Beranda > revo > Hal-hal yang Diajarkan Ibu saat Kecil dan Berguna Sampai Sekarang

Hal-hal yang Diajarkan Ibu saat Kecil dan Berguna Sampai Sekarang

Ibu adalah segalanya. Tak ada kata yang tepat untuk menggambarkan betapa berartinya ibu di hati kita. Bahkan sepertinya kata sempurna juga masih belum cukup untuk malaikat tak bersayap yang berhati tulus ini. Iya, tulus…ibu memberikan apapun yang kita butuhkan di dunia ini. Ibu juga mengajarkan banyak hal pada kita. Dari seorang ibu, kita bisa mengerti banyak hal dan menerapkannya sebagai kebiasaan baik sampai sekarang. Apa saja sih hal-hal yang ibu ajarkan sewaktu kita kecil dan masih kita ingat sampai sekarang? Yuk, bareng-bareng bernostalgia dengan masa kecil kita!

Berjalan

Ibu mengajari kita bagaimana caranya berdiri dan perlahan-lahan mulai melangkah. Mungkin kita lupa bagaimana dulu awal mulanya kita bisa berjalan. Sekarang kita bisa berjalan hingga berlari semua karena dulu ibu dengan sabar mengajari kita.

Mengayuh sepeda

Kesabaran ibu kembali terlihat saat mengajari kita mengayuh sepeda. Lelah dan pegal tidak dirasakan, demi kita yang tersenyum senang karena berhasil mengayuh sepeda.

Membaca dan menulis

Jauh sebelum guru kita di sekolah mengajari kita membaca dan menulis, ibu sudah melakukannya. Ibu dengan sabar ada di dekat kita, mengajari kita cara menulis dan membaca lalu melihat tulisan kita dan mendengarkan suara kita membaca.

Pakai tangan kanan ya!

Sering kan kita dengar seorang ibu berkata pada anaknya untuk memakai tangan kanan? Mau waktu makan, menerima pemberian orang lain, berjabat tangan, atau ketika berbagi. Semua ini merupakan usaha ibu untuk membiasakan kita melakukan aktivitas dengan tangan kanan karena dianggap lebih sopan.

Ucapkan terima kasih

Waktu kecil, siapa yang masih ingat kalau dikasih sesuatu pasti ibu langsung menyuruh kita untuk bilang terima kasih. Ini adalah usaha ibu untuk membiasakan kita menghargai pemberian atau pertolongan orang lain.

Makan sambil duduk

Ibu mengajarkan kita sopan santun sejak kita masih kecil. Salah satunya ya ini, dengan membiasakan kita untuk makan di meja makan, bukannya sambil berdiri di depan TV atau malah lari-larian di halaman.

Agama

Ibu membawa kita lebih dekat dengan Tuhan. Ibu mengenalkan kita pada agama yang kita percaya. Coba kalau ibu tidak mengajarkan agama, mungkin sampai dewasa kita menjadi orang yang tidak percaya kepada Tuhan.

Sikat gigi sebelum tidur

Kebiasaan menjaga kesehatan juga diajarkan oleh ibu supaya kita jadi anak yang sehat sampai dewasa nanti. Ya ini salah satunya, dengan membiasakan kita untuk sikat gigi sebelum tidur yang biasanya dilengkapi juga dengan cuci kaki dan tangan.

Cuci tangan sebelum makan

Ini nih bentuk perhatian ibu kepada kita supaya kita terbiasa hidup bersih dan sehat. Iya, dengan mencuci tangan setiap kali mau makan.

Berbagi dengan teman

Sampai sekarang, rasanya berbagi dengan teman itu hal yang menyenangkan ya guys? Untung saja dulu ibu kita membiasakan kita untuk berbagi. Masih ingat nggak, ibu sering bilang ‘ayo temennya dibagi’. Pizna jadi kangen masa-masa itu, deh!

Menabung

Dulu ibu mengajarkan kita untuk tidak menghabiskan uang saku buat jajan siomay atau beli es teh. Ibu mengajari kita untuk nabung, pakai celengan ayam atau celengan bentuk tabung yang warna-warni. Sampai sekarang, walaupun tidak semua, masih ada kok yang punya kebiasaan ini.

Berpakaian

Nah lho, kalau ibu nggak mengajari kita cara berpakaian sejak kecil mana bisa kita tampil stylish dan rapi seperti sekarang ini. Dulu dengan sabar ibu memakaikan baju kita dan membiarkan kita mencoba sendiri untuk mengancingkan baju atau memakai ikat pinggang.

Berbicara

Ibu mengajari kita berkenalan dengan kata lalu mengucapkannya perlahan-lahan. Seandainya ibu tidak sabar mengajari kita mengucap kata ya mungkin sampai sekarang kita tidak bisa bicara.

Berhitung

Sebelum mengenal angka di sekolah, kita sudah lebih dulu diajari berhitung oleh ibu. Mulai dengan cara yang sederhana seperti menghitung permen yang kita punya sampai menghitung jumlah kepingan lego milik kita.


Makanannya dihabiskan ya

Ibu mengajari kita untuk menghargai makanan. Mulai dari mengajari kita cara makan yang benar sampai mengingatkan kita untuk menghabiskan makanan di piring kita supaya tidak membuang-buang makanan.


Bangun pagi

Siapa sih yang membiasakan kita bangun pagi? Ibu melakukannya sejak kita masih kecil. Ibu mencoba berbagai cara untuk membuat kita terbiasa bangun pagi. Salah satunya dengan mengajak kita memilih jam weker dengan bentuk favorit kita.

Sssttt…itu nggak sopan

Ibu berusaha membentuk kita menjadi pribadi yang sopan. Setiap ada hal-hal kecil yang dianggap tidak sopan, ibu pasti akan mengingatkan.

Menggunakan toilet

Kalau tidak ada yang mengajari, mana mungkin kita secara ajaib bisa menggunakan toilet dengan benar. Ibu dengan sabar membiasakan kita untuk hidup bersih salah satunya ya ini dengan memakai toilet.


Merawat hewan peliharaan

‘Kucingnya dikasih makan ya!’ atau ‘anjingnya diajak jalan-jalan dulu sana!’. Kalimat seperti itu mungkin sering kita dengar waktu kecil. Ibu membuat kita menyayangi dan merawat hewan peliharaan dengan baik.

Jujur

Entah kenapa sekarang banyak orang yang suka bohong, kamu termasuk nggak? Padahal semua ibu pasti mengajari anak mereka untuk jujur, termasuk kita-kita ini.

Maaf memaafkan

Nah ini salah satu ilmu yang ibu ajarkan dan sampai sekarang masih teringat jelas. Ibu mengajarkan kita untuk meminta maaf kalau kita salah dan mau memaafkan kalau kita disakiti orang.

Adelina Mayang 

sumber
Kategori:revo Tag:, , ,
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: