Beranda > Software > XWidget, Aplikasi Widget Atraktif dan Kaya Fitur

XWidget, Aplikasi Widget Atraktif dan Kaya Fitur

Sudah bosan dengan tampilan desktop Anda? Ingin sekedar melihat berita terbaru sembari memantau perkiraan cuaca di kota Anda langsung dari desktop. Anda bisa memanfaatkan aplikasi widget untuk menghiasi desktop Anda, namun dari sekian banyak aplikasi widget yang bisa Anda gunakan. XWidget memiliki fitur yang mampu bersaing dengan aplikasi sejenis.

XWidget, aplikasi untuk merubah desktop Windows berbetuk seperti Widget

XWidget memiliki beberapa fitur yang tak dimiliki oleh aplikasi sejenis, selain ringan aplikasi ini dilengkapi dengan widget tray, widget editor, dan animasi-animasi tiap widget pun dapat tampil dengan baik. Bahkan Anda juga bisa membuat widget sendiri dengan aplikasi ini. XWidget merupakan aplikasi yang juga dikembangkan oleh developer yang sama dengan XLaunchpad. XWidget dapat Anda unduh di http://www.xwidget.com/.

Menggunakan aplikasi widget selain mempercantik tampilan desktop Anda, juga mampu menambah fungsionalitas desktop. Tanpa perlu masuk ke situs Anda bisa memantau berita terkini, cuaca, waktu, kalender dan sebagainya. Namun juga jangan terlalu mengorbankan performa komputer hanya untuk menjejali desktop dengan widget. Dengan XWidget Anda tak perlu khawatir aplikasi ini akan mempengaruhi performa komputer. XWidget hanya memakai RAM sekitar 2-5MB saja meskipun Anda menjejali dekstop penuh dengan widget (kecuali untuk widget pemantau RAM, CPU dan live clock yang memerlukan refresh rate yang tinggi).

Setelah menginstall XWidget jalankan aplikasi, widget default akan langsung tampil di desktop. Untuk membuka widget tray klik 2 kali pada ikon XWidget di Taskbar tray. Widget tray akan tampil horizontal, untuk melihat koleksi widget lainnya Anda bisa mengklik simbol panah di pojok kiri dan kanan Widget tray. Disini juga kita bisa mengatur apa saja wdiget yang telah terpasang di XWidget, memantau widget yang sedang berjalan, menghapus dan mencari widget.

Widget pada Windows yang menjadikan menu pada Desktop seperti Tablet

Jika Anda ingin menambahkan koleksi widget klik kanan pada ikon XWidget lalu klik More Widgets… yang akan membuka window baru yang berisi koleksi widget untuk XWidget. Disini Anda bisa mendownload langsung widget yang terbagi dalam beberapa kategori. Terdapat banyak ratusan koleksi widget yang tersedia dan jangan khawatir ukuran widget tersebut rata-rata hanya beberapa KB saja.

Beberapa pilihan tampilan yang bisa dipakai pada XWidget

XWidget memiliki fitur Dashboard yang akan menampilkan widget meskipun Anda sedang menjalankan aplikasi lain secara default Dashboard akan muncul jika dengan menekan tombol scroll pada mouse 2 kali. Pengaturan lebih lanjut untuk Hotkey ini bisa Anda rubah di menu Options dengan mengklik kanan ikon XWidget di Taskbar tray.

Mudahnya merubah dan mengatur WidGet berbentuk seperti Tablet

Dengan aplikasi ini Anda juga bisa membuat widget sendiri dan sudah tersedia beberapa layout yang bisa Anda gunakan. Tak hanya itu Anda juga bisa mengedit widget yang sudah ada, dengan mengklik kanan pada widget lalu klik Edit. Kalau hanya untuk merubah ukuran atau tampilan widget beserta opsi lainnya tinggal klik kanan pada Widget lalu pilih Window terdapat berbagai opsi pengaturan yang bisa Anda sesuaikan dengan keinginan.

Customisasi Desktop dengan XWidget

Tak cukup disitu saja untuk memudahkan pengguna dalam mengatur widget yang ada agar sesuai dengan kebutuhan. Anda bisa menyimpan semua pengaturan widget yang ada dengan menggunakan Theme Manager. Dari sini Anda bisa membuat pengaturan berbeda-beda dalam jumlah widget yang tampil di desktop hingga pengaturan wallpaper. Dengan Theme Manager, Anda bisa menyimpan dan mengaktifkan widget sesuai dengan kebutuhan tanpa perlu mengatur kembali tiap widget. Opsi ini bisa Anda temukan dengan mengklik kanan ikon XWidget di Taskbar tray lalu klik Manage Themes.

Dengan menggunakan XWidget tampilan desktop Anda akan tampil lebih cantik dan interaktif tanpa mengorbankan performa komputer Anda. Selamat mencoba!

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 275 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: