Beranda > revo > Hore! Saatnya Mengatakan Selamat Tinggal Kepada Gigi Berlubang

Hore! Saatnya Mengatakan Selamat Tinggal Kepada Gigi Berlubang

 

Mau makan coklat berlusin-lusin tanpa takut gigi berlubang? Sebentar lagi bisa! Para ilmuwan akhirnya menemukan sebuah solusi praktis agar gigi kita tak mudah bolong lagi di masa yang akan datang.

Gigi berlubang adalah gangguan kesehatan mulut yang amat menyebalkan dan menimpa hampir 3/4 populasi manusia di bumi. Seandainya kamu belum tahu, yang menjadi penyebab gigi kita berlubang selama ini adalah bakteri sialan bernama Streptococcus Mutans. Kini, setelah peneliti dari Yale University, José Córdova, dan account editor dari Universidad de Santiago, Erich Astudillo, berhasil menemukan molekul pembunuh bakteri Streptococcus Mutans, jumlah penderita gigi berlubang di masa yang akan datang diharapkan menjadi jauh berkurang.


bakteri yang hobi bikin ukiran di gigimu, Streptococcus Mutans.
foto: Science Photo Library

Molekul tersebut, yang diberi nama Keep 32, mampu membunuh Streptococcus Mutans hanya dalam waktu 60 detik. Keep 32 saat ini masih dalam pengembangan dan dalam proses paten di Amerika Serikat. Para peneliti dari Chili tersebut masih mengumpulkan dana untuk pengujian terhadap manusia yang dapat memakan waktu dari 14 hingga 18 bulan. Setelah semua keluar, baru obat ini akan dilepas ke pasaran.

Menurut Erich Astudillo, yang juga menjabat sebagai CEO dari Top Tech Innovations, lembaga yang mensponsori penelitian ini, molekul yang mereka temukan ini selain dapat langsung di terapkan kepada gusi, bisa juga ditambahkan ke berbagai produk kesehatan mulut. Contohnya seperti pasta gigi, obat kumur, dan bahkan coklat atau permen.

Sebelumnya di Chili, mereka kesulitan mencari perusahaan yang mau mensponsori penelitian yang mereka lakukan. “Tak satupun yang tertarik memberi dana ke dalam bagian R&D (Research & Development),” ujar Erich. Tapi kini, sudah ada lima pihak yang tertarik untuk berinvestasi atau membeli hak paten penemuan mereka.

Erich sendiri sudah merancang business plan yang menargetkan keuntungan sebesar US$300 juta dalam lima tahun pertama. Yang ia incar adalah perusahaan-perusahaan besar seperti Colgate, P&G, Hershey’s atau Cadbury Trevor. Yang artinya, ini merupakan kabar terburuk untuk sebuah penemuan yang mungkin cukup revolusioner. Sayang sekali, produk anti gigi berlubang semacam ini mungkin tidak akan kita temui dengan harga murah di pasaran.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 302 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: