Beranda > Game Android > 11 Aplikasi Android yang Bikin Pengguna iPhone Gigit Jari

11 Aplikasi Android yang Bikin Pengguna iPhone Gigit Jari

Meski spesifikasi gawainya gak seragam antara satu merek dengan merek lain, soal aplikasi pengguna Android boleh berbangga hati. Sebab dari segi jumlah Google Play menjadi rumah dari 1,3 juta aplikasi, melangkahi App Store-nya Apple yang masih berkisar 1,2 juta aplikasi (data per Juli 2014). Kalau selama ini temanmu yang pakai iPhone selalu pamer, “Aku punya app keren lho! Android pasti gak punya!” kamu sebagai fanboy Android jangan diam aja dong. Dengan lagak gak mau kalah, kamu pamerin juga aplikasi keren android yang gak dimiliki oleh iPhone, iPad dan saudara-saudaranya.

 

 

1. Muzei bagi kamu yang mencintai seni

Nyeni dikit

Muzei akan mengubah home screen gawai android kamu menjadi museum berjalan. Dengan app ini wallpaper kamu akan diganti secara berkala, dihiasi dengan karya-karya lukisan dari seniman lukis ternama sepanjang sejarah manusia. Teman kamu yang pake iPhone pasti melongok heran ketika melihat Monalisa nangkring pada layar gawai kamu.

 

 

2. HoverChat membawa kegiatan multitasking ke level yang baru

SMS-an sambil nonton Frozen? Bisa!

HoverChat adalah aplikasi messaging yang nongol ke layar kamu tanpa harus menghentikan aplikasi lain yang kamu jalankan. Entah kamu lagi nonton di Youtube, ngetwit, atau lagi video call sama pacar, HoverChat bikin pesan yang muncul di layar jadi tembus pandang namun masih bisa dibaca. Sementara jendela pesannya sendiri bisa kamu atur besarnya sesuai selera. Jadi kamu gak perlu keluar dari Youtube buat balas pesan, lalu ngulang buffering lagi dari awal.

 

 

3. Dengan Google Keep kamu gak pernah kelupaan ide lagi

Catat semua

Ide bisa datang kapan aja, di mana aja. Kadang menjelang tidur kamu mendapat inspirasi, kadang lagi di depan TV kamu dapat ide baru buat berkarya besok. Nah, dengan Google Keep kamu bisa menyimpan ide tersebut ke dalam kolom bewarna yang mirip sticker Post-it. Warna bisa kamu asosiasikan dengan tingkat urgensi ide kamu. Selain bisa diberi catatan, Keep juga bisa menyimpan foto yang berkaitan dengan ide atau kamu bisa merekam suaramu lalu Keep sendiri yang akan mentranskripsikannya ke bentuk tulisan.

 

 

4. Cover bikin app favorit kamu selalu dalam jangkauan

App penting di lockscreen

Cover meminimalisir keribetan membongkar daftar aplikasi dengan meletakkan app favorit kamu pada lockscreen. Cover juga dapat mempelajari kebiasaan kamu membuka aplikasi saat beraktivitas. Sehingga ketika kamu bersantai di rumah, lagi nyetir atau lagi di kantor, Cover akan meletakkan aplikasi yang paling sering kamu akses pada jadwal-jadwal tersebut pada lockscreen. Pinter banget.

 

 

5. Light Flow, supaya LED android kamu gak monoton

Beda notifikasi beda LED

Dengan Light Flow, kamu bisa mengakses dan hack pengaturan lampu LED (jika ada) pada gawai androidmu. Sehingga kamu bisa mengkostumisasi warna tertentu untuk notifikasi tertentu. Contoh, warna hijau tua buat SMS, hijau muda untuk pesan masuk Whatsapp, biru kalau ada telepon masuk, merah saat bateraimu mendekati 20% dan wana lain untuk pemeberitahuan lain. Jadi LED-nya gak monoton merah aja.

 

 

6. Cerberus yang lebih dari sekedar app anti maling biasa

Anti maling

Apa yang dilakukan Cerberus saat gawai android kamu hilang atau dicuri bukan sekedar mendeteksi lokasinya aja. Melalui website dan/atau SMS kamu bisa mengontrol gawai kamu yang dibawa maling dari jarak jauh. Kamu bisa membunyikan alarmnya, walaupun ponsel dalam mode silent, menghapus semua data, mengunci rapat ponsel dengan kode rahasia, merekam suara pencuri dari microphone, melihat daftar panggilan keluar dan masuk dan yang paling ajib, menyembunyikan Cerberus sehingga si maling gak tahu dia lagi dicari polisi.

 

 

7. Gunakan Lux untuk mengatur kecerahan layar

Lux auto brightness

Kalau kamu gak puas dengan pengaturan tingkat kecerahan layar yang dibatasi oleh pabrik, kamu bisa menembus batas itu dengan Lux. Kamu bisa merendahkan tingkat kecerahan hingga di bawah nol, supaya nyaman Twitter-an di kamar gelap. Atau kamu bisa mengaktifkan Night Mode yang otomatis menurunkan kecerahan layar saat matahari terbenam.

 

 

8. Locale buat yang hobi nge-tweak android-nya

Kostumisasi sana-sini

Cocok buat yang suka merubah setting androidnya secara gila-gilaan, Locale adalah aplikasi serba otomatis. Jadi kamu bisa mengubah setting-an gawaimu sesuai dengan keberadaan kamu, tergantung siapa yang lagi menelepon, jumlah baterai yang tersisa, atau sesuai dengan jam. Contohnya kamu bisa bikin gawai kamu jadi silent dengan membalik layar menghadap bawah. Atau kamu bisa atur kecerahan layar jadi otomatis meredup ketika baterai tinggal 20%.

 

 

9. Sky Map supaya pengetahuan astronomi kamu makin kaya

Bintang di layar ponsel

Sky Map dikembangkan oleh Google sendiri supaya pengguna android jadi lebih paham dan mau mempelajari perihal perbintangan yang berada di luar langit biru kita. Dengan mengarahkan gawai android kamu ke arah langit kamu akan paham konselasi bintang apa yang sedang kamu pandangi dan apa aja nama bintangnya.

 

 

10. VLC, iya VLC!

VLC kini di Android

Kamu boleh berbangga jika udah memiliki aplikasi ini dalam genggaman. Bagi yang belum tahu, VLC adalah pemutar video serba bisa, semua format video digital yang telah ditemukan manusia bisa dimainkan oleh VLC. Kamu gak perlu khawatir apa gawai kamu bisa memutar .mp4 atau .mkv atau format aneh lain, karena semuanya bisa diatur sama VLC.

 

 

11. Link Bubble akan mengubah cara kamu browsing internet

Tab? Tab apa?

Link Bubble Browser adalah browser yang menekankan pada penghematan waktu, yang mudah-mudahn bisa menghemat kuota, ya. Ketika kamu nge-klik sebuah tautan, Link Bubble akan membuka laman dari tautan tersebut di background jadi kamu bisa lanjut laman yang masih kamu baca. Kamu gak perlu khawatir soal “Open in new tab” atau semacamnya. Ketika laman baru udah siap dibuka, kamu tinggal klik bubble yang mengambang itu dan silakan nikamti laman yang udah lengkap, gak pake lama.

 

Android adalah platform yang sangat terbuka (kamu bahkan bisa mengunduh torrent dari smartphone android), jadi yang dibutuhkan adalah kebiasaan mengotak-atik gawaimu hingga bisa mencapai kemampuannya yang maksimal. Kebebasan berekspresi di android inilah yang akan bikin teman-teman pemuja iPhone kamu akan gigit jari.

 

sumber

  1. 3 Desember 2014 pukul 3:21 pm
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: