jeram ini biasanya berdurasi 2-3 jam. Bersiap-siaplah memacu adrenalinmu di atas arus sungai Citarum yang terkenal deras. Namun bagi kamu yang masih pemula kamu tidak perlu merasa khawatir karena dalam setiap perahu akan ada guide yang menemani timmu untuk mengarungi “liarnya” Sungai Citarum.

 

 

7. Menyingkap Masa Lalu Suku Sunda di Goa Pawon

Mengintip sejarah di goa pawon

Nama Goa Pawon mungkin bukanlah nama destinasi wisata di Bandung yang populer. Namun meskipun begitu bukan berarti kamu tempat wisata tidak menarik sama sekali. Goa Pawon yang terletak di Desa Masigit tersebut belum lama ini diberitakan cukup menggemparkan karena ditemukannya tulang manusia sebanyak 20.250 buah yang diduga milik manusia purba Suku Sunda. Nah bagi kamu yang tertarik untuk menengok goa berjarah ini siapkan uang sebesar Rp.5.500 sebagai biaya tiket masuk.

 

 

8. Nikmati Harmonisasi Lantunan Alat Musik Khas Sunda di Saung Angklung Mang Udjo

Salah satu sudut di saung angklung mang udjo

Saung Angklung Mang Udjo adalah galeri seni kesenian khas Sunda yang terletak di daerah Padasuka, Bandung. Menariknya meskipun hanya barlabel “saung” tapi tempat ini banyak diminati oleh wisatawan yang penasaran dengan kesenian musik Sunda tersebut. Berdiri di atas tanah dengan luas 1,2 hektar, pengunjung tidak hanya memiliki kesempatan untuk mencoba bermain angklung saja tapi juga menonton pertunjukkan angklung yang sangat menarik. Saung angklung ini didirikan oleh seniman angklung yang bernama Udjo Ngalagena (Alm) dan Uum Sumiati pada tahun 1967. Harga tiket masuk Saung Mang Udjo sendiri dihargai Rp.60.000 untuk turis domestik dan Rp.100.000 untuk asing.

 

 

9. Jika Berminat, Tak Ada Salahnya Kamu Mencoba Berbagai Wahana Seru di Trans Studio Bandung

Mesra-mesraan di TSM juga boleeh...

Ya kalau objek wisata yang satu pasti kamu sudah pernah dengar dong? Ya Trans Studio Bandung merupakan salah theme park indoor terbesar yang ada di dunia dengan luas sekitar 1,7 hektare. Dibuka pada tahun 2011, tempat ini berhasil minat wisatawan untuk datang ke Bandung dan mencoba berbagai wahana seru yang terdapat di sana. Meskipun tergolong memiliki harga tiket masuk yang cukup mahal yakni Rp.150.000 (weekdays) dan Rp.250.000 (weekend) tapi toh hal tersebut tidak menyurutkan keinginan para pengunjung untuk datang. Di dalam theme parktersebut pengunjung bisa mencoba berbagai wahana yang tersedia untuk segala usia. Asyiknya karena mengusung theme pada setiap spotnya menjadikan berwisata di TSM sungguh terasa seru. Tempat ini sangat cocok didatangi baik oleh keluarga, sahabat, atau mungkin pacarmu.

 

 

10. Sabtu Malam ke Bandung, Tapi Bingung Mau Ngapain? Datang Saja Ke Braga Culinary Night

Mulai dari cemilan sampai makanan berat semua ada di sini

Braga Culinary Night pada dasarnya adalah sejenis event mingguan yang dilaksanakan di Bandung. Di event ini para pengunjung dapat berburu berbagai makanan mulai dari yang berharga murah, sedang, sampai yang mahal. Meskipun masih terhitung event baru (ada sejak Januari 2014) namun event ini sudah mencuri perhatian masyarakat. Mulai dari masyarakat lokal, wisatawan lokal, sampai dengan wisatawan mancanegara. Event Braga Culinary Night sendiri digagas oleh Walikota Bandung yakni Ridwan Kamil yang khawatir dengan popularitas Jalan Braga yang mulai menurun. Nah untuk menaikkan kembali nilai jual Jalan Braga yang adalah pusat historis Bandung, maka event inipun akhirnya diselenggarakan. Tidak hanya ada Braga Culinary Night saja tapi event sejenis seperti: Cibadak Culinary Night, Lengkong Culinary Night, dan dan Ujung Berung Culinary Night juga bisa kamu datangi kala berkunjung ke Bandung.

 

 

11. Bagi Kamu Yang Hobi Memancing Siapkan Kailmu Di Arena Pemancingan Bonita Lembang

Sambil nunggu yang mancing, sambil makan, sambil nikmatin udara dingin. NIKMAT

Memancing adalah salah stau hobi yang kelihatan membosankan namun pada dasarnya cukup menyenangkan. Kamu tidak hanya dituntut untuk memiliki skill teknik memancing yang tepat tapi juga diharapkan punya kesabaran tingkat dewa dikala menunggu kailmu disambar ikan. Bagi  yang menyukai kegiatan ini tentu akan sangat menyenangkan jika kamu memiliki kesempatan untuk bisa memancing ikalndi tempat yang nyaman. Di Bandung, tepatnya di Jalan Kolonel Masturi, Lembang ada arena pemancingan yang siap memanjakan hobi para pemancing daeri berbagai daerah. Nama arena pemancingan tersebut adalah Bonita Saung Wangi. Tidak hanya pemancing saja, bagi kamu yang suka dengan kuliner ikan bakar, kamu juga bisa menikmati sajian kuliner bakaran di sini tentunya dengan bumbu khas Sunda yang memang terkenal enak itu.

 

 

 

12. Jalan-Jalan Sambil Cuci Muka Biar Enteng Jodoh Di Gua Putri

Gimana mba, udah dapat jodohnya?

Bagi kamu yang belum punya pacar, kamu bisa jalan-jalan ke salah satu gua yang terletak di Cililin, Bandung ini. Di sana ada gua yang bernama Gua Putri di mana menurut mitos masyarakat setempat memiliki sumber mata air yang memiliki kuatan magis. Barang siapa mencuci atau meminum air drai mata air tersebut katanya sih jodohnya akan dipermudah. Selain cocok didatangi oleh para jomblo yang mau merubah nasib, keindahan alam gua ini juga cukup menarik perhatian kok. Terletak 35 kilometer dari Kota Bandung gua ini akan lebih mudah diakses jika menggunakan mobil pribadi.

 

 

13. Silaturahmi ke Habitatnya Flinstone di Stone Garden

Keindahan taman yang isinya bukan bunga

By the way kamu penduduk asli atau yang pernah ditinggal di Bandung pernah gak sih dengar nama destinasi wisata yang satu ini? Ya di Bandung ada nih taman yang isinya bukan bunga-bunga tapi justru bebatuan keren gitu. Lokasinya ada di puncak Gunung Pawon, Kampung Girimulya. Meskipun kedengarannya cuma batu-batu, tapi justru disitulah letak menariknya taman ini. Bahkan tak jauh dari taman batu ini terdapat gua yang katanya adalah tempat tinggal manusia purba zaman dulu. Melihat bentuk taman batu ini mengingatkan Hipwee pada cerita flinstone si manusia batu. Mungkin habitatnya si flinstone mirip-mirip kayak gini kali yah?

Untuk bisa menengok keunikan taman yang satu ini pengunjung tak harus merogoh kocek terlalu dalam kok karena tiket masuknya hanya sebesar Rp.5.500 saja.

 

 

14. Jangan Terkecoh Dengan Namanya, Meskipun Judulnya “Batu Kuda” Tapi Pengunjung Akan Dikejutkan Dengan Barisan Pohon Pinus Yang Cantik

Sudah pernah sepedaan di antara pohon pinus?

Kalau di Yogyakarta memiliki kawasan hutan pinus di daerah Imogiri, Bandung pun memiliki hutan serupa yang tak kalah cantiknya. Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan di hutan pinus ini mulau dari camping, trekking, bersepeda, malah ada yang pre wedding segala loh. Barisan hutan pinus yang cantik dan udara menyejukkan membuat banyak pengunjung merasa betah berlama-lama di sini. Menariknya lagi untuk bisa menikmati segala keindahan tersebut pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp.3000 per orang dan Rp.5000 jika ingin berkemah. Tertarik untuk mencoba?

 

 

15. Menapaki Keindahan Alam Bandung Timur di Trek Palintang

Trek palintang

Untuk kamu penikmat olaraga sepeda khususnya sepeda offroad dan uphill di Bandung tentu nama trek Palintang tidak terdengar asing lagi. Trek Palintang ini adalah daerah berbukit-bukit yang di sekitarnya dikelilingi oleh pemandangan cantik khas Bandung yang akan membuat kamu berdecak kagu. Jika kamu bersepeda di sini kamu tidak hanyak ditantang oleh medan yang menanjak dan menukik, tapi juga akan ditemani pemandangan alam yang membuat kamu semakin bersemangat.

 

 

16. Kamu Penyuka Arsitektur Kuno? Jika Ya Tengoklah Keanggunan Villa Isola Yang Berdiri Megah

bagian belakang gedung isola

Di Bandung tepatnya di Jalan Setiabudi ada sebuah villa yang memiliki bentuk bangunan kuno yang cantik dan elegan bernama Villa Isola. Konon katanya vila cantik ini dibangun oleh seorang pria kaya keturunan Jawa Italia bernama Dominique Willem Berretty. Pembangunan vila ini menghabiskan dana sekitar 500.000 gulden atau setara dengan 250 M. Vila tersebut dibangun pada tahun 1930 bergaya arsitektur art deco yang terlihat begitu autentik.

 

 

17. Berburu Pakaian Mewah Dengan Harga Rendah di Pasar Gedebage

Jeans murah di gedebage ini menggoda banget

Pasar Gedebage adalah pasar yang menjual barang-barang bekas dengan kualitas mumpuni di Bandung. Pasar yang terletak di Jalan Soekarno Hatta ini memang menyediakan segala jenis barang yang dibutuhkan dengan harga bervariasi namun yang jelas masih bersahabat dengan kantong. Tak jarang kamu bisa menemukan berbagai pakaian dari brand luar yang harganya selangit dijual setengah harga di sini. Selain murah menariknya seluruh barang di pasar tersebut masih bisa ditawar. So bagi kamu yang mau menambah koleksi pakaianmu siap-siap datang saja ke Pasar Gedebage yang terkenal tersebut.

 

 

18. Menguji Keberanian Lewat Wisata Mistis di Rumah Kentang

Bernyali baja? Cobain aja jalan-jalan di dalamnya

Wisata mistis masih menjadi favorit baik wisatawan lokal ataupun mancanegara. Hal itu dapat dibuktikan dengan larisnya paket wisata yang berbau klenik seperti yang terjadi pada wisata mistis di rumah kentang yang terletak di Jalan Soekarno Hatta, Bandung. Dalam wisata ini pengunjung akan diajak berjalan-jalan ke rumah angker yang konon katanya sering tercium bau kentang yang sedang direbus dari dalam. Menurut cerita yang beredar hal tersebut disebabkan oleh wafatnya anak pemilik rumah karena masuk ke kuali yang berisi kentang rebus saat si ibu sedang memasak. Tak hanya bau kentang saja, bahkan dari dalam rumah kosong tersebut sering juga terdengar suara bayi menangis.

 

 

19. Trekking Sehat di Kanopi Alam Ala Tahura Ir Juanda

Trekking maju-mundur ala Syahrini juga bisa di sini

Dalam sehari idealnya manusia harus berjalan sebanyak 10.000 langkah namun apa daya kadang-kadang kita tidak bisa memenuhi itu semua. Namun ada baiknya meskipun tidak dilakukan setiap hari, tapi paling tidak sekali seminggu kamu bisa melakukan jalan kaki yang berguna bagi kesehatanmu. Di Bandung tepatnya di daerah Dao Pakar ada sebuah tempat trekking yang tidak hanya bisa membuat tubuhmu sehat tapi juga bisa menjadi tempat refreshing penghilang rasa penat. Di taman seluas 590 hektare ini kamu bisa menikmati udara dingin beserta 2.500 jenis tanaman yang tumbuh subur. Selain bisa menikmati pemandangan alamnya ada objek wisata Goa Jepang yang bisa kamu kunjungi kala berkunjung ke taman tersebut. Oh ya Tahura sendiri merupakan kependekan dari Taman Hutan Raya.

 

 

20. Menikmati Karya Seni Sembari Isi Perut di Lawangwangi

spot pameran lukisan di lawangwangi

Tempat ke-20 yang tidak kalah seru untuk dikunjungi di Bandung adalah galeri seni Lawangwangi yang merangkap kafe di dalamnya. Galeri seni resmi dibuka untuk umum pada tahun 2012. Pengunjung tidak hanya akan disambut dengan galeri seni yang dipenuhi dengan koleksi menarik hati dan makanan enak saja tapi juga udara dingin yang semakin menyempurnakan acara jalan-jalan kamu. Galeri seni yang terletak di Jalan Dago Giri didesain dengan konsep minimalis modern yang membuat siapa saja yang datang betah berlama-lama di dalamnya.

 

 

21. Tidak Hanya Bisa Belanja Saja, Upgrade Pengetahuan Juga Bisa Kamu Lakukan di Museum Geologi

Koleksi museum geologi

Ya museum geologi adalah salah satu museum yang layak kamu datagi saat berlibur ke Bandung. Museum yang berlokasi di Jalan Diponegoro ini termasuk mudah diakses karena ada angkutan umum yang langsung menuju ke sana. Isi museum terbagi ke dalam bagian tengah, barat, dan timur dengan masing-masing koleksinya yang menarik. Isi ruang tengah museum antara lain: maket tambang terbesar di dunia yang berlokasi di Irian Jaya, bebatuan asal Irian Jaya, miniatur pengeboran minyak, dan juga miniator pengeboran gas bumi. Sementara untuk bagian timur diisi tengkorak manusia purba, informasi mengenai bahaya bencana alam, cara mengolah energi, serta sederet koleksi lainnya. Tiket masuk yang harus dibayar oleh pengunjung adalah sebsar Rp.2000 (pelajar), Rp.3.000 (wisatawan lokal), dan Rp.10.000 (wisatawan asing).

 

 

22. Wisata Cowboy di Bumi Parahiangan Saat Berkunjung di D’ranch

Yang mau latihan jadi cowboy di sini

Spot ke-22 yang Hipwee masukkan ke dalam daftar tempat wisata antimainstream di Bandung yang harus kamu kunjungi adalah D’ranch. Sebenarnya apa sih D’ranch itu? Tempat ini adalah tempat wisata alam yang mengadopsi konsep dunia cowboy di dalamnya. Pengunjung yang datang ke sana tidak hanya dapat menikmati pemandangan alam yang indah tapi juga berbagai permainan seperti menunggang kuda, delman, triker, panahan, dan masih banyak sekali permainan yang dapat kamu jumpai. Tiket masuk D’ranch sendiri hanya sebesar Rp.5.000 dan dapat ditukar dengan minuman sesuai dengan yang kamu kehendaki. Lokasi D’ranch ada di Jalan Maribaya, daerah Lembang. Jangan lupa ajak keluarga kamu kala berkunjung ke sini karena tempat ini merupakan tempat yang sangat cocok dinikmati bersama keluarga.

 

 

23. Gelantungan Di Wahana Permainan Cikole Lembang

outbound di Cikole

Pergi bersama kantor atau keluarga dan ingin melakukan aktivitas oubound? Jika ya,datanglah ke daerah Cikole, Lembang. Di tempat ini kamu bisa melakukan berbagai aktivitas outbound seperti flying fox, paintball, papan turun tebing dan masih banyak lagi sederet aktivitas keren yang bisa kamu lakukan di sana. Di tempat tersebut kamu bisa bertemu dengan operator jasa yang menyediakan berbagai paket permainan khas Cikole yang sangat seru.

 

 

24. Tutup Perjalananmu dengan Menyeruput Kopi Aroma. Kopi Asli Bumi Para Teteh dan Aa’

Pengepakan di kopi aroma bandung

Jika Medan punya Kopi Sedap sebagai kopi legendaris, maka Bandung punya kopi aroma yang nikmatnya bisa sebanding dengan kopi asal meda tersebut. Kopi yang aromanya bisa tercium bahkan dari jarak 2 meter tersebut tidak dijual di gerai mewah melainkan di toko tua bergaya kolonial. Pemiliknya Tan Houw Sian sudah berjualan sejak tahun 1930 dan tidak pernah kehilangan penggemar. Meskipun dijual di tempat yang sederhana tapi kamu akan tetap melihat antrean mengular kala ingin membeli kopi enak itu. Bagi kamu yang penasaran dengan rasa kopi ini silahkan datang ke Jalan Banceuy no.51. Sangking larisnya bahkan tak jarang orang menjadikan kopi aroma sebagai buah tangan untuk dibawa pulang loh guys.

Nah itu tadi 24 spot wisata di Bandung dari Hipwee yang layak kamu kunjungi saat rasa bosan berjalan-jalan di Bandung sudah terasa membosankan.

sumber

Hal Yang Perlu Kamu Ingat Ketika Menghadapi Kekacauan Hidup di Usiamu yang Sudah Seperempat Abad

Menginjak usia 25 tahun, mungkin jadi kali pertama usiamu mulai bisa disebut dengan bilangan abad. Tiba-tiba saja kenyataan sudah berusia seperempat abad, membuatmu mengerti bagaimana cepatnya waktu berjalan. Mungkin kamu yang dulunya berharap cepat dewasa, sekarang justru mendambakan betapa sederhananya kehidupan semasa kanak-kanak dulu.

Di masa transisi menuju kedewasaan ini, hari-harimu juga pasti dipenuhi berbagaikegalauan dan kebimbangan hidup yang sering disebut ‘quarter life crisis‘.  Jangan khawatir! Sudah sewajarnya kamu bingung ketika akhirnya harus mengambil berbagai keputusan besar seorang diri. Tapi bukan hanya kamu sendiri kok yang sedang meraba-raba jalan hidup dan tampaknya seringkali menemukan jalan buntu. Semua orang seusiamu juga sedang belajar. Maka dari itu ketika tampaknya tidak ada jalan lain kecuali menyerah, ingatlah hal-hal ini.

 

Jangan Panik Ketika Kamu Merasa Tersesat. Wajar Saja Kebingungan Arah Ketika Begitu Banyak Jalan Baru Terbuka Untukmu Yang Sudah Dewasa

Businessman choosing the right door

Batasan umur minimal untuk diperbolehkan menyetir, memiliki hak suara, sampai menikah bisa jadi berbeda-beda di setiap negara. Tapi dimana pun, umur 25 tahun pasti sudah dianggap umur yang dewasa. Kedewasaan itu pasti diikuti dengan berbagai hak dan kewajiban baru yang sebelumnya belum pernah kamu emban.

Yang tadinya masih dalam naungan orang tua, sekarang sudah mulai membangun kehidupan mandiri. Dengan begitu banyaknya hal baru yang bisa dilakukan, tempat baru yang dapat dikunjungi, dan peluang baru yang didapatkan sebagai orang dewasa, wajar saja jika kamu kesulitan membuat keputusan.

Dengan pengalamanmu yang minim, maklum saja jika kamu belum tahu mana pilihan terbaik dan merasa tersesat. Jangan panik! Nikmati saja pengalamanmu mencoba hal baru, toh kamu hanya muda sekali! Tapi yang lebih penting lagi, jangan lupa untuk belajar dari tiap pengalaman baru tersebut.

 

Jangan Terlalu Lama Berdiam Diri Karena Ragu Mengambil Keputusan. Di Masa Uji Coba Ini, Keputusan Salah Sekali Pun Bisa Jadi Pembelajaran

Woman_Girl_Mood_Brunette_Reflection_Glass_Hand_1680x1050

 

Sah-sah saja bingung dan ragu memilih, tapi jangan terbiasa berdiam diri lama-lama karenanya. Jika hanya berdiam diri, waktu yang akan mengkhianatimu. Sebelum kehabisan waktu, dengan segenap keyakinan diri buatlah keputusan dan bersiaplah menerima segala konsekuensi dan pembelajaran dari keputusanmu tersebut. Strategi itu paling sesuai karena sejatinya di usiamu yang baru menginjak kedewasaan ini tidak ada keputusan yang benar-benar salah.

Kamu masih dalam masa uji coba dengan kemandirian dan statusmu sebagai orang dewasa. Jadi, semua pengalaman baik keberhasilan maupun kegagalan adalah sumber pembelajaran yang berharga. Yang gawat adalah jika kamu melewati masa produktifmu ini tanpa mencoba tantangan baru yang akan terus mendorongmu untuk belajar jadi lebih baik. Bisa saja kamu berkeras tidak ingin melakukan kesalahan, tapi mungkin kamu hanya berdiam diri atau akan terus berakhir melakukan hal yang sama.

 

Setelah Seperempat Abad Menjalani Kehidupan, Seharusnya Kamu Juga Sudah Tahu Bahwa Tidak Ada Kesuksesan Yang Instan

sport_climb_climbing_men_cliff_mountains_1920x1200

 

 

Setelah menempuh berbagai jenjang pendidikan, sedang terseok-seok memilih jalan karier dan berusaha memantapkan langkah kakimu di dunia, sudah sepatutnya kamu mengerti bagaimana kegagalan adalah bagian yang tidak terpisahkan dari sebuah cerita sukses. Sesekali bisa saja keberuntungan menghampirimu dan membuatmu meraih keberhasilan tanpa usaha yang berarti. Namun jika kamu selalu memperlakukan hidupmu layaknya judi atau lotre seperti itu, kamu hanya akan kelelahan dan kehabisan waktu menunggu peruntungan yang baik.

Maka dari itu seharusnya kamu justru berusaha sekuat tenaga dengan kemampuanmu sendiri untuk mengubah tiap peluang menjadi kesuksesan. Yakini saja bahwa semakin pahit kegagalan yang kamu alami, maka akan semakin manis rasa sukses yang menantimu ketika berhasil mengatasinya.

 

Inilah Waktu Dimana Fisikmu Paling Prima, Sudah Sewajarnya Kamu Bekerja Rodi Untuk Masa Tua Yang Nyaman

OFFICE-WORKOUT

 

Bukan tanpa alasan mengapa usia ini mulai disebut usia produktif. Bayangkan coba kapan lagi kamu akan lebih sehat, kuat, dan banyak energi jika tidak di umur-umur ini. Maka dari itu sudah sewajarnya kamu memanfaatkan kekuatan fisikmu sekarang untuk bekerja sekeras mungkin demi menjamin masa tua yang lebih nyaman.

Jadi jangan merasa frustasi ketika beban hidup baik pekerjaan, studi, sampai urusan percintaan tampaknya sangat berat saat ini. Justru bersyukurlah karena kamu sedang berada dalam kondisi terbaik untuk menghadapinya. Jangan malas memaksa dirimu untuk tidak menyerah dan mencoba terus walau badan terasa mau ambruk. Tubuh mudamu masih bisa pulih kembali.

Ingatlah sebaik apapun kamu mengurus diri, tubuh manusia memang dirancang untuk melemah seiring bertambahnya umur. Jadi, haram hukumnya melewatkan masa-masa ini tanpa kerja keras karena sejatinya ke depannya tubuhmu tidak akan lagi memberikanmu kesempatan untuk berkarya semaksimal sekarang.

 

Hidupmu Bukan Perlombaan Dengan Siapapun. Boleh Saja Kamu Termotivasi, Tapi Jangan sampai Merasa Rendah Diri Melihat Kesuksesan Orang Lain

last_sales_mile

 

Setiap orang memiliki jalannya masing-masing. Maka dari itu jangan pernah menganggap hidupmu sebagai perlombaan dengan mematok keberhasilan dan kegagalan orang lain sebagai garis start atau finismu. Dengan mentalitas tersebut, sama saja kamu menggantungkan kebahagiaanmu pada orang lain.

Boleh saja termotivasi dan ingin belajar dari pengalaman orang lain, tapi jangan sampai kamu dengan mudah merasa gagal dan tidak berguna hanya karena gagal mengejar atau menyamai pencapaian orang lain. Carilah jalanmu sendiri menuju aktualisasi diri. Cari tahu apa yang benar-benar membuatmu merasa bahagia. Kemungkinan besar jalan tersebut tidak akan sama dengan cerita sukses orang lain.

 

Dan Jika Kamu Tahu Bahwa Pilihanmu Saat Ini Tidak Membuatmu Bahagia, Bergegaslah Ganti Gigi dan Mengarahkan Jalanmu ke Pilihan Yang Lebih Baik

man-car

 

 

Jangan merasa bersalah atau merasa dirimu plin-plan karena akhir-akhir ini kamu banyak berubah pikiran. Kehidupan sebagai seorang dewasa memang pasti jauh berbeda dari apa yang kamu bayangkan dulu. Maka dari itu tidak aneh jika apa-apa yang dulu kamu yakini banyak bertentangan dengan realita hidup yang kamu hadapi sekarang.

Jangan panik dan terlalu defensif mempertahankan apa yang kamu yakini sebagai idealismemu. Anggap saja gemuruh pertentangan ide di kepalamu itu sebagai kesempatan untuk belajar lebih banyak. Sah-sah saja kalau kamu berganti pemikiran atau bersikeras mempertahankannya. Tapi yang paling penting adalah kamu tidak pernah mau berhenti untuk belajar dan selalu berpikiran terbuka.

Dan ketika hasil pembelajaranmu menunjukkan jalan baru untuk kebahagiaanmu, jangan terus bersikeras dengan jalanmu yang terdahulu hanya karena gengsi atau harga diri. Kehidupan terlalu singkat untuk semua itu.

 

Kamu Sudah Hidup Cukup Lama Menyaksikan Bagaimana Orang Bisa Datang dan Pergi dari Kehidupanmu. Jadi, Hargailah Tiap-Tiap Keberadaan Mereka Yang Mungkin Tidak Selamanya

moving-on-woman-with-luggage-on-a-desert-road-1152x720-wide-wallpapers.net (1)

 

Di umurmu yang sudah kepala dua ini, kamu pasti sudah mengalami berbagai pertemuan dan perpisahan dalam hidup. Dari perpisahan SMA, ospek kuliah, putus-nyambung dengan pacar, sampai ketika mungkin kamu sudah harus mengantar orang terkasihmu ke peristirahatan mereka yang terakhir.

Semua itu seharusnya sudah mengajarimu bahwa dari setiap pertemuan pasti ada perpisahan. Jangan pernah takut dengan perpisahan yang pasti akan terjadi, pastikan saja kamu menghargai waktu yang kalian miliki bersama dengan sebaik-baiknya. Lihat sekelilingmu, pastikan tiap-tiap dari mereka mengerti bagaimana kamu bersyukur dan menghargai keberadaan mereka dalam hidupmu.

Relakanlah mereka yang sudah harus pergi dan sambutlah orang baru dalam hidupmu dengan tangan terbuka. Memang mereka mungkin tidak bisa bersamamu selamanya, tapi segala memori dan  pembelajaran yang mereka tinggalkan dalam hidupmu selalu akan jadi milikmu.

 

Kamu Juga Sudah Harus Mulai Memilih Teman dan Pasangan Hidup Untuk Bisa Berbagi Selamanya Yang Kapan Saja Bisa Berakhir

o-BRIDESMAIDS-GROOMSMEN-facebook

 

Siklus kehidupan memang luar biasa. Orang tuamu mendedikasikan hidupnya untuk membesarkan dan melindungimu hanya untuk kemudian mempersiapkanmu untuk jadi mandiri. Dalam kemandirian itu pun, kamu terus harus belajar untuk saling mempercayai dan mengandalkan orang lain karena sejatinya manusia adalah makhluk sosial. Dan hanya dengan orang-orang yang tepat, kamu bisa membangun kehidupan yang bahagia.

Apalagi kehidupan itu singkat. Jadi bukan lagi waktunya kamu sekedar bersenang-senang menjalani hubungan yang tidak berarti. Biarkanlah ‘selama’ mu yang bahagia bisa dimulai lebih cepat dengan segera menemukan teman dan pasangan hidup yang tepat.

 

Selamanya Hanya Akan Ada Sesingkat Bilangan Umurmu, Jadi Pastikan Kamu Tidak Perlu Menunggu Hari Esok Untuk Merasa Bahagia

Enjoyment - free happy woman enjoying sunset

 

 

Selamanya itu adalah konsep relatif yang sejatinya berbeda-beda bagi tiap orang. Jika Tuhan menghendaki umurmu sampai 100 tahun, maka selamanya bagimu adalah 100 tahun. Tidak ada orang yang tahu kapan ‘selamanya’ bagi mereka akan berakhir. Bisa saja besok, lusa, atau 10 tahun lagi, tapi satu-satunya hal yang pasti adalah selamanya akan berakhir.

Mengetahui hal tersebut, sudah seharusnya kamu mulai memperlakukan hari ini sebagai selamanya. Temukan kebahagiaan-kebahagiaan setiap harinya baik sekecil apapun. Kebahagiaan yang mampu membuatmu mensyukuri hidup bahkan jika hari esok tidak datang sekalipun.

 

 

Jangan merasa nelangsa sendirian dalam persimpangan hidupmu yang sudah berjalan seperempat abad ini. Mereka yang membusungkan dada dan tampaknya baik-baik saja sekalipun pasti juga tidak bisa terlepas dari pergelutan itu. Tidak ada jalan pintas atau jembatan tol untuk melewati persimpangan tersebut. Jadi, ambilah napas panjang dan langkahkanlah kakimu ke depan untuk menyebrang dengan berani. Nikmatilah semua kebingungan, kegalauan, dan perjuanganmu sekarang karena pada waktunya nanti semua akan jadi indah.

sumber

Kategori:revo Tag:, , , , ,

Jika Ingin Sukses di Dunia Usaha, Jauhkan Dirimu dari Mitos-Mitos Ini!

27 Desember 2014 1 komentar

Selama ini, banyak yang mencoba membakar semangat anak muda untuk menjajal dunia usaha dengan gadang-gadang bahwa profesi sebagai wirausahawan lebih nyaman dan menjanjikan dari karyawan. Kamu bisa menjadi bos sendiri alias tak akan ada yang memarahi, bisa bekerja di jam yang terserah kapan saja, tak harus pergi ke kantor karena boleh bekerja di rumah, semuanya bebas dan tergantung maumu — sementara pendapatan pun berlipat-lipat dibandingkan gajimu sekarang sebagai karyawan! Eh, tapi benarkah kenyataan yang sebenarnya seperti itu? Bukankah setiap pekerjaan ada enak dan tak enaknya? Melihat nama profesinya, masihkah kamu percaya bahwa seorang pengusaha bisa ongkang-ongkang saja tanpa pernah berusaha?

Ada banyak mitos tentang dunia usaha yang harus berhenti kamu percaya. Jika kamu terus terbuai dengan mitos-mitos di bawah ini, gawat sekali. Bisa-bisa kesuksesanmu di dunia usaha tertunda!

 

1. “Dengan membuka usaha sendiri kita jadi lebih bebas. Boleh kerja jam berapapun, tak harus repot bangun pagi buat ke kantor.”

Boleh bangun kapan ajaaaa~ Tapi bohong.

Mungkin kamu pernah bersenandika seperti itu. Karena capek dan jenuh harus ngantor dari jam 8 pagi sampai larut malam, akhirnya kamu punya impian berwirausaha. Alasannya, kamu bisa memulai kerja jam berapapun. Padahal kalau itu motivasimu berwirausaha, kamu sedang menggali lubang kuburan sendiri!

Saat bekerja menjadi seorang wirausaha, justru kamu punya tantangan yang lebih besar untuk mendisiplinkan dirimu sendiri. Mungkin kamu nggak harus ngantor jam 8 pagi, tapi bangun siang dan malas-malasan bisa membuatmu kehilangan kesempatan mengembangkan usaha. Bangun pagi, dan tidur tepat waktu adalah kunci kedisiplinan yang bisa membuatmu menjadi orang sukses. 

Dengan disiplin bangun pagi, kamu bisa selalu memulai aktivitasmu dengan mood yang bagus. Banyak orang yang sudah sukses di dunia usaha menyadarinya, sehingga akhirnya membiasakan diri mereka untuk bangun di pagi hari. Bahkan ada lho yang bangun di subuh hari dan tak tidur lagi.

Para pengusaha sukses ini bangun pagi-pagi sekali untuk melakukan kegiatan positif, seperti berolahraga, merancang kegiatan, mencari peluang, dan menyiapkan pekerjaan. Kamu boleh saja bangun jam 10 siang, tapi jangan menyesal jika orang lain sudah mengambil kesempatanmu!

 

2.  “Jadi wirausahawan itu asyik karena nggak harus terikat office hours. Kita bisa kerja kapan saja, tergantung kebutuhannya.”

Seringkali, bisa bekerja kapan saja itu berarti harus bekerja kapan saja.

Sekilas, punya jam kerja yang fleksibel itu memang enak. Kamu bisa bebas melakukan pekerjaanmu kapan saja. Kamu nggak harus berangkat jam 9 dan pulang jam 5. Tapi sebenarnya, jam kerja yang fleksibel nggak selamanya menyenangkan. Cara kerja seperti ini bahkan bisa jauh lebih menantang ketimbang cara kerja karyawan.

Ingatlah ini: saat pekerja kantoran bisa pulang ke rumah di waktu yang telah ditentukan, seorang entrepreneur masih harus berhubungan dengan klien-kliennya kapan saja, termasuk saat weekend, termasuk saat liburan, termasuk dini hari dan larut malam.

Seringkali, bisa bekerja kapan saja itu berartiharus bekerja kapan saja.

Bahkan saat orang-orang bisa pergi berlibur dengan tenang di hari libur, seorang pengusaha masih harus terus mengontrol dan menangani bisnisnya. Jam kerja yang fleksibel bukan berarti kamu bisa bebas menyediakan waktu luang untuk bersenang-senang. Jam kerja yang fleksibel itu justru membuatmu harus siap bekerja kapan saja, jam berapa saja, hari apa saja, bahkan ketika liburan.

3. “Sebagai pemegang jabatan tertinggi, kita bisa menentukan sendiri mau dibawa kemana perusahaan ini. Segala kebijakan perusahaan akan tergantung pada keputusan kita.”

Kamu adalah bosnya

Memang benar, saat kamu bekerja membuka usaha sendiri, otomatis kamu adalah bosnya. Tapi satu hal yang harus kamu ingat: kamu tidak bekerja sendirian. Kamu butuh banyak orang untuk membuat usaha yang kamu jalankan itu sukses. Meskipun kamu berstatus bos, kamu masih punya pegawai, pelanggan, atau klien dan investor yang harus kamu pikirkan. Kamu harus mendengarkan aspirasi serta pendapat-pendapat mereka dan membuat mereka merasa dihargai.

Walau kamu bosnya, kamu tak akan pernah benar-benar bebas bertindak sesuka hatimu. Kesuksesanmu juga bergantung oleh mereka yang bekerja sama denganmu.

 

4. “Bayangkan betapa enaknya kalau bisa nggak kerja di kantor. Rumah sendiri memang selalu lebih nyaman.”

Kerja di rumah lebih santai

Kerja di rumah sendiri adalah keuntungan yang akan kamu dapatkan saat memutuskan untuk berwirausaha. Dengan bekerja di rumah, kamu bisa lebih bebas mengatur pola kerja, spot kerja, hingga cara berpakaianmu.

Tapi kerja di rumah nggak menjamin kamu bisa terbebas dari distraksi lho! Justru sebaliknya, kenyamanan yang ditawarkan oleh rumahmu justru bisa menjadi bumerang buatmu.

Ada banyak gangguan yang bisa menyerangmu ketika bekerja di rumah. Suara televisi yang gaduh, mertua yang tiba-tiba minta bantuan saat kamu sedang bekerja, bahkan hal sesederhana bantal dan tempat tidur. Gangguan-gangguan kecil itu bisa benar-benar membuat pola kerjamu berantakan, mengancam fokus dan moodbekerjamu.

 

 

5. “Kalau gagal, kamu tetap bisa banting setir buka usaha di bidang lain. Cari bidang yang lebih menguntungkan.”

Kamu tak bisa begitu saja pindah haluan!

Secara teori, kamu memang bisa banting setir. Pada nyatanya mengubah haluan bisnis itu nggak segampang membalikkan telapak tangan. Mengubah produk usaha yang kamu jual butuh perhitungan dan kejelian yang baik. Saat kamu mengubah haluan bisnismu, kamu harus memulai dari nol lagi, menarik modal baru dan mengembangkan basis pelanggan. Siapa bilang ini gampang?

Jangan mudah untuk tiba-tiba pindah mencari peruntungan lain jika usahamu mandek di jalan. Pengusaha yang sukses justru bisa berhasil karena ulet dan telaten. Fokus cari dimana kesalahanmu, lalu perbaikilah kesalahan itu. Ya, jika usahamu mandek, bisa jadi kesalahannya ada di strategi bisnismu sendiri — bukan karena bidangnya kurang menguntungkan atau kurang menjual.

 

 

6. “Usahaku akan sukses karena idenya yang baru. Belum ada yang kepikiran membuat usaha seperti ini sama sekali!”

Apakah idemu sebaru dan brilian Facebook?

Ide itu penting, tapi cuma modal ide aja nggak akan cukup membuatmu sukses! Sebagus apapun idemu, seunggul apapun produkmu dari pesaing-pesaingmu, kalau kamu nggak punya strategi marketing yang baik, semua itu bakal melempem nggak bersuara.

Sebagai seorang entrepreneur, kamu nggak cuma dituntut untuk bisa menciptakan ide dan produk yang baik saja, tapi kamu juga harus belajar tentang bagaimana cara memasarkannya. Kamu harus bisa membayangkan bagaimana cara supaya orang-orang bisa tahu, mengenal, kemudian menyukai produkmu. Saat kamu sudah mengambil keputusan mantap untuk jadi pengusaha, kamu harus mau belajar banyak hal. Jangan cuma fokus dengan ide produkmu aja.

 

 

7.  “Kalau harga produk jualanku lebih murah, produkku pasti bakal laris manis!”

Jual murah biar laris

Asumsi ini nggak selalu benar. Pelanggan memang selalu lebih tertarik dengan harga yang lebih terjangkau. Tapi untuk merealisasikan harga yang lebih terjangkau ini, ada beberapa hal yang mesti kamu korbankan. Mungkin produkmu jadi nggak seenak atau seawet produk pesain. Mungkin pembeli atau pelanggan harus puas dengan jumlah produk yang lebih sedikit. Mungkin mereka harus menunggu lebih lama sebelum produk itu sampai ke tangan mereka, karena kamu nggak sanggup membayar biaya pengiriman premium. Seringkali pelanggan akan berkenan, lho, membayar lebih mahal demi mendapat kenyamanan-kenyamanan tertentu.

Jangan lupa juga: jika kamu menjual produk dengan harga miring tanpa mendapat laba yang signifikan, strategi ini sama saja bunuh diri. Kamu nggak ada untung untuk menghidupi diri sendiri, juga nggak punya biaya untuk produksi lagi

Kamu bisa saja menjual produk dengan harga yang murah, tapi jangan sampai menurunkan kualitas produk-produk jualanmu. Mungkin orang akan tertarik dengan harga yang murah, tapi lama-lama orang akan meninggalkanmu karena mereka akan mencari produk yang lebih berkualitas.

Jika kamu tetap ingin menjual produk yang murah tapi  nggak murahan, cari dan eksplor bagaimana cara agar kamu bisa mendapatkannya. Yang terpenting kamu masih bisa mendapatkan keuntungan dari hasil jualanmu, dan nggak pakai nipu pelanggan-pelangganmu!

 

Itulah tadi beberapa kesalahan yang selama ini sering kita percaya tentang menjadi seorang wirausahawan. Setiap pekerjaan pasti punya tantangan dan risiko yang harus dihadapi. Menjadi wirasusahawan itu enak, tapi kamu juga butuh usaha yang keras. Setelah membaca artikel ini, apakah keyakinanmu terjun ke dunia usaha sudah semakin bulat?

sumber

Kategori:revo Tag:, , , ,

Rahasia Keberhasilan Yusaku Maezawa, Pengusaha Muda yang Jadi Miliarder Di Usia 35

Bagi Yusaku Maezawa, pemilik portal belanja fashion paling populer di Jepang, Zozotown – sukses di usia muda bukanlah hal yang mustahil. Meski karir musiknya tak terbilang cemerlang, Maezawa berhasil mencapai sukses dengan cara lain. Menjual produk-produk street fashion, website miliknya meraup pendapatan hingga 290 juta dollar di tahun 2004 dan mengantarkan dirinya masuk jajaran miliarder muda asal Asia.

Nah, bagaimanakah kisah di balik kesuksesan Maezawa? Apa yang dia lakukan hingga akhirnya berhasil membangun bisnisnya sendiri dan mencapai posisinya saat ini? Simak selengkapnya di artikel ini, yuk!

 

 

Pada Awalnya Maezawa Mulai Dengan Menekuni Hobi Bermusiknya. Ia Mendirikan Start Today yang MenjualMerchandise Band-Band Kesukaannya

bisnis berawal dari kesukaannya pada musik

Maezawa mengaku tak pernah bercita-cita jadi pebisnis. Saat duduk di bangku SMA, ia menemukan kesenangan di dunia musik. Bahkan, Maezawa nekad meninggalkan sekolah demi hijrah ke California dan jadi pemain drum untuk sebuah band beraliran punk rock di sana.

Namun, meski akhirnya kembali ke Jepang karena karirnya di band tak cukup cemerlang, Maezawa tetap mantap berkarir di industri musik. Ia pun memilih berbisnis dengan menjual merchandise band seperti kaset, CD, kaos, buku, stiker, dan poster. Rajin membuka lapak di festival musik atau konser, dirinya mengaku selalu bersemangat menjajakan benda-benda yang berkaitan dengan band-band kesukaannya.

“Aku hanya ingin berbagi musik kesukaanku dengan orang lain. Menyusun ribuan daftar CD, mendesain katalog, hingga mengepak dan mengirim pesanan – semua aku lakukan sendiri dengan senang hati karena bisnis yang aku jalani masih berkaitan dengan musik.”

Maezawa pun berhasil membangun bisnis pertamanya, yaitu sebuah perusahaan bernama Start Today yang ketika itu masih berkantor di rumahnya sendiri. Meski masih terhitung bisnis kecil-kecilan, Start Today laris manis melayani pesanan-pesanan dari para penggemar musik. Hingga sekitar tahun 1995, Maezawa mengikuti gembar-gembor kabar kemunculan internet dan mulai aktif belajar koding. Di tahun 1998, ia bisa mempekerjakan 10 orang temannya dan resmi menjalankan Start Today secara online di tahun 2000-an.

 

 

Ide Sesungguhnya Sangat Dekat. Kepekaan Maezawa Atas Penampilan Keren Pegawai Start Today Jadi Pintu Masuknya Ke Bisnis Fashion

punya insting berbisnis dengan melihat sekitar

Insting berbisnis boleh jadi muncul secara alami. Seperti yang dialami Maezawa, dirinya menemukan ide untuk menjalankan bisnis di bidang fashion setelah mengamati para pegawainya yang selalu datang ke kantor dan bekerja dengan dandanan atau penampilan yang keren.

Ya, berbagai jenis baju dan pernak-pernik fashion yang dikenakan pegawai Start Today yang hampir semuanya anak muda memang menarik perhatian. Di kalangan mereka sendiri, saling menanyakan darimana asal baju-baju yang dipakai sudah jadi budaya di lingkungan kantor. Dari sinilah muncul keyakinan Maezawa untuk memanfaatkan peluang berbisnis di industri fashion. Ia pun mulai melakukan riset dengan mengamati sistem bisnis fashion di Jepang.

Industri fashion di Jepang  memang boleh dibilang maju. Distrik Shibuya dipenuhi deretan toko-toko pakaian yang tak pernah sepi pengunjung. Kawasan Harajuku pun selalu ramai anak-anak muda yang wara-wiri dengan berbagai macam gaya busana. Bagi pebisnis seperti Maezawa, kondisi ini jelas membuktikan betapa industri pakaian anak muda di Jepang adalah lahan bisnis yang sangat menjanjikan.

Namun, ekosistem street fashion di Jepang terbilang cukup kompleks. Pasar masih dikuasai pemain-pemain besar yang biasanya akan mengandalkan distribusi melaluidepartement store. Perusahaan retail pun akan lebih memilih bekerja sama dengan merek-merek ternama saja. Padahal, tren fashion terbaru yang sedang booming justru berasal dari butik-butik kecil yang tak mampu menembus departement store.

“Jika tren fashion yang sebenar-benarnya tak bisa sampai ke semua orang, menciptakan sesuatu yang sifatnya virtual adalah solusi. Bukan sekadar toko online seperti Rakuten, tapi website khusus yang menampilkan nilai otentik dari setiap pakaian yang dijual.”

 

 

Sempat Dianggap Sebagai Bisnis Gila, Zozotown Justru Menawarkan Pengalaman Belanja yang Berbeda Pada Pelanggannya

membuat sesuatu yang belum pernah ada

Zozotown dianggap sebagai sebuah inovasi atau wujud dari imajinasi gila. Zozotown adalah toko online yang fokus menjual produk-produk fashion. Di website ini, pembeli bisa melihat bagaimana baju-baju yang dijual memang benar-benar dipakai secara nyata dalam kehidupan sehari-hari, bahkan oleh karyawan Zozo sendiri.

Berbagai merek ditampilkan, mulai dari merek-merek terkenal di Jepang seperti United Arrows dan Beams, hingga produsen-produsen kecil seperti A Bathing Ape. Cukup dengan sekali klik, pembeli bisa melihat-lihat baju yang ingin dibelinya. Perkara ukuran, model, dan warna bisa terlihat atau diperkirakan dengan jelas. Pembeli bisa bertanya pada admin yang siap melayani selama 24 jam atau memeriksa kolom komentar yang terupdate secara real time.

Zozotown muncul sebagai sarana alternatif bagi mereka yang tinggal di daerah pinggiran dan jauh dari Tokyo. Mereka yang juga punya kebutuhan untuk tampil modis tapi tak sempat menyambangi toko-toko baju yang harus dicapai dengan perjalanan sekitar 1-2 jam dari tempat tinggal mereka.

Bahkan, kemunculan Zozotown di tahun 2004 silam dianggap sebagai bentuk perlawanan terhadap budaya belanja di Jepang. Orang-orang Jepang yang terbiasa keluar masuk toko sambil menjajal baju yang akan dibeli dan berinteraksi dengan penjaga toko, kini bisa merasakan sensasi berbelanja yang berbeda. Tanpa interaksi secara langsung, pembeli dapat berbelanja dari mana pun, dimana pun, dan kapan pun secara online.

 

 

Kesuksesan Zozotown Tak Bisa Dilepaskan Dari Keseriusannya Menggarap Pasar Bagi Produk Fashion Lokal yang Masih Jarang Ditemukan di Pasaran

jadi wadah bagi desainer-desainer muda

“Jepang sebenarnya sangat ramah pada industri kecil. Peraturan-peraturan usaha yang diterapkan tak seberapa menyulitkan bagi para pemain baru. Namun, mereka tetap saja kesulitan mendistribusikan produknya. Dan Zozotown ingin membantu mereka.”

Zozotown memadukan model bisnis toko online (Business to Customer) dan Shopping Mall. Selain menampilkan produk sendiri, Zozo juga mendisplay produk-produk dari penjual atau merek-merek yang sudah terverifikasi. Di awal kemunculannya, Zozo menjual puluhan merek dari sekitar 17 toko saja. Namun, saat ini Zozo sudah jadi Megasite yang menampung lebih dari 1600 merek dari 300-an toko fashion.

“Produsen-produsen kecil ibarat detak jantung Zozotown. Pembeli tak akan menemukan merek-merek itu di departement store, tapi mereka bisa mendapatkannya di Zozo.”

Strategi bisnis yang diterapkan Zozo berhasil menjaring lebih dari 4 juta pelanggan sejak tren situs belanja booming di tahun 2004. Sejak itu, pendapatan di Zozo berkembang pesat, yaitu 50% setiap tahunnya. Di Bursa Efek Tokyo, saham Zozo pun nilainya sangat tinggi dan Maezawa memilki lebih dari 53% saham Zozo.

Menurut Takahiro Kazahaya, seorang analis di Deutsche Securities, Zozotown memang berperan luar biasa untuk membantu para supplier-nya. Berkat Zozo, mereka bisa turun ke pasar dengan mudah. Zozo pun membantu supplier untuk mengemas produknya sekaligus mengajarkan tentang bagaimana mempertahankan pelanggan. Zozo dan Start Today juga membantu toko-toko yang ingin berjualan secara mandiri dengan website mereka sendiri.

“Zozo akan menangani semua urusan pembuatan website, dari mulai mendata produk hingga sesi foto. Desain situs yang mereka buat pun sangatstylish sehingga kami bisa berjualan dengan mempertahankan citra dari merek kami. Mereka memang bisa dipercaya.” – Shintaro Aikawa, United Arrows.

 

Apa Sih Pelajaran yang Bisa Kamu Ambil dari Kisah Sukses Yusaku Maezawa?

 

1. Menekuni Hobi Itu Tak Ada Dosanya. Kalau Berhasil, Kamu Bisa Bekerja di Lahan yang Kamu Cinta. Jika Tidak pun Pintu Kesuksesan Bisa Terbuka

sukses bisa datang dengan berbagai cara

Maezawa mungkin harus menelan kecewa ketika ia tak bisa sukses dengan band punk rock milknya. Tapi, kecintaan pada musiklah yang membuatnya berhasil membangun bisnisnya sendiri lewat Start Today. Meski tak jadi penggebuk drum paling terkenal di dunia, atau jadi milliader lantaran kaset dan CD karya-karyanya terjual jutaan kopi, ia cukup bahagia bisa melayani para penyuka musik yang membeli merchandise band favorit mereka.

Ya, kenyataan seringkali tak sesuai dengan harapan. Ketika banyak orang memilih putus asa atau tak lagi mau berusaha setelah merasakan gagal, Maezawa justru melakukan sebaliknya. Ia tetap setia dengan renjananya, pun bersikap realistis dengan memilih menjalankan bisnis. Buah dari ketekunan dan dukungan semestanya, ide bisnis bahkan bisa muncul setelah sekadar mengamati pegawainya.

 

 

2. Selama Masih Muda Kamu Tidak Boleh Terbuai Zona Nyaman. Tantang Dirimu Untuk Terus Melakukan Perubahan

anak muda tak boleh mudah terbuai zona nyaman

Start Today bisa jadi membuat Maezawa berpuas diri. Merasa sudah punya bisnis sendiri dan bisa mengaji pegawai, lalu tak mau memikirkan usaha yang lainnya. Hal ini jelas tak berlaku bagi Maezawa, ia justru terus mengasah kepekaan dan kemampuan berpikirnya hingga berhasil menemukan ide bisnis baru dan membuat Zozotown.

Bahkan, ia tak gentar sekalipun gagal dan berhasil punya kemungkinan yang sama besarnya. Ya, saat memulai dengan Zozo, Maezawa menyadari betapa karya terbarunya akan menciptakan perubahan besar. Mengubah budaya belanja yang sudah melekat dalam diri orang-orang Jepang.

 

 

3. Jenis Bisnismu Boleh Seragam Dengan Pesaing Lain. Tapi Dengan Semangat Jiwa Muda, Bisnismu Bisa Punya “Nyawa”

semangat jiwa muda menjadikan bisnismu berbeda

Maezawa terkenal piawai mengatur pegawai-pegawainya. 300 orang yang dipilihnya untuk menangani Start Today dan Zozotown tak semuanya punya skill, kemampuan, atau pengetahuan tentang bisnis fashion. Namun, sekadar sikap dan cara mereka berpakaian adalah yang membuat Maezawa percaya bahwa orang-orang yang dipilihnya memang tepat.

Ia percaya pada pegawai-pegawainya mengerti seluk-beluk dunia fashion. Mereka yang rajin jalan-jalan di Omotesando di Harajuku dan memamerkan baju-baju serta tatanan rambut yang sedang marak di kalangan anak muda. Poster-poster musisi seperti Kurt Cobain dan Thom Yorke, suara musik dari berbagai aliran, hingga momen menyanyi bersama yang dipimpin oleh Maezawa; berbagai hal yang menjadikan kantor Start Today dan Zozotown selalu terkesan “hidup”.

 

 

4. Sukses Tak Akan Datang dengan Sendirinya, Kamu Harus Meraihnya dengan Perjuangan dan Usaha

sukses butuh perjuangan dan usaha

Bisa jadi miliader di usia 35 tahun bukanlah hal mudah bagi Maezawa. Ia pernah gagal, memilih meninggalkan sekolah dan mengejar ambisi jadi pemain band. Ia pun nekat hijrah ke California meski akhirnya harus kembali pulang ke Jepang karena tak lunas menjemput kesuksesan di sana.

Sebelum akhirnya punya pegawai, ia sudah terbiasa menjalankan bisnisnya sendirian. Bekerja dari rumahnya dan mengurus pesanan-pesanan pelanggan. Maezawa adalah bukti bahwa kesuksesan bisa dimulai dari 0 dan atas kerja kerasmu sendiri.

 

 

5. Bukti dari Kesuksesan yang Sebenarnya Adalah Ketika Kamu Selalu “Ringan” Beramal

kesuksesan = ringan beramal

Start Today adalah perusahaan pertama yang menggelar program bantuan untuk bencana gempa dan tsunami Jepang di tahun 2011 lalu. Menggerakkan setengah dari 1600-an pengecer Zozotown untuk menjual kaos berdesain khusus seharga 25 dollar yang seluruh penghasilannya disumbangkan ke Palang Merah Jepang.

Hasil penjualan ketika itu mencapai 3,7 juta dollar meskipun untuk mengerjakan proyek ini perusahaan juga harus kelimpungan. Pasalnya, gudang barang dan pusat studio foto mereka berlokasi di dekat pusat gempa dan mengalami kerusakan yang cukup parah.

 

 

6. Kesuksesan Bukan Titik Untuk Berhenti. Justru Setelah Berhasil Kamu Harus Makin Gatal Ingin Menciptakan Inovasi

2_going-to-zozotown.tif-50acbd8d87370 (1)

Sukses dengan street fashion ala anak muda, Zozo kemudian menyasar pembeli di usia yang lebih tua. Start Today pun akhirnya memilih bekerja sama dengan Yahoo Jepang dan mendapat tempat eksklusif di halaman pertama situs belanja Yahoo. Salah satu yang jadi keunggulan Zozo adalah kemampuan mereka menangani kebutuhan pembayaran secara online.

Kerja sama dengan Yahoo juga dipilih untuk mengimbangi Zozo yang kuat di perangkat mobile namun sedikit lemah di perangkat komputer. Yasushi Ishii, kepala bidang pengembangan di Yahoo Jepang mengaku senang dengan terjalinnya kerja sama antara Zozo dan Yahoo.

“Mereka tumbuh dengan sangat cepat. Zozo punya pengetahuan yang luas tentang industri fashion dan sudah pasti akan terus menarik lebih banyak pelanggan untuk platform kami.”

Usia muda memang membuat Maezawa tak pernah berhenti membuat inovasi. Ia pun memperluas usahanya ke Hong Kong dan Taiwan. Meski banyak pengamat yang menganggap kesuksesan Start Today dan Zozotown terlalu instan sehingga rentan mengalami kegagalan. Maezawa tetap optimis menjalankan bisninya.

“Saat kegagalan datang kami akan menjadikannya sebagai pelajaran. Tapi, sampai saat ini kami tak pernah gagal. Kami hanya fokus untuk maju dan terus berkembang tanpa membebani diri memikirkan kemungkinan gagal atau berhasil.”    

sumber

9 Pekerjaan yang Memungkinkanmu Sukses Meski Tanpa Gelar Sarjana

Apakah gelar sarjana selalu menjamin bahwa kamu bisa dapat pekerjaan layak? Topik ini memang selalu mengundang perdebatan. Satu kubu percaya bahwa gelar sarjana akan menjamin kesuksesan di dunia kerja, sementara kubu lain percaya kalau kuliah tipis kaitannya dengan pekerjaan yang akan kita dapat nantinya.

Faktanya, ijazah S-1 memang bisa membuka banyak pintu. Tapi tak semua pintu membutuhkan ijazah S-1. Inilah kabar baik buat kamu yang – karena berbagai alasan – tidak punya gelar sarjana. Nyatanya banyak sekali jalan menuju kesuksesan bagimu yang tak mengenyam bangku kuliah.

Jangan salah, pekerjaan-pekerjaan yang tak butuh ijazah S-1 ini bukan profesi sembarangan. Mereka bisa benar-benar menghasilkan uang dan menuntutmu untuk punya kecerdasan. Dengan atau tanpa gelar sarjana, kamu harus tetap bekerja keras. Banyak jalan sukses untuk mereka yang bukan sarjana, namun tak ada tempat bagi mereka yang bisanya cuma malas-malasan saja!

 

1. Menjadi desainer sebenarnya tak butuh gelar sarjana. Punya penghargaan tinggi pada estetika adalah awalan yang sempurna.

Feel itu gak bisa dipelajari

Kuliah desain itu mahal. Selain itu, kamu juga akan dituntut punya penguasaan mendalam di berbagai bidang. Tak cukup belajar menggambar atau merancang saja, kamu pun harus mendalami berbagai teori ilmu komunikasi hingga filsafat seni. Bahkan beberapa kampus mewajibkan mahasiswanya untuk lulus mata kuliah Pancasila atau Kewarganegaraan. Semua ini karena pendidikan ala universitas berorientasi untuk menghasilkan kaum intelektual (scholar), bukan kaum pekerja (worker). Bisa ditebak, tak semua orang cocok dengan model pendidikan ini.

Jadi bersyukurlah karena menjadi desainer, baik desainer grafis, interior, hingga fashion tidak membutuhkan gelar sarjana. Yang lebih kamu butuhkan adalah klien. Nah, supaya bisa mendapatkan klien, kamu tentu perlu mengembangkan namamu sebagai desainer. Karena itu, kamu tetap perlu belajar ilmu perancangan serta beberapa software komputer agar bisa menghasilkan portofolio yang baik.

Ketertarikan dan kecintaan terhadap keindahan adalah awal yang sempurna untuk menjadi seorang perancang. Lalu, perdalamlah ilmumu dengan membaca buku atau rajin membeli majalah-majalah desain. Setiap ada pameran acara desain di kotamu, luangkan waktu untuk mendatanginya; jangan lupa berkenalan dengan penyelenggara dan pengisi pameran agar kamu punya kenalan sesama perancang. Tak perlu belajar semua software yang ada: lebih baik pilih beberapa dan kuasai software-software itu sebaik-baiknya supaya kamu punya kelebihan dibandingkan perancang yang lain. Mau itu Auto Cad, Adobe Photoshop, CorelDraw, Autodesk 3D Studio Mask, kamu bisa belajar lewat tutorial Youtube atau lembaga-lembaga kursus.

Itu baru kiat mempelajari ilmunya. Kamu juga harus mempelajari segi bisnis dari profesi ini. Bagaimanapun, usaha seorang perancang tak akan bertahan tanpa basis klien yang mapan. Untuk mempelajari segi bisnis dari dunia desain kamu bisa melamar magang di berbagai perusahaan. Kamu pun bisa mulai mempraktikkan ilmumu itu dengan menawarkan keahlianmu ke teman-teman dan keluarga. Tak perlu mematok harga mahal; ingat, fokusmu adalah membangun reputasi dan memiliki nama.

Memang banyak yang harus kamu lakukan untuk sukses menjadi desainer. Namun tetap saja, menjadi sarjana bukanlah salah satunya.

 

2. Menjadi penulis juga tak perlu gelar Sarjana Sastra. Yang lebih penting adalah hobi membaca dan kemampuan bercerita.

Dari blog ke buku lalu ke film

Sejak internet merajalela, menjadi penulis tak pernah semudah sekarang. Kini kamu tak lagi harus mengirimkan karyamu ke media-media cetak (dan menggantungkan nasibmu pada selera redaktur) untuk bisa dikenal publik. Dengan mudah kamu bisa menuliskan ceritamu di blog pribadi sendiri, lalu membagikan tulisanmu melalui media sosial.

Tapi ingat, kamu juga harus memiliki strategi agar publik bisa menerima tulisanmu. Bayangkanlah: berapa ribu blog sih yang ada di Indonesia? Dan di antara ratusan ribu blog itu, ada berapa yang terkenal? Yak, tepat sekali, dunia kepenulisan itu bukannya tanpa persaingan. Jika kamu butuh panduan untuk mulai menjadi penulis profesional,Hipwee pernah memberikannya di sini.

Banyak yang bilang bahwa untuk memenangkan persaingan di dunia kepenulisan, yang paling kamu butuhkan adalah bakat. Namun kalau mau lebih teliti lagi, yang paling penting sebenarnya ada dua: hobi membaca dan kecakapan dalam bercerita. Hobi membaca akan mengembangkan pengetahuanmu dan membentuk gaya tulisanmu. Joan Didion yang kerap didaulat sebagai salah satu penulis terbaik Amerika, misalnya, mulai melatih kemampuannya dengan membaca cerpen-cerpen Hemingway dan menuliskannya ulang dengan tangan. Sementara kecakapan dalam bercerita bisa kamu kembangkan dengan melatih kemampuan analogi, metafora, dan logika. Nah, karena hobi membaca dan keahlian bercerita ini mutlak pentingnya, sudahkah kamu memiliki keduanya?

 

3. Mau tahu siapa yang lebih sukses daripada musisi? Produser musik!

Kurang terkenal tapi bisa lebih sukses

Semua orang yang punya bakat di seni musik pasti pernah bermimpi untuk menjadi musisi profesional. Terkenal, jadi sampul majalah, dipuja-puja penggemar, dan mendapat bayaran yang tinggi dari penampilan manggung, jadi musisi yang sukses memang impian. Tapi kamu tahu siapa yang punya kesuksesan lebih besar daripada musisi? Produsernya.

Berbeda dengan para artis yang kerap berkarya berdasarkan genre, produser musik harus memiliki telinga yang bagus untuk segala macam aliran musik. Walaupun kamu punya selera tertentu, kalau mau jadi produser kamu harus tahu selera pasar. Bahkan kalau bisa, kamu yang menciptakan selera pasar!

Produser mungkin gak akan setenar para musisi yang dibesutnya, namun dengan makin banyaknya cara orang menikmati musik (download, streaming, konser dll.) menjadi produser musik adalah pekerjaan yang cocok bagi pecinta musik tanpa gelar sarjana. Yang perlu kamu kembangkan adalah pengetahuan di bidang teknik audio, komposisi, dan tentunya musik, baik lewat pelatihan praktis di lembaga kursus atau bahkan berlatih secara otodidak. Pastikan juga kamu memiliki relasi di industri musik — toh pada nyatanya banyak produser musik yang dulunya adalah musisi.

 

4. Kamu juga tak harus pernah kuliah Fotografi untuk jadi fotografer. Andai harus, orang yang sukses menjadi fotografer tak akan sebanyak sekarang.

Motret pernikahan

Ucapkan selamat tinggal pada jurusan Fotografi jika kamu punya bakat dan ketertarikan alami dalam mengambil gambar. Lagipula, bukankah lebih banyak objek fotografi di luar sana dari pada di dalam kelas-kelas kuliah?

Sekarang, saatnya mengubah hobimu mengambil gambar ini menjadi sumber pemasukan. Tak perlu melamar ke studio atau agensi, kamu bisa menjadi fotografer lepas. Kebanyakan fotografer lepas mendapatkan pekerjaan setelah rajin memamerkan portofolionya pada komunitas maupun teman sesama fotografer.

Tanpa harus bergabung pada satu studio atau agensi, kamu bisa mendirikan studio sendiri atau membuat brand sendiri yang menawarkan jasa fotografi yang selalu dibutuhkan masyarakat seperti pre-wedding, pernikahan, event musik sambil tetap berkarya pada passion-mu yang lain, entah itu landscape, fashion, atau jurnalistik. Dengan teknologi olah gambar digital yang terus berkembang kamu bisa membuat foto dengan warna dan persfektif menarik, sehingga pelanggan setiamu akan rela merekomendasikan jasamu pada orang lain.

 

5. Jadi master di bidang SEO akan membuka jalanmu berkarir di dunia IT.

SEO specialist

Internet kini sudah dijejali oleh jutaan situs web. Jadi bagaimana situs web yang satu bisa bersaing dengan yang lainnya untuk meraup pembaca? Salah satu strategi yang biasa dipakai adalah SEO, alias search engine optimization.

Tugas seorang ahli SEO adalah membuat situsnya tampil di barisan paling awal hasil pencarian saat seorang pengguna internet memasukkan kata kunci-kata kunci tertentu di Google, Bing, atau mesin pencari lain. Untuk meraih hasil maksimal, seorang ahli SEO harus meriset kata kunci, melakukan analisis, dan membuat berbagai tautan. Punya skill SEO akan memudahkan kamu untuk masuk ke dalam dunia IT. Sebagai pemula, kamu harus pelajari dasar-dasar SEO dulu. Jika sudah menguasainya, karir kamu di dunia IT pun akan langgeng, sepanjang orang-orang masih bergantung pada mesin pencari untuk menemukan dating tips hingga resep bubur buat sarapan.

 

6. Pekerjaan lain yang berprospek cerah di dunia IT adalah web developer. Kamu tak harus kuliah di jurusan Teknik Informatika dulu, kok.

Coding for living

Menurut Forbes, pekerjaan sebagai pengembang web, pengembang software/game, dan programmer akan menghasilkan gaji yang terus meningkat bagi pelakunya setiap tahun seiring meningkatnya kebutuhan manusia akan internet. Kebutuhan industri untuk pekerjaan-pekerjaan ini diperkirakan akan terus berkembang hingga 2022. Jadi apa yang diperlukan untuk meraih karir di bidang yang akan bertahan lama dan cerah ini? Kemauan belajar coding alias menulis kode.

Nyatanya, kamu gak memerlukan ijazah dari jurusan teknik informatika untuk menulis kode, yang kamu butuhkan ialah kejelian dan kegigihan belajar coding secara online. Ya, online berarti gratis, gak perlu bayar — kecuali bayar tagihan internet. Pelajari dasar-dasar menulis kode seperti yang sudah Hipwee bahas sebelumnya di sini.

 

7. Bila kamu memiliki keahlian bercerita tapi tak berenjana menulis kata, jadilah video blogger saja

PewDiePie

Video blogger atau vlogger adalah artis YouTube. Artis yang bukan sembarang artis — bukan seperti Sinta dan Jojo yang melesat seperti meteor kemudian menghilang. Vlogger adalah para pengguna YouTube yang menggunakan video sebagai media untuk nge-blog. Mungkin mereka gak begitu hobi bercerita dengan kata-kata. Mungkin juga mereka lebih tertarik memvisualisasikan ceritanya. Akhirnya, mereka lebih memilih berbagi tips, pengalaman, curhat, dan tutorial di depan kamera.

Menariknya mereka bisa kaya raya dari iklan yang masuk ke kanal YouTube-nya. Dan kamu bisa meniru cara kesuksesan mereka dengan membagikan konten kreatif, informatif, lucu dan seru di YouTube. Bangun sendiri audiensmu seperti PewDiePie yang digemari para gamer, Michelle Phan yang punya audiens pecinta make-up, dan EvanTubeHD yang digandrungi pecinta mainan. Tertarik? Karena tak ada jurusan kuliah untuk menjadi vlogger, kamu bisa mempelajari rahasia sukses mereka di sini.

 

8. S-1 atau nggak, kamu juga bisa jadi gamerprofesional. Masih belum ada ‘kan jurusan kuliahGaming di universitas manapun?

Ian Wyatt for Red Bull. Jadi bintang iklan coy

Gak ada yang mengharuskan kamu untuk kuliah di jurusan Gaming untuk bisa menjadi gamer profesional. PewDiePie, misalnya. Gara-gara hobinya nge-game, tahun lalu dia bisa meraih 4 juta dolar dari iklan dan berbagai endorsement yang dilakoninya. Selain jadi vlogger game, kamu bisa jadi gamer profesional yang berkompetisi di turnamen, baik secara individu maupun kelompok. Gak membutuhkan gelar sarjana, hanya membutuhkan dedikasi berjam-jam di depan layar dan pacar yang sabar.

 

9. Pada akhirnya, semua orang bisa menghasilkan kesuksesan finansial dengan berwirausaha

Jadi pengusaha

Pekerjaan ini gak butuh kuliah, apalagi ijazah. Selama kamu punya ide, berani mematangkannya menjadi konsep, telaten menjadikannya sebagai produk dan ulet dalam memasarkannya, kamu bisa menjadi seorang pengusaha. Kesuksesan dan uang akan datang bila kamu gigih dan tak cepat gulung tikar. Mau tahu sifat-sifat apa saja yang kamu perlukan untuk menjadi usahawan muda yang sukses? Sontek di sini.

Sudah banyak kok mereka yang akhirnya sukses menekuni bidang usaha meski tak sarjana. Ada Bob Sadino, ada juga Bu Susi Pudjiastuti yang sekarang jadi menteri. Kamu bisa lihat sendiri, bukan? Tak ada alasan lagi bagimu untuk menyerah, mengutuk nasib, atau menganggap masa depanmu tak bakal cerah cuma karena kamu tak punya titel sarjana. Tak ada lagi alasan bermalas-malasan hanya karena kamu tak menempuh S-1.

Nasibmu ada di tangan sendiri, bukan di tangan perguruan tinggi.

 

Tanpa merendahkan mereka yang sudah lelah-lelah mengambil kuliah dan meraih gelar sarjana, kamu yang tidak kuliah pun punya peluang untuk menjadi sukses. Tunggu apalagi? Mulai rintis kesuksesanmu dari sekarang!

sumber

%d blogger menyukai ini: