Arsip

Posts Tagged ‘sambi’

Ngintip yuks pabrik pembuatan CCDB ala Brembo [+PIC lengkap]

 

Apakah itu Carbon Ceramide Disc Brake
Rem cakram dibuat oleh inti dari bahan keramik diperkuat dengan serat karbon dan oleh lapisan keramik tambahan pada kedua permukaan gesek.

Profil karakteristik keseluruhan dari carbon ceramide menjadikannya bahan pilihan utama untuk mendapatkan sistem pengreman dengan kinerja tinggi:

Silikon karbida, komponen matriks utama, memastikan kekerasan material komposit.

Serat karbon untuk memberikan kekuatan mekanik yang baik dan memberikan perlindungan kemungkinan terjadinya patahan pada material komposit.

Kelebihannya dibanding cakram besi
Bobot lebih ringan
Daya taan seumur hidup
Stabilitas termal tinggi
Gesekan yang lebih tinggi
Meningkatkan handling mobil karena berkurangnya massa
Tidak berkarat
Mengurangi debu rem
kinerja yang lebih tinggi
Secara Umum Pembuatannya Melewati Tahap-Tahap Berikut
Quote:
Berikut Langkah-Langkah Lengkapnya

Pertama dua bahan berikut dicampur gan
yaitu resin sama filamen karbon

Spoiler for :

Keduanya dicampur sampe jadi komposit kayak gini

Spoiler for :

Trus campuran yang udah jadi dimasukkin ke mesin cetak
diisi sampe setengahnya dulu gan

Spoiler for :

Trus kalau udah setengah penuh, sama pekerjanya dimasukin pelat aluminium untuk membuat rongga jalur-jalur pendinginnya

Spoiler for :

Trus Diketok pake palu gan biar gak lepas waktu danti dipress

Spoiler for :

Selanjutnya cetakan diisi lagi sampe penuh. roller putih disamping berguna buat ngeratain material yang menumpuk sampe keatas cetakan supaya gak meluber gan

Spoiler for :

Kalau udah penuh terus pekerja menutup cetakan dan dibantu pake mesin pres tekanan rendah

Spoiler for :

Langkah berikutnya cetakan yang udah berisi adonan dimasukkan kedalam oven bersuhu 400 derajat farenheit
(hehe kayak bikin kue aja nih, bedanya sama kue kalau ini dipanasin sambil ditekan dengan tekanan 44Ton!)

Spoiler for :

Fungsi dari proses ini yaitu memadatkan serat karbon
dan mengubah resin menjadi polimer

Spoiler for :

Trus kalau udah selesai dipanasin cetakannya didiemin sampe bisa diangkat gan, dan dicemplungin ke air supaya bener-bener dingin antara cetakan sama isinya waktu pencemplungan 5-10 menit ntar kalau gak dingin kuenya bisa gagal gan pas dibuka hehe

Spoiler for :

Oia sebelum dibuka cetakannya harus diperiksa dulu gan pake laser supaya palang aluminium yang dipasang buat rongga jalur-jalur pendingin gak ketinggalan

Spoiler for :

Kalau udah baru deh dibuka ya dibantu ya bim salabim jadi apa prok prok prok

Spoiler for :

Yay udah jadi… eits ternyata walaupun udah keliatan bentuknya tapi masih panjang loh prosesnya jadi simak terus ya sampe abis

Spoiler for :

Kue….ups kamsudnya piringan rem yang udah dicetak trus dibolong-bolongin sama dicukur gan pinggirannya biar ganteng hehe
berikut penampakan sebelum

Spoiler for :

Sesudah dicukur hehe fungsinya bolong-bolong ya biar waktu terjadi pengereman, cakramnya bisa cepat melepas panas gan karena kalau bolong-bolong kan permukaan sentuh dengan udara jadi lebih banyak.

Spoiler for :

Nah terus kalau udah ganteng kita panasin lagi gan si piringannya kali ini sampe 800 derajat farenheit!. loh koq lebih panas? nah ini fungsinya membuat polimer yang tadi terbentuk teroksidasi sampai jadi karbon jadi nambah padet deh tuh karbonnya. pemanasannya dinaikkan perlahan-lahan selama 2 hari loh!

Spoiler for :

Nah loh kok karbon semua jadinya? mana nih keramiknya???
sabar gan ini baru mau dilanjutin
Proses berikutnya baru si cakram ditaroh dalam bejana yang tahan panas dan dibawahnya kita kasih penahan biar semua permukaan cakram bisa terlapisi dengan keramik dengan baik

Spoiler for :

Nah baru deh sekarang dituangin tepung silikonnya

Spoiler for :

Terus ditumpuk gan biar selanjutnya dipanasin lagi bareng-bareng

Spoiler for :

Nah dimesin ini semuanya dipanasin bareng pada suhu 3000 derajat farenheit dan semua dilakukan pada tekanan rendah fungsinya bukan lain buat melelehkan si silikon biar bereaksi sama si piringan karbon gan.
pemanasannya dinaikkan secara bertahap sampe 24 jam gan.

Spoiler for :

Terus udah jadi gan?
Sabar gan dikit lagi koq hehehe
Nah sekarang ini piringannya lagi dilubangin buat tempat nempelin di as roda
dibolonginnya sambil dikasih air gan jadi biar debu gak kemana-mana dan panasnya gak merusak piringannya

Spoiler for :

Udah selesai sampe sesi bolong-bolong terus cakramnya di cat dulu gan
hah? koq dicat?
hehe sabar gan ini bukan sembarang cat tapi cat anti oksidasi yang berfungsi mengurangi keausan saat proses pengereman nantinya jadi lebih awet deh cakramnya

Spoiler for :

Dimari cakramnya diangin-angin dulu gan biar kering tuh catnya

Spoiler for :

Update Ngintip yuks pabrik pembuatan CCDB ala Brembo

 

Terus semua permukaan dari cakram di poles gan, fungsinya ya jelas biar permukaan dari cakram ini gak terlalu kasar nantinya kan konsumen gak mau kalau pas digunakan cakramnya cepet membuat aus plat remnya, selain itu pemolesan membuat cakram lebih awet karena mengurangi gaya gesek yang berlebihan saat piringan digunakan saat melakukan pengereman. BTW untuk proses ini semuanya dilakukan menggunakan robot loh
Spoiler for :

Sok gosok

Spoiler for :

Sebelum digosok

Spoiler for :

Sesudah digosok

Spoiler for :

Untuk menjaga kualitas dari piringannya maka semua permukaan dari piringan difotoin gan tiap milimeternya pake alat canggih berikut ini. Kalau kalau ada cacat produksi jadi nanti produknya bisa dijamin kualitasnya.

kebayang dong perlunya proses ini, kalau produk yang dihasilkan ada krack so pasti akan sangat berbahaya apalagi ini piringan akan menghentikan mobil pada kecepatan yang sangat tinggi dan pastinya kesalahan sekecil apapun akan sangat fatal akibatnya

Spoiler for :

Nah udah beres deh semua produksinya tinggal dipasang bell aluminiumnya supaya bisa dipasang di as roda

Spoiler for :

Nah ini nih si ganteng yang udah jadi

Spoiler for :

 

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 274 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: