Beranda > revo > Wow! Sepeda Dari Bambu Buatan Afrika

Wow! Sepeda Dari Bambu Buatan Afrika

 

 

Di Zambia, Afrika, sepeda tumbuh dari tanah.

Membuat sebagian besar tanaman bambu negara Afrika selatan, dua orang Amerika dan dua Zambia telah menetapkan suatu perusahaan kerajinan canggih, yaitu sepeda ringan dengan rangka terbuat dari kayu lokal.

Zambikes, nama perusahaan ini, berusaha untuk membuat sepeda custom-built Zambia dengan bahan dasar bambu. Penemu Zambikes, Mwewa Chimbaka, mengatakan bahwa produk ini memiliki nilai plus karena bahan dasarnya tumbuh dengan baik di wilayah Afrika. Produk ini dibuat di Afrika dan diekspor ke seluruh dunia. Hal ini jarang terjadi, padahal pada umumnya mereka harus mengimpor dari luar negeri.

Eye-catching, super ringan dan sangat tahan lama, sepeda bambu telah mendapatkan daya tarik dalam beberapa tahun terakhir, menjadi alternatif yang populer menggantikan sepeda baja atau aluminium tradisional. Bahannya merupakan salah satu sumber daya alam paling cepat berkembang, memiliki kemampuan daya serap tinggi yang berkontribusi terhadap kesehatan lingkungan.

eye-catching

eye-catching

sepeda yang unik

sepeda yang unik

dibuat dengan bahan dasar bambu

dibuat dengan bahan dasar bambu

“Ini adalah proyek hijau dan kita mendorong perusahaan dan industri lain untuk mencari cara dan sarana untuk menurunkan tingkat polusi,” kata Lusaka kelahiran Chikamba, 43. “Kami memproduksinya dengan cara yang bebas polusi dan secara tidak langsung mengatasi masalah pemanasan global.”

Ide untuk Zambikes pertama kali muncul pada tahun 2004 ketika dua anak muda Amerika, Vaughn Spethmann dan Dustin McBride, mengunjungi Zambia dalam rangka perjalanan enam minggu universitas. Kedua anak ini terkesan dengan keramahan Zambia tetapi juga prihatin menyaksikan secara langsung kesulitan ekonomi di negara tersebut.

“Kami melihat bahwa pengangguran lebih dari 60%,” kata Spethmann. “Semua orang yang kita ajak bicara rata-rata tidak memiliki pekerjaan atau tidak bisa mencari pekerjaan dan ketika kita melihat sekeliling ternyata juga tidak ada yang memiliki sepeda yang layak.”

menambah lapangan pekerjaan di ZambiaPegawai Zambikes

Spethmann dan McBride memutuskan untuk kembali ke Zambia langsung setelah kelulusan mereka. Mereka bekerja sama dengan Chikamba dan sesama Zambia Gerson Sikaala dan bersama-sama mereka mengatur operasi Zambikes pada Juli 2007.

Dengan harga sekitar $900, sepeda bambu ditujukan terutama ditujukan untuk pasar internasional, dengan negara-negara seperti Jepang, Singapura, Jerman, Brasil, Finlandia dan Amerika Serikat.

ditujukan untuk pasar internasional

ditujukan untuk pasar internasional

rangka sepeda

rangka sepeda

 

Proses pembuatan sepeda ini tidak mudah.

Spethmann mengatakan bambu dipilih dengan hati-hati berdasarkan kualitas dan ketebalan. Bambu kemudian dipotong dan diobati sebelum dikeringkan dan ditempatkan di jig. Rangka ini kemudian digabungkan dengan lem dan dibungkus dengan serat alami dan ditempelkan komponen konvensionalnya logam.

“Produk ini sangat padat karya – setiap rangka membutuhkan waktu antara 40 dan 60 jam untuk dibuat,” kata Spethmann. “Setiap bagian dari bambu adalah memiliki warna yang berbeda, tikungan yang berbeda, sehingga setiap rangka menjadi unik.”

Selain sepeda bambu mereka, Zambikes juga membuat sepeda baja untuk memenuhi kebutuhan pasar lokal untuk transportasi murah.

“Mencari tenaga kerja yang baik menjadi tantangannya,” ujar Spethmann, “tapi itu salah satu alasan kita datang ke Zambia,” tambahnya. “Kami melihat kebutuhan dan melihat orang-orang yang membutuhkan peluang dibutuhkan, sehingga di satu sisi ini adalah sebuah tantangan tapi di sisi lain kami senang untuk membantu.”

Lebih dari sekedar bisnis, perusahaan mengatakan misinya adalah untuk menyelamatkan nyawa dan mengembangkan solusi transportasi yang efisien dan terjangkau di negara di mana kebanyakan orang hidup dengan $2 per hari – Zambia memiliki peringkat 164 dari 187 pada Indeks Pembangunan Manusia 2011 oleh Program Pembangunan PBB.

Melihat pertumbuhan bisnis sosial sebagai jawaban berkelanjutan untuk kesulitan ekonomi negara, pendiri Zambikes mengatakan ingin menguntungkan masyarakat lokal dengan menyediakan lapangan kerja dan pelatihan keterampilan kepada “yang tidak berpendidikan dan kurang mampu.” [hds/cnn]

memberikan keterampilan pada pegawai

memberikan keterampilan pada pegawai

kesempatan untuk peningkatan ekonomi di zambia

peningkatan keterampilan melalui pelatihan

sumber

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 302 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: