Beranda > komputer > Cara Menulis Huruf Hangul Korea di Komputer Windows J

Cara Menulis Huruf Hangul Korea di Komputer Windows J

 

Cara paling mudah dalam belajar adalah mencoba terus dan terus.  Hal ini tentunya berlaku untuk segala jenis hal. Dan, bagi Anda yang ingin mempelajari bahasa Korea, terdapat cara belajar yang praktis dan cepat menggunakan perangkat komputer Windows. Cara tersebut adalah membuat komputer Windows Anda sebagai sarana untuk menulis tulisan Hangul.

Untuk melakukan hal ini sangatlah mudah. Anda tak perlu menambah aplikasi apapun. Dan, bagi Anda yang menggunakan OS Windows 7, langkah yang diperlukan terhitung sangatlah mudah. Namun sebelumnya, Anda harus menginstall tulisan Hangul di komputer Anda. Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus Anda lakukan.

  • Langkah yang pertama adalah menuju Control Panel. Anda bisa menekan tombol Windows dan di situ nanti akan muncul opsi ControlPanel. Selanjutnya, Anda bisa memiilih opsi Clock, Language and Region.
  • Regional Language di Windows 7 Setelah itu, Anda bisa memilih tab Keyboard and Languages dan menekan pilihan Cange Keyboards. Jika langkah yang Anda lakukan benar, maka tampilannya adalah sebagai berikut
  • Berikutnya, Anda bisa menekan tombol Add dan centang Microsoft IME dan Korean. Dan, proses pemasangan bahasa Korea sudah selesai.

Lalu, bagaimana cara menggunakan penulisan bahasa Korea atau tulisan Hangul tersebut? Cukup mudah. Anda bisa menulis tulisan Hangul di berbagai pilihan media. Dari Microsoft Word, Notepad browser dan lain-lain. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Pada bagian bawah, tepatnya di sebelah kiri jam, Anda akan melihat language bar yang berukuran sangat kecil.
  • Selanjutnya, untuk memudahkan penggunaan Anda bisa klik tanda tersebut dan pilih Show the Language Bar. Maka hasilnya, language bar tersebut akan berpindah ke bagian atas layar. Anda pun bisa memindahkan bar tersebut sesuai dengan yang Anda inginkan. Dan, untuk menuliskan tulisan Hangul, Anda tinggal memindah opsi bahasa Indonesia menjadi bahasa Korea, dan memilih Microsoft IME.

Jika semua langkah yang telah Anda lakukan berhasil, maka Anda bisa mengetik tulisan Hangul seperti yang tertera di bawah ini.

Bagi Anda yang menggunakan sistem operasi Windows XP ataupun Windows Vista, langkah yang perlu dilakukan sebenarnya hampir sama. Namun, untuk beberapa kasus, terkadang sistem operasi Anda tidak mendukung bahasa Korea. Jika hal ini terjadi, Anda bisa mengambil CD Windows Anda dan menambahkan bahasa Korea.

Selanjutnya, setelah Anda berhasil menginstall tulisan Hangul di komputer, maka yang Anda butuhkan adalah cara mengetik. Jika Anda sudah terbiasa dengan abjad alfabet, tentunya akan sangat sulit menggati kebiasaan tersebut secara instan. Dan, yang Anda perlukan adalah membuat daftar tuts huruf hangul seperti berikut. Gambar seperti ini banyak tersedia di internet. Jadi jangan khawatir Anda akan kesulitan.

Keyboard hangul pada Windows

So, setelah Anda bisa mempraktekkan tips dan trik menginstall tulisan Hangul ini, Anda tentunya bisa berlatih bahasa Korea secara mandiri. Selamat mencoba!

Kategori:komputer
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 275 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: