Beranda > revo > 4 Negara dengan Usia Terpendek!!

4 Negara dengan Usia Terpendek!!

Spoiler for carpatho-ukraine:

Ini peta wilayahnya…
Carpatho-Ukraine
Ibu kota : Khust
Bahasa : Ukrainan
Pemerintahan : Republic
Presiden: Avgustyn Voloshyn
Perdana Menteri : Julian Révaý
Era : Interwar period
Merdeka : 15 maret 1939
Digabungkan (dengan negara lain) : 16 Maret 1939

Sekarang ini menjadi wilayah Ukraina. Usia negara ini kurang dari 24 jam!, tepatnya pada tanggal 15 Maret 1939 – 16 Maret 1939. Capatho-Ukraina adalah daerah otonomi di Cekoslovakia sejak akhir 1938 hingga 1939. Menyusul pendudukan Jerman di Sudetenland (Cekoslovakia), negara Cekoslovakia pun runtuh. Slovakia mendeklarasikan kemerdekaannya. Sementara Carpatho-Ukraine juga tidak mau ketinggalan. Mereka mendeklarasikan kemerdekaan pada tanggal 15 Maret 1939. Pemerintahan segera disusun, dengan Avgustyn Voloshyn sebagai Presiden dan Yulian Revay sebagai perdana Menteri.

Sayang sekali, deklarasi ini mengundang amarah Hungaria, negara yang bertetangga dengan Carpatho-Ukraina. Pada tanggal 15 itu juga, apsukan Hungaria menyerbu Carpatho-Ukraina dan berhasil menduduki ibukota Carpatho-Ukraina, keesokan harinya, tanpa kesulitan yang berarti, negara ini berhasil dibubarkan.

Spoiler for republic of connaguht:

Ini benderanya, kalo petanya, saya nggak nemu…
Republic of Connaught
Ibu kota : Castlebar, County Mayo
Bahasa : Irish , French
Pemerintahan : Republik
Presiden: John Moore
Perdana Menteri : -
Era : Revolutionary Wars
Merdeka : 27 Agustus 1798
Diruntuhkan : 8 September 1798

Negara ini sekarang telah menjadi bagian dari Irlandia. Masa pemerintahan republik Connaught ini hanya 13 hari, sejak tanggal 27 Agustus 1798 sampai dengan 8 September 1798. Republik Connaught adalah negara pecahan Irlandia yang didirikan untuk menjadi negara satelit Prancis, menyusul pemberontakan Irlandia pada tahun 1798 yang menentang kekuasaan inggris di Irlandia. Dipimpin oleh Jendaral Humbert,s eorang jenderal perancis, proklamasi kemerdekaan Connaught dibacakan ketika baru mendarat di County Mayo, Irlandia dalam rangka membantu perjuangan pemberontak Irlandia.

Sempat menang perang melawan Inggris dalam pertempuran Castlebar pada 27 Agustus 1798, pemerintahannya didirikan pada tanggal 13 Agustus 1798 dengan John Moore sebagai presidennya. Pada tanggal 8 September pasukan Connaught-Prancis dikalahkan pasukan inggris pada pertempuran Ballinamuck, pertempuran yang menyegel nasib Connaught dan pasukan ekspedisi Prancis. Akhirnya, negara inipun runtuh setelah itu.

Spoiler for republic of labin:


Ini peta republik Labin, yang warnanya merah…

Republic of Labin
Ibu kota : Labin
Bahasa : -
Pemerintahan : Republik
Presiden : -
Perdana Menteri : -
Era : Interwar Period
Merdeka : 2 Maret 1921
Diruntuhkan : 8 April 1921

Kini Republik Labin menjadi bagian dari Krosia. Umur negara ini hanya 38 hari, dan masa pemerintahnnya sejak 2 Maret 1921 sampai dengan 8 April 1921. Republik Labin didirikan oleh para penambang di kota Labin, Provinsi Istria, Italia (pada waktu itu, Istria masuk dalam teritori kerajaan Italia). Pada tahun 1921, para penambang itu menolak rezim fasis yang waktu itu menguasai Italia. Mereka menduduki kota Labin, mendirikan emerintahan sendiri yang sempat berjalan selama 38 hari sebelum dihancurkan oleh pasukan Italia.

Spoiler for bavarian soviet republic:

Yang berwarna merah, itulah wilayah negaranya…
Bavarian Soviet Republic
Ibu kota : Munich
Bahasa : Deutsche
Pemerintahan : Republik Sosialis
Presiden : 6 April – 12 April >> Ernst Toller, 12 April – 3 Mei >> Eugen Leviné
Perdana Menteri : -
Era : -
Merdeka : 6 April 1919
Diruntuhkan : 3 Mei 1919

Negara ini sekarang bergabung dengan Jerman. Usia negara ini tidak lebih dari 1 bulan, tepatnya 28 hari. Masa pemerintahnnya dari 6 April 1919 sampai dengan 3 Mei 1919. Negara ini didirikan sebagai bagian dari revolusi Jerman, pada tahun 1918-1919. Memanfaatkan kekacauan politik di Jerman setelah Perang Dunia I, kaum komunis di selatan Jerman (partai USPD) mendeklarasikan Bavaria sebagai “negara bebas” (Deklarasi ini mengakhiri pemerintahan Dinasti Wittelsbach yang sudah memerintah Bavaria selama 700 tahun).

Negara ini pada akhirnya sulit untuk menstabilkan wilayahnya sendiri. Hingga pada tanggal 6 Mei 1919, tentara pemerintah Weimar (Republik baru jerman) menaklukan Bavaria dan ratusan kaum komunis dihukum. Negara ini pun runtuh.

 

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 284 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: