Beranda > revo > [MENAKJUBKAN] Relief-relief Kuno dari masa lampau

[MENAKJUBKAN] Relief-relief Kuno dari masa lampau

Sejak jaman dulu manusia selalu merasa perlu untuk mengekspresikan diri lewat seni. Mereka bahkan sudah menguasai teknik-teknik mengukir batu dengan hasil yang halus dan membuat kita terheran-heran. Beberapa masih bisa kita nikmati di situs bersejarah seperti candi atau reruntuhan kuil. Untuk memperkaya wawasanmu, mari kita tengok relief-relief kuno lainnya di seluruh dunia yang akan membuatmu terkagum-kagum

1. Reruntuhan Arsameia, Turki

Di sini kita bisa melihat relief bergambar dua orang sedang bersalaman setinggi lebih dari 3,5 meter. Sosok tersebut diyakini sebagai Raja Mithridates yang sedang bersalaman dengan Hercules. Diduga relief ini dibuat sekitar tahun 70 – 38 SM

2. Dazu, Tiongkok

Ukiran ini dibuat antara abad 9-13 Masehi. Situs Dazu terdiri dari 50.000 lebih patung dan 100.000 patung serta lukisan yang melambangkan keharmonisan agama, filsafat serta budaya Cina kuno.

3. Gharapuri, India

Kuil ini aslinya adalah gua yang diukir. Ukiran di dalam gua menggambarkan dewa-dewi agama Hindu, namun diantara sekian banyak relief, yang paling penting ada di ujung gua yaitu ukiran dewa utama Trimurti, Siwa berkepala tiga setinggi 20 kaki.

4. Kom el Shoqafa di Alexandria, Mesir

Komplek makam, patung dan penyimpanan artefak ini menggabungkan karakter budaya dari Yunani, Romawi dan Mesir. Tempat ini digunakan sampai abad ke 4 masehi dan kemudian terbengkalai hingga diketemukan lagi pada tahun 1900.

5. Angkor Wat, Kamboja

Kuil terbesar dan terkenal di dunia ini tidak hanya menyajikan ukiran-ukiran megah bernuansa budaya Hindu, namun juga kerumitan fragmen-fragmen lukisan kecil di berbagai sudut bangunannya.

6. Istana Apadana, Iran

Tempat ini dibangun Raja Darius Agung pada tahun 515 SM. Istana ini menunjukkan kemegahannya dengan berbagai ukiran di segala sisi bangunannya. Ukiran tersebut melambangkan kejayaan kerajaan Persia di masa itu.

7. Torana, India

Ukiran yang terletak di Sanchi sebuah desa kecil di India ini menggambarkan siklus kehidupan yang dialami oleh Budha.

8. Mahabalipuram, India

Mahabalipuram merupakan kompleks relief yang berdiri sepanjang 29 meter dan tinggi 13 meter. Fragmen yang terkenal dari relief ini adalah “Descent of the Ganges (Turunnya Gangga)” atau “Arjuna’s Penance (Pertobatan Arjuna)”

9. Taq-e Bostan, Iran

Ukiran ini berada di jalur perdagangan bersejarah yang dikenal sebagai “Jalur Sutera”, tepatnya di Pegunungan Zagros. Dibangun pada masa pemerintahan Dinasti Sassanid. Ukirannya melambangkan pola kehidupan masyarakat kala itu.

10. Buddha Raksasa Leshan, Tiongkok

Patung Buddha terbesar di dunia ini ada di sebuah tebing yang terletak di provinsi Sichuan. Pembangunannya diprakarsai oleh seorang biarawan pada tahun 713 Masehi.

Ditulis Oleh Satrio Rizki Dharma

sumber
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: