Beranda > revo > Uang Harus Diatur Jalurnya

Uang Harus Diatur Jalurnya

Loading image...

Urusan finansial adalah hal yang paling sensitif dan sangat esensial dalam hidup. Oleh karena itu, mengaturnya adalah sesuatu yang tidak mudah dan perlu penanganan yang benar. Bisa dibilang pula bahwa uang menjadi aset yang mudah ‘menguap’. Karena sangat mudah untuk digunakan, jika tidak terkontrol maka akan hilang dengan sekejap dan berganti dengan beberapa kepuasan yang diinginkan.

 

Uang tunai adalah bentuk uang yang paling umum digunakan manusia. Cobalah untuk menjadikan kebiasaan untuk mengambil sejumlah uang setiap minggu dari ATM dan lihatlah seberapa lama jumlah uang itu dapat bertahan. Dengan disiplin, maka akan diketahui apakah Anda mampu mengelola uang dengan baik atau tidak. Jika Anda mengeluarkan uang lebih dari yang seharusnya pada pekan tersebut, maka Anda dapat merubah kebiasaan pengeluaran pada minggu selanjutnya.

 

Karena hanya melibatkan sejumlah kecil uang pada setiap minggunya, sehingga hal ini bisa lebih mudah diatur dan juga baik untuk melatih kedisiplinan finansial Anda. Seiring berjalannya waktu, Anda juga dapat memperkirakan seberapa banyak uang yang harus diambil setiap minggunya tanpa adanya pengambilan tambahan. Dengan menggunakan cara tersebut, Anda akan dapat mencapai disiplin finansial yang mendasar.

 

Anda setidaknya harus menyiapkan pengeluaran untuk 6 bulan di tangan dalam bentuk uang tunai, alat pembayaran yang paling mudah aksesnya. Ada pula tanggapan dari sebagian orang yang menganjurkan untuk menyiapkan sebesar 6 bulan dari gaji Anda, namun menyiapkan pengeluaran untuk 6 bulan ke depan merupakan cara yang lebih mudah untuk memulai.

 

Sebagai contoh Anda mendapat Rp 2 juta untuk sebulan, yang mana Rp 1,4 juta untuk dibelanjakan dan Rp 600 ribu ditabung. Maka, pastikan Anda memiliki setidaknya 6 x Rp 1,4 juta (Rp 8,4 juta) di bank untuk keperluan darurat. Hal tersebut mungkin terkesan lebih mudah daripada harus menabung sebesar Rp 1,2 juta. Pisahkan juga jenis tabungan wajib ini dari tabungan reguler Anda.

 

semua angka di atas masih merupakan jumlah uang yang cukup untuk dimiliki. Ada hal tambahan yang harus Anda lakukan agar uang ini tetap berguna.

 

Rekening tabungan
Selain anda bisa mendapatkan bunga, dengan memiliki rekening tabungan di bank, Anda juga mendapatkan kemudahan dalam penarikan uang tunai melalui ATM.

 

Rekening koran
Rekening koran berguna untuk membayar tagihan-tagihan dengan cara penarikan langsung atau melalui cek, jenis rekening ini bisa berbunga ataupun tidak.

 

Deposito tetap atau berjangka
Deposito menghasilkan bunga yang lebih tinggi dibandingkan dengan rekening tabungan, namun ini mengharuskan Anda untuk tidak menyentuhnya selama jangka waktu tertentu, penalti pun akan dijatuhkan jika mengambil deposito lebih awal.

 

Pada aturan umumnya, karena ini adalah uang simpanan untuk keadaan darurat, dengan menahan deposito selama 3-6 bulan dan memperpanjangnya, maka bunga yang Anda terima akan berlipat ganda. Jangan lupa untuk menambah jumlah uang yang akan ditabung ketika pendapatan Anda bertambah besar, atau pengeluaran Anda akan memberikan beban yang besar kepada dana darurat.

 

Silakan mencoba dan semoga berhasil.

 

/sdhanifah

dikutip dari

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 284 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: