Beranda > revo > [AMAZING] Bumi Kita Emang Luar Biasa, Ini Buktinya!  

[AMAZING] Bumi Kita Emang Luar Biasa, Ini Buktinya!  

Bumi berputar pada porosnya dan sekaligus beredar mengelilingi matahari. Matahari ternyata juga beredar mengelilingi pusat galaksi Bima Sakti dengan kecepatan 800.000 km/jam. Mungkin terasa membingungkan bagaimana alam semesta mendapat keteraturannya tersebut. Bumi sebagai rumah kita adalah bagian dari misteri semesta yang luas. Kenali sebagian kecil dari keajaiban yang dimiliki bumi berikut ini

1. Rantai gunung berapi yang mengelilingi bumi

Barisan pegunungan bawah laut membentang hingga sepanjang 60.000 kilometer. Dan itu adalah muka geografis terbesar yang ada di bumi.

2. Kebakaran bisa terjadi di mana saja, bahkan di tempat yang penuh es sekalipun

Percayakah kamu bahkan di Antartika yang dikenal sebagai wilayah terdingin bisa terjadi kebakaran? Biasanya kebakaran terjadi karena listrik statis yang ditimbulkan dari perangkat elektronik. Dan tentunya sulit memadamkannya karena cuaca dingin akan membekukan air dalam selang pemadam

3. Gempa bumi tidak terjadi sesekali

Nyatabya rata-rata, 500.000 kali gempa terjadi setiap tahun dan hanya 1/5 diantaranya yang bisa dirasakan manusia di seluruh penjuru dunia.

4. Inti bumi itu panasnya kayak matahari

Inti bumi berbentuk bola panas dengan luas 1.207 kilometer. Panasnya mencapai 6.100 derajat celcius.

5. Es mencair sepanjang waktu

Bongkahan es bernama Larsen B di Antartika pada tahun 2002 meleleh. Luas permukaannya sekitar 3.250 km persegi dengan tinggi 220 meter dan berat mencapai 720 miliar ton. Bongkahan tersebut merekah dan hilang dalam sekejap di laut walden.

6. 95% dari lautan di bumi masih merupakan misteri

71% dari permukaan bumi adalah lautan, dan kita bahkan belum menjelajahi seperempat dari mereka. Banyak spesies yang belum diketahui di bawah lautan sana.

7. Gravitasi bumi tidak sama di berbagai belahan dunia

Kawasan teluk Hudson di Kanada memiliki tingkat gravitasi lebih rendah dibandingkan tempat lain di bumi.

8. Pangea Ultima akan segera tiba

250 juta tahun yang lalu daratan di bumi merupakan satu kesatuan yang disebut Pangea. Para ilmuwan percaya bahwa lempeng bumi yang senantiasa bergerak akan menciptakan kesatuan daratan baru yang disebut Pangea Ultima.

9. Kutub utara dan selatan bisa saling bertukar

Aktivitas magnetik bumi selalu berubah. Tercatat pergeseran kutub terakhir terjadi 780.000 tahun yang lalu dan kita sekarang sedang berada dalam siklus tersebut.

10. Ukuran bumi dibandingkan matahari

Jika kita bisa menempelkan bumi di seluruh permukaan matahari, maka butuh sekitar 109 bumi untuk menutupi wajahnya. Bukan jumlah yang besar dibandingkan ketika kita mengisi volume matahari dengan bumi, maka akan ada 1,3 juta bumi yang muat untuk masuk ke dalamnya.

Ditulis Oleh Satrio Rizki Dharma
  1. eri - Dlingo
    4 Desember 2014 pukul 1:02 am

    Sob, bumi ini diam malah matahari dan bulan yg mengelilingi bumi, ‘mungkin ingin mengelilingi ka’bah juga?’. Elu jangan ngikutin teori yg kagak bener ye, yg bener entu bumi ini diam. Ada penjelasannya di Al Quran.

    Suka

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: