Beranda > revo > Tengok wajah baru Paspor Republik Indonesia

Tengok wajah baru Paspor Republik Indonesia

 

Spoiler for Pendahuluan:
Apa sih passport itu?
Paspor adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang dari suatu negara yang memuat identitas pemegangnya dan berlaku untuk melakukan perjalanan antar negara. Dengan kata lain, setiap warga negara dari suatu negara yang ingin berkunjung ke negara lainnya ‘diharapkan’ memiliki dan membawa paspor ke negara kunjungan. Ada beberapa kasus di mana paspor tidak diperlukan, sekalipun berkunjung ke luar negeri, bisa dilihat di komunitas negara-negara Eropa (European Union) atau di komunitas negara-negara Amerika Latin yang mengijinkan setiap warga negaranya untuk berkunjung ke sesama negara anggota tanpa membawa paspor, namun kebijakan tersebut ane tidak jelaskan di sini karena hanya ingin sebatas membahas paspor Indonesia.

Mungkin banyak orang mengira bahwa password (kata kunci) dan passport (bahasa inggris dari paspor) adalah 2 hal yang sama, padahal keduanya sangat berbeda maknanya. Pengalaman ane waktu jamannya masih duduk di sekolah dasar, kalo lagi ngobrolin tentang ke luar negeri, pasti ada aja yang menyangka bahwa password dan pasport itu sifatnya saling melengkapi.

Kali ini ane hanya ingin ajak kaskuser sekalian untuk bernostalgia dengan tampilan-tampilan paspor Republik Indonesia dari masa ke masa dan ane jamin pasti masih ada di antara agan2/aganwati yang masih bisa tengok tampilan2 di bawah ini di lemari agan2/wati sekalian.

Masih ada yang ingat dengan tampilan paspor yang ini gan?

Spoiler for Paspor Indonesia dekade lepas:

Ane pribadi pernah memiliki paspor dengan sampul di atas dari tahun 2003 sampai 2008. Kemudian saat perpanjang paspor tahun 2008, ane dapet paspor yang sampul depannya seperti ini:

Spoiler for Tampilan sampul depan Paspor Indonesia::

Jika dibandingkan dengan yang ane dapet tahun 2003, ane rasa yang versi tahun 2003 lebih ‘ngejreng’ dan lebih mudah dilihat tulisan dan logo Garuda Indonesia-nya di sampul depan.

Saat ini beberapa negara telah mengeluarkan apa yang disebut e-paspor atau elektronik paspor. e-paspor merupakan pengembangan dari paspor kovensional saat ini dimana pada paspor tersebut telah ditanamkan sebuah chip yang berisikan biodata pemegangnya beserta data biometrik-nya, data biometrik ini disimpan dengan maksud untuk lebih meyakinkan bahwa orang yang memegang paspor adalah benar orang yang memiliki dan berhak atas paspor tersebut. Sejak tahun 2011, Indonesia resmi menerbitkan paspor elektronik untuk khayalak umum. Umumnya, setiap e-paspor dibubuhkan logo ‘biometrik’ pada sampul terdepannya.

Seperti apa tampilannya?

Spoiler for Paspor elektronik Indonesia versi 2011:

Agan2 sekalian bisa lihat pada gambar di atas ini ada sekilas 2 garis tebal sejajar horizontal dengan lingkaran kecil di tengahnya. Itulah yang disebut sebagai logo paspor elektronik, dan dipakai oleh seluruh negara di dunia yang menerbitkan paspor elektronik.

Kemarin ini sempat heboh di dunia maya mengenai beredarnya tampilan baru wajah paspor Indonesia yang resmi beredar sejak akhir November 2014 ini. Sebenernya, ane juga udah pernah bikin trit mengenai rencana imigrasi Indonesia untuk mengeluarkan paspor dengan desain baru. Tritnya bisa diliat di sini gan. Setelah riset kecil2an (sok keren yah sampe sebut riset segala), ane menemukan berita2 yang isi lengkapnya bisa dibaca di:

Penasaran gak gan gimana wajah baru Paspor ‘Hijau’ kita? Seperti inilah:

Spoiler for Tampilan paspor ‘biru’ Indonesia:

Loh, ternyata udah bukan hijau lagi gan paspor biasa warga negara Indonesia. Dengan kata lain, sudah tidak bisa lagi sebut ‘paspor ijo’ Indonesia setelah bergantinya warna itu. Sekarang, bisa disebut dengan ‘paspor samudera’ karena warna biru sering dikaitkan dengan samudera, air, lautan: hal-hal yang belakangan diangkat sebagai inti pembangunan Indonesia oleh pemerintahnya yang baru.

Ada juga hal menarik mengenai paspor Indonesia versi terbaru ini. Kabarnyam, di setiap halaman ‘visa’ ada gambar-gambar yang merupakan ciri khas dari Indonesia.

Gimana gan tampilannya? keren gak?

(Update tanggal 2 Desember 2014)
Barusan aja baca berita dari detiktravel, ada sebuah artikel yang juga mengulas pesona Indonesia di setiap halaman paspor baru. Meskipun gak keseluruhan, tapi seperti inilah tampilannya:

Spoiler for Halaman 4-5:

 

Spoiler for Halaman 6-7:

 

Spoiler for Halaman 8-9:

 

Spoiler for Halaman 12-13:

 

Spoiler for Halaman 20-21:

 

Spoiler for Halaman 26-27:

 

Spoiler for Halaman 30-31:

 

Spoiler for Halaman 34-35:

 

Spoiler for Halaman 38-39:

 

Spoiler for Halaman 40-41:

Sumber gambar:
http://travel.detik.com/read/2014/12…–2-#menu_stop

Berita resmi dari website imigrasi Indonesia:

Sayangnya, tidak disebutkan berapa biaya paspor elektronik dengan desain terbaru. Karena menurut ane pribadi harga 300 ribu itu untuk paspor non-elektronik.

Di salah satu link berita yang ane bubuhkan di atas, dijelaskan bahwa kantor imigrasi akan menghabiskan blangko paspor hijau terlebih dahulu sebelum menerbitkan paspor berwarna biru itu. Jadi kalau agan masih dapat paspor berwarna hijau, yang sabar yah untuk menunggu sampai paspor tersebut kadaluwarsa atau seringlah jalan2 sehingga bisa ganti paspor secepatnya.

Mohon maaf yah kalau ada kata-kata yang tidak berkenan. Dan kalo ada agan2 yang punya informasi lebih dalam mengenai paspor-paspor NKRI, silahkan beri komentar!

Spoiler for Tambahan dari agan putera.bagus:
Jakarta – Banyak traveler memuji desain baru paspor Indonesia. Tapi banyak juga yang bertanya apakah ini paspor elektronik yang juga bisa digunakan oleh traveler Indonesia. Ternyata e-Passport dan desain baru adalah dua hal berbeda.

“Paspor baru ini mirip dengan yang lama, tapi beda dengan e-Passport karena nggak ada chipnya,” kata Kepala Bidang Pendaratan dan Izin Masuk Imigrasi Jaksel, Chicco, saat ditemui oleh detikTravel di Kantor Imigrasi Jaksel, Senin (1/12/2014).

Paspor desain baru pada prinsipnya adalah paspor biasa, tapi dengan desain baru pada cover dan gambar pada setiap lembarannya. Sedangkan untuk e-Passport sendiri, desainnya tetap yang lama dan tidak ada perubahan.

“e-Passport belum ada desain baru. Sedangkan paspor baru belum berbentuk elektronik, masih yang biasa itu,” imbuhnya.

Jika traveler membuat paspor biasa atau perpanjangan paspor biasa, maka mereka akan mendapatkan paspor desain baru itu. Namun jika mengajukan e-Passport atau upgrade dari paspor biasa, maka bentuknya adalah e-Passport dengan chip, namun tetap desain e-Passport yang lama.

“Ganti ke e-Passport dari paspor lama yang belum habis masa berlakunya boleh saja,” kata Chicco.

e-Passport memiliki sejumlah keuntungan. Antara lain, Jepang akan memberikan bebas visa untuk traveler Indonesia yang memiliki e-Passport. Namun traveler tetap perlu melapor ke Kedubes Jepang di Jakarta terlebih dahulu untuk memberi tahu sudah memiliki paspor elektronik sebelum pergi ke Jepang.

Sumber: http://travel.detik.com/read/2014/12…-2-hal-berbeda

SISIPAN:
Nah, kalo kita berdiskusi mengenai paspor, hal kedua yang biasanya muncul di benak kita (apalagi para traveler) adalah ‘VISA’. Visa tidak lain tidak bukan adalah suatu bentuk formalitas ‘ijin masuk’ kepada seorang warga negara A untuk berkunjung ke negara B dan seterusnya. Menurut Henley & Partner Global (linknya bisa dilihat di trit yang ane selipin berikut), paspor Indonesia hanya bisa menikmati kunjungan ke 56 negara di seluruh dunia dan duduk pada peringkat 72 di dunia. Secara singkat, di tingkat ASEAN paspor Indonesia berada di peringkat 6 setelah Singapura, Malaysia, Brunei, Thailand, dan Filipina. Kalo agan berkenan, silahkan tengok trit ini karena di situ ada petisi yang mendorong pemerintah baru kita untuk lebih menggenjot negosiasi bebas visa dengan negara-negara lain. Linknya:

Spoiler for Dukung gerakan bebas visa untuk WNI:

 

Spoiler for Apa kata agan ryansyah100% mengenai promosi wisata Indonesia:
pasport-nya bagus, warna-nya juga ngejreng
bisa buat pamer juga nih di luar negri diliat ama temen luar . “wuih passpor lu mantep” gitu mungkin ya


mau OOT dikit, pemerintah harus gencar promosi indonesia nih, supaya dikenal. selain buat kesepakatan bebas visa (resiprokal). pemerintah juga harus bisa bikin iklan pariwisata yang bagus.
ane liat iklan pariwisata indonesia yang di tayangkan di channel terestial luar negri (tv1,sky,tv3,dll) dan channel satelit macem history,discovery,TLC,Natgeo,CNN,dll itu “JELEK BANGET!! DAN NGGA NUNJUKIN KEINDAHAN INDONESIA! cuma jakarta DOANG!” 100% KALAH sama iklan promosi wisata SINGAPUR,PILIPIN,TAILAND,AND EVEN MALAYSIA YANG JELAS JELAS NYOMOT BANGET BUDAYA KITA!!!
inget deh itu iklan diliat seluruh dunia! jangan cuma nampilin jakarta aja.. masa cuma nunjukin kota tua,gedung gedung sudirman,mall taman anggrek, buset dah “gue juga punya gitu doang mah” : (kalo kata si bule)

mau liat iklan wisata indonesia yang bagus? gampang! nyomot aja Opening video-nya KOMPAS_TV atau iklan rokok djarum super. ITU BARU INDONESIA YANG SEBENARNYA…!!!! indonesia juga harus kuat ngiklan! liat aja TLC,FYI,NATGEO travel itu isinya malaysia,tailand,pilipin dan kawan kawan semua ampe ada segnmen khusus. Lha indonesia mannnna…????

taro pejwan dong

Kategori:revo Tag:, , , ,
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: