Beranda > revo > 6 Postur Tubuh Yang Buruk Bagi Kesehatanmu (Dan Cara Memperbaikinya)

6 Postur Tubuh Yang Buruk Bagi Kesehatanmu (Dan Cara Memperbaikinya)

Perhatiin badan kita bentar, yuk. Apakah sikap badan (postur) kita udah benar? Membungkuk, bahu yang gak seimbang, dan leher yang kaku ke depan adalah contoh beberapa sikap badan yang salah. Postur ini biasanya disebabkan oleh lemahnya otot leher, posisi duduk dan tidur yang salah, dan waktu bekerja di depan komputer yang terlalu lama. Selain gak enak dipandang, postur buruk ini bisa berbahaya bagi kesehatan saraf. Postur yang salah bisa bikin ‘saraf kejepit’ karena seluruh urat saraf terhubung ke tulang punggung. Ini nggak hanya bikin punggung nyeri, tapi juga menyebabkan bagian tubuh lain ikutan sakit. Belum lagi resiko kelumpuhan total.

Di bawah ini, Hipwee udah kumpulin 6 sikap badan yang salah dan bagaimana cara kamu membenarkannya lagi ke posisi semula. Semoga bermanfaat, ya.

 

1. Badan Bungkuk

Kebanyakan Whatsapp kali

Kebungkukan disebabkan oleh lemahnya sendi-sendi di tulang selangka. Ini membuat otot pectoralis minor di tepi dadamu bekerja sendirian untuk menstabilkan sendi yang lemah tadi. Akibatnya, bahu cenderung maju ke depan dan tubuh jadi terlihat bungkuk.

Bisa juga dengan tangan terentang.

Perbaiki postur ini dengan berbaring telungkup di lantai dan merentangkan kedua tanganmu ke samping. Kemudian, tekuk sikumu membentuk sudut 90-derajat, seperti yang akan kamu lakukan kalau mau tos sama teman. Masih mempertahankan sudut tadi, angkat kedua tanganmu hingga tulang belikat kanan dan kiri bertemu. Tahan selama 5 detik, kemudian turunkan perlahan.

Ulangi sampai 12 kali atau 1 set. Lakukan 2-3 set per harinya.

2. Leher Condong Kedepan

Lengkapi dengan gerakan ke samping

Ini adalah masalah utama kaum pekerja kantoran yang selalu menggunakan komputer. Leher yang condong ke depan adalah akibat dari otot belakang leher yang kaku. Supaya bisa bebas dari kondisi ini, otot leher kamu perlu direnggangkan kembali. Caranya cukup mudah kok; kamu cuma perlu menggerakkan kepala doang. Turunkan dagu kamu hingga hampir menyatu dengan tulang dada, dan tahan hingga 5 detik.

Lakukan cukup 10 kali per hari. Jangan terlalu keras; lakukan dengan santai dan pelan.

3. Panggul Condong Kedepan

Panggul normal yang di sebelah kanan

Panggul yang terlalu maju ke depan menyebabkan pantat kamu terlihat menungging. Kelainan ini biasanya disebabkan oleh tulang belakang bagian bawah yang nggak stabil. Ini bertambah parah kalau otot perut kamu gak terlalu kuat untuk menahan bebannya sendiri, hehehe…

Jangan lupa julurkan tangan ke depan

Hipwee gak nyuruh kamu buat ngecilin perut kok. Kamu cukup berlutut dengan posisi di atas. Tekan tubuh ke depan hingga kamu merasakan peregangan di pinggul kiri. Kencangkan otot pantat hingga pinggul depan merenggang. Julurkan tangan kiri ke depan lalu ke kanan. Tahan 30 detik.

Itu baru 1 kali. Lakukan di sisi kiri dan kanan masing-masing 3 kali.

4. Bahu Nggak Seimbang

Harap maklumi bulunya

Jangan minder, bahu miring bukan tandanya tubuh kamu cacat. Penyebabnya adalah otot di bawah dada (merentang dari tulang rusuk ke tulang belikat) kamu gak kuat. Untuk melatihnya gunakan kursi.

Latihan dengan kursi

Duduk lurus di atas kursi dengan tangan di samping pinggul dan jari-jari yang terkepal. Tanpa menggerakkan tangan, tekan kursi hingga tubuh kamu terangkat dari kursi. Tahan selama 5 detik, itu baru sekali. Lakukan 2-3 set masing-masing 12 kali.

5. Pigeon Toe (Kaki Merpati)

Pigeon toe

Pada bayi, pigeon toe adalah hal yang cukup banyak dijumpai dan biasanya akan terkoreksi sendiri. Namun, pigeon toe pada orang dewasa bukanlah kondisi normal. Pada orang dewasa, pigeon toe umumnya disebabkan oleh otot kaki yang lemah atau kelainan bentuk tulang. Ini bisa kamu kurangi dengan rebahan di satu sisi tubuhmu dan menekuk lutut sebesar 90 derajat.

Side-lying clamshell

Sambil mempertahankan posisi pinggul, angkat lutut yang berada di atas, hingga posisi lututmu tampak kurang lebih seperti kerang yang sedang terbuka cangkangnya. Tahan selama 5 detik, kemudian turunkan lutut ke posisi semula. Ulangi hingga 3 x 12 angkatan untuk setiap lutut.

6. Duck Feet (Kaki Bebek)

Kiri: bengkok ke dalam. tengah: normal. kanan: bengkok ke luar

Sama seperti pigeon toes, penyebab duck feet juga masalah otot dan tulang. Untuk mengatasinya kamu memerlukan bola besar yang biasa digunakan saat senam atau nge-gym.

Nama gerakannya, swiss-ball jackknife

Ambil posisi push-up dengan kaki yang bertumpu pada bola. Usahakan pinggul kamu tetap lurus sambil melipat lutut ke arah perut. Dengan menggunakan kaki, gelindingkan bola perlahan ke bawah badan kamu, lalu kembalilah ke posisi semula. Ulangi 3 x 12 kali.

 

 

Periksa Postur Tubuh Kamu Sekarang!

Kenakan pakaian yang pas dan mengikuti bentuk tubuh. Berdirilah santai (alias gak dipaksain tegap), dan rentangkan kaki selebar bahu. Ambil 2 foto dari ujung kaki sampai ujung kepala–satu foto dari depan sementara satunya dari samping. Perhatiin hasil foto kamu: apakah sesuai dengan tanda-tanda postur buruk di bawah ini?

  1. Jika tulang belikatmu kelihatan, berarti kamu terlalu bungkuk.
  2. Jika telinga kamu gak sejajar dengan bahu (dan malah berada di depannya), artinya leher kamu terlalu condong ke depan.
  3. Jika pinggulmu condong ke depan dan perutmu sedikit buncit (padahal gak ada lemaknya) berarti tulang panggul kamu perlu di latih biar normal.
  4. Perhatikan bahumu. Keduanya mesti seimbang.
  5. Lihat apakah kaki kamu berbentuk X, sehingga lutut selalu bersentuhan ketika berusaha diluruskan.
  6. Lihat apakah kamu mempunyai ciri-ciri duck feet, alias jari kaki yang mengarah keluar dengan sudut lebih dari 10 derajat.

Jika ada yang salah dengan postur tubuhmu, segera terapkan tips yang sudah dijabarkan di atas. Mumpung kamu lagi muda, cegah penyakit-penyakit syaraf dari sekarang!

sumber

Kategori:revo
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: