Beranda > revo > Uniknya Kebun Sayuran di Atas Gedung Taman Kanak-Kanak

Uniknya Kebun Sayuran di Atas Gedung Taman Kanak-Kanak

Uniknya Kebun Sayuran di Atas Gedung Taman Kanak-Kanak

Sebuah taman kanak-kanak (TK) di Vietnam memiliki arsitektur unik dengan menempatkan sebuah kebun sayur di atas atap bangunannya. TK bermana Farming Kindergarten ini berlokasi di Dong Nai, di kota Ho Chi Min.

Bangunan TK ini didesain oleh arsitek Vo Trong Nghia Architects yang ditujukan khusus bagi anak-anak dari pegawai yang bekerja di pabrik sepatu.
sumber : dezeen.com
Meskipun anggaran dana pembangunan TK ini dibatasi, namun sang arsitek asal Vietnam tersebut menginginkan sebuah prototipe sekolah yang berkelanjutan. Hal ini berupa pembelajaran untuk anak-anak dalam menanam tanamannya sendiri sehingga mereka akan lebih menghargai pentingnya sayuran dan buah-buahan untuk mereka.
sumber : dezeen.com
“Vietnam adalah negara yang agraris, dan sedang menghadapi perubahan ketika maju bergerak ke ekonomi berbasis manufaktur yang makin berdampak buruk pada lingkungan,” ungkap studio arsitek tersebut, seperti dilansir dari laman Dezeen, Kamis (13/11).
sumber : dezeen.com
Studio yang merancang TK unik ini mengungkapkan keprihatinan mereka terhadap dampak urbanisasi yang tinggi, lahan hijau dan taman bermain yang berhubungan dengan alam untuk anak-anak semakin sedikit. Dengan merancang TK pertanian untuk anak-anak, setidaknya dapat menjadi salah satu solusi untuk menyediakan sarana lahan hijau untuk anak-anak.
sumber : dezeen.com
Bangunan TK ini terdiri dua lantai dengan bentuk simpul loop dan nampak membingkai taman dengan beberapa garis tegas. Permukaan atap bangunan ditutupi oleh rumput dan tanaman hijau. Berbagai jenis sayur-sayuran digalakkan disini untuk memperkenalkan teknik penanaman sayuran kepada anak-anak di TK ini.
sumber : dezeen.com
Struktur TK ini juga dibangun dengan menggunakan bahan-bahan yang ekonomis seperti beton, batu bata dan genteng. Suasana atap yang hijau membuat ruang kelas di TK ini sama sekali tidak menggunakan pendingin ruangan meski cuaca dalam keadaan panas. Dinding luar bangunan yang teduh membuat TK ini tetap sejuk sepanjang hari.
sumber : dezeen.com

 sumber

  1. 14 November 2014 pukul 11:30 pm

    Unik jga ya.. tapi nampak asri.

    Suka

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: