Beranda > Inspirasi > Tanda-Tanda Kamu Pemimpin Muda yang Luar Biasa

Tanda-Tanda Kamu Pemimpin Muda yang Luar Biasa

Kemampuan memimpin adalah salah satu kualitas yang paling dibutuhkan anak muda. Dengan kualitas ini, kita akan bisa mengamankan respek dari mereka yang lebih tua. Kita juga lebih mudah mewujudkan cita-cita, serta menyemai pengaruh baik pada yang sebaya atau lebih muda.

Tiap-tiap dari kita punya pengalaman menjadi pemimpin sendiri-sendiri, baik di tim kecil hingga proyek atau organisasi yang besar. Nah, ada ciri-cirinya lho kalau kamu termasuk pemimpin muda yang luar biasa. Apa saja?

 

1. Kamu memiliki visi

Kamu punya visi

Setiap pemimpin yang baik harus memiliki visi. Hal-hal apa yang ingin diraihnya dengan memimpin tim atau organisasi? Mau dibawa kemana orang-orang, lembaga, atau proyek yang dipimpinnya?

Suatu organisasi atau proyek memang harus punya tujuan jelas. Tujuan ini bisa berupa profit, bisa juga berupa dampak yang ingin kalian berikan pada masyarakat. Ketika sudah tahu apa tujuan lembaga yang dipimpinnya itu, seorang pemimpin pun bisa mengetahui apa saja yang mesti dilakukannya agar lembaga ini mampu mewujudkannya.

Kalau kamu pemimpin yang luar biasa, visi pribadimu akan selaras dengan visi lembaga yang kamu pimpin. Dengan ini, baik kamu maupun lembaga yang kamu pimpin akan bisa saling membangun.

 

 

2. Kamu percaya diri

Kamu tangguh dan percaya diri

Kepercayaan dirimu terlihat terutama saat kamu mengambil keputusan. Kamu tidak ragu menentukan sesuatu, bahkan keputusan sulit sekalipun, jika kamu yakin itu benar.

Kepercayaan diri ini berguna ketika kamu menghadapi orang baru. Kamu tak akan mudah terintimidasi, seberapa tak ramahnya pun orang itu terhadapmu. Ketika tak diberi apresiasi oleh lingkungan pun, kamu bisa tetap santai. Yang terpenting bagimu adalah kecintaan dan keyakinan terhadap apa yang kamu lakukan sekarang.

 

 

3. Kamu tetap bisa bercanda!

Kamu tetap bisa bercanda!

Meskipun karaktermu kuat dan menonjol, kamu tidak akan membuat anggota tim yang kamu pimpin ketakutan. Memang, mereka akan segan dan menjaga tingkah laku di depanmu. Tapi mereka juga bisa nyaman bercerita dan bercanda bersamamu.

Bekerja denganmu tidak harus selalu dibawa tegang. Kalian juga bisa tertawa dan bersenang-senang. Tak hanya rekan sekerja, kalian jugalah teman yang sebenarnya.

 

 

4. Kamu tahu makna kerjasama

Kerjakan bareng-bareng

Salah satu tanda pemimpin yang baik adalah tahu mana hal yang harus dia kerjakan sendiri dan mana yang lebih baik diberikannya pada anggota tim. Dengan mendelegasikan tugas, kamu bisa memaksimalkan kemampuan timmu. Tugas tim pun jadi lebih cepat kelar.

Banyak pemimpin muda yang gagal mendelegasikan tugas kepada tim. Semua hal ingin mereka kerjakan sendiri saja. Bisa karena mereka tak mudah percaya orang lain, bisa juga karena mereka ingin diakui sebagai orang yang paling berkontribusi dalam tim. Tapi kamu tidak begitu. Kamu tahu bahwa beban kerja tim memang tidak seharusnya dilakukan sendiri. Lebih baik tetap “tidak kelihatan” dan rendah hati, asal organisasimu bisa berkembang.

 

 

5. Caramu memperlakukan orang berbeda-beda, tergantung latar belakang mereka

Perlakukan orang sesuai latar belakangnya

Sebagai pemimpin luar biasa, kamu harus punya kemampuan interpersonal yang baik. Tidak semua orang bisa kamu perlakukan sama. Perlakukan seorang individu sesuai karakter dan latar belakangnya.

Misalnya, tidak semua orang bisa kamu tegur di depan anggota tim yang lain. Sebaliknya, ada juga orang yang harus “digembleng” berkali-kali sebelum bisa mengubah kebiasaan buruknya. Ada orang yang butuh motivasi konstan agar bisa maksimal, ada juga yang justru tidak boleh dipuji tinggi-tinggi. Pemimpin yang luar biasa akan bisa mengidentifikasi hal-hal halus seperti ini. Yang tak kalah penting lagi, dia bisa membuat orang dengan karakter dan budaya berbeda-beda bekerja dengan sinergis.

 

 

6. Kedisiplinan dan kerja kerasmu menonjol

Anggia Shitta Awanda/Della Destiara Haris

Mana ada pemimpin sukses yang malas-malasan? Semua anak muda yang berhasil pasti meraih momen manisnya karena disiplin yang tinggi. Mereka tahu haram hukumnya bersantai-santai sebelum memang waktunya. Jika ada kesalahan kecil sedikit saja, mereka akan “gatal” dan langsung ingin menyempurnakan pekerjaannya. Mereka akan selalu bertanya pada diri sendiri: apa lagi yang bisa diperbaiki?

Kualitas ini membuat mereka jadi figur yang inspiratif. Mencontohkan dengan tindakan dan bukan cuma omongan, mereka memacu semangat tak hanya diri sendiri saja, namun juga seluruh rekan yang mereka pimpin.

 

 

7. Kamu berpikiran positif

Kamu berpikiran positif

Jangan dikira memimpin organisasi itu tak banyak cobaannya. Dari urusan mencari dana, mengatur interaksi satu anggota dengan yang lain, membangun reputasi: tiap waktu akan ada saja kendala.

Pemimpin muda yang luar biasa akan berusaha berpikiran positif. Ketika masalah menerpa, dia akan bisa tenang dan percaya: setiap masalah bisa dicarikan jalan keluarnya.

 

8. Kamu berani mengambil risiko

kamu harus berani ambil risiko

Sebuah organisasi bisa maju karena berani menjabani hal-hal baru. Tidak ada organisasi yang bisa melakukannya kalau tak berani mengambil risiko. Pemimpin yang baik tahu kalau dia dan timnya tak boleh bergerak di zona yang itu-itu saja.

Tentu berani mengambil risiko tidak sama dengan sembrono. Kalau kamu pemimpin yang baik, kamu akan mampu mengukur risiko paling besar apa yang bisa diambil tim-mu, kemudian membandingkan apa yang akan kalian dapatkan jika usaha mengambil risiko itu berhasil. Dari situ, kamu akan mampu menentukan apa yang memang seharusnya kalian lakukan.

 

 

9. Musyawarah? Nggak masalah!

Musyawarah? Nggak masalah!

Tinggal di Indonesia, kamu harus mampu menghormati budaya yang ada disini. Dalam mengambil keputusan, kamu nggak boleh semena-mena. Kamu harus bermusyawarah.

Dengan bermusyawarah, kesalahpahaman dalam tim bisa diminimalisir. Semua orang bisa mendengarkan apa yang orang lain pikirkan, dan semua individu berlatih untuk berpendapat. Pada akhirnya, semua dari kita mendapat kesempatan untuk mengembangkan diri. Dan apa lagi yang lebih bisa membuktikan kepiawaianmu sebagai pemimpin, selain fakta bahwa kamu mampu mengembangkan seluruh anggota timmu?

 

Menjadi pemimpin luar biasa bukan hal yang mudah. Kalau kamu sudah termasuk salah satu di antara mereka, selamat, ya!

 

sumber

  1. 19 September 2014 pukul 6:50 pm

    And looking for a dealer, look into varieties of products they
    give you, varied suggestions readily available, types of providers bundled, grade and competent support.

    All the parameters of text layout like font color and size are given due attention to
    make the layout look best. The logo’s, designs and Branding we have worked on or with are all both captivating and cost effective for the consumer.

    Suka

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: