Beranda > revo > 10 Lahan Basah Terpenting

10 Lahan Basah Terpenting

Lahan basah yang dimaksud disini adalah sebuah perairan yang terletak dekat dengan daratan. Tentu saja, lahan basah dapat menjadi tempat hidup bagi makhluk hidup yang tinggal di darat, didalam air, maupun keduanya. Ini adalah daftar 10 lahan basah yang paling penting di dunia dan masih jarang dijamah oleh manusia.

1. Pantanal

Disini, kamu dapat menemukan berbagai spesies hewan didarat maupun disekitar sungai. Terletak disepanjang Brazil Barat, Bolivia, dan Paraguay, tempat ini memastikan sebuah pemandangan atau kehidupan alam yang tak dapat ditemukan ditempat lain.

2. Sundarbans

Sundarbans adalah sebuah tempat untuk hutan mangrove yang terbesar didunia, tersebari mulai dari Bangladesh sampai Bengal Barat di India. Sundarban dalam arti bahasa Indonesia adalah hutan cantik. Uniknya, kamu bisa menemukan macan-macan yang berenang diantara hutan mangrove tersebut, sambil mengunci mangsa mereka yaitu rusa hutan serta manusia jika berkeliaran di daerah tersebut.

3. Okavango Delta

Ini adalah sebuah perairan darat yang terbesar didunia, terbentuk dari sungai Okavango yang mengering. Terdapat aneka spesies seperti jerapah, buaya, gajah, kudanil, singa, cheetah, zebra, dan lain sebagainya disini. Ditemukan kurang lebih 200,000 hewan mamalia besar disekitar delta tersebut.

4. Everglades

Ini adalah sebuah lahan basah berupa sungai yang dipenuhi oleh rumput yang terletak di Florida. Pada saat musim panas atau kering, sungai ini tidak begitu dalam. Tempat ini adalah sebuah tempat tinggal bagi lebih dari 20 jenis burung dan ratusan spesies hewan lainnya.

5. Kerala Backwaters

Tempat ini menghubungkan 5 danau besar melalui kanal, ada kanal yang dibuat oleh manusia dan ada juga yang alami. Terletak di India Selatan, tempat tersebut adalah sebuah tempat tinggal bagi berbagai jenis hewan air seperti kura-kura, katak, kepiting, dan lainnya. Ada sebuah tur dengan kapal boat yang dapat kamu nikmati selama disini.

6. Kakadu Wetlands

Berlokasi di area Australia Utara, Taman Nasional ini luasnya hampir setengah dari Pulau New Zealand. Aneka spesies hewan bisa ditemukan disini dan kamu akan benar-benar merasa seperti di alam yang jauh dari gedung-gedung tinggi dan suasana kota yang begitu bising.

7. Mekong Delta

Terletak di Vietnam, Delta Mekong ini dipenuhi oleh sawah yang menghasilkan padi, yang merupakan mata pencaharian utama bagi penduduk disana. Desa-desa di area Mekong juga lebih mudah diakses melalui perairan daripada melalui darat.

8. iSimangaliso

Tidak hanya lahan basah, tempat ini juga terkenal untuk pantai serta terumbu karangnya. Di lahan ini kamu dapat menemukan gajah, badak dan jika di laut akan terdapat ikan paus, lumba-lumba, dan juga kura-kura.

9. Taman Nasional Wasur

Nah, tempat yang satu ini berlokasi di Indonesia, tepatnya di Papua Nugini. Terdapat aneka spesies hewan serta burung langka di wilayah tersebut. Tempat terbaik untuk mengawasi kehidupan alam yang ada disini adalah di Danau Rawa Biru.

10. Camargue

Ini adalah salah satu tempat terbaik di Eropa untuk melihat burung di udara. Kamu dapat melihat burung flamigo berterbangan dari jarak yang cukup dekat.
[Megan Faustine]  
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: