Beranda > Software > Makin Asyik Menikmati Musik dengan WinAmp

Makin Asyik Menikmati Musik dengan WinAmp

WinAmp adalah media player paling populer di platform Windows, selain telah lama beredar WinAmp masih saja dipakai oleh jutaan pengguna Windows. Tak seperti media player sejenis WinAmp selalu saja menambah fitur baru di setiap update-nya, dan memiliki fitur kostumisasi yang luas.

Makin Asyik Menikmati Musik dengan WinAmp Image

Di WinAmp Anda juga bisa mengatur file musik yang tersimpan di gadget Anda, bahkan WinAmp juga bisa merubah keluaran suara speaker Anda menjadi lebih baik. Interface-nya yang mudah cukup membantu dalam mengutak-atik WinAmp, hal ini pula yang menjadi pilihan para pengguna Windows yang tetap setia dengan WinAmp. Ingin tahu seberapa jauh kita bisa mengkostumisasi WinAmp? Mari kita ikuti beberapa tips berikut ini.

Atur Media Library

Makin Asyik Menikmati Musik dengan WinAmp Image

Sangat menyenangkan jika memiliki banyak koleksi file musik yang tersimpan di Harddisk. Namun jika Anda masih repot ketika mencari file musik favorit di antara ratusan bahkan ribuan koleksi file musik Anda tentunya hal ini akan sangat menjengkelkan bukan? Nah Apabila koleksi file musik Anda telah dilengkapi tags yang lengkap Anda bisa langsung memasukkannya ke WinAmp Media Library, apabila belum Anda bisa mengatur tags dengan memakai aplikasi Mp3tag.

Untuk memasukkan koleksi musik ikuti langkah berikut:

1. Klik kiri pada logo WinAmp atau klik kanan di bagian atas bar.

2. Klik “Options” lalu klik “Preferences…” yang akan menampilkan window WinAmp Preferences.

3. Klik “Local Media” lalu klik tab “Watch Folders” klik tombol “Add folder…”, pilih lokasi folder musik Anda.

4. klik tombol “Rescan now”.

Makin Asyik Menikmati Musik dengan WinAmp Image

Anda juga bisa mencentang opsi “Rescan folders at startup” sehingga saat startup WinAmp secara otomatis melacak apabila ada file musik baru yang ditambahkan di folder tersebut. Anda juga bisa mencentang opsi “Rescan folders every…” agar WinAmp secara teratur melacak folder musik secara berkala. Dengan memasukkan koleksi musik di Media Library, Anda dapat dengan mudah mencari file musik favorit Anda dengan memilih “Local Media” di Media Library lalu pilih Audio dan ketikkan nama artis, album, judul lagu, di kolom “Search”.

Ubah Keluaran Suara Musik

Banyak cara untuk mengubah keluaran suara dari PC, mulai dari menambah soundcard khusus, atau malah membeli speaker yang lebih bagus dan semuanya harus Anda bayar dengan mahal. Untuk sekedar mendengarkan musik tak perlu merogoh kocek lebih dalam untuk semua perangkat tersebut. Dengan menggunakan WinAmp kita bisa merubah keluaran suara musik dari speaker Anda menjadi lebih baik layaknya perangkat Hi-Fi yang mahal. Adalah Jammix Enhancer salah satu dari beberapa plugin WinAmp yang mampu merubah keluaran suara dari speaker Anda menjadi lebih berkelas hanya dengan beberapa setting.

Sebagai catatan plugin ini tak dapat digunakan di speaker laptop atau speaker lain yang berukuran kecil. Selain tak berpengaruh apapun, suara yang dihasilkan dengan speaker tersebut malah menjadi aneh untuk didengar. Penulis juga hanya memakai tape compo merek lokal ternama yang berumur lebih dari 10 tahun, dan hanya memakai plugin ini keluaran suara dari tape compo tersebut mampu memecahkan jendela kaca.

Apabila Anda juga menggunakan perangkat Hi-Fi atau tape compo sebagai keluaran suara dari PC, sangat disarankan untuk merubah setting equalizer ke posisi netral (searah garis lurus 0) karena akan berpengaruh dengan usia speaker itu sendiri.

Anda bisa mengunduh Jammix Enhancer di situs WinAmp di bagian plugin. Setelah menginstall Jammix buka WinAmp lalu ikuti langkah berikut ini:

1. Buka WinAmp Preferences, di bagian “Plug-ins” klik “DSP/Effect”

2. Di kolom “DSP/Effect” pilih Jammix Enhancer 031 lalu perhatikan tray icon yang terletak di Taskbar Windows Anda.

3. Klik logo speaker yang berwarna merah di tray icon yang akan menampilkan konfigurasi Jammix Enhancer.

Makin Asyik Menikmati Musik dengan WinAmp Image

Makin Asyik Menikmati Musik dengan WinAmp Image

Terdapat beberapa Presets yang tersedia di Jammix Enhancer ini Anda pun bebas mengubah setting Bass dan music. Konfigurasi yang tersedia di Jammix cukup banyak dari segi Bass Anda bisa mengatur Bass input low/hipass, Input filters resonancy, Bass AGC depth, Separation, Phatt Effect, Bass low/hipass, Resonancy, Bass Compression, dan Bass output.

Dan lebih banyak lagi konfigurasi untuk music, Anda tinggal memainkan sebuah musik dan atur sesuai dengan keinginan Anda. Setelah mendapat konfigurasi yang sesuai keluaran speaker Anda akan menjadi lebih baik dan memiliki suara bass yang mantap.

Masih banyak yang bisa dikostumisasi dari WinAmp, Anda tinggal masuk ke situs WinAmp dan mengunduh Plug-ins, Skin dan masih banyak lagi. Selamat mencoba!

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 309 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: