Arsip

Archive for September, 2014

Ini Loh Ketentuannya Jual Beli Tanah

30 September 2014 2 komentar

 

Dear agan-aganwati sekalian,

Masalah pertanahan ini memang salah satu yang paling sering ditanyakan, baik di forum ini ataupun yang dikirimkan langsung ke Klinik Hukumonline.com. Gak heran sih, soalnya masalah pertanahan ini kan dekat dengan kehidupan kita sehari-hari.

nah, dari sekian banyak permasalahan mengenai tanah, ini beberapa pembahasan yang perlu agan-aganwati tahu ya

1. Menjual Tanah Warisan

Spoiler for Menjual Tanah Warisan:
Ketika misalnya agan2 pengen jual tanah warisan nih, tapi sertipikatnya masih atas nama ortu agan. Sementara ortu agan dah meninggal dunia semua. Apakah sertipikatnya harus dibikin dulu atas nama para ahli waris ato bisa langsung dijual dan nanti dibaliknamakan ke nama pembeli?

Di salah satu artikel hukumonline, notaris Irma Devita, menyatakan bahwa ahli warisnya bisa langsung menjual tanpa harus dibaliknamain terlebih dulu gan.

Namun demikian, ada beberapa hal yg mesti dipenuhi terlebih dulu. Untuk lebih lengkapnya, simak artikel ini aja gan.
Langkah Aman Menjual Tanah Warisan

2. “BIaya Tambahan” Dari Perangkat Desa Dalam Jual-Beli Tanah

Spoiler for ‘Biaya tambahan’ dari perangkat desa dalam jual beli tanah:
Dalam jual beli tanah, pasti agan2 sering denger dong istilah pajak jual beli tanah. Nah, di beberapa tempat di daerah Jawa, ada ‘pajak’ tambahan yg dikenakan oleh perangkat desa yg biasa disebut dgn uang polorogo.

Bagi masyarakat di pedesaan, keberadaan uang polorogo ini seolah menjadi kewajiban yg makin menguatkan ‘keabsahan’ transaksi jual beli tanah.

Tapi bagaimana dari sudut pandang hukum? Apa sanksinya jika para pihak tdk membayar uang polorogo tsb? Simak artikel ini aja gan
Keberlakuan Polorogo terkait Jual Beli Tanah

3. Jual Beli Sebagian Tanah Hibah

Spoiler for Jual Beli Sebagian Tanah Hibah:
Ceritanya begini. Agan dan saudara agan punya sebidang tanah hibah dari orang tua. Sertipikat tanah itu atas nama agan dan saudara agan. Suatu saat, saudara agan pengen jual sebagian tanah yg jadi haknya itu dan kebetulan agan juga mau ngebelinya.

Langkah apa yg mesti agan lakuin? Apakah jual belinya sama seperti jual beli biasa?

Untuk mekanisme pembelian hak atas tanah yg dimiliki secara bersama2, pada dasarnya dpt dilakukan dgn tiga cara:
1. Jual beli dgn akta jual beli; atau
2. Akta pembagian hak bersama (APHB); atau
3. Hibah

Penjelasan detil dan cara penghitungan pajaknya baca langsung di sini aja gan 
Prosedur Jual Beli Sebagian Tanah Hibah

4. Satu Sertifikat Hak Atas Tanah Untuk Beberapa Pemilik

Spoiler for Satu Sertifikat Hak Atas Tanah Untuk Beberapa Pemilik:
Misalnya Agan dan teman-teman ber-10 berencana membeli sebidang tanah secara patungan. Pertanyaan yang muncul: Apakah dimungkinkan untuk mencantumkan kepemilikan tanah tersebut di satu sertifikat atas nama 10 orang?

Jadi gini Gan, hak atas tanah bersama beberapa orang atau badan hukum diterbitkan satu sertifikat, yang diterimakan kepada salah satu pemegang hak bersama atas penunjukan tertulis para pemegang hak bersama yang lain, demikian yang diatur dalam Pasal 31 ayat (4) Peraturan Pemerintah No. 24 Tahun 1997 tentang Pendaftaran Tanah (“PP 24/1997”).

Ini berarti di dalam satu sertifikat bisa ada beberapa nama pemilik dari hak atas tanah tersebut, Gan. Terus, kepunyaan bersama itu nanti siapa yang pegang sertifikatnya? Masing-masing dapet satu atau hanya diterbitkan satu sertifikat?
Simak jawabannya di sini ya:
Satu Sertifikat Hak atas Tanah untuk Beberapa Pemilik

5. Cara Melakukan Oper Kredit Rumah yang Aman

Spoiler for Cara Melakukan Oper Kredit Rumah yang Aman:
Misalnya Agan membeli rumah orang lain yang masih dalam proses Kredit Pemilikan Rumah (KPR) di bank tapi tanpa diketahui bank. Nah, salah satu cara yang dilakukan itu oper kredit. Apa sih oper kredit itu? Oper Kredit adalah dimana pembeli bertindak selaku debitor pengganti atas penjual (debitor yang sebelumnya).

Kalau Agan bertindak selaku pembeli sebenarnya kedudukannya sudah relatif kuat tapi tidak sepenuhnya aman. Kuat karena yang menjual memang pemilik tanah dan bangunan. Kuat karena telah terjadi peralihan hak dengan cara yang dibenarkan oleh hukum pada saat ditandatanganinya akta-akta. Tidak aman karena tanpa sepengetahuan/tidak melibatkan bank. Oper kredit yang dilakukan oleh para pihak seharusnya disertai dengan pemberitahuan baik lisan maupun tulisan dengan menyerahkan salinan akta-akta yang telah ditandatangani kepada bank. Jika tidak melaporkan ke bank, sampai kapanpun bank akan menggangap debitor mereka adalah si penjual, walaupun kenyataannya angsuran di bayar/dilunasi oleh pembeli.

Kenapa harus lapor ke bank? Klik penjelasan selengkapnya di artikel:
Cara Melakukan Oper Kredit Rumah yang Aman

6. Menuntut Kembali Kelebihan Luas Tanah Dalam Jual Beli Tanah

Spoiler for Menuntut Kembali Kelebihan Luas Tanah Dalam Jual Beli Tanah:
Jika jual beli belum dilaksanakan, maka Agan bisa mengajukan permohonan pengukuran ulang pada kantor pertanahan setempat sehingga diketahui secara pasti dan jelas berapa sebenarnya luasan tanah yang menjadi hak Agan. Berdasarkan pengukuran ulang tersebut, jika memang terjadi kekeliruan, maka Kepala Kantor Pertanahan akan melakukan perbaikan/perubahan pada data fisik di buku tanah maupun di sertipikatnya. Istilah pertanahannya: minta pengembalian batas.

Kalau tanahnya sudah bersertifikat, jika Agan tidak mengajukan permohonan untuk pengukuran ulang sebelum dilakukannya transaksi jual beli, maka asumsinya Agan Anda telah setuju untuk menjual tanah sesuai dengan luas yang tertera dalam sertipikat. Terhadap kelebihan tanah ini, coba Agan lihat kembali Akta Jual Beli (“AJB”). Gimana sih bunyi standar klausula dalam AJB itu? Simak:
Bisakah Menuntut Kembali Kelebihan Luas Tanah Dalam Jual Beli Tanah?

7. Membeli Tanah di Kompleks Perumahan

Spoiler for Membeli Tanah di Kompleks Perumahan:
Dalam hal agan atau aganwati ingin membeli rumah di kompleks perumahan, tetapi agan bukan membeli langsung dari developer, melainkan dari penjual (pemilik rumah) yang telah membeli rumah itu sebelumnya dari developer, ada beberapa yang perlu agan ketahui.

Perlu agan ketahui, nama yang terdapat dalam Izin Mendirikan Bangunan (“IMB”) bisa berbeda dengan sertifikat kepemilikan hak atas tanah. Yakni, pembangunan dilakukan dengan dasar IMB atas nama pembeli, namun sertifikat hak atas tanah masih atas nama developer. Hal ini karena; (i) hak atas tanah belum dipecahkan dari sertifikat induk, sehingga belum dialihkan kepada pembeli, atau (ii) sertifikat sudah dipecah dari sertifikat induk namun belum dialihkan ke atas nama pembeli.

Dalam hal status jual beli rumah antara developer dengan pemilik rumah (pihak yang akan menjual kepada agan) masih dalam dasar Perjanjian Pengikatan Jual Beli (”PPJB”), maka jual beli dapat dilakukan melalui prosedur pengalihan PPJB dari penjual kepada agan. Untuk itu, agan perlu mempelajari mengenai prosedur pengalihan PPJB sebagaimana yang diatur dalam PPJB jual beli rumah tersebut.

Tapi, jika status jual beli rumah tersebut sudah sampai dengan tahap Akta Jual Beli (“AJB”), yang mana ternyata penjual telah menandatangani AJB dengan developer di hadapan Pejabat Pembuat Akta Tanah (“PPAT”), maka jual beli antara agan dengan penjual hanya bisa dilakukan setelah sertifikat hak atas tanah atas rumah tersebut sudah dibalik nama ke atas nama penjual.

Lebih lanjut silakan agan baca
Panduan Membeli Tanah di Kompleks Perumahan.

8. Pemecahan Sertifikat Tanah

Spoiler for Pemecahan Sertifikat Tanah:
Dalam hal agan membeli sebidang tanah dalam tanah induk, prosesnya pada dasarnya tidak rumit.

Dalam praktiknya, para pihak akan terlebih dahulu membuat kesepakatan, misalnya melalui suatu Perjanjian Pengikatan Jual Beli (“PPJB”). Dalam hal ini, penjual akan memecahkan sebidang tanah di dalam tanah induk. Kemudian, setelah dipecah dan diterbitkan sertifikat tanahnya, maka tanah tersebut akan dijual kepada pihak pembeli melalui AJB di hadapan PPAT. Perlu diketahuia bahwa pemecahan sebidang hak atas tanah yang sudah terdaftar dapat dipecah hanya atas pemintaan pemegang hak yang bersangkutan.

Pada saat sebidang tanah yang dibeli dari tanah induk tersebut sudah dipecahkan dan diterbitkan sertifikatnya, maka agan dengan pihak penjual dapat menandatangani Akta Jual Beli (“AJB”) di hadapan Pejabat Pembuat Akta Tanah (“PPAT”) untuk keperluan pendaftarannya.

Lebih lanjut mengenai dokumen-dokumen yang diperlukan, silakan baca;
Prosedur dan Persyaratan Pemecahan Sertifikat Tanah

9. Penandatanganan Akta Jual Beli Rumah

Spoiler for Penandatanganan Akta Jual Beli Rumah:
Pada dasarnya, mekanisme kapan pelaksanaan penandatanganan Akta Jual Beli diatur di dalam Perjanjian Pengikatan Jual Beli (“PPJB”). Dalam praktiknya, penandatanganan Akta Jual Beli (“AJB”) dilaksanakan apabila si pembeli telah melunasi seluruh harga pembelian atas rumah maupun unit rumah susun yang dibelinya. Hal ini sesuai dengan ketentuan AJB di dalam Keputusan Menteri Negara Perumahan Rakyat Nomor 09/KPTS/M/1995 tentang Pedoman Pengikatan Jual Beli Rumah (“Kepmenpera”), yang menyatakan bahwa AJB harus ditandatangani oleh penjual dan pembeli di hadapan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT), dalam hal:
1. bangunan rumah telah selesai dibangun dan siap dihuni;
2. pembeli telah membayar lunas seluruh harga tanah dan bangunan rumah, serta pajak dan biaya-biaya lainnya yang terkait; dan
3. proses permohonan Hak Guna Bangunan atas tanah telah selesai diproses, dan sertifikat Hak Guna Bangunan terdaftar atas nama penjual.

Penjelasan lebih lanjut, baca:
Aturan Penandatanganan Akta Jual Beli Rumah

10. Pajak Jual Beli Tanah

Spoiler for Pajak Jual Beli Tanah:
Dalam transaksi jual beli tanah, baik penjual maupun pembeli dikenakan pajak. Untuk penjual, dikenakan Pajak Penghasilan (“PPh”). Dasar hukum pengenaan PPh untuk penjual tanah adalah Pasal 1 ayat (1) PP No. 48 Tahun 1994 tentang Pembayaran Pajak Penghasilan atas Penghasilan dari Pengalihan Hak atas Tanah dan/atau Bangunan:

“Atas penghasilan yang diterima atau diperoleh orang pribadi atau badan dari pengalihan hak atas tanah dan/atau bangunan wajib dibayar Pajak Penghasilan”

Untuk pembeli, dikenakan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (“BPHTB”), yaitu pajak yang dikenakan atas perolehan hak atas tanah dan atau bangunan. Hal ini didasarkan pada Pasal 2 ayat (1) dan ayat (2) UU No. 20 Tahun 2000 tentang Perubahan atas UU No. 21 Tahun 1997 tentang Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan.

Selengkapnya, cekidot gan:
Pajak Jual Beli Tanah

11. Balik Nama Sertifikat

Spoiler for Balik Nama Sertifikat:
Untuk proses balik nama, lamanya waktu yang dibutuhkan bergantung pada kelengkapan dokumen-dokumen yang dipersyaratkan. Apabila dokumennya sudah lengkap, menurut situs resmi Badan Pertanahan Nasional (BPN) waktu yang dibutuhkan kira-kira 5 hari.

Selengkapnya, cekidot gan:
Balik Nama Sertifikat Tanah

12. Jual Beli Tanah Tanpa Persetujuan Ahli Waris

Spoiler for Jual Beli Tanah Tanpa Persetujuan Ahli Waris:
Seharusnya jual beli tanah warisan ini disetujui oleh semua ahli waris sebagai pihak yang mendapatkan hak milik atas tanah tersebut akibat pewarisan. Misalnya, jika ingin dilakukan penjualan atau misalnya tanah tersebut akan dijadikan sebagai agunan di bank, maka seluruh ahli waris yang lain harus hadir untuk memberikan persetujuan.

Dalam hal salah seorang ahli waris tidak bisa hadir di hadapan Notaris pembuat akta tersebut (karena berada di luar kota), maka ahli waris tersebut dapat membuat Surat Persetujuan di bawah tangan yang dilegalisir notaris setempat atau dibuat Surat persetujuan dalam bentuk akta notaris.

Dalam hal jual beli tanah tersebut tidak ada persetujuan dari para ahli waris, maka tanah tersebut dijual oleh orang yang tidak berhak untuk menjualnya (karena yang sekarang memegang hak milik atas tanah tersebut yaitu para ahli waris).

Oleh karena itu, berdasarkan Pasal 1471 KUHPer, jual beli tersebut batal. Dengan batalnya jual beli tersebut, maka jual beli tersebut dianggap tidak pernah ada, dan masing-masing pihak dikembalikan ke keadaannya semula sebelum terjadi peristiwa “jual beli” tersebut, yang mana hak milik atas tanah tetap berada pada ahli waris.

Selengkapnya, cekidot gan
Akibat Hukum Jual Beli Tanah Warisan Tanpa Persetujuan Ahli Waris

Nah, itu gan pembahasan soal jual beli tanah.

kalau agan ada pengalaman soal jual beli, dan ada yang masih mau ditambahkan, silahkan di-share di mari gan!!

sumber

MB OC 500 RF OH 2542 bis terpanjang di indonesia

30 September 2014 5 komentar

 

Jika Anda mendamba perjalanan darat dengan menumpang bus mewah dengan kabin lapang, panjang dan bersuspensi super nyaman, Anda tak perlu ke luar negeri.
Datangnya ke pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta. Di area outdoor, Anda akan bisa temukan bus mewah Mercedes-Benz OC 2542 OC 500 RF triple axle buatan body builder Adi Putro, Malang, Jawa Timur.

Spoiler for pow:

Bus berkelir merah marun ini memang bisa dibilang sebagai bus terpanjang yang pernah dibuat di Indonesia. Sesuai rekomendasi pabrikannya, yakni PT Mercedes-Benz Indonesia, bus ini memang dirakit dengan panjang hingga 14 meter lebih (bodi bus mewah antar kota di Indonesia saat ini panjangnya maksimal 12 meter)
*padahal 1836 13 meter

Spoiler for pow:

Kabinnya dirancang sangat nyaman dengan kursi kelas super eksekutif layaknya kursi di penerbangan pesawat terbang kelas premium berlapis kulit dengan konfigurasi 2 seat di sisi kanan row dan 1 seat di sisi kiri row. Setiap seat bisa distel posisi duduka punggungnya menyesuaikan kenyamanan indiviual yang ideal yang diingini penumpang.

Spoiler for pow:

Pada setiap seat juga terpasang inflight entertainment (meminjam istilah di dunia penerbangan komersial), berupa layar televisi 7 inchi. Bagasi kabin yang berada di atas kursi setiap penumpang sudah dilengkapi dengan penutup layaknya bagasi kabin di pesawat terbang komersial. Di kabin bagian belakang, beberapa kursi dipasang saling berhadapan yang dilengkapi dengan meja kecil dan coffe maker untuk menunjang aktivitas rapat kecil selama di perjalanan dengan bus ini.

Spoiler for pow:

Karena menggunakan tiga axle (bus reguler biasa hanya memiliki dua axle), untuk kaki-kakinya, bus ini menggunakan delapan ban. Masing-masing sepasang ban di depan, empat ban di axle tengah dan dua ban di axle paling belakang. Axle paling belakang ini bekerja sebagai auxiliary axle dan bisa berputar ke kiri dan ke kanan, sehingga saat bermanuver belok, dengan dimensi bodinya yang panjang, bus ini tak perlu membutuhkan ruang yang terlalu lebar.

Spoiler for pow:

sory ada kaki ts ikutan kepotret

Untuk kenyamanan di jalan raya, bus ini sudah menggunakan suspensi udara pada setiap titik rodanya. Dengan demikian saat melaju di medan berkelok, bergelombang dengan turunan dan tanjakan tajam, penumpang tetap merasakan bantingan bus yang tetap empuk.

Spoiler for pow:

Kode 2542 pada bus ini bukan tanpa makna. Angka 25 di bagian mengindikasikan kemampuan bus ini membawa beban maksimum hingga 25 ton. Sementara angka 42 di belakangnya adalah tenaga maksimum yang bisa disemburkan mesin bus ini yang ditempatkan di bagian belakang, yang mencapai 420 horse power (HP). Tenaga maksimum sebesar ini jelas sangat melimpah. Bus malam reguler yang beroperasi saat ini seperti Mercedes-Benz OH 1526 hanya memiliki tenaga maksimum di 260 HP. Begitu juga dengan bus Hino R260 atau RN 285 Air Suspension yang tenaga maksimumnya masing-masing hanya mentok di 260 dan 285 HP.

Spoiler for pow:

karna blum ada stickernya
pake pnya kurnia aja ya

Menurut David, satu-satunya operator bus di Indonesia yang sudah mengoperasikan bus ini adalah PO Kurnia. PO ini menggunakannya untuk layanan bus malam antar antarkota antarprovinsi dari Kota Medan ke Banda Aceh Pergi Pulang (PP). “Kebetulan bodi busnya kami juga yang membuat,” kata David. David menambahkan, sejumlah pengusaha bus sudah menyatakan ketertarikannya memesan bus ini. “Unit yang sekarang kami pamerkan ini juga kami jual ke pengusaha yang berminat,” kata David.

Spoiler for pow:

Quote:
Sumber: klik emoctionya

Uskup Vatikan Ini Ditahan Karena Kasus Pedofilia

30 September 2014 4 komentar
Uskup Vatikan Ini Ditahan Karena Kasus Pedofilia

Lebih dari 100.000 video dan foto porno anak-anak ditemukan di dalam komputer milik mantan uskup, Jozef Wesolowski, yang ditahan di Vatikan pada awal pekan ini. Ribuan video dan foto itu ditemukan tersimpan dalam sebuah komputer di ruang kerja Jozef di kantor Kedutaan Vatikan di Dominika.

Harian The International Business Times mengabarkan, penemuan koleksi pornografi Jozef terungkap pada saat pria berusia 66 tahun itu ditangkap karena diduga melakukan pelecehan seksual terhadap seorang bocah laki-laki.

Sebagai bagian dari investigasi kasus ini, detektif Vatikan menganalisis komputer milik Jozef yang digunakan di kantornya di kota Santo Domingo, Dominika, tempat dia bertugas sebagai duta besar pada 2008-2012.

Harian Il Corriere della Sera melaporkan, di antara sejumlah video itu terdapat sekitar 160 video berisi adegan seksual bocah laki-laki, baik sendirian maupun bersama seorang dewasa, serta lebih dari 86.000 foto porno yang diarsipkan dalam beberapa kategori.

Para penyidik mengatakan, sedikitnya 45.000 foto lainnya sudah dihapus, sementara sejumlah materi pornografi juga ditemukan di komputer jinjing Jozef, yang biasa dia bawa dalam perjalanan ke luar negeri.

Kini mantan imam itu menjadi tahanan rumah untuk menanti penahanan prasidang di Vatikan yang dijadwalkan pada Januari.

Dia ditahan di sebuah ruangan kecil di ruang bawah tahan Collegio dei Penitenzieri, sebuah biara yang bertempat di lokasi yang sama dengan pengadilan Vatikan dan markas polisi militer di lapangan Santa Marta.

 

 

Jozef Wesolowski

Para penyidik juga tengah mencari jaringan pelaku yang membantu Jozef mengumpulkan koleksi pornografinya itu dan mencari tahu apakah Jozef juga melakukan pelecehan seksual lain di belahan dunia lain saat tengah bertugas.

Jozef Wesolowski merupakan pejabat tertinggi Vatikan yang pernah ditahan dan disidik terkait kasus pelecehan seksual. Dia juga pejabat tinggi pertama Vatikan yang dipecat dari jabatannya.

Dia sudah didakwa melakukan pelecehan seksual terhadap anak-anak dan kepemilikan materi pornografi anak-anak. Jika tuduhan ini terbukti, Jozef bisa mendekam selama tujuh tahun di penjara Vatikan yang sangat kecil itu.

Sebelum bertugas di Santo Domingo, Dominika, Jozef Wesolowski pernah bertugas sebagai duta besar di Bolovia dan Asia Tengah, mencakup Kazakhstan, Tajikistan, Kirgistan, dan Uzbekistan.

(Vatican Crimes)

7 Trik Agar Kamu jadi Orang yang Lebih Disukai di Tempat Kerja

29 September 2014 2 komentar


image courtesy of thinkstockphotos.com

Ini sering terjadi di dapur. Gelas yang pecah atau piring beling yang tersenggol lalu pecah berkeping-keping. Dan ketika pecahan atau beling bertebaran di lantai dan di mana-mana, jangan sampai kita memungutinya sembarangan. Jika tidak hati-hati, pecahan kaca sekecil apapun itu bisa melukai jari kita. Nah, agar bisa membersihkan pecahan beling dan pecahan kaca dengan aman, bisa mengikuti cara-cara yang dilansir dari thekitchn.com ini. Dengan cara ini, agan juga bisa memastikan bahwa pecahan kaca bisa benar-benar bersih dan tak ada lagi yang tersisa di lantai atau di dapur.

Quote:
1. Menggunakan kentang


image courtesy of velame.com

Ambil kentang atau jenis umbi lainnya. Lalu potong dan tekankan permukaannya ke lantai tempat pecahan beling berada. Pecahan kaca pun akan langsung menempel di permukaan potongan kentang tersebut. Cara ini bisa membantu untuk mendapatkan pecahan beling yang sangat kecil dan tipis.

Quote:
2. Menggunakan Roti


image courtesy of healthydiet.asia

Pecahan kaca atau beling akan sangat mudah menempel di permukaan roti. Agan tinggal mengambil sepotong roti, dan tekankan permukaannya ke tempat pecahan kaca. Nanti pecahan-pecahan kaca yang kecil dan tipis akan menempel dengan sendirinya.

Quote:
3. Menggunakan Selotip


image coustesy of ar-wdh.blogspot.com

Jangan sampai pecahan beling yang tipis tiba-tiba melukai jari atau kulit. Untuk mencegahnya, gunakan saja selotip. Ambil selotip yang paling besar, lalu tempelkan ke tempat pecahan kaca tadi berada. Maka pecahan kaca bisa terangkat dengan sendirinya melalui selotip tersebut.

Quote:
4. Menggunakan Tisu Kamar Mandi


imge courtesy of tempo.co

Ambil beberapa lembar tisu, lipat jadi satu. Pastikan tisu tersebut cukup tebal agar nantinya pecahan kaca atau beling yang didapat tidak menembus permukaan tisu dan melukai jari. Setelah dirasa cukup tebal, tekankan lipatan tisu tersebut ke tempat jatuhnya kaca atau beling tadi. Maka pecahan kaca atau beling itu akan menempel dengan sendirinya.

sumber

8 kelebihan hp jadul dibanding hp canggih

29 September 2014 3 komentar

Dunia teknologi sekarang berkembang makin pesat, terhitung banyak banget merk-merk terkenal yang tiap tahunnya ngeluarin produk-produk handphone terbarunya, seperti Samsung, iphone, sony dll. Tapi, coba deh flashback ke era 1990-2000-an, pada waktu itu belum banyak keluar HP yang secanggih sekarang. Paling banter ya cuma buat SMS-an atau teleponan. Kualitas suaranya juga baru monophonic, dan paling bagus polyphonic. Kalo dibandingin ya jelas kalah jauh sama HP zaman sekarang. Namun di balik semua itu ada beberapa kelebihan HP jadul yang gak akan “bisa” ditandingi HP canggih, dan mungkin sampe sekarang. Berikut 8 kelebihan HP jadul dibanding HP canggih, cekidot gan

Quote:1. Tahan banting

Spoiler for image:


Ini gan yang gak dipunyain HP canggih zaman sekarang. Pasti HP agan pernah kebanting, entah kebanting karena sengaja atau gak sengaja. Pokoknya, pasti pernah kebanting! *ngotot*. Nah, misalnya HP agan tipe HP touchscreen, terus gak sengaja jatoh dari saku celana dan gak dipakein antigores. Ya, kalo gak layarnya retak, minimal lecet, itu juga berbekas banget, dan tentunya nyesek banget. Gak lama juga rusak, karena namanya layar touchscreen, kan seluruh permukaannya terjamah sama jari agan. Apalagi jarinya juga gak bersih karena sering ngupil jarang cuci tangan. Udah deh kalo kayak gitu pas dijual juga harganya jatoh banget.

2. Tahan cuaca

Spoiler for image:


Saat agan lagi bawa motor, lalu hujan pun turun dengan deras dan ngebasahin sekujur tubuh agan karena agan gak pake jas hujan. Tapi, agan mikirnya nanggung bentar lagi sampe ke tempat tujuan, dan agan lupa kalo agan naro HP di saku agan. Pas udah sampe di tempat tujuan, agan ngecek HP. Eh, tapi gak nyala-nyala ya? Pas agan buka casing baterainya, ternyata di situ beberapa tetesan air yang ngebasahin ‘mesin’ nya, rusak deh. Kalo HP jadul, keujanan kerendem juga “kadang” masih hidup. Keren kan gan.

3. Awet

Spoiler for image:


Siapa disini yang pernah punya Nokia 3310? Itu HP kan udah lama banget, tapi ane pernah liat beberapa orang masih menggunakan HP tersebut. Bahkan, kondisinya masih mulus, paling ya cuma casing sama keypadnya aja yang udah agak buluk. Beda sama HP zaman sekarang, baru digunain 2-3 tahun aja kayaknya udah banyak keluhannya.

4. Bisa buat nimpuk orang

Spoiler for image:


Pernah liat bentuk Nokia 6250? Kalo belum, kalian kepoin mbah Google deh, kalo udah ketemu dan bisa liat bentuknya segede apa. Dibanding sama HP zaman sekarang yang bentuknya imut-imut kayak bayi marmut. banyak juga sih HP yang gede sekarang, tapi bentuknya pasti gepeng dan cenderung enteng. HP jadul itu biasanya berat, Bisa jadi ganjelan pintu atau kalo lagi kesel bisa dipake nimpuk orang, tuh ane pernah lemparin hp ane ke temen gara gara ga bagi bagi makanan “curhat gan”

5. casing bisa diganti-ganti

Spoiler for image:


Meskipun beberapa smartphone sekarang ini juga bisa diganti casing, namun tidak seperti ponsel jadul yang masih memiliki ciri khas tersendiri, bayangkan HP jadul itu bisa terus berganti ganti casing dengan berbagai warna, corak dll, nah kalo HP canggih sekarang, paling yang bisa ganti hanya casing belakang, kalau pun bisa semua casingnya, agak ribet juga gan gak seperti yang dulu, belum warnanya yang kebanyakan hanya hitam dan putih, kalo mau pasang gambar gambar gitu pasti berbekas.

6. Baterai yang tahan lama

Spoiler for image:


Smartphone sekarang ini memang sangat canggih dengan beragam fitur dan layar besar, akan tetapi dengan kelebihan tersebut yang membuat smartphone sekarang ini sangatlah boros dalam penggunaan baterai. Kalo HP jadul, meskipun Spesifikasinya yang sederhana dengan layar hitam putih tapi ponsel dahulu sangat awet dalam penggunaan baterai. agan cukup sekali mengisi baterai sudah dapat bertahan sampai beberapa hari kedapan. Berbanding terbalik dengan ponsel sekarang ini, agan harus mengisi ulang beterai beberapa kali sehari dan bahkan harus membawa power bank kemana-mana.

7. Harga murah

Spoiler for image:


Hahaha nah kalo yang ini pasti sudah umumlah agan agan ketahui, untuk agan agan yg dompetnya “selalu” tipis, mungkin HP jadul ini cocok buat agan, walaupun banyak HP canggih yang harganya murah, tapi ga akan semurah HP jadul, mungkin HP jadul bisa mahal jika unitnya terbatas, dan itu cocok buat investasi, kalo ane sih ogah investasi HP jadul.

8. Anti maling

Spoiler for image:


Misalkan dalam satu meja ada 2 HP, yang satu HP jadul yang satu HP canggih (misal iphone), jika ada maling, mana yang dilirik?? So pasti yang harganya mahal, kalo HP jadul, tu maling liatnya aja udah males, kagak ada uangnya, jadi ya everywhere is ok.

sumber

Negara-Negara Terkecil Di Dunia

29 September 2014 Tinggalkan komentar
Negara-Negara Terkecil Di Dunia

Sebagian besar negara terkecil di dunia merupakan tujuan wisatawan. Namun ada juga yang terancam keberadaannya akibat perubahan iklim. Berikut galeri foto negara terkecil:

 

Malta adalah negara Eropa kecil dengan total luas 316 kilometer persegi dan jumlah penduduk sekitar 452.500 jiwa. Malta terkenal dengan panoramanya yang indah dan merupakan pusat wisata. Bahasa resmi yang digunakan di sini adalah bahasa Malta dan Inggris. Mata uang yang digunakan di negara ini adalah Euro.

 

Luas kawasan negara ini sekitar 300 kilometer persegi. Jumlah penduduknya sekitar 328.500 jiwa. Ini adalah negara terkecil di Asia dan merupakan tujuan wisata yang sangat terkenal. Bahasa resmi yang digunakan di sini adalah Divehi dan mata uang yang digunakan adalah Rufiyaa Maladewa.

 

Saint Kitts dan Nevis berada di benua Amerika Utara. Total luas Saint Kitts dan Nevis sekitar 261 kilometer persegi dan jumlah penduduk di sini berkisar 53.000 orang. Ini adalah negara terkecil di Amerika dan belahan bumi Barat. Bahasa resmi yang digunakan di sini adalah bahasa Inggris dan mata uang yang digunakan adalah dolar Karibia Timur.

 

Kepulauan Marshall adalah satu lagi negara terkecil dari Oseania. Total luas lahan yang tercakup dalam Kepulauan Marshall adalah 181 kilometer persegi dan jumlah penduduk di sini adalah sekitar 68.000 jiwa. Kwajalein, Enewetak, Utirik dan Rongelap termasuk di negara kepulauan ini. Mata uang yang digunakan adalah Dollar Amerika Serikat (USD).

 

Total luas lahan negara ini adalah 160 kilometer persegi dengan jumlah penduduk sekitar 36.000 jiwa. Liechtenstein terletak di benua Eropa dan merupakan negara terkecil di dunia yang berbatasan lebih dari satu negara lainnya. Jerman adalah bahasa asli mereka dan mata uang yang digunakan adalah Franc Swiss.

 

Negara ini terletak di bawah benua Eropa dan merupakan negara terkecil ketiga di benua ini. Luas total lahan San Marino adalah 61 kilometer persegi dan jumlah penduduk melingkupi 32.000 penduduk. Negara ini dikelilingi oleh Italia, dan Italia menjadi bahasa resmi dari San Marino. Mata uang yang digunakan di sini adalah Euro.

 

Negara yang terancam keberadaannya karena perubahan iklim ini terletak di kepulauan Oseania. Luas total lahan Tuvalu adalah 26 kilometer persegi dan jumlah penduduk di sini tercatat sekitar sepuluh ribuan jiwa. Bahasa resmi yang digunakan di Tuvalu adalah Tuvalu, dan mata uang yang digunakan adalah Dollar Australia.

 

Nauru adalah negara terkecil ketiga di dunia yang terletak di Oseania. Nauru juga negara pulau terkecil di dunia. Luas total lahan Nauru adalah 21 kilometer persegi dan jumlah penduduk sekitar 9300 orang. Bahasa resmi yang digunakan di sini adalah Nauruan, dan mata uang yang digunakan adalah Dollar Australia.

 

Negara yang terkenal dengan sektor jasa dan barang mewah serta perjudiannya ini adalah negara terkecil kedua di dunia. Monako terletak di benua Eropa dan mata uang yang digunakan di sini adalah Euro. Balapan Formula Satu juga digelar di sana. Luas total Monako 2 km persegi dan jumlah penduduk sekitar 36.000 jiwa. Monako tercatat sebagai negara yang paling padat penduduknya di dunia.

 

Dalam daftar negara-negara terkecil di dunia, pusat Gereja katolik di dunia ini menempati posisi teratas. Kota Vatikan adalah negara terkecil di dunia dengan luas hanya 44 hektar dan total penduduk di sini hanya sekitar sekitar 840 orang. Bahasa resmi tempat ini Italia dan mata uang yang digunakan adalah Euro. Vatikan terletak di bukit, di dalam kota Roma.

Kategori:revo

Atlet Jepang Dikeluarkan Dari Asian Games

29 September 2014 Tinggalkan komentar
Atlet Jepang Dikeluarkan Dari Asian Games

Naoya Tomita, dikeluarkan dari Asian Games 2014 setelah terbukti mencuri kamera milik jurnalis foto di kolam renang Incheon, Korea Selatan. Komite Olimpiade Jepang (JOC) menyebut ini sebagai pelanggaran serius dan bertentangan dengan kode etik, Sabtu (27/9/2014).

 

“Polisi Incheon mengabari kami kira-kira pukul enam sore kemarin (Jumat, 27/9/2014) bahwa Tomita dicurigai telah mencuri kamera di kolam renang, pada Kamis (25/9/2014). Polisi datang dan meminta ijin untuk melakukan investigasi, lalu membawa Tomita ke kantor polisi, di mana dia akhirnya mengaku telah mencuri kamera,” demikian pernyataan dari JOC.

 

JOC menilai kasus ini sebagai pelanggaran serius dan segera mengambil tindakan tegas dengan mengeluarkan Tomita dari tim.

 

“Dia meminta maaf kepada kami. Kami mengadakan rapat mendadak dengan para petinggi di sini dan memutuskan untuk mengeluarkan dia. Ini adalah pelanggaran serius terhadap kode etik delegasi Jepang,” lanjut JOC.

 

Pada Asian Games tahun ini, Tomita finis keempat pada final 100 meter gaya dada, Rabu (24/9/2014). Dia adalah peraih medali emas 200 meter gaya dada pada Asian Games 2010 di Guangzhou, Tiongkok.

Resep-Resep Nasi Goreng yang Bisa Kamu Coba, Bahkan Kalau Kamu Nggak Pintar Masak

28 September 2014 Tinggalkan komentar

Nasi goreng adalah salah satu menu andalan orang Indonesia. Kita bisa menyantapnya kapan saja: untuk sarapan, makan siang, makan malam, bahkan dini hari ketika perut tiba-tiba lapar.

Nah, hari ini, kenapa nggak coba masak nasi gorengmu sendiri? Di bawah ini adalah berbagai resep sederhana yang bisa kamu ikuti. Kamu nggak harus pintar masak kok untuk membuatnya. Seberapa dasarpun kemampuanmu, kamu tetap bisa membuat nasi goreng yang enak.

Sebagai tips awal, masaklah nasi goreng dengan nasi sisa semalam atau nasi yang sudah didinginkan. Pastikan juga bahwa kualimu sudah dipanaskan sebelum kamu mulai memasukkan bahan-bahan. Ini akan mencegah nasi tersebut menggumpal. Selamat mencoba!

 

1. Nasi Goreng Nanas

Nasi goreng nanas

Rasa asam nanas yang khas bisa membuat nasi gorengmu jadi segar. Meraciknya pun cukup mudah. Kamu butuh 1 sendok teh minyak wijen, 1 cangkir penuh potongan nanas, 1/2 cangkir potongan wortel, 2 sendok teh kecap, 2 sendok makan saus unagi (kalau ada), dan 3 batang daun bawang yang sudah dipotong-potong.

Panaskan kualimu dengan api maksimal, lalu tambahkan minyak wijen. Masukkan nanas yang sudah dipotong dadu; biarkan hingga warnanya kecoklatan. Tambahkan nasimu, pisah-pisah dengan spatula agar tak menggumpal. Kalau nasimu tetap susah dipisahkan, percikkan sedikit air ke kuali. Ketika nasi sudah cukup panas, tambahkan saus unagi dan kecap. Akhiri dengan menaburkan potongan daun bawang!

PS: Kamu bisa juga kok mengisi nasi dengan bahan yang lain, seperti merica merah dan telur. Masak bahan-bahan ini dulu ya sebelum memasukkan nanasmu ke kuali.

 

 

2. Nasi Goreng Pattaya

Nasi goreng pattaya

Nasi goreng Pattaya berasal dari Malaysia. Di Jepang, hidangan ini dikenal dengan nama omurice. Wujudnya adalah nasi goreng ayam yang dibungkus telur dadar tipis.

Tertarik membuatnya? Untuk nasi gorengmu, siapkan 2 sendok makan minyak zaitun, 2 siung bawang putih, 2 siung bawang merah, fillet ayam secukupnya, 2 sendok makan saus ikan, 2 sendok makan saus tomat, serta potongan wortel, merica merah, dan kacang polong.

Panaskan minyak zaitun di kuali. Selanjutnya, goreng bawang putih dan bawang merahmu sampai harum. Barulah tambahkan ayam, wortel, merica, dan kacang polong ke kuali. Setelah masak, tambahkan nasi. Ketika nasi sudah panas, tambahkan saus ikan dan saus tomat ke dalam masakanmu. Aduk hingga rata.

Untuk membuat omeletnya, panaskan teflon. Pecahkan 2 butir telur ke atas teflon dan angkat teflon untuk membuat telur tersebut melapisi permukaan dengan rata. Biarkan omelet yang tipis terbentuk. Ketika sudah berwarna keemasan, balik lapisan omelet dan tunggu hingga matang. Pindahkan ke piring dan “selimuti” nasimu dengan omelet ini.

 

 

3. Nasi Goreng dengan Mint

Nasi goreng mint

Nah, ini resep tepat kalau kamu mau sesuatu yang berbeda. Hidangan ini menggunakan daun mint dan cabe hijau segar, sehingga rasanya kaya dan menantang.

Kalau kamu penasaran ingin mencoba, sediakan 1/4 cangkir daun mint, 1/4 cangkir daun ketumbar (bentuknya mirip seledri dan peterseli), 2 buah cabe hijau besar, 1/4 bagian bawang bombay besar, jintan putih secukupnya, dan 1 lembar daun salam. Untuk bumbu nasi, sediakan mentega dan garam.

Di kuali yang panas, lumerkan mentegamu hingga cair. Selanjutnya goreng jintan putih, cabe hijau, dan daun salam hingga tercipta aroma menyenangkan. Tambahkan nasi dan sayur sesuai selera ke dalam kuali. Setelah satu menit, tambahkan bawang bombay dan masak hingga bawangmu berwarna kecoklatan. Pindahkan nasi ke piring.

Setelah itu, masaklah daun mint, daun ketumbar, dan 1 buah cabe hijau yang dipotong-potong di dalam kuali yang telah diisi minyak. Masak hingga berbentuk pasta. Campurkan pasta ini ke dalam nasi yang tadi sudah kamu masak. Tambahkan garam secukupnya. Voila!

 

 

4. Nasi Goreng Ala Meksiko

Nasi goreng meksiko

Untuk yang satu ini, kamu harus pakai beras coklat. Siapkan 1/4 cangkir bengkuang yang sudah dipotong dadu, 1/4 cangkir jamur kancing, 1/4 cangkir kacang polong, 2 sendok makan daun ketumbar, dan potongan apokat, biji labu, daging sapi yang dipotong dadu, serta irisan nanas secukupnya.

Panaskan kuali dengan api sedang. Tambahkan 2 sendok makan minyak zaitun. Ketika minyak di dalam kuali sudah keemasan, tambahkan jamurmu dan masak hingga sedikit berwarna. Setelahnya, tambahkan potongan bengkuang, kacang polong, dan daging sapi. Masak hingga bengkuangmu matang dan jamurmu berwarna emas. Masukkan nasi dan aduk rata semua bahan. Hidangkan dengan potongan apokat, irisan nanas, dan saus salsa.

 

 

5. Nasi Goreng Kimchi

Kimchi

Kalau kamu suka makanan Korea, coba deh resep kimchi yang mudah ini. Kamu perlu 4-6 lembar sawi putih ukuran besar, 1/2 sdt garam, 2 sdt cuka beras, 1 sdm gula, 1/2 sdt bubuk paprika, 1 buah paprika merah ukuran medium, 1 buah cabe merah panjang yang sudah dipotong-potong, 2 siung bawang putih yang sudah dipotong-potong, 1 sendok makan bubuk jahe, dan 4 lembar daun bawang yang diiris tipis.

Potong-potong sawimu. Garami dalam mangkuk. Bungkus dengan plastik dan biarkan selama 2 jam. Masukkan cuka, gula, paprika, dan cabe merah ke dalam wajan kecil hingga tercipta semacam larutan cuka. Pindahkan dari atas panci.

Setelah 2 jam, cuci dan keringkan sawimu. Cuci mangkok yang kamu gunakan tadi untuk menyimpan sawi. Kembalikan lagi sawimu ke dalamnya, dan kali ini tambahkan daun bawang, paprika merah, jahe, bawang putih, dan larutan cuka. Simpan dalam wadah yang tertutup rapat minimal 2 x 24 jam.

Setelah kimchimu siap, campurkan kimchi bersama semangkok nasi dan cuka beras dalam sebuah mangkuk. Masak ke dalam wajan yang telah dipanaskan; tambahkan potongan daging dan telur dadar. Aduk hingga nasimu berubah keemasan.

 

 

6. Nasi Goreng Pembersih Kulkas

Yay! Kulkasku bersih!

Seperti namanya, dengan nasi goreng ini kamu bisa menggunakan sisa bahan makanan yang eksistensinya di kulkas saja nyaris terlupakan. Siapkan 2 siung bawang putih, 2 siung bawang merah, sedikit garam dan merica, nasi sisa tadi malam, bersama telur, potongan daging ayam, daging sapi, udang, zucchini, timun, kacang polong, tomat, kecap, saus tiram — apapun yang kamu punya, deh.

Pertama, panaskan wajan dan masak bawang putih dan merah hingga harum. Pecahkan telur dan buat orak-arik. Masukkan isi seperti daging ayam, sapi, dan lain-lain hingga matang. Baru setelah itu masukkan nasi beserta kecap dan saus tiram. Makan dengan keju parmesan (atau keju apapun yang kamu punya di kulkas).

 

Nah, kira-kira resep mana yang bakal kamu coba?

sumber

Kategori:Inspirasi Tag:, ,

Pasar Ini Jual Daging Anjing, Babi, Kucing, Kelelawar. Mau Coba? (Foto)

28 September 2014 Tinggalkan komentar
Pasar Ini Jual Daging Anjing, Babi, Kucing, Kelelawar. Mau Coba? (Foto)

Pasar Beriman Tomohon di Sulawesi Utara sekilas tampak seperti pasar tradisional seperti pada umumnya. Ada yang menjual daging, ikan, sayur-mayur, serta bahan makanan dan bumbu dapur lainnya. Namun apabila kita melangkahkan kaki lebih jauh lagi ke dalam pasar, kita akan menemui lapak-lapak pedagang yang menjual binatang yang tidak umum dimakan.

Kota Tomohon yang dapat ditempuh sekitar satu jam dari kota Manado ini merupakan salah satu obyek wisata di Sulawesi Utara karena alamnya yang indah. Kota ini terletak di antara Gunung Mahawu dan Gunung Lokon.

Nah, Pasar Beriman Tomohon adalah salah satu daerah tujuan wisata. Pasar ini selalu ramai pembeli tiap hari dan intensitasnya akan meningkat saat akhir pekan seperti Sabtu-Minggu. Pada Sabtu dan Minggu biasanya jalan menuju pasar akan macet karena banyaknya angkutan umum dan mobil pribadi yang bergerak menuju pasar.

Lalu apa yang menarik dari pasar ini? Di samping menjual berbagai keperluan sehari-hari, pasar ini juga menjual berbagai jenis daging dan binatang. Dan binatang yang dijual tidak akan Anda temukan di pasar-pasar tradisional lain di Indonesia. Binatang-binatang ini, baik yang dijual dalam keadaan hidup atau sudah mati, biasa dijadikan santapan bagi penduduk sekitar Tomohon.

 

Lapak daging babi
Binatang pertama yang terlihat adalah babi yang sudah mati. Babi ini diangkut dengan sepeda motor oleh pedagangnya. Daging babi ini masih utuh dan ukurannya sangat besar. Ketika Anda melangkah masuk ke pasar maka Anda akan melihat tumpukan tikus yang telah dipanggang. Tampaknya tikus menjadi salah satu barang dagangan yang cukup laris, karena banyak pedagang yang menjajakan binatang.

 

Daging tikus bakar

 

Babi hutan pun dijual di pasar ini. Berbeda dengan babi ternak yang ukurannya besar dan berwarna putih, ukuran babi hutan lebih kecil dengan bulu berwarna hitam. Sebagian sudah dikuliti, dan sebagian lainnya masih utuh.

Ada pula satu lapak yang menjual ular besar dan sudah disembelih. Terlihat beberapa pembeli tengah menunggu daging ular dipotong dan ditimbang. Kelelawar juga dijual sebagai bahan masakan, sayapnya sudah dipisahkan dari tubuhnya.

 

Daging ular kiloan
Binatang lain yang tampaknya juga banyak dijual di Pasar Tomohon adalah anjing. Ada anjing-anjing yang masih hidup  yang akan dibunuh dengan cara dipukul oleh pedagangnya bila ada pembeli. Ada pula anjing-anjing yang sudah dibakar dan dibumbui. Anjing-anjing ini dibakar dalam keadaan utuh. Siapapun yang tidak bernyali pasti akan merasa ngeri.

Yang juga menyeramkan adalah kucing bakar. Kucing-kucing tersebut juga telah diberi berbagai macam bumbu tradisional. Satu ekor kucing dijual dengan harga Rp 100 ribu. Tidak seperti maraknya pedagang hewan “eksotik” yang lain, sebab hanya ada satu lapak saja yang menjual kucing.

 

Kepala babi dan daging anjing bakar

 

Daging kelelawar
Menurut masyarakat setempat, hanya babi dan anjing yang cukup umum dikonsumsi di wilayah Sulawesi Utara. Kucing dan tikus merupakan bahan masakan khas Tomohon saja. “Kebanyakan yang makan kucing adalah anak muda.

Bagi banyak orang pemandangan di bagian daging Pasar Tomohon sudah pasti membuat bergidik dan semaput, walaupun juga sangat menarik. Setiap suku dan daerah memang memiliki makanan khas yang dan kebudayaan yang berbeda-beda. Dan inilah yang membuat Indonesia sangat kaya.

Tulisan Al-Quran Terpampang di Dinding Universitas Harvard

28 September 2014 1 komentar
Tulisan Al-Quran Terpampang di Dinding Universitas Harvard

Tulisan Al-Quran Terpampang di Dinding Universitas Harvard

Bagi kalian yang pernah berkunjung ke Harvard pasti sudah menyadari ada yang berbeda dari salah satu sudut dinding salah satu universitas terbaik di dunia itu. Apa itu?

 

Ternyata kutipan ayat Alquran dipajang di dinding Fakultas Hukum Harvard. Ayat tersebut dipajang karena mencerminkan prinsip keadilan.

 

Amerika memang terkenal sebagai negara yang liberal. Islam sendiri masih menjadi agama minoritas di Negeri Paman Sam. Namun di Universitas Harvard, tepatnya di Fakultas Hukum yang terletak diMassachusetts, Amerika Serikat, terpajang potongan ayat dari surat An-Nisa.

 

Foto dinding tersebut membuat para pengguna media sosial aktif membicarakannya. Media seperti Emirates247 turut memberitakan hal ini.

 

Dilaporkan harian berbahasa Arab, Ajel, seorang pelajar Arab Saudi yang bersekolah di sana menyadari keberadaan surat tersebut. Dia pun memotret dan mengunggah gambarnya ke akun Twitter.

 

Awal menyebarnya foto tersebut karena seorang pelajar Arab Saudi bernama Abdullah Jumma. Ia yang mengenyam pendidikan di Harvard melihat kutipan ayat Alquran tersebut. Entah takjub atau alasan lainnya, ia mengabadikannya dalam sebuah foto. Ia pun menyebarkannya lewat akun Twitter.

 

“Saya menyadari surat tersebut ditampilkan oleh Fakultas Hukum. Mereka menilainya sebagai ekspresi keadilan terhebat sepanjang sejarah,” tutur Abdullah Jumma.

 

Berikut kutipan ayat yang tampil di dinding Fakultas Hukum Harvard:

 

“Wahai orang-orang yang beriman! Jadilah kamu penegak keadilan, menjadi saksi, karena Allah walaupun terhadap dirimu sendiri atau terhadap ibu bapak dan kaum kerabatmu. Jika dia (yang terdakwa) kaya ataupun miskin, maka Allah lebih tahu kemaslahatan(kebaikannya). Maka janganlah kamu mengikuti hawa nafsu karena ingin menyimpang dari kebenaran. Dan jika kamu memutar balikkan (kata-kata) atau enggan menjadi saksi, maka ketahuilah Allah Mahateliti terhadap segala apa yang kamu kerjakan.”

 

(Pekanbaru.co)

%d blogger menyukai ini: