Arsip

Archive for 10 Desember 2014

Bus dari Donasi Diubah Menjadi Pasar Keliling yang Menjual Makanan Sehat

10 Desember 2014 1 komentar

Kebanyakan truk makanan old-school dikenal dengan makanan penyumbat arterinya, namun truk baru ini justru menjual hal yang menyehatkan. Kendaraan yang tampak cerdas ini telah diubah menjadi pasar keliling dengan barang dagangan berupa pilihan makanan sehat untuk lingkungan yang kurang terlayani yang mana pilihan bahan makanan yang baik seringkali sulit diperoleh. Inilah bus yang disebutMobile Good Food Market.
Desain truk dilengkapi dengan tenda pelindung dan rak lipat aluminium yang bisa dengan cepat disimpan di dalam truk. Rak yang menumpuk tinggi berisi apel, jeruk, bayam, brokoli dan bahan makanan lezat lainnya di kantong plastik, dengan harga murah. Interior bus dapat dilewati kursi roda, dan apabila cuaca buruk mengancam, belanja bisa dilakukan dari dalam juga.

12 Sajian Kuliner Indonesia Tak Biasa yang Patut Kamu Coba

10 Desember 2014 1 komentar

Wilayah yang luas membuat Indonesia kaya dengan keanekaragaman etnis, tradisi, dan budaya. Sajian kulinernya pun penuh cita rasa berwarna dan menggugah selera. Tapi lebih dari itu, beberapa sajian di antaranya justru aneh, ekstrem, dan gak biasa. Yang jelas, menu kuliner ini bakal bikin kamu mengerutkan dahi, namun sekaligus penasaran untuk mencicipinya. Sajian kuliner apa sajakah itu? Yuk, simak sama-sama!

 

1. Rujak Cingur — rujak yang diberi potongan moncong sapi

Rujak cingur

Lho, memang apa anehnya dengan rujak cingur? Makanan khas Surabaya ini memang sudah terkenal sampai ke mana-mana. Tapi kamu tahu gak sih apa yang bikin rujak cingur itu isimewa? Sepintas memang gak ada bedanya dengan rujak umumnya, apalagi jika sudah dibumbui bumbu petis. Tapi di sana ada bahan yang unik dan gak biasa, yaitu cingur alias moncong sapi.

Kalau sudah dicampur dengan rujak, cingur ini memang nikmat karena sudah berupa irisan kecil yang terasa kenyal. Tapi kalau kamu lihat versi utuhnya, agak geli gimana gitu, mengingatkan kita sama hidungnya Gu Moong, siluman kerbau di serial Kera Sakti.

 

 

2. Botok Tawon — bukan dari kelapa, tapi dari tawon

Botok tawon

Masih di Jawa Timur, ada satu lagi menu kuliner aneh yang wajib kamu cicipi. Kalo biasanya botok dibuat dari bungkil kelapa yang dibungkus pincukan daun pisang, botok yang satu ini terbuat dari terbuat dari sarang lebah yang masih berisi larva lebah. Rasa yang kaya bisa kamu dapatkan di setiap gigitannya, ada pedas, manis, gurih, asam, sekaligus asin yang segar.

 

 

3. Ada juga rempeyek dari laron…

Peyek Laron

Kalo biasanya kita mengkonsumsi rempeyek kacang yang gurih maupun rempeyek teri yang asin, bagaimana jika laron juga dijadikan bahan baku rempeyek? Laron adalah rayap bersayap yang umum kita jumpai menjelang sore di musim penghujan. Jumlahnya kadang sangat banyak, terutama di dekat sumber cahaya. Oleh masyarakat Jawa Tengah, laron-laron ini diolah menjadi rempeyek gurih yang berprotein.

 

 

4. Belalang Goreng. Namanya aja sudah cukup jelas…

Belalang goreng

Belalang atau walang seringkali dianggap sebagai hama yang mengganggu. Tapi, bagi masyarakat Gunung Kidul, Yogyakarta, belalang ini menjadi salah satu pangan alternatif sebagai menu camilan dan lauk pauk yang bergizi. Konon, gizinya gak kalah sama daging sapi. Bila musimnya belalang goreng mendatangkan penghasilan tambahan bagi warga Gunungkidul yang menjajakannya di tepi jalan. Rasanya yang gurih gak kalah sama udang, lho. Buktikan saja sendiri.

 

 

5. Kopi Joss, yang dijaga supaya tetap panas dengan arang

Kopi joss

Kuliner kopi joss yang selalu ramai pembeli setiap malam adalah menu khas di Yogyakarta. Jangan salah kira, ini bukan kopi yang dicampur dengan munuman berenergi itu, melainkan kopi tubruk yang dicampur dengan kayu arang yang masih masih membara, sehingga menimbulkan bunyi “cesss.” Boleh percaya boleh tidak, konon arang punya banyak khasiat bagi kesehatan, mulai menetralisir kafein dalam kopi, sampai mengikat racun.

Teguklah segelas kopi joss sambil menikmati suasana malam di sudut Jogja. Tapi, arangnya jangan ikut dimakan, ya.

 

6. Tikus Panggang

Tikus panggang

Tikus panggang ini merupakan menu kuliner yang populer di Manado, sehingga kamu dengan mudah menemukannya di pasar-pasar tradisionalnya. Tapi, jangan jijik dulu, tikus yang diolah ini bukan tikus got maupun tikus rumahan yang hidup dari sampah, melainkan jenis tikus pohon berekor putih yang cuma memakan tumbuh-tumbuhan. Setelah disate, tikus-tikus ini disajikan bersama bumbu dan kuah santan kental.

 

7. Paniki, alias kalong rempah

Paniki

Menu kuliner lain yang gak kalah ekstrem dari Manado adalah Paniki yang bahan utamanya adalah kalong atau kelelawar pemakan buah. Kalong ini dimasak dengan kuah santan kelapa yang kental dicampur berbagai rempah seperti bawang merah, bawang putih, dan cabai. Aromanya yang wangi berpadu dengan rasa pedas yang menjadi ciri kuliner Manado. Selain dijadikan paniki, kelelawar di manado juga diolah dengan beragam cara, seperti disate, digoreng, maupun dijadikan sup.

 

8. Lawar Bali (beberapa jenisnya)

Lawar Bali

Lawar merupakan sajian kuliner khas Bali yang dulunya biasa disajikan pada upacara adat dan keagamaan. Makanan ini berupa sayur-sayuran dengan daging cincang yang dibumbui dengan bermacam rempah ditambah kelapa. Daging yang digunakan beragam, bisa daging ayam, sapi, babi, atau bebek.

Ada dua jenis lawar, yang pertama lawar barak atau lawar merah dan lawar putih. Sajian lawar yang dianggap ekstrem adalah lawar barak, karena dicampur dengan darah babi yang masih segar untuk menciptakan aroma dan rasa yang gak biasa.

 

 

9.  Sate Buaya khas Balikpapan

Sate buaya

Di Balikpapan, terdapat pusat penangkaran buaya Teritip. Di tempat ini, kamu bisa menyaksikan sekitar 1.400 ekor buaya yang berasal dari jenis buaya muara dan buaya air tawar. Gak cuma itu, kamu juga bisa menjajal menu kuliner ekstrem yang cuma buka pada hari Minggu dan hari-hari libur, yaitu sate buaya. Sate predator yang satu ini rasanya mirip dengan ayam atau sapi, hanya saja seratnya lebih kasar. Kamu bisa menikmati sate buaya lengkap dengan bumbu kecapnya seharga Rp 3.500 per tusuknya.

 

 

10. Sate Ulat Sagu, yang Nikmat Pula Dimakan Hidup-Hidup

Sate ulat sagu

Selain belajar menganyam noken, ada hal menarik yang gak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke Papua, yaitu mencicipi ulat sagu. Ulat-ulat berwarna coklat dan bertubuh gemuk ini dengan mudah kamu jumpai pada batang-batang pohon sagu yang membusuk. Meski bentuknya menggelikan, daging ulat sagu tinggi kandungan proteinnya. Ulat sagu biasa disate sampai berwarna kehitaman ataupun direbus sampai matang. Tapi, ulat sagu juga nikmat dimakan hidup-hidup, lho.

 

 

11. Tokek Goreng

Tokek goreng

Tokek yang sering kita temui di rumah-rumah ini ternyata laris juga dijadikan menu santapan unik. Biasanya, tokek dimanfaatkan sebagai bahan jamu yang bermanfaat untuk kesehatan. Tapi, ternyata ketika digoreng pun gak kalah enak, lho. Daging tokek kabarnya berkhasiat untuk mengobati gatal-gatal dan penyakit asma. Di Yogyakarta, seporsi tokek goreng dibanderol 10 ribu rupiah saja.

 

 

12. Rica-Rica Landak

Rica-rica landak

Satu lagi sajian kuliner nyeleneh dari Yogyakarta. Di sebuah warung kecil yang bernama Lavida ini, kamu bisa mencicipi rica-rica dan sate landak. Daging hewan pengerat berduri ini ternyata memiliki kandungan protein yang tinggi, bertekstur lembut, dan rendah lemak. Katanya, daging landak berkhasiat untuk meningkatkan vitalitas tubuh. Menu serba landak ini bisa kamu nikmati dengan merogoh kocek mulai dari Rp 12.500.

 

Nah, itu dia beberapa sajian kuliner yang aneh dan ekstrem dari penjuru Nusantara. Punya nyali buat mencicipinya? Omong-omong, daerah asalmu punya kuliner unik seperti apa? Cerita di kolom komentar, dong!

sumber

Kategori:revo Tag:, ,

10 Kebiasaan Sederhana yang Sesungguhnya Bisa Membuatmu Jadi Kaya

Katanya sih, selalu ada jalan bagi mereka yang ingin sukses dalam hidup. Niat untuk menjadi pribadi yang lebih baik memang akan cenderung dimudahkan dan dibukakan pintunya. Apakah kamu salah satu orang yang ingin mengubah nasib, mau mencoba bagaimana caranya jadi orang sukses?

Percaya atau tidak, orang-orang terkaya di dunia versi masalah Forbes 2013 punya kebiasaan sederhana yang selalu mereka lakukan saban hari. Kebiasaan ini jadi kunci berhasilnya mereka dalam semua lini kehidupan. Hal yang mereka lakukan sangat sederhana, dan kamu pun pasti bisa mengikutinya. Penasaran ‘kan, apa saja yang selalu mereka lakukan?

 

 

1. 70% Orang Sukses Selalu Berusaha Makan Hidangan Berkalori Rendah

Makanan sehat

Ternyata makanan yang kamu konsumsi dapat mempengaruhi kinerjamu sepanjang hari. 70% orang kaya mengkonsumsi kurang dari 300 kalori yang mereka dapatkan dari makanan cepat saji. Sementara, 97% orang yang miskin justru mengkonsumsi lebih dari 300 kalori dari hidangan junk food tersebut. Kasarnya nih ya, orang kaya memilih makan pecel. Sementara orang miskin justru memilih beli burger.

Kandungan gula dan lemak dalam makanan cepat saji memang akan membuatmu cepat kenyang, namun juga mudah mengantuk di saat bersamaan. Ya gimana bisa kerja maksimal  kan kalau sedikit-sedikit ngantuk? Kalau alasanmu karena kurang waktu atau harga makanan cepat saji lebih murah, itu jelas nggak banget. Masih banyak makanan sehat yang bisa kamu pilih di sekitarmu, dibanding meracuni dirimu dengan berbagai jenis makanan instan yang gak ada sehatnya itu.

 

 

2. Mereka yang Sukses Taat aturan. Apa yang Sudah Direncanakan Akan Berusaha Dilakukan

Daftar kegiatan seharian

Orang-orang sukses terbiasa disiplin dengan diri dan waktu mereka. Karena itulah mereka akrab dengan jadwal dan agenda kegiatan. 81% orang kaya mengetahui dengan jelas bagaimana mereka akan mengalokasikan waktu mereka di hari itu. Hanya 19% orang miskin yang punya kebiasaan ini.

Membuat jadwal kegiatan membuat orang-orang kaya selalu tahu 3 hal penting:

  • Mereka bisa membuat alokasi waktu yang seimbang bagi seluruh kegiatan
  • Membuat mereka selalu ingat pada pencapaian jangka pendek dan jangka panjang yang harus dikejar
  • Daftar pekerjaan ini mencegah mereka untuk menunda dan mengulur waktu

So, tunggu apalagi? Biasakanlah dirimu menuliskan apa saja yang perlu kamu selesaikan hari itu secara sistematis.

 

 

3. 80% Orang Sukses Fokus Pada 1 Pekerjaan Sebelum Pindah Ke Tugas Lain

Cuma fokus ke satu tujuan

Semangat untuk sukses kadang membuat kita berapi-api. Dampaknya, kita jadi punya banyak sekali ide yang ingin direalisasikan. Motivasi untuk terus berkembang ini tentunya oke banget, tapi membagi fokusmu ke beberapa hal besar sekaligus kadang tidak semudah membalikkan telapak tangan.

80% orang kaya memiliki kebiasaan untuk selalu meletakkan fokus mereka ke satu tujuan. Mereka benar-benar meluangkan seluruh tenaga mereka untuk mencapai hal itu, sebelum kemudian beralih ke tujuan lain. Hanya 12% orang miskin yang punya kebiasaan ini. Cobalah untuk mulai membiasakan dirimu fokus pada satu hal yang benar-benar ingin kamu capai, sebelum berusaha mengejar pencapaian yang lain.

 

 

4. Mereka Terbiasa Memvisualisasikan Pencapaian. Semua Rencana Dituliskan, Tidak Hanya Dibayangkan

Mulai sekarang, tuliskan impianmu

Seandainya kamu punya impian untuk jadi pelukis sukses, apa yang akan kamu lakukan? Menggambar dan berlatih di depan kanvas setiap saat? Yeah, tentunya itu akan meningkatkan kemampuanmu. Namun, selain rajin berlatih ternyata orang-orang sukses punya kebiasaan lain dalam mempersiapkan keberhasilan mereka. Berbeda dari orang kebanyakan, mereka selalu menuliskan semua impian dan tujuan dengan jelas.

Menuliskan hal yang ingin kamu capai akan memberimu banyak keuntungan. Dengan menuliskan tujuanmu kamu akan punya gambaran yang lebih jelas, mengenai langkah yang harus kamu tempuh untuk mencapainya. Membuat daftar pencapaian juga memberimu tabel waktu yang tepat. Kamu tahu kapan harus melakukan hal A, B, dan C.

Bahkan telah ada penelitian yang membuktikan bahwa ada hubungan antara kesuksesan dengan kebiasaan ini. Orang-orang yang memiliki impian dan menuliskannya, mampu menghasilkan uang 10 kali lipat lebih banyak dari mereka yang tidak. 

 

 

5. Orang-orang Kaya Terbiasa Membaca Minimal 30 Menit Setiap Harinya

Membaca di waktu luang

Mereka yang sukses memanfaatkan waktu luang mereka dengan membaca. Tujuannya bisa bermacam-macam. Mulai dari ingin menambah ilmu, bacaan itu terkait dengan pekerjaan atau sekadar mengisi waktu. Hanya 5% orang miskin yang memanfaatkan waktu kosong di perjalanan mereka dengan membaca. Sementara ada tidak kurang dari 63% orang-orang sukses yang memiliki kebiasaan ini.

Mulai sekarang, daripada bengong gak jelas saat menunggu lebih baik keluarkan bukumu. Kalau masih gak bisa lepas dari gadget, kan ada opsi untuk membaca e-book bukan? Manfaatkan otakmu dengan bacaan yang berkualitas. Bukan sekadarscrolling timeline Twitter dan Path aja.

 

 

6. 76% Orang Sukses Menyisihkan Waktu 4 Kali Seminggu Untuk Berolahraga

Menyempatkan waktu untuk olah raga

Walau mereka sibuk dan punya banyak kegiatan, ternyata orang-orang sukses bisa mengatur waktu demi kesehatan. Buktinya mereka masih menyempatkan waktu untuk berolahraga. Bahkan, di artikel “Kebiasaan Aneh Orang-Orang Sukses” yang pernah Hipwee tulis, pendiri Blogger dan Twitter justru memanfaatkan waktu di tengah hari untuk ke gym dan berolahraga. Masih punya alasan gak punya waktu untuk olah raga?

 

 

7. 67% Orang Sukses Amat Jarang Menonton Televisi

Jarang menonton TV

Kebiasaan berlama-lama menonton televisi bisa jadi bumerang bagi produktivitasmu. 67% orang sukses memiliki kebiasaan untuk menonton televisi 1 jam lebih sebentar daripada mereka yang penghasilannya lebih rendah. Cuma 23% orang miskin yang punya kesadaran untuk mengurangi kebiasaan nonton TV mereka.

Mereka memahami bahwa waktu yang dihabiskan untuk memandangi drama di layar kaca lebih baik dimanfaatkan demi hal lain. Kamu juga bisa mulai melakukan hal ini mulai sekarang. Kurangi nonton TV, belajar dan bekerja lebih lama.

 

 

8. 80% Pribadi Sukses Adalah Mereka yang Meluangkan Waktu Untuk Orang-Orang Terdekat

Obama saja mengucapkan selamat ulang tahun ke prajurit penjaga perbatasan

Selain kemampuan dan kepintaran, empati sosial juga sangat diperlukan kalau kamu mau sukses. 80% orang yang sekarang sudah bergelimang uang punya kebiasaan untuk mengingat tanggal ulang tahun orang-orang yang penting bagi mereka. Dan mengucapkan selamat ulang tahun tentunya. Ironisnya, cuma 11% orang dengan penghasilan rendah yang memahami pentingnya hal ini.

Mengucapkan selamat di hari bahagia seseorang nggak akan ada ruginya buat kamu. Di masa depan, kamu nggak akan pernah tahu bagaimana orang lain bisa mempengaruhi perubahan karirmu. Jadi jangan pelit pulsa untuk sekadar mengucapkan selamat ulang tahun ke mereka yang kamu sayangi, ya!

 

 

9. Tidak Ada Kata Bangun Kesiangan. Mereka yang Sukses Bahkan Selalu Bangun 3 Jam Lebih Awal

Selalu bangun lebih awal

Orang-orang sukses mempersiapkan diri mereka dengan baik sebelum memulai rutinitas. Mereka tidak ingin terburu-buru, sampai ke tempat kegiatan dengan tidak tenang. Waktu diawal hari mereka gunakan untuk menyelesaikan kewajiban domestik sehingga fokus mereka tidak bergeser ditengah melakukan pekerjaan.

Bangun lebih awal membuat seseorang “selesai dengan diri mereka sendiri”terlebih dulu, kemudian memberikan waktu dan pikiran mereka ke kewajiban profesional yang ada di depan mata. Ini juga jadi bukti bagaimana orang-orang sukses mampu mengatur waktu. Sehingga bisa beristirahat dengan maksimal.

 

 

10. Hanya 6% Orang Kaya Punya Kebiasaan Bicara Tanpa Berpikir Panjang

Tahu batas privat dan publik di media sosial

Bukan berarti orang-orang kaya munafik dan nggak terbuka atas perasaan mereka. Tapi mereka memahami bahwa beberapa hal butuh dicerna dulu sebelum diartikulasikan. Mereka nggak meledak-ledak dan asal nyablak. Terkadang perkataan yang keluar saat sedang emosi justru bisa menghancurkan.

Sementara 69% orang miskin justru lebih mudah mengungkapkan apa yang mereka rasakan saat itu juga. Walau lebih terkesan terbuka, tapi ketidak hati-hatian dalam berbicara ternyata berpengaruh ke kesuksesanmu.

Orang-orang sukses juga tidak terbiasa mengungkapkan apa yang mereka rasakan secara berlebihan di jejaring sosial. Cukup yang perlu dibagi ke khalayak ramai saja yang diungkapkan, yang personal ya simpan sendiri.

 

Setelah tahu 10 hal sederhana yang biasa dilakukan oleh orang-orang sukses, apa kamu jadi tertarik untuk mencoba mengikuti kebiasaan mereka? Semoga berhasil dan segera sukses, ya!

sumber

Tips Mengelola Uang Agar Kamu Mampu Umrah di Usia 30-an

10 Desember 2014 1 komentar

Assalamu’alaikum!

Hayo, berapa banyak di antara kamu yang punya niat berangkat umrah di usia muda? Ibadah yang sering dijuluki sebagai ‘Haji Kecil’ ini memang bisa jadi alternatif dari ibadah haji yang biayanya dari tahun ke tahun terus meroket. Dengar-dengar ongkos naik haji bisa berkisar di antara Rp. 41 juta hingga Rp. 90 juta, lho! Belum lagi daftar tunggunya yang panjang yang bikin kamu harus mengantri giliran selama bertahun-tahun, literally.

Sesuai dengan julukannya ongkos umrah memang lebih kecil dibanding dengan ongkos naik haji, dengan biaya mulai dari Rp. 2o jutaan kamu sudah bisa mengunjungi tanah suci sekaligus berwisata keagamaan di sana.

Lalu apa saja yang bisa kamu lakukan demi mengejar mimpi berangkat umrah di usia muda? Secara ngumpulin duit Rp. 20 juta bukan perkara mudah bagi kamu yang baru saja mapan atau mencoba jadi mapan. Asalkan kamu punya niat yang tulus, tekun dan mau berhemat, mimpi umrah di usia muda bakal jadi kenyataan, insya Allah.

 

 

1. Lakukan tindakan penghematan yang realistis terhadap pengeluaranmu

Mulai hemat dari sekarang

Hal pertama yang harus kamu lakukan setelah berniat umrah di usia muda adalah berhemat, bukan mulai besok tapi mulai dari sekarang. Pandangi slip gaji kamu lekat-lekat lalu hitung lagi pengeluaran kamu dalam sebulan supaya kamu tahu berapa yang harus kamu hemat dalam sebulan.

Kamu harus berani menerapkan gaya hidup yang hemat dan menghentikan pengeluaran pada pos-pos yang gak terlalu penting, dengan tetap realistis tentunya. Kamu bisa mulai dengan berhenti langganan TV kabel, mungkin? Lalu menghentikan kebiasaan beli kopi yang secangkirnya Rp. 50 ribu, berhenti merokok, membiasakan lari dan olahraga mandiri daripada bayar keanggotaan gym, dan mengurangi aktivitas-aktivitas hedon.

Katanya mau umrah kok masih hedon?:)

 

 

2. Buktikan niat dengan membuka rekening khusus yang tidak dilengkapi ATM bagi dana umrahmu

Buka rekening baru

Memang benar kebanyakan bank saat ini lebih fokus untuk melayani nasabah calon jemaah haji dengan program-program tabungan haji andalannya, namun kamu juga bisa bikin sendiri tabungan umrah, kok.

Bukalah rekening baru (terpisah dari rekening gaji) di bank yang menurutmu punya program paling menguntungkan bagi rencana umrahmu. Ingat, rekening ini khusus untuk umrah jadi kamu gak boleh mencairkannya sebelum uang sudah mencukupi, yang boleh kamu lakukan cuma rutin menyetorkan sejumlah dana ke rekening tersebut setiap bulan. Oh iya, jangan bikin ATM untuk rekening ini supaya kamu tidak tergoda menarik uang sewaktu-waktu.

Agar lebih mudah dan menghindari lupa menyetor, terapkan pilihan auto debet dari rekening utama yang kamu gunakan untuk menerima gaji. Minta pihak bank secara otomatis mentransfer sejumlah dana ke tabungan umrah kamu di tiap tanggal gajian. Misalnya kalau kamu memperoleh gaji Rp. 2, 5 juta perbulan, transfer secara otomatis Rp. 1 juta ke tabungan umrah kamu. Jika ini rutin dilakukan tiap bulan, dalam 20 bulan ke depan kamu udah mengumpulkan Rp. 20 juta. Cukup feasible ‘kan?

 

 

3. Alternatif lain: ajukan pembiayaan umrah ke Bank Syariah. Gunakan dana simpananmu sebagai uang muka

Ajukan pembiayaan umrah

Model beribadah yang lagi populer saat ini adalah umrah dengan dibiayai oleh lembaga keuangan seperti dari bank atau dari pihak biro perjalanan itu sendiri. Namun agar prosesnya lebih aman dan cepat Hipwee menganjurkan kamu mengajukan permohonan pembiayaan umrah pada bank-bank syariah di kotamu. Biasanya mereka menyebut produk itu sebagai pembiayaan umrah, namun pada dasarnya itu adalah program pembiayaan jangka pendek yang digunakan untuk memfasilitasi perjalan umrah. Dengan plafond sebesar Rp. 25-35 juta kamu bisa menyetor ongkos berangkat umrah ke pihak penyelenggara.

Selain mengajukan plafond untuk satu orang, bank tertentu juga menerima pengajuan umrah hingga 5 orang jadi kamu bisa berangkat sekeluarga. Ada pula bank yang memberikan asuransi jiwa secara cuma-cuma jika permohonan umrah kamu disetujui.  Tapi ingat karena ini pembiayaan jangka pendek jadi kamu harus mengangsur dan melunasinya dalam jangka waktu 2-3 tahun. Supaya angsurannya gak berat-berat amat, gunakan uang yang udah kamu kumpulkan sebagai setoran awal. Jika kamu berhasil mengumpulkan Rp. 10 juta berarti hutang kamu pada bank ‘kan cuma sekitar Rp. 1o juta juga.

 

 

4. Laju inflasi bisa mengubah total biaya umrah sewaktu-waktu. Simpanan dalam bentuk emas bisa membantu mengamankan uangmu

Nabung emas

Pada akhirnya biaya umrah yang kamu bayar ke pihak penyelenggara akan dikonversi ke dalam bentuk dolar Amerika, artinya mahal atau murahnya ongkos umrah dipengaruhi oleh harga dolar saat kamu menyetor sejumlah uang ke penyelenggara. Mengingat tren dolar yang terus berkisar di atas Rp. 12,000 dengan kecenderungan untuk terus meningkat tiap tahun, bisa dibilang ongkos umrah bisa meningkat terus dari tahun ke tahun, walaupun gak sebanyak peningkatan ongkos haji dari tahun ke tahun.

Ketika kamu udah mengumpulkan Rp. 2o juta dalam 2 tahun ongkos umrah untuk paket yang sama mungkin bisa berkisar di angka Rp. 24-25 juta, dengan asumsi kenaikan 10% per tahun. Untuk melindungi nilai uang yang udah kamu tabung, alihkan bentuknya dari uang ke emas. Ketika uangmu udah cukup beli emas minimal 5 gr, karena harga per gramnya lebih murah kalau kamu beli emas 1 gram aja. Lalu kumpulin duit lagi untuk beli 5 gr lagi, begitu seterusnya hingga nilanya di rasa cukup untuk menyetor biaya haji. Jika kamu memilih teknik ini kamu harus rajin memantau pergerakan harga emas baik dari Antam maupun emas dunia.

 

 

5. Agar lebih murah hindari berangkat umrah pada masa peak season

h24_RTR39HXZ

Jangan kamu kira cuma Bali yang punya peak season, Mekah dan Madinah (dua kota tujuan utama umrah) juga punya masa ramai dan sepi pengunjung jemaah juga, loh! Terlapas dari musim haji, ketika dua kota ini dipenuhi oleh jutaan manusia, jumlah kunjungan untuk umrah meningkat tajam pada bulan Ramadhan dan pada masa liburan sekolah. Kebanyakan jamaah dari Indonesia berbondong-bondong berangkat umrah demi merasakan suasana Ramadhan di sana. Apalagi kalau dibarengi dengan masa liburan sekolah, satu kelaurga kalau bisa umrah semua. Akibat permintaan yang tinggi, jasa pemberangkatan umrah jadi makin mahal.

Kalau kamu bisa menahan diri, usahakan untuk gak berangkat pada bulan puasa yang ramai. Dapatkan penawaran jasa berangkat umrah yang lebih murah pada masa low season, misalnya pada awal tahun. Pada Januari dan Februari udara di Mekah menjadi jauh lebih sejuk hingga banyak peminat umrah dari Indonesia yang mengurungkan niatnya berangkat di awal tahun. Inilah kesempatan kamu untuk book perjalanan, karena penyelenggara umrah biasanya menurunkan harga demi menarik minta jemaah yang memang gak setinggi pada bulan Ramadhan. Meskipun bukan di bulan suci, ibadah kamu di Tanah Suci akan jadi lebih khusyuk karena suasana yang lenggang. Bukankan yang terpenting itu ibadahnya?

 

 

6. Kalau kamu punya jejaring luas, gunakan kemampuan networking-mu untuk mengikuti program member get member

Jaringan luas

Pihak-pihak penyelenggara haji/umrah serta biro perjalanan sering menawarkan paket perjalan umrah hemat, umrah bareng artis serta umrah plus jalan-jalan ke Eropa. Menggiurkan bukan? Namun apa daya kalau dana belum mencukupi. Tenang, masih ada jalan kok. Meski belum pernah umrah kamu bisa mendaftar keanggotaan di salah satu pihak penyelenggara umrah besar yang biasa promo dengan member get member. Pihak penyelenggara akan memberikan insentif jika kamu berhasil mengajak 10 calon jemaah umrah untuk berangkat menggunakan jasa mereka dan membayar biaya secara penuh. Kemitraan ini akan menguntungkan bagi kamu yang belum punya dana yang mencukupi namun punya kenalan yang banyak dan punya skill pemasaran yang mumpuni.

Semakin banyak orang yang kamu tarik untuk bergabung, maka semakin besar potongan yang diberikan buat kamu. Atau jangan-jangan kamu bisa berangkat gratis kayak artis kalau yang ikutan jumlahnya setara dengan satu kampung. Kamu pikir artis-artis yang ikutan umrah itu bayar sendiri? Nggak, yang bayarin ya peserta lain yang mau ikut gara-gara umrahnya bareng artis.

 

 

 

7. Jangan mudah tergiur atau malas membandingkan. Kamu harus super teliti saat memilih biro perjalanan umrah

Yang penting khusyuk

Ada banyak biro perjalanan, baik yang punya jaringan skala nasional maupun internasional, yang menawarkan paket-paket umrah saat ini. Saking banyaknya kamu kadang bingung mau pilih yang mana. Ketika pilih-pilih seperti ini kamu harus jadi lebih hati-hati dan lebih teliti. Jangan cepat tergoda dengan umrah murah, jangan malas buat pergi kesana-sini buat membandingkan harga yang ditawarkan biro perjalanan. Sebab harga antar biro perjalanan bisa berbeda walau jumlah hari, hotel dan itinerary serupa.

Jangan pula tergoda dengan paket umrah yang dimanisi oleh wajah selebriti karena biayanya bisa jadi lebih mahal daripada paket umrah yang gak ada selebnya. Lagian apa sih untungnya umrah bareng seleb selain bisa foto-foto? Ibadah itu urusan antara kamu dengan Tuhanmu, bukan urusan seleb FTV yang umrah bareng kamu.

 

 

 

8. Pilih paket perjalanan umrah yang sesuai dengan kemampuan. Toh Tuhan tidak peduli pada mewah atau tidaknya penginapan

Yang penting ibadah, bukan kemewahan

Umrah sebenarnya adalah ibadah, namun penyelenggara umrah sering membumbui perjalanan umrah dengan berwisata ke beberapa negara sebelum dan/atau sesudah beribada di Mekah dan Madinah. Berwisata di kota saat kamu transit mungkin sah-sah aja, namun jika wisatanya hingga keliling Timur Tengah bahkan ke Eropa, mungkin kamu harus hitung-hitung kemampuan kamu dulu. Ingat kamu masih harus makan dan minum sepulangnya ke Indonesia dan ingat pula untuk membayar angsuran kalau kamu dibiayai oleh bank.

Sekali lagi tanamkan dalam dirimu untuk beribadah bukan berwisata, jika kamu hanya sanggup untuk paket umrah yang gak ada jalan-jalan, ya sudah ambil saja! Jangan memaksakan diri untuk berwisata kalau kamu gak sanggup membayarnya. Kamu gak butuh hotel bintang 5 untuk ibadah, jika ada paket umrah yang menawarkan hotel bintang 3, ambil saja. Mungkin hotelnya agak jauh dari masjid, tapi bukannya tiap langkah menjadi pahala?

 

Setelah melakukan berbagai usaha demi mewujudkan mimpi untuk umrah di usia muda, hal terakhir yang bisa kamu lakukan adalah berdo’a. Berdo’alah agar usaha kamu gak berjalan sia-sia, berdo’alah agar langkahmu dimudahkan untuk memperoleh rezeki. Jika kamu sudah ada niat, mau bekerja dan berhemat serta gak ketinggalan berdo’a, umrah pada usia 30-an itu bisa banget kok. Insya Allah.

Wassalam.

sumber

Kategori:Inspirasi Tag:, , , , ,
%d blogger menyukai ini: