Beranda > revo > 10 Kebiasaan Sederhana yang Sesungguhnya Bisa Membuatmu Jadi Kaya

10 Kebiasaan Sederhana yang Sesungguhnya Bisa Membuatmu Jadi Kaya

Katanya sih, selalu ada jalan bagi mereka yang ingin sukses dalam hidup. Niat untuk menjadi pribadi yang lebih baik memang akan cenderung dimudahkan dan dibukakan pintunya. Apakah kamu salah satu orang yang ingin mengubah nasib, mau mencoba bagaimana caranya jadi orang sukses?

Percaya atau tidak, orang-orang terkaya di dunia versi masalah Forbes 2013 punya kebiasaan sederhana yang selalu mereka lakukan saban hari. Kebiasaan ini jadi kunci berhasilnya mereka dalam semua lini kehidupan. Hal yang mereka lakukan sangat sederhana, dan kamu pun pasti bisa mengikutinya. Penasaran ‘kan, apa saja yang selalu mereka lakukan?

 

 

1. 70% Orang Sukses Selalu Berusaha Makan Hidangan Berkalori Rendah

Makanan sehat

Ternyata makanan yang kamu konsumsi dapat mempengaruhi kinerjamu sepanjang hari. 70% orang kaya mengkonsumsi kurang dari 300 kalori yang mereka dapatkan dari makanan cepat saji. Sementara, 97% orang yang miskin justru mengkonsumsi lebih dari 300 kalori dari hidangan junk food tersebut. Kasarnya nih ya, orang kaya memilih makan pecel. Sementara orang miskin justru memilih beli burger.

Kandungan gula dan lemak dalam makanan cepat saji memang akan membuatmu cepat kenyang, namun juga mudah mengantuk di saat bersamaan. Ya gimana bisa kerja maksimal  kan kalau sedikit-sedikit ngantuk? Kalau alasanmu karena kurang waktu atau harga makanan cepat saji lebih murah, itu jelas nggak banget. Masih banyak makanan sehat yang bisa kamu pilih di sekitarmu, dibanding meracuni dirimu dengan berbagai jenis makanan instan yang gak ada sehatnya itu.

 

 

2. Mereka yang Sukses Taat aturan. Apa yang Sudah Direncanakan Akan Berusaha Dilakukan

Daftar kegiatan seharian

Orang-orang sukses terbiasa disiplin dengan diri dan waktu mereka. Karena itulah mereka akrab dengan jadwal dan agenda kegiatan. 81% orang kaya mengetahui dengan jelas bagaimana mereka akan mengalokasikan waktu mereka di hari itu. Hanya 19% orang miskin yang punya kebiasaan ini.

Membuat jadwal kegiatan membuat orang-orang kaya selalu tahu 3 hal penting:

  • Mereka bisa membuat alokasi waktu yang seimbang bagi seluruh kegiatan
  • Membuat mereka selalu ingat pada pencapaian jangka pendek dan jangka panjang yang harus dikejar
  • Daftar pekerjaan ini mencegah mereka untuk menunda dan mengulur waktu

So, tunggu apalagi? Biasakanlah dirimu menuliskan apa saja yang perlu kamu selesaikan hari itu secara sistematis.

 

 

3. 80% Orang Sukses Fokus Pada 1 Pekerjaan Sebelum Pindah Ke Tugas Lain

Cuma fokus ke satu tujuan

Semangat untuk sukses kadang membuat kita berapi-api. Dampaknya, kita jadi punya banyak sekali ide yang ingin direalisasikan. Motivasi untuk terus berkembang ini tentunya oke banget, tapi membagi fokusmu ke beberapa hal besar sekaligus kadang tidak semudah membalikkan telapak tangan.

80% orang kaya memiliki kebiasaan untuk selalu meletakkan fokus mereka ke satu tujuan. Mereka benar-benar meluangkan seluruh tenaga mereka untuk mencapai hal itu, sebelum kemudian beralih ke tujuan lain. Hanya 12% orang miskin yang punya kebiasaan ini. Cobalah untuk mulai membiasakan dirimu fokus pada satu hal yang benar-benar ingin kamu capai, sebelum berusaha mengejar pencapaian yang lain.

 

 

4. Mereka Terbiasa Memvisualisasikan Pencapaian. Semua Rencana Dituliskan, Tidak Hanya Dibayangkan

Mulai sekarang, tuliskan impianmu

Seandainya kamu punya impian untuk jadi pelukis sukses, apa yang akan kamu lakukan? Menggambar dan berlatih di depan kanvas setiap saat? Yeah, tentunya itu akan meningkatkan kemampuanmu. Namun, selain rajin berlatih ternyata orang-orang sukses punya kebiasaan lain dalam mempersiapkan keberhasilan mereka. Berbeda dari orang kebanyakan, mereka selalu menuliskan semua impian dan tujuan dengan jelas.

Menuliskan hal yang ingin kamu capai akan memberimu banyak keuntungan. Dengan menuliskan tujuanmu kamu akan punya gambaran yang lebih jelas, mengenai langkah yang harus kamu tempuh untuk mencapainya. Membuat daftar pencapaian juga memberimu tabel waktu yang tepat. Kamu tahu kapan harus melakukan hal A, B, dan C.

Bahkan telah ada penelitian yang membuktikan bahwa ada hubungan antara kesuksesan dengan kebiasaan ini. Orang-orang yang memiliki impian dan menuliskannya, mampu menghasilkan uang 10 kali lipat lebih banyak dari mereka yang tidak. 

 

 

5. Orang-orang Kaya Terbiasa Membaca Minimal 30 Menit Setiap Harinya

Membaca di waktu luang

Mereka yang sukses memanfaatkan waktu luang mereka dengan membaca. Tujuannya bisa bermacam-macam. Mulai dari ingin menambah ilmu, bacaan itu terkait dengan pekerjaan atau sekadar mengisi waktu. Hanya 5% orang miskin yang memanfaatkan waktu kosong di perjalanan mereka dengan membaca. Sementara ada tidak kurang dari 63% orang-orang sukses yang memiliki kebiasaan ini.

Mulai sekarang, daripada bengong gak jelas saat menunggu lebih baik keluarkan bukumu. Kalau masih gak bisa lepas dari gadget, kan ada opsi untuk membaca e-book bukan? Manfaatkan otakmu dengan bacaan yang berkualitas. Bukan sekadarscrolling timeline Twitter dan Path aja.

 

 

6. 76% Orang Sukses Menyisihkan Waktu 4 Kali Seminggu Untuk Berolahraga

Menyempatkan waktu untuk olah raga

Walau mereka sibuk dan punya banyak kegiatan, ternyata orang-orang sukses bisa mengatur waktu demi kesehatan. Buktinya mereka masih menyempatkan waktu untuk berolahraga. Bahkan, di artikel “Kebiasaan Aneh Orang-Orang Sukses” yang pernah Hipwee tulis, pendiri Blogger dan Twitter justru memanfaatkan waktu di tengah hari untuk ke gym dan berolahraga. Masih punya alasan gak punya waktu untuk olah raga?

 

 

7. 67% Orang Sukses Amat Jarang Menonton Televisi

Jarang menonton TV

Kebiasaan berlama-lama menonton televisi bisa jadi bumerang bagi produktivitasmu. 67% orang sukses memiliki kebiasaan untuk menonton televisi 1 jam lebih sebentar daripada mereka yang penghasilannya lebih rendah. Cuma 23% orang miskin yang punya kesadaran untuk mengurangi kebiasaan nonton TV mereka.

Mereka memahami bahwa waktu yang dihabiskan untuk memandangi drama di layar kaca lebih baik dimanfaatkan demi hal lain. Kamu juga bisa mulai melakukan hal ini mulai sekarang. Kurangi nonton TV, belajar dan bekerja lebih lama.

 

 

8. 80% Pribadi Sukses Adalah Mereka yang Meluangkan Waktu Untuk Orang-Orang Terdekat

Obama saja mengucapkan selamat ulang tahun ke prajurit penjaga perbatasan

Selain kemampuan dan kepintaran, empati sosial juga sangat diperlukan kalau kamu mau sukses. 80% orang yang sekarang sudah bergelimang uang punya kebiasaan untuk mengingat tanggal ulang tahun orang-orang yang penting bagi mereka. Dan mengucapkan selamat ulang tahun tentunya. Ironisnya, cuma 11% orang dengan penghasilan rendah yang memahami pentingnya hal ini.

Mengucapkan selamat di hari bahagia seseorang nggak akan ada ruginya buat kamu. Di masa depan, kamu nggak akan pernah tahu bagaimana orang lain bisa mempengaruhi perubahan karirmu. Jadi jangan pelit pulsa untuk sekadar mengucapkan selamat ulang tahun ke mereka yang kamu sayangi, ya!

 

 

9. Tidak Ada Kata Bangun Kesiangan. Mereka yang Sukses Bahkan Selalu Bangun 3 Jam Lebih Awal

Selalu bangun lebih awal

Orang-orang sukses mempersiapkan diri mereka dengan baik sebelum memulai rutinitas. Mereka tidak ingin terburu-buru, sampai ke tempat kegiatan dengan tidak tenang. Waktu diawal hari mereka gunakan untuk menyelesaikan kewajiban domestik sehingga fokus mereka tidak bergeser ditengah melakukan pekerjaan.

Bangun lebih awal membuat seseorang “selesai dengan diri mereka sendiri”terlebih dulu, kemudian memberikan waktu dan pikiran mereka ke kewajiban profesional yang ada di depan mata. Ini juga jadi bukti bagaimana orang-orang sukses mampu mengatur waktu. Sehingga bisa beristirahat dengan maksimal.

 

 

10. Hanya 6% Orang Kaya Punya Kebiasaan Bicara Tanpa Berpikir Panjang

Tahu batas privat dan publik di media sosial

Bukan berarti orang-orang kaya munafik dan nggak terbuka atas perasaan mereka. Tapi mereka memahami bahwa beberapa hal butuh dicerna dulu sebelum diartikulasikan. Mereka nggak meledak-ledak dan asal nyablak. Terkadang perkataan yang keluar saat sedang emosi justru bisa menghancurkan.

Sementara 69% orang miskin justru lebih mudah mengungkapkan apa yang mereka rasakan saat itu juga. Walau lebih terkesan terbuka, tapi ketidak hati-hatian dalam berbicara ternyata berpengaruh ke kesuksesanmu.

Orang-orang sukses juga tidak terbiasa mengungkapkan apa yang mereka rasakan secara berlebihan di jejaring sosial. Cukup yang perlu dibagi ke khalayak ramai saja yang diungkapkan, yang personal ya simpan sendiri.

 

Setelah tahu 10 hal sederhana yang biasa dilakukan oleh orang-orang sukses, apa kamu jadi tertarik untuk mencoba mengikuti kebiasaan mereka? Semoga berhasil dan segera sukses, ya!

sumber

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: