Beranda > revo > [LUCU & SERU] Hal-Hal yang Kita Lakuin Waktu SD untuk Mendapatkan Uang Jajan Ekstra

[LUCU & SERU] Hal-Hal yang Kita Lakuin Waktu SD untuk Mendapatkan Uang Jajan Ekstra

Waktu SD dulu, uang jajan adalah salah satu elemen pokok dalam kehidupan kita. Semakin banyak uang jajan yang didapat, semakin indah pula hari-hari yang kita lalui! Oleh karena itu, hal-hal tertentu sering diupayakan untuk mendapatkan uang jajan ekstra. Baca daftarnya dibawah ini untuk bernostalgia atau mencari inspirasi untuk mendapatkan uang ekstra.
1. Mijitin ortu.
 
Mijitin ortu adalah cara untuk mendapatkan uang jajan ekstra sambil menunjukkan bakti kita kepada mereka. Cara ini simpel dan banyak manfaatnya.
2. Main ke rumah kakek dan nenek.
Main ke rumah kakek dan nenek sangat menyenangkan bagi sebagian besar anak kecil. Di rumah mereka, kita dimanjakan dan saat pulang pasti diberi uang saku!
3. Nunggu “salam tempel” dari paman/ bibi yang main ke rumah.
Tiap kali paman/ bibi main ke rumah, kita pasti sangat senang karena saat pulang mereka akan memberikan “salam tempel” alias uang jajan ekstra. Apalagi di hari raya atau liburan sekolah (semakin bagus nilai rapor, semakin banyak jumlah “salam tempel”).
4. Jadi loper koran.
Mengantar koran bisa jadi pengalaman unik jika dialami saat SD. Hal ini bisa melatih kita untuk bekerja keras dan mandiri.
5. Jual-beli mainan antar temen.
Jual-beli mainan adalah bisnis kecil yang menguntungkan bagi anak SD. Mainan bisa dibuat sendiri atau dijual ulang dari penjual mainan di trotoar. Hal ini bisa melatih kreativitas dan spirit untuk menjadi wirausaha di kemudian hari.
6. Kerja upahan.
Waktu SD dulu, sangat mudah untuk mendapat upah dengan bekerja kecil-kecilan. Misalnya membantu menyapu rumah, memotong rumput, mengepel balai RT, dll.
7. Cari uang jatuh di bus atau wartel.
Bus kota dan wartel adalah tempat paling strategis untuk mencari uang jatuh. Di tempat-tempat ini, mustahil untuk mengembalikan uang recehan ke pemiliknya. Jadi uang yang ditemukan bisa lumayan untuk jajan.
8. Ikut lomba-lomba di sekolah dan kampung.
Lomba-lomba di sekolah dan di kampung biasanya menjanjikan hadiah yang lumayan untuk jajan. Event berhadiah seperti lomba 17-an adalah saat yang tidak boleh dilewatkan.
9. Kirim tulisan ke majalah.
Di majalah anak-anak, kita bisa mengirim puisi, gambar, bahkan cerpen. Kiriman yang dimuat tentu mendapat honor yang jumlahnya cukup besar bagi pendapatan anak SD.
10. Jadi kurir surat cinta.
Saat teman jatuh cinta, jasa kurir untuk menyampaikan surat sangat dibutuhkan di zaman teknologi belum maju seperti sekarang. Upah jasa itu tentu lebih besar jika cinta teman kita diterima.
11. Jadi pesuruhnya kakak.
 
Buat kamu yang punya kakak, pasti tahu rasanya disuruh-suruh untuk beliin jajan di warung atau bantuin mereka mengerjakan PR. Jasa pesuruh ini biasanya ada imbalannya kalau kakak kamu cukup pengertian.
12. Nangkep serangga yang mengganggu rumah.
 
 
Serangga seperti lalat, nyamuk, atau kecoa pasti membuat ibumu kesal. Kamu bisa membantu ibu membersihkan rumah dengan menangkap serangga dan mendapat upah sesuai jumlah telah tertangkap.
 
13. Bantuin tetangga kerja bakti.
 
 
Kerja bakti bukan hal yang mudah bagi semua orang. Membantu tetangga bekerja bakti membersihkan halaman rumah bisa memberimu uang jajan ekstra dan mempererat hubungan yang baik.
14. Cabutin uban ortu/ paman/ bibi.
 
 
Uban bisa membuat orang tampak tua dan kurang pede. Mencabut uban ortu/ paman/ bibi, dll biasanya membuat mereka memberimu sejumlah uang sesuai dengan jumlah yang dicabut.
 
15. Jadi penggembira di acara kampung.
Kadang acara-acara di kampung butuh penggembira untuk meramaikan acaranya, seperti 17-an, acara Ramadan, pertemuan warga, dll. Dengan menjadi penggembira yang hanya datang dan duduk manis saja, biasanya anak-anak bisa mendapat uang jajan atau makanan atas partisipasi mereka.
Kategori:revo Tag:, , ,
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: