Beranda > revo > Kamu Ingin Sukses? Disini Chairul Tanjung Berbagi Rahasianya!

Kamu Ingin Sukses? Disini Chairul Tanjung Berbagi Rahasianya!

Siapa sih yang tidak kenal dengan Chairul Tanjung? Kamu tentunya sudah sering mendengar nama dan cerita mengenai kesuksesannya. Chairul Tanjung, yang juga dikenal sebagai “Si Anak Singkong”, adalah salah satu pengusaha terkenal di Indonesia dan kini menjabat sebagai Menteri Perekonomian.

Menjadi sukses seperti Chairul Tanjung tentunya tidak mudah, banyak sekali tantangan yang harus dihadapi. Disini Hipwee akan memberikan beberapa tips dari Chairul Tanjung agar kamu jadi orang yang sesukses beliau.

1. Kunci Sukses Pertama, Kamu Harus Bekerja Keras

Kamu harus bekerja keras

Tidak ada kesuksesan yang dibayar tanpa kerja keras. Chairul Tanjung menyadari dan melakukan itu. Dalam biografinya, Chairul Tanjung mengatakan bahwa kerja keras adalah mata uang utama yang berlaku dalam setiap perjalanan menuju sukses.

“Seorang calon pengusaha tidak boleh cengeng dan mudah menyerah”

Menurut Chairul Tanjung, untuk sementara waktu kita harus mengesampingkan ketiadaan modal usaha sembari terus bekerja keras. Chairul Tanjung bahkan rela bekerja keras selama 18 jam sehari untuk mewujudkan impiannya. Dia tidak mengenal kata instan dalam mencapai sukses.

“Kita kebanyakan makan mie instan. Sehingga segala sesuatunya juga mau instan” , kelakar Chairul Tanjung.

 

2. Ternyata Kerja Keras Saja Tidak Cukup, Kamu Perlu Bekerja Dengan Cerdas

chairil tanjung membeberkan cara ia bekerja cerdas

Kamu tentu sering melihat banyak orang yang bekerja keras tapi tidak segera sukses. Itu bisa jadi karena mereka hanya bekerja keras saja tapi tidak bekerja secara cerdas. Orang-orang sukses bekerja dengan strategi. Mereka tidak mau membuang waktu dengan sia-sia, sebab waktu dianggap setara dengan uang dan peluang.

Salah satu kerja cerdas yang dilakukan oleh Chairul Tanjung adalah saat dia membangun Trans Studio, taman hiburan indoor pertama di Indonesia. Chairul Tanjung mengatakan bahwa membangun Trans Studio adalah caranya untuk mewujudkan impian banyak orang Indonesia untuk memiliki taman hiburan yang menarik dan tidak mengharuskan mereka berpanas ria.

“Saya membeli masa depan dengan uang masa lalu”

Kamu mau sukses? Apakah selama ini kamu sudah bekerja dengan cukup cerdas?

 

3. Ikutilah dan Tekuni Passionmu Selagi Masih Muda

bab di buku "Si Anak Singkong" bercerita saat Chairul berjualan buku

Chairul Tanjung menjadi pengusaha karena kondisi kekurangan yang ia alami. Waktu itu dia harus bekerja keras untuk membiayai kuliah karena keluarganya tidak mampu. Ia kemudian berpikir untuk  berjualan buku saat kuliah . Dari sanalah ia tahu bahwa ia memiliki passion untuk menjadi pengusaha dan kemudian menekuninya dengan sungguh-sungguh.

Nah kalau kamu mau sukses, kamu harus menemukan passion kamu dan menekuninya dengan sungguh-sungguh. Kalau kamu memang niat jadi pengusaha ya kalau gagal jangan patah semangat. Terus kejar mimpimu dan jangan lupa berdoa ya!

Apalagi usia kamu masih muda bukan?

 

4. Sukses Itu Adalah Hak Setiap Orang, Termasuk Kamu

sukses aadalah hak semua orang

Tidak perlu jadi anak pengusaha apalagi anak presiden untuk jadi sukses. Chairul Tanjung sudah membuktikannya. Kini ia memiliki grup usaha CT dan menjadi icon pengusaha sukses di majalah Forbes. Kesuksesan adalah milik semua orang yang mau berusaha.

Chairul Tanjung memulai ambisi untuk jadi pengusaha sukses setelah mengetahui bahwa uang kuliahnya didapat dari hasil gadai kain batik ibunya. Mulai saat itu, dia bertekad tidak akan lagi meminta uang dari orang tuanya. Chairul akhirnya berhasil membiayai kuliahnya lewat usaha foto copy.

Kalau kamu pengen sukses maka kamu harus  merencanakan, berpikir dan bertindak untuk menjadi orang sukses. Sukses adalah hak semua orang. Bukan karena ia anak atau keturunan siapa.

 

5. Lihatlah Orang-Orang yang Sukses dan Tiru Cara Mereka Untuk Menjadi Sukses

tirulah orang-orang sukses seperti einstein

Coba deh kamu cari tahu apa saja yang dilakukan oleh orang-orang sukses di dunia. Mereka tidak pernah mengikui arus mainstream buat jadi sukses. Chairul Tanjung pun seperti itu. Einstein pun juga dulu dianggap bodoh pada waktu kecil. Ia kemudian menekuni passion nya dan akhirnya menemukan atom dan rumus E=mc2.

Kamu bisa meniru cara mereka sukses menjadi pengusaha, ilmuwan, hingga penulis. Dari sana kamu akan melihat kalau usaha mereka untuk sukses tidak pernah sama dengan cara-cara orang pada umumnya. Mereka menuruti passion-nya untuk bisa benar-benar berhasil.

 

6. Berkomitmen dan Sensitif Terhadap Kebutuhan Masyarakat

Punya komitmen dan sensitif

“Mulai berwirausaha tanpa komitmen adalah sebuah omong kosong”

Chairul Tanjung menunjukkan bahwa komitmen tinggi terhadap hal yang dilakukan jadi kuncinya dalam meraih kesuksesan. Ia tidak mudah mundur saat dihadapkan pada kesulitan. Besar-kecilnya uang yang ia dapatkan tidak jadi patokan baginya untuk terus berusaha.

Selain punya komitmen besar, Chairul Tanjung juga sensitif terhadap kebutuhan masyarakat. Hal ini terlihat dari kejeliannya melihat peluang dan membuka Trans Studio, taman hiburan indoor pertama di Indonesia.

 

7. Jangan Malas Untuk Meluaskan Jejaring

Selalu perluas jejaringmu

Nah hal yang paling penting yang bisa dipelajari dari Chairul Tanjung mengenai kesuksesannya adalah kamu harus selalu meluaskan networking atau jejaringmu. Jangan pernah menutup diri terhadap kesempatan untuk berinteraksi dengan orang lain. Kamu tidak akan pernah tahu bagaimana pengaruh orang itu terhadap perkembangan karirmu kelak.

 

Itu tadi rahasia sukses dari Chairul Tanjung. Semoga bisa menginspirasi kamu untuk jadi sesukses Beliau ya!

sumber

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: