Arsip

Archive for the ‘Otomotif’ Category

`Extreme Vespa` Di Indonesia Disorot Media Inggris

30 Oktober 2013 4 komentar
`Extreme Vespa` di Indonesia Disorot Media Inggris

 

Keberadaan para pecinta motor Vespa di Indonesia disorot media asing. Saat itu mereka sedang menghadiri acara festival motor Vespa yang digelar di Cibereum, Jawa Barat.

 

Dilansir dari media Inggris Daily Mail, Selasa (2/7/2013), modifikasi unik para pecinta motor Vespa itu rupanya mencuri perhatian jurnalis asing. Di mana di negara asing, motor seperti itu dikenal dengan sebutan Moped.

 

Moped (motor berpedal) adalah tipe sepeda motor berdaya rendah dan berpedal, dirancang untuk menyediakan sarana transportasi sederhana, murah dan tidak memerlukan izin. Moped secara tradisional biasanya dilengkapi dengan pedal seperti sepeda (asal kata moped, motor-pedal).

 

Sementara di Indonesia sendiri, Vespa dari Florence Italia sangat populer di seluruh Nusantara, karena harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan moda transportasi lainnya. Selain Daily Mail, para pecinta Vespa itu juga disorot media Newsvine.

 

Unik

 

Tunggangan yang telah dimodifikasi itu dikenal dengan sebutan ‘Extreme Vespa’. Sebab para pesertanya menghasilkan berbagai macam kendaraan unik nan aneh dan indah, yang menghiasi jalan kota di Indonesia.

 

Banyak Vespa telah berubah menjadi bentuk yang nyaris tak bisa dikenali, baik untuk membuat mereka lebih nyaman atau untuk meningkatkan estetika.

 

Beberapa Vespa dihiasi dengan grafiti atau lukisan yang memancing perhatian pecinta Vespa lainnya. Beberapa bentuk Vespa lainnya bahkan telah diperbesar, sehingga mereka bisa dinaiki 2 orang secara side by side atau bersisian bukan depan belakang.

 

Selain penampilan Array Vespa yang menjadi daya tarik di festival tersebut, peserta juga menikmati bersantai dan menari saat mereka berada dalam suasana pantai yang begitu indah.

 

Berikut vespa unik yang mencuri perhatian banyak orang itu:

 

1. Zainal and Cecep menunggang Vespa modifikasi mereka

 

2. Modifikasi Vespa lain side by side

 

3. Modifikasi Vespa lain dengan jok terpanjang

 

4. Pecinta Vespa menikmati indahnya Pantai Cibereum

undefined

(Tnt)

sumber

Kategori:Otomotif

dr.rangga Kaskuser UserID: 5929852 Join: 01-10-2013 Post: 401 dr.rangga tidak memiliki reputasi Report Post Ane baru tau klo itu namanya BAN CACING..!!!! -_- selamatkan anak cucu kita..

29 Oktober 2013 20 komentar

Gini gan.., ane tadi pas balik dari kantor ngeliat ada moge alias motor gede.., gak tau apa merk na, tapi kayanya keluaran dari pabrikan HOND*,
Nah..pas dilampu merah ternyata simoge ini pecah ban, trus di dorong gitu
Pas ane disampingnya dia, ane liat ternya pake ban sepeda -_-
Itu lho gan ban kecil alias ban cacing…
Nah sepanjang jalan itu ane mikir.., apa yang dibenak sang rider ketika masang itu ban di motornya…??
Klo agan masih belom tau, kira-kira model ban cacingnya kaya gambar dibawah ini..

Spoilerfor BAN CACING..!!! :
undefined

Okeh.., sekarnag ane mau bahas tentang ini ban..!!
Ban cacing adalah ban yang kecil bin kurus itu loh. Mungkin dinamain ban cacing karena bannya bentuknya kecil kaya cacing, ato ban nya kurus karena cacingan #eh. Wah tersinggung ane ! TS juga kurus soalnya hemm -_- tapi gak cacingan kok, sumpah! Kalo ane sendiri nyebutnya ban 4l4y (baca nya alay loh) soalnya gak matching (bacanya mecing ya. Inget!) banget, ama motornya apalagi ditambah warnanya yang lebay. Hiy jijik banget liatnya. Eit yang ngerasa pake jangan tersinggung yak! Ini sekedar opini loh, dan ane gak mau memposisikan diri jadi orang yang paling bener karena emang gak bener #eh. Tapi saya bukan mau bahas masalah alay nya, cuma mau bahas tentang bahaya penggunaan ban cacing ini kalo digunakan untuk keperluan sehari – hari. Yah itung – itung cuma buat sekedar share aja lah, buat nambah wawasannya agan-agan disini..

Sebelumnya ane mau kasi tau dulu ni, kenapa pabrikan motor rata – rata ngasih ban yang cukup lebar sebage standar nya. Itu soalnya buat alasan keselamatan konsumen sendiri donk. Motor itu kecepatannya gak 10 – 20 kilometer per jam, tapi bisa sampe 60 bahkan sampe ratusan kilometer per jam. Nah buat kecepatan segitu pastinya diperlukan cengkraman ban yang cukup kuat buat ngendaliin motor terutama buat belok atau nge-rem, yang bisa didapatkan oleh ban yang lebar. Nah kalo agan ganti ban standarnya sama ban alay macam itu, pastinya ban gak akan mampu “lengket” di aspal dengan optimal, soalnya “bidang sentuh” nya kecil sehingga cengkraman nya terhadap aspal kurang kuat. Dari situ udah ada gambaran belom?
Walhasil kalo digunakan dalam kecepatan tinggi, pastinya ban macem gini bakal gampang selip ato kepeleset, dan jadinya kaya beginini :

Spoilerfor akibat Pake ban alay…!!!:
undefined

Hadu kesian. Padahal masi muda loh. Kalo udah begini buat nyesel pun udah ga bisa, udah telat. Ckckckck. Emang sih gak sepenuhnya nyalahin ban cacingnya, ada banyak faktor juga yang mempengaruhi. Yang pertama faktor kelalaian, faktor kurang hati – hati, faktor amal dan face factor #eh. Tapi ban itu juga bisa disalahkan karena akan mempermudah atau memperbesar resiko kecelakaan. Meskipun si pengendara udah waspada dan jeli, tapi tetep aja percuma donk kalo ban nya kaya gitu, gak ada grip nya (baca: grip = daya cengkram). Misalnya nih, si mba tadi tuh udah reflek mau ngerem ato belok, tapi karena dia pake ban alay, ban nya gak bisa mencengkram aspal dengan baik, walhasil dia tergelincir. Kalo uda begitu siapa yang harus disalahkan?
Kecuaaalliii…..kalu buat yang gambar dibawah ini gan…

Spoilerfor KECUALI buat yg ini…!!!!:
undefined

Ya kalo pun kecelakaan juga gapapa, itung – itung ngurangin populasi bocah alay lah #eh. Dan ane juga yakin kalo mereka yang kebut – kebutan di jalan raya / jalan umum pake ban beginian pasti beraninya emang cuma di lurus aja alias gak punya skill (maap ye, meskipun ane juga bukan pembalap atau orang yang punya skill “wah”)

Kita itu harus bisa jadi konsumen cerdas, dimana kita bisa memilah dan memilih barang yang sekiranya berguna dan baik buat kita, termasuk dalam hal memilih ban. Sebelum memutuskan membeli, sekiranya kita timbang – timbang dulu apa resiko nya, kekurangan dan kelebihannya. Jangan cuma ikut – ikutan aja biar dibilang gahol. Yah percuma donk kita “beli” resiko tepar kaya poto cewe diatas itu cuma gara – gara mau dibilang gahol? Gahol nya gak dibawa mati kan? Mungkin ini cuma himbauan aja, buat ngingetin agan sekalian terutama yang berminat mau pake ban beginian. Tapi kalo tetep bandel ya terserah sih, resiko ditanggung pemenang #eh. Yang penting ane udah ngingetin ya, kalo kenapa napa itu derita mu

sumber

Kategori:Otomotif

Warna Cat Nissan Skyline R33 Ini Bisa Berubah Otomatis Karena Perubahan Suhu

Warna Cat Nissan Skyline R33 Ini Bisa Berubah Otomatis Karena Perubahan Suhu

Sungguh luar biasa merk mobil sport yang terkenal dalam film The Fast and Furious yang menjadi kendaraan Brian O’Conner ini. Para kolektor mobil balap pastilah akan kepincut dengan Nissan Skyline R33 ini.

 

Nissan Skyline R33 ini sudah dimodifikasi dan cat bawaan pabrik telah dikelupas dan diganti dengan cat yang sensitif terhadap perubahan suhu. Rekayasa yang dilakukan oleh rumah modifikasi Auto Kandy asal Inggris ini amat unik, dimana cat mobil ini akan berubah apabila disiram air. Hal ini bisa terjadi karena cat tersebut amat sensitif terhadap perubahan suhu.

 

Nissan Skyline R33 Auto Kandy

 

Nissan Skyline R33 Auto Kandy

 

Nissan Skyline R33

Lihat perubahan warna cat pada Nissan Skyline R33 ini

 

Apabila misalnya, mobil Nissan Skyline R33 ini dibawa ke tempat pecucian mobil terdekat, maka setelah dicuci bisa dipastikan warna mobil ini akan berubah. Keren.

(Autoblog, Daily Mail)

 

sumber

Kategori:Otomotif

Mobil-mobil yang di buang di dubai

Orang-orang Arab sang raja minyak memang terkenal kaya-kaya. Properti dan mobil yang mewah sudah lah hal biasa untuk mereka. Bahkan tempat pembuangan mobil-mobilnya mencerminkan betapa kayanya sang raja-raja minyak tersebut. Mobil-mobil di tempat pembuangan tersebut penuh dengan mobil-mobil yang masih sangat bagus dan layak pakai, tapi dengan gampang nya di buang seperti sudah tidak terpakai lagi.mari di cekidot mobil-mobilnya..

Spoiler for gambarnya:

BMW,Porshe,Ferari,Bentley,Lambhorgini,Mercy


versi anyar nya.

honda city
undefined

Rolls-royce

honda accord


pemilik mercy S-class ini sampe gak punya waktu, buat ngejual mobil yang harga barunya di indonesia sampe 3 milyar.
bekasnya masa 200-300 juta aja gk laku.

BMW 3 series

ferari F40, di indonesia hanya beberapa yang punya


bentuk yang masih gress

daeler mobil mewah bekas.
selalu kebanjiran order dan juga harga yang super diskon..

 

sumber :

Kategori:Otomotif

Elio, Mobil tiga roda solusi untuk kemacetan kota-kota besar

Elio, Mobil tiga roda solusi untuk kemacetan kota-kota besar

 

 

 

Memperkenalkan Elio Motors, produsen kendaraan starup yang berbasis di Michigan AS yang mengeluarkan andalan terbarunya kendaraan yang hanya memiliki tiga roda, dua di depan dan satu di belakang.

 

Menurut sang pendiri Elio Paul Elio mereka membangun kendaraan ini dengan empat prinsip dasar.

 

Pertama, mobil beroda tiga bisa menempuh jarak 84 mil per galon.

 

Kedua, kendaraan ini menghabiskan dana tidak lebih dari $ 6.800, tapi dengan tingkat keamanan dan kenyamanan sekelas mobil premium lainya.

 

Dan mobil ini diproduksi di Amerika, dan sejauh ini telah memenuhi semua persyaratan jalan.

 

Berat kendaraan ini adalah 850 pound, untuk bahan bakar tidak menggunakan seperti yang ada di mobil premium, hanya ukuran kecil saja.

 

Untuk keamanan penumpang mobil ini dilengkapi dengan 5 titik airbag, sampai pada bagian kecil di badan mobil ini sudah disiapkan pengaman khusus.

 

Mobil ini tersedia dalam beberapa warna, tapi warna untuk mobil prototipe seperti warna perak, hitam, putih, biru dan orange (disebut Creasicle).

 

Pihak Elio mengatakan bahwa pada musim panas mendatang akan dimulai untuk produksinya, dimana mobil tiga roda ini akan dirakit di General Motor Luisianan,AS.

 

 

undefined

• Elio, mobil roda tiga, berharap akan mengatasi masalah kemacetan di AS

 

 

• 850 pon, mobil dua seater ini dapat menempuh jarak sampai 84mph dan biaya kurang dari $ 7000

 

 

   

• Elio adalah campur ukuran yang kompak dari mobil Smart dengan stabilitas dan manuver dari Can-Am Spyder siklus (kiri)

 

 

• Mobil ini dijadwalkan untuk memulai yang dibuat di Louisiana musim panas mendatang dan pembeli yang berminat dapat melakukan Downpayment deposito sekarang.

 

 

undefined

• Sejauh ini, pembuat merencanakan Elio keluar dalam warna biru, hitam, merah, hijau, perak, dan creamsicle (foto)

sumber  

Video Test Drive

 

Kategori:Otomotif

Ini Ferrari 4 Pintu Pertama Di Dunia Buatan Tahun 1965

Ini Ferrari 4 Pintu Pertama Di Dunia Buatan Tahun 1965

Apabila melihat penampakannya yang sudah mulai berkarat kita tidak akan tahu bahwa mobil ini adalah mobil Ferrari pertama yang memiliki 4 tempat duduk. Mobil klasik ini berhasil dikonservasi dari tempat besi tua dan akan dilelang dengan harga 40.000 poundsterling.

 

Mobil klasik ini merupakan Ferrari 330GT 2+2 Berlinetta keluaran tahun 1965 yang merupakan mobil produksi pertama dari Ferrari yang dikhususkan untuk penggunaan keluarga.

 

Ferrari 330GT 2+2 Berlinetta

Tampak depan Ferrari 330GT 2+2 Berlinetta 1965

 

Seorang kurator ahli dari balai lelang Bonams Auctions House, Rob Hubbard mengatakan bahwa mobil ini telah dibeli oleh seorang kolektor asal Amerika Serikat pada tahun 1980-an, dan semenjak itulah mobil ini tidak pernah lagi digunakan dan hanya teronggok di garasi.

 

Adapun kecepatan maksimal mobil ini adalah 152 mil per jam. Mobil ini mampu beraselerasi dari diam menuju kecepatan 60 mil per jam hanya dalam waktu 6,6 detik. Konfigurasi mesinnya V12 4.000 cc.

 

Mesin Ferrari 330GT Berlinetta 1965

Mesin V12 4.000cc milik Ferrari 330GT Berlinetta 1965 ini masih menyimpan potensi besar

 

Mobil ini telah terjual dalam acara lelang di Herrogate, oleh seorang pembeli yang identitasnya dirahasiakan. Kira-kira, apakah pengacara Hotman Paris Hutapea tertarik untuk melacak keberadaan mobil ini dan membelinya? Mengingat dia adalah penggila mobil mewah sport dan klasik.

(Daily Mail)

Kategori:Otomotif

Super Kargo Baru, Zeppeling dihidupkan kembali dengan teknologi canggih dan Mutakhir

Super Kargo Baru, Zeppeling dihidupkan kembali dengan teknologi canggih dan Mutakhir

 

 

 

Zeppelins pernah diprediksikan sebagai transportasi udara masa depan, tetapi setelah kejadian mengenaskan Hindenburg Zeppelins hilang dari langit selama 75 tahun.

 

Sekarang sebuah perusahaan perintis penerbangan ingin menghidupkan kembali airship tersebut untuk merevolusi pasar global dalam jasa pengangkut barang.

 

Aeroscraft ini dibangun menggunakan teknologi inovatif yang memungkinkan untuk mengontrol pesawat yang lebih baik daripada airships sebelumnya, sehingga dapat menghindari masalah yang dialami oleh generasi pertama zeppelin.

 

Ini hanya membutuhkan sepertiga bahan bakar pesawat kargo dan dapat lepas landas dan mendarat di mana saja bahkan tanpa landasan resmi termasuk di atas air sehingga cocok untuk zona perang dan daerah bencana.

 

Pesawat ini telah dirancang berkat dana hibah dari pemerintah AS dan akan segera siap untuk uji terbang pertama, menurut Business Insider.

 

Aeroscraft ini dirancang oleh Aeros Corp yang memprediksi bahwa itu akan mengubah cara di seluruh dunia dengan menyediakan moda transportasi yang lebih murah daripada pesawat tapi lebih cepat daripada kapal.

 

Kunci terobosan teknologi datang ketika perusahaan pendiri Igor Pasternak datang dengan cara untuk kompres helium yang memungkinkan pesawat untuk mengontrol berat.

 

Aeroscraft dapat lepas landas dan mendarat secara vertikal seperti helikopter sehingga dapat mengunjungi tujuan yang tidak memiliki bandara.

 

Ini tampak tipis dibandingkan dengan jet logam, tapi Aeroscraft memiliki kulit antipeluru dan bahkan jika luarnya dilanggar barang tajam tidak akan mengempis seperti balon.

 

Perusahaan mengklaim bahwa airships pertama akan tersedia untuk pelanggan di pertengahan tahun 2015, dan Aeroscraft akan disewakan selama satu tahun untuk test awal sebalum membeli.

 

 

 

• The Aeroscraft , selama pengujian diatur untuk memperkenalkan kembali zeppelin ke langit dunia

 

 

• The zeppelin diatur untuk memiliki uji terbang pertama dan akan roll off pertengahan 2015

 

 

• Usia baru zeppelin mengandalkan teknologi kompres helium untuk memungkinkan kontrol yang lebih baik dari pesawat

 

 

• Mirip dengan pesawat konvensional , Aeroscraft memiliki pilot dan co-pilot duduk di kokpit

 

 

undefined

• Daya tarik dari balon udara gaya baru berasal dari fakta bahwa biaya hanya sepertiga dari pesawat  terbang

 

 

undefined

• Perusahaan di belakang pesawat itu menegaskan bahwa itu akan menjadi sempurna bagi setiap perusahaan yang terlibat dalam mengangkut barang

 

 

undefined

• Para produsen akan berharap untuk menghindari masalah keamanan yang melanda generasi awal zeppelin

sumber

 

 

Ling/Dailymail

Kategori:Otomotif

Hebat! China Mulai Gantikan Tenaga Manusia dengan Robot

Hebat! China Mulai Gantikan Tenaga Manusia dengan Robot

 

 

Robot sudah lama digunakan untuk manufakturing kelas berat, seperti untuk perakitan otomotif, tapi sekarang penggunaannya meluas seiring dengan kemampuannya.

 

Produk ‘Made in China’ semakin mendominasi di seluruh dunia, tapi kini, kenaikan upah tenaga kerja di China mendorong proses otomasi di sektor manufakturing.

 

China menjadi negara di dunia yang paling banyak memborong robot, produsen teknologi robotik mendatangi Shanghai untuk memanfaatkan kesempatan bisnis ini.

Robot sudah lama digunakan untuk manufakturing kelas berat, seperti untuk perakitan otomotif, tapi sekarang penggunaannya meluas seiring dengan kemampuannya.

CEO perusahaan robot Jepang Yaskawa, Shunrin Mizutani, mengatakan selain untuk industri penerbangan, robot kini juga digunakan untuk membuat iPhone dan smartphone lainnya.

“Perakitan yang tadinya dilakukan ratusan ribu orang kini diambil alih oleh robot,” ujarnya.

 

Yaskawa adalah salah satu perusahaan manufakturing robotik yang berbasis di Shanghai. Mizutani mengatakan bahwa ketika perusahaannya mulai beroperasi di China pada tahun 1996, mereka hanya menjual lusinan robot per tahun, sekarang mereka dapat menjual ribuan.

Menurut Federasi Robotik Internasional, tahun lalu 23.000 unit terjual di China, menjadikannya pasaran yang berkembang paling pesat di dunia.

“Tahun ini kami melihat peningkatan yang cepat di pasaran industri robot di China,” ujar Wang Zhiliang, direktur Departemen Internet di Universitas Sains dan Teknologi di Beijing.

Wang mengatakan industri di China sebelumnya tidak antusias dengan proses otomasi. Namun tidak demikian setelah semakin banyak pabrik menyadari bahwa penggunaan robot tidak hanya meningkatkan kualitas, tapi juga dapat mendongkrak keuntungan.

Institut Otomasi Shenyang yang berfokus pada robotik di China, sudah kebanjiran pesanan robot hingga 2015.

 

Wang menambahkan, kuncinya terletak pada meningkatnya upah tenaga kerja di China pada tahun-tahun belakangan ini.

Foxconn, salah satu perusahaan manufakturing terbesar di China yang juga merakit produk-produk Apple telah menetapkan target untuk menambahkan satu juta robot tahun depan, tren ini juga meluas, tak hanya bagi pabrik.

“Kini kita punya robot-robot yang dapat digunakan di rumah sakit dan dapat membantu dengan penyembuhan sendi atau menjalankan berbagai prosedur sederhana. Mereka robot penyedia jasa,” ujarnya.

Pengembangan robot penyedia jasa menjadi fokus penelitian Wang di Universitas Sains dan Teknologi Beijing.

Bersama sekelompok siswanya, Wang mengembangkan robot yang dapat memecahkan salah satu masalah sosial di China, yaitu meningkatnya jumlah warga usia lanjut.

 

Ia menjelaskan bahwa robot dapat berguna untuk mengingatkan para manula untuk meminum obat, berjalan tidak terlalu jauh, atau mengingatkan mereka untuk tidur, walaupun begitu, masih banyak tantangan lain.

“Misalnya, jika seorang manula membutuhkan seseorang untuk menuangkan mereka segelas air.

 

Tantangannya saat ini adalah untuk memprogram robot untuk bergerak dari satu tempat ke tempat lain dan mengangkat gelas,” jelasnya. “Inteligensi buatan (artificial intelligence) masih menjadi bagian tersulit.”

Mizutani dari Yaskawa mengatakan perusahaannya sedang menggarap konsep robot  yang dapat membantu warga usia lanjut untuk berbelanja online, menemani dengan bercakap-cakap dengan mereka, atau bahkan untuk memasak.

Memang di saat robot dapat merakit iPhone, tugas-tugas yang tersimak sederhana seperti menuangkan segelas air menjadi tantangan bagi para pengembang robot di China.

 

AP/Reuters

 

sumber

Kategori:Otomotif

Ukiran Motor Vespa Klasik Dari Kayu

6 Oktober 2013 1 komentar
Ukiran Motor Vespa Klasik dari Kayu

Bagi kebanyakan orang, motor adalah alat transportasi yang paling gampang digunakan. Selain murah, penempatan motor sangat mudah. Untuk beberapa orang motor digunakan sebagai alat pajang atau koleksi. Seperti yang dilakukan Carlos Alberto yang menyulap vespa antiknya dengan ukiran kayu yang sangat menarik.

Alberto merubah vespanya dengan kayu, yang diubah dari vespanya hanyalah bodynya saja. Walaupun begitu vespa tersebut masih bisa digunakan.

 

 

 

 

 

 

Kategori:Otomotif

Mengenal Lebih Dalam Teknologi “Nissan Leaf” Mobil Canggih Autopilot

 

Nissan Leaf (ditulis sebagai “LEAF” , singkatan dari Leading, Environmentally friendly, Affordable, Family car) adalah mobil listrik bertipe hatchback 5 pintu yang diproduksi oleh Nissan dan diperkenalkan di pasar Jepang dan Amerika Serikat pada bulan Desember 2010.
Jarak tempuh resmi maksimal mobil ini dari Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat adalah 117 kilometer (73 mil), dengan besar konsumsi energi 765 kilojoule per kilometer (34 kW•h/100 mil) dan mengukur efisiensi bahan bakarnya, yaitu 99 mil per gallon AS (2,4 L/100 km). Jarak tempuh Leaf oleh New European Driving Cycle adalah 175 km (109 mi).
Kendaraan ini mulai diantar ke konsumen pada bulan Desember 2010 untuk Jepang dan Amerika Serikat, Februari 2011 untuk Irlandia, dan Maret 2011 untuk Inggris. Pada bulan November 2011, Leaf juga sudah bisa didapatkan oleh konsumen-konsumen di Kanada, Perancis, Portugal, Belanda, Norwegia, Spanyol, dan Swiss.
Penjualan untuk pasar Belgia dimulai pada akhir 2011 dan untuk pasar Denmark awal 2012, dan global tahun 2011. Menurut Nissan, saat ini Leaf hanya tersedia dalam jumlah yang terbatas dan hanya untuk beberapa pasar negara dahulu. Produksinya akan meningkat pada tahun 2011, produksi di A.S. akan dimulai pada tahun 2012, dan produksi di Inggris direncanakan dimulai tahun 2013. Sampai bulan November 2011, penjualan kumulatif Leaf mencapai angka 20.000 unit.
Harga ritel Nissan Leaf ketika pertama kali diluncurkan adalah ¥3.76 juta dan di Amerika Serikat US$32.780 , dan pada tahun 2012 harga Leaf akan naik menjadi US$35.200. Harga Leaf di pasaran Inggris adalah berkisar GB£30,990 dan harga untuk kawasan Eropa lainnya adalah sekitar €35,000 . Harga ini termasuk dengan harga paket baterainya.
Di kebanyakan negara dimana Leaf dipasarkan, mobil ini mendapatkan insentif pajak atau subsidi dari pemerintah sehingga harga jualnya bisa ditekan.
Sebagai mobil listrik, Nissan Leaf sama sekali tidak menghasilkan emisi bahan bakar atau emisi gas rumah kaca sehingga mengurangi ketergantungan pada minyak bumi.
Nissan Leaf memenangkan beberapa penghargaan, diantaranya ‘’Green Car Vision Award’’ 2010, Penghargaan ‘’European Car of the Year’’ 2011, ‘’World Car of the Year’’ 2011, dan ‘’Car of the Year Japan’’ 2011-2012.
Interior Leaf
SPESIFIKASI
Penggerak
Nissan Leaf menggunakan motor listrik tersinkronisasi yang terpasang di depan berkekuatan 80 kW (110 hp) dan torsi 280 N·m (210 ft·lb), ditambah dengan baterai ion litium 86 megajoule (24 kW·h) bertenaga 90 kilowatt (120 hp).[1][16] Sel baterai litium ini berpendingin udara dan dilapisi dengan katode litium manganat. Baterai dan modul kontrolnya mempunyai massa sebesar 300 kilogram (660 lb) dan sel mempunyai energi spesifik sebesar 140 W•h/kg. Setiap set baterainya menurut Nissan berharga US$18.000 (pada Mei 2010)
Unit kontrol elektronik dari Leaf
Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat menyatakan bahwa konsumsi energi dari Nissan Leaf adalah 765 kJ/km (34 kWh/100 mil) dan mempunyai ekonomi bahan bakar sebesar 99 MPG (2.4 L/100 km), dengan pengendaraan di dalam kota kira-kira sebesar 106 mil/galon-AS (2.22 L/100 km; 127 mil/galon-imp) dan 92 mil/galon-AS (2.6 L/100 km; 110 mil/galon-imp) jika dikendarai pada jalan bebas hambatan. Nissan Leaf memiliki kecepatan maksimum lebih dari 150 km/j (93 mph). Secara tidak resmi, Leaf dapat menempuh kecepatan 0 sampai 97 km/jam dalam waktu 9,9 detik.
Baterai
Baterai 24 kWh yang tertanam pada Leaf terdiri dari 48 modul dan setiap modulnya terdiri dari 4 sel, sehingga totalnya ada 192 sel baterai. Baterai ini dirakit oleh ‘’Automotive Energy Supply Corporation’’ (AESC) – perusahaan joint ventura antara Nissan, NEC dan NEC Energy Devices, di Zama, Jepang.
Baterai ion litium yang terpasang pada Leaf
Desain Leaf menempatkan baterai, bagian terberat dari sebuah mobil listrik, dibawah kursi dan ruang kaki belakang, sehingga gravitasi pusatnya diatur serendah mungkin dan kekerasan strukturalnya lebih baik bila dibandingkan dengan hatchback konvensional 5 pintu biasa.
Baterai ini diperkirakan masih mempunyai kapasitas antara 70 sampai 80 persen setelah dipakai selama 10 tahun, tapi jangka waktu pemakaian sebenarnya tergantung dari seberapa banyak pengisian cepatnya (440 volt) digunakan dan juga faktor dari lingkungan. Nissan mengatakan bahwa baterainya mempunyai ketahanan antara 5-10 tahun dengan pemakaian normal. Baterai ini digaransi oleh Nissan sampai delapan tahun atau 100.000 mil (160,000 km).
Di samping baterai utamanya, Leaf juga mempunyai baterai tambahan berupa akumulator 12 volt yang digunakan untuk memberikan daya pada sistem komputer kendaraan, misalnya sistem audio, sistem penahan tambahan, lampu utama, dan penghapus kaca.[30] Panel sel surya kecil pada spoiler belakang Leaf (hanya tersedia di Amerika Serikat), hanya tersedia pada versi SL, gunanya untuk membantu baterai tambahan ini.
Nissan merekomendasikan pada setiap pemiliknya untuk melakukan beberapa hal di bawah ini untuk memperpanjang umur baterai mobil mereka: *Jangan meletakkan mobil dibawah suhu lebih dari 120 °F (49 °C) lebih dari 24 jam.
  • Hindari penyimpanan mobil di tempat yang suhunya kurang dari ?13 °F (?25 °C) lebih dari 7 hari.
  • Hindari pengisian ulang cepat lebih dari 80% apabila sering digunakan (lebih dari sekali seminggu).
  • Biarkan isi baterai berkurang sampai di bawah 80% sebelum dilakukan pengisian ulang.
  • Jangan meninggalkan kendaraan lebih dari 14 hari ketika baterai ion litiumnya dalam keadaan kosong.
Biaya pengoperasan
Menurut Consumer Reports, sampai pada bulan Desember 2011, Nissan Leaf mempunyai biaya pengoperasian sebesar 3,5 sen per mil (2,19¢ per km). Sebagai perbandingan, Chevrolet Volt mempunyai biaya operasi sebesar 3,8 sen per mil (2,38¢ per km) jika menggunakan mode listrik sepenuhnya. Biaya ini didapatkan berdasarkan penghitungan tarif listrik di Amerika Serikat yang harganya 11 sen per kWh dan konsumsi energi yang dikeluarkan diambil dari hasil tes.
 Majalah itu juga membandingkan Leaf dengan beberapa kendaraan hibrida lainnya. Hasilnya bisa dilihat di tabel di bawah. Jika dianalisis, maka biaya pengoperasian Leaf kurang dari setengah biaya pengoperasian mobil-mobil bensin lainnya pada perjalanan yang jaraknya sampai 70 mil (110 km). Jarak 70 mil ini mendekati jarak tempuh maksimum Leaf. Chevrolet Volt mempunyai biaya pengoperasian yang besarnya hampir sama dengan Leaf pada jarak pendek (sampai dengan 35 mil (56 km)), tapi setelah itu biaya pengoperasiannnya naik drastis.
Consumer Reports juga mencatat bahwa meskipun tarif listrik yang tinggi sampai 19 sen per kWh, misalnya di kawasan Connecticut, Leaf masih mempunyai biaya pengoperasian 20% lebih rendah dari Prius dan 50% lebih rendah dari Corolla.
PRODUKSI
Mobil-mobil pertama yang dijual di pasar Amerika Serikat diproduksi di pabrik Nissan di Oppama, Jepang, yang produksinya dimulai tanggal 22 Oktober 2010. Pabrik ini mempunyai kapasitas produksi 50.000 unit dalam setahun. Produksi mobil ini sempat tersendat beberapa bulan karena adanya gempa bumi dan tsunami di pantai timur Jepang, sehingga pada akhirnya Nissan menyatakan bahwa mereka tidak dapat menyanggupi target produksi 50.000 unit Leaf dalam setahun.
Nissan mengharapkan agar penjualan Leaf naik dari 20.000 unit pada tahun 2011 menjadi 40.000 unit pada tahun 2012, karena selain produksinya sudah kembali normal, mereka akan memasarkan Leaf di beberapa negara Eropa lainnya.
Produksi Leaf di Amerika Serikat dimulai pada akhir tahun 2012 di pabrik Nissan di Smyrna, Tennessee. Pabrik ini akan dimodifikasi dengan biaya pinjaman US$1,4 miliar yang dijamin oleh Departemen Energi A.S. sehingga mereka bisa memproduksi Leaf beserta dengan baterainya. Pabrik yang sudah dimodifikasi ini rencananya akan menambah 1.300 lapangan kerja baru.
Pabrik Smyrna ini nantinya diharapkan dapat memproduksi sampai 150.000 unit kendaraan dan 200.000 set baterai setiap tahunnya.
Nissan Leaf juga akan diproduksi di pabrik Nissan di Sunderland, Inggris, pada tahun 2013.[36] Nissan akan mendapat jaminan GB£20.7 juta dari pemerintah Inggris dan GB£220 juta dari European Investment Bank.
Pabrik ini akan memproduksi 60.000 unit baterai ion litium dan 50.000 unit Leaf tiap tahunnya. Ketika mobil ini sudah mulai dirakit di Sunderland, Nissan berharap kalau mereka dapat mengurangi harga Leaf di Eropa pada tahun 2013.
Kategori:Otomotif
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 298 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: