Beranda > revo > 7 Makanan / Minuman yang Menjadikan Tidurmu Lebih Berkualitas

7 Makanan / Minuman yang Menjadikan Tidurmu Lebih Berkualitas

1. Susu
Susu memiliki kandungan kalsium yang tidak hanya membantu otot-otot menjadi lebih rileks, namun juga mengatur produksi melatonin tubuhmu. Susu juga mengandung amino acid tryptophan, yang merupakan perangsang produksi serotonin, hormon yang membuat rileks dan perasaan tenang. Nikmati segelas susu hangat sebelum tidur, atau minum segelas ketika kamu terbangun pada malam hari.
2. Ceri
Ceri, terutama ceri tart yang digunakan untuk memanggang kue pai, mengandung melatonin, hormon yang akan membantumu tidur nyenyak. Untuk mendapatkan manfaatnya, makan ceri satu atau dua jam sebelum tidur, atau minum secangkir jus ceri dua kali sehari.
3. Kacang Almond
Almond merupakan sumber yang kaya akan magnesium, yang mana akan membuatmu rileks, serta protein yang akan menjaga kadar gula darahmu. Selain itu, makan almond setiap hari dapat menurunkan kadar kolestrol jahat, meningkatkan kinerja otak, dan memperkuat tulangmu.
4. Selada
Selada, terutama selada romaine, berisi phytonutrient yang disebut lactucarium, yang katanya bisa membantumu cepat tidur, mengurangi rasa sakit, dan meningkatkan relaksasi. Jika mengunyah salad sebelum tidur sepertinya kurang greget, kamu bisa menyeduh teh selada dengan menuangkan air panas di atas daun romaine, kemudian dibiarkan selama sepuluh menit sebelum menambahkan madu biar agak manis.
5. Keju
Seperti semua produk susu, keju mengandung kalsium, yang membantu menghilangkan stres dan mengendurkan otot sekaligus mengatur produksi melatonin. Dengan begitu banyaknya jenis keju yang bisa dipilih, kamu menikmati berbagai keju yang berbeda jenis berbeda setiap malam.
6. Pisang
Manis, murah, dan disukai oleh hampir semua orang. Pisang mengandung magnesium dan kalium; dua mineral yang membantu mengendurkan otot tubuhmu dan membantumu cepat tidur. Plus, pisang merupakan sumber tryptophan. Makanlah buah pisang satu atau dua jam sebelum tidur.
7. Madu
Gula madu sedikit meningkatkan insulin, sehingga tryptophan lebih mudah masuk ke otak di mana khasiatnya bekerja dalam membantumu tidur nyenyak. Cukup satu sendok makan madu mentah sebelum tidur, sebaiknya pada saat perut kosong. Jika menurutmu terlalu manis, aduk madu dalam secangkir teh chamomile.
Penulis: Esmeraldah Prasetya   
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: