Beranda > revo > Membandingkan Ibukota Negara Se-Asean

Membandingkan Ibukota Negara Se-Asean

Selamat siang kaskuser, lama nih aye gak bikin thread. Kali ini aye mau bahas gimana sih tampilan/wajah dari skyline ibukota dari negara-negara di asia tenggara (ASEAN).

Buat yang belum tau apa itu ASEAN (kebangetan) .. ane kasih tahu dulu ya

Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (Perbara) atau lebih populer dengan sebutan Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) merupakan sebuah organisasi geo-politik dan ekonomi dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara, yang didirikan di Bangkok, 8 Agustus 1967 berdasarkan Deklarasi Bangkok oleh Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand. Organisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan pengembangan kebudayaan negara-negara anggotanya, memajukan perdamaian dan stabilitas di tingkat regionalnya, serta meningkatkan kesempatan untuk membahas perbedaan di antara anggotanya dengan damai.

ASEAN meliputi wilayah daratan seluas 4.46 juta km² atau setara dengan 3% total luas daratan di Bumi, dan memiliki populasi yang mendekati angka 600 juta orang atau setara dengan 8.8% total populasi dunia. Luas wilayah laut ASEAN tiga kali lipat dari luas wilayah daratan. Pada tahun 2010, kombinasi nominal GDP ASEAN telah tumbuh hingga 1,8 Triliun Dolar AS. Jika ASEAN adalah sebuah entitas tunggal, maka ASEAN akan duduk sebagai ekonomi terbesar kesembilan setelah Amerika Serikat, Cina, Jepang, Jerman, Perancis, Brazil, Inggris, dan Italia.

Nah sekarang kite tengok yuk siapa saja anggota ASEAN

Spoiler for Anggota:

Filipina (negara pendiri ASEAN)
Indonesia (negara pendiri ASEAN)
Malaysia (negara pendiri ASEAN)
Singapura (negara pendiri ASEAN)
Thailand (negara pendiri ASEAN)
Brunei Darussalam bergabung pada (7 Januari 1984)
Vietnam bergabung pada (28 Juli 1995)
Laos bergabung pada (23 Juli 1997)
Myanmar bergabung pada (23 Juli 1997)
Kamboja bergabung pada (16 Desember 1998)

Mengingat kepentingan geografis, ekonomis dan politik yang strategis, sejak beberapa tahun belakangan ini, ASEAN telah mencoba menjajaki perluasan anggota kepada negara-negara tetangga di sekitar ASEAN. Berikut ini adalah daftar negara-negara perluasan keanggotaan ASEAN:

Bangladesh
Palau
Papua Nugini
Republik China (Taiwan)
Timor Leste (Sepertinya belum namun akan masuk anggota asean ini gan)

Nah udah jelas kan ASEAN itu apa ?, sekarang ke intinya, kita mau ngebandingin wajah-wajah ibukota negara di asean, kira-kira Indonesia dengan jakartanya kalah jauh gak ya sama negara-negara tetangga ?, yuk mari lihat langsung

1. Jakarta – Indonesia

Spoiler for Jakarta Gan:

2. Singapore – Singapore

Spoiler for Singapore:

3. Kuala Lumpur – Malaysia

Spoiler for Kuala Lumpur:

-Ternyata ane baru nyadar, Ibukota Pemerintahan Malaysia sudah berpindah ke putrajaya

4. Bangkok – Thailand

Spoiler for Bangkok:

5. Manila – Philipines

Spoiler for Manila:

6. Vientiane – Laos

Spoiler for Vientiane:

Susah banget gan nyari gambarnya

7. Hanoi – Vietnam

Spoiler for Hanoi:

8. Naypyidaw – Myanmar (dulu ibukotanya yangon gan, skarang udah di pindah)

Spoiler for Naypyidaw:

9. Dili – Timor Leste (Belum masuk asean gan, tapi udah lampu ijo kok )

Spoiler for Dili:
Sorry gan susah nyari pic malem harinya huhu jadi ane kasih yang siang hari aje ya..

10. Phnom Phen – Cambodia

Spoiler for Phnom phen:
Ribet banget yak namanya

11. Bandar Sri Begawan – Brunei Darusalam

Spoiler for Bandar Sri Begawan:

Nah itulah kurang lebih gan/sis gambaran Ibukota dari Negara-negara se ASEAN, keren gak ? , menurut ane sih Indonesia (Jakarta) gak katrok-katrok amat lah ya, heheh, paling kalah sama singapore n KL, kalau menurut pendapat agan gimana ?

Ckckck… monggo silahkan yang punya gambar-gambar bagus (pas liburan) di salah satu negara tersebut bisa di share,, nanti ane angkut pejwan.

Sekian trit ane gan,.. moga menambah pengetahuan dan keingintahuan

sumber

Kategori:revo Tag:, , , ,
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: