Arsip

Archive for 14 April 2012

[Renungan] Beda Orang Jepang dengan Indo di Berbagai Situasi

14 April 2012 1 komentar

Mau tau bedanya situasi & kondisi dalam berbagai situasi di Indonesia sama Jepang? Ini dia sebagian dari hasil riset saya, alias hasil celingak-celinguk kiri-kanan, atas-bawah, depan-belakang pengamatan saya ngeliatin tingkah orang Jepang dan orang Indonesia. Emang sih apa yang saya tulis gak bisa menggambarkan kondisi di seluruh Jepang maupun kondisi di seluruh Indonesia. Karena memang saya belum pernah sampe keliling ke seluruh pelosok Jepang, apalagi keliling Indonesia yang luasnya segede gambreng! Tapi ya lumayanlah buat bahan perenungan.

# KETIKA DI KENDARAAN UMUM #
Japan: orang2 pada baca buku atau tidur.
Indo: orang2 pada ngobrol, ngegosip, ketawa-ketiwi cekikikan, ngelamun, dan tidur.

# KETIKA MAKAN DI KENDARAAN UMUM #
Japan: sampah sisa makanan disimpan ke dalam saku celana atau dimasukkan ke dalam tas, kemudian baru dibuang setelah nemu tong sampah.
Indo: dengan wajah tanpa dosa, sampah sisa makanan dibuang gitu aja di kolong bangku/dilempar ke luar jendela.
# KETIKA DI KELAS #
Japan: yang kosong adalah bangku kuliah paling belakang.
Indo: yang kosong adalah bangku kuliah paling depan.
# KETIKA DOSEN MEMBERIKAN KULIAH #
Japan: semua mahasiswa sunyi senyap mendengarkan dengan serius.
Indo: tengok ke kiri, ada yg ngobrol. tengok ke kanan, ada yg baca komik. tengok ke belakang, pada tidur. cuman barisan depan aja yg anteng dengerin, itu pun karena duduk pas di depan hidung dosen!
# KETIKA DIBERI TUGAS OLEH DOSEN #
Japan: hari itu juga, siang/malemnya langsung nyerbu perpustakaan atau browsing internet buat cari data.
Indo: kalau masih ada hari esok, ngapain dikerjain hari ini!
# KETIKA DI MASJID HENDAK SHALAT JUMAT #
Japan: jamaah berebut duduk di shaf terdepan.
Indo: jamaah berebut nyari tempat PW (Posisi Wuenak) di deket tembok paling belakang biar bisa nyender/di bawah kipas angin biar gak kepanasan & tidurnya nyenyak.
# KETIKA TERLAMBAT MASUK KELAS #
Japan: memohon maaf sambil membungkukkan badan 90 derajat, dan menunjukkan ekspresi malu + menyesal gak akan mengulangi lagi.
Indo: slonong boy & slonong girl masuk gitu aja tanpa bilang permisi ke dosen sama sekali.
# KETIKA NONTON KONSER BAND #
Japan: walau konser band rock cadas sekalipun kayak Dai atau X-Japan, penontonnya tetap tertib & gak anarkis.
Indo: jangankan band rock, konser sekelas band Peter Pan yg lagunya cengeng aja sampe makan korban jiwa!
# KETIKA DI JALAN RAYA #
Japan: mobil sangat jarang (kecuali di kota besar). padahal jepang kan negara produsen mobil terbesar di dunia, mobilnya pada ke mana ya?
Indo: jalanan macet, sampe2 saya susah nyebrang & sering keserempet motor yg jalannya ugal-ugalan.
# KETIKA JAM KANTOR #
Japan: jalanan sepiiiii banget, kayak kota mati.
Indo: PNS pake seragam coklat2 pada keluyuran di mall-mall.
# KETIKA BUANG SAMPAH #
Japan: sampah dibuang sesuai jenisnya. sampah organik dibuang di tempat sampah khusus organik, sampah anorganik dibuang di tempat sampah anorganik.
Indo: mau organik kek, anorganik kek, bangke binatang kek, semuanya tumplek jadi 1 dalam kantong kresek.

# KETIKA BARANG ELEKTRONIK RUSAK #
Japan: langsung dibuang ke tempat sampah atau didaur ulang.
Indo: diservis! sayang kan beli mahal2, mana kreditnya belum lunas lagi!

# KETIKA BERANGKAT KE KAMPUS/SEKOLAH #
Japan: berangkat ke sekolah/kampus naik kereta/bus kota.
Indo: berangkat ke sekolah pake mobil babeh atau yg dibeliin pake duit babeh! tetep aja babeh2 juga…!
# KETIKA BERANGKAT KE KANTOR #
Japan: berangkat naik kereta/bus kota. mobil cuma dipake saat acara keluarga atau yg bersifat mendesak aja.
Indo: gengsi dooonk… masa’ naik angkot?!
# KETIKA JANJIAN BERTEMU #
Japan: ting…tong…semuanya datang tepat pada jam yg disepakati.
Indo: salah 1 pihak pasti ada dibiarkan sampai berjamur & berkerak gara2 kelamaan nunggu!
# KETIKA BERJALAN DI PAGI HARI #
Japan: orang2 pada jalan super cepat kayak dikejar doggy, karena khawatir telat ke kantor/sekolah.
Indo: nyantai aja cing…! si boss juga paling datengnya telat!
CATATAN: bukan bermaksud menjelek-jelekkan bangsa sendiri. saya pun sadar bahwa saya seorang Indonesia. tapi ini hanya sebagai bahan perenungan kita sebagai bangsa yang tentunya tidak mau terus terpuruk. Maju atau mundurnya suatu bangsa itu bukan dikarenakan sumber daya alam atau kecerdasan bangsanya semata, tapi lebih disebabkan oleh ATTITUDEalias sikapnya! bagaimana mau jadi juara kalau bersikap seperti pecundang? bagaimana mau jadi kaya kalau bersikap seperti orang miskin? di balik cerita ini semua, tentunya sangat banyak hal positif bangsa indonesia jika dibandingkan dengan jepang. tapi untuk apa membesar2kan semua itu jika hanya membuat kita besar kepala! terus-menerus dinina bobokan oleh ungkapan bahwa kita ini bangsa besar yg kaya sumber daya alamnya, tapi buktinya? jelas sekali bangsa ini ada masalah besar dalam hal ATTITUDE. makanya… ayo donk berubah!!! siapa lagi yang akan melakukan perubahan itu jika bukan dimulai oleh kita sendiri?! kapan lagi melakukan perubahan itu jika tidak dimulai sekarang juga?!

sumber

tak ingin berkhianat, Rp. 475 M pun di tolak [about Andrew Darwis]

 

Menurut data Alexa (The web information company) terbaru, Kaskus yang merupakan portal berita dan forum komunikasi itu menempati urutan enam dari daftar Top 100 Sites in Indonesia.

Kaskus ada di bawah deretan dominasi portal asing, yaitu facebook.com, google.co.id, google.com, yahoo.com, dan blogger.com. “Maka kaskus adalah situs Indonesia nomor satu,” ujar Andrew Darwis, founder sekaligus Chief Technical Officer (CTO) Kaskus Networks kepada INDOPOS (JPNN Grup).

Maka, tidak heran juga jika keberadaannya mulai dilirik para investor. Kaskus saat ini mendapat ‘serangan’ pemodal yang berminat berbisnis di sektor dunia maya. Sementara ini, penawar tertinggi adalah senilai USD 50 juta.

Tentu saja Andrew belum rela melepasnya dengan keyakinan bahwa setelah mendapat polesan lebih indah lagi dalam jangka waktu satu tahun setidaknya sudah bernilai ganda. “Tapi sebenarnya kemarin kalau ada yang berani USD 60 juta saja saya lepas,” kata pria kelahiran 20 Juli 1979 itu.

Andrew memiliki dana investasi untuk dialirkan di nadi perusahaan Kaskus dari hasil kerja di Amerika Serikat. Hampir 10 tahun pria yang biasa berinternet lebih dari delapan jam dalam sehari itu tinggal di Negeri Paman Sam.

Sebelum ke AS, dia sebetulnya sudah merasakan gajian dengan kerja paruh waktu di perusahaan Web Design di Jakarta. Ada dua perusahaan yang menggunakan jasanya, yaitu kemana.com dan indotradezone.com. Saat itu pada 1998, gajinya Rp 500 ribu, sehingga bisa membantu biaya kuliahnya di Jurusan Manajemen Informasi, Universitas Bina Nusantara.

Pada awal 1999, Andrew merasa butuh sekolah yang lebih fokus lagi, terutama yang bisa mendalami ilmu membuat website. “Tapi nggak ketemu di Indonesia. Sampai akhirnya teman yang sudah sekolah di Amerika kasih tahu bahwa ada di Seattle. Ya sudah saya keluar dari kampus di Jakarta, berangkat ke sana,” ulasnya.

Sambil kuliah untuk mendapat gelar sarjana di Art Institute of Seattle itu Andrew dipekerjakan di bagian perpustakaan kampus dan laboratorium komputer. “Tapi kerjanya nggak teknis komputer. Malah lebih ke beres-beres komputer, isi tinta dan kertas printer, ya begitu begitu saja,” ungkap pria yang matanya minus 1,5 itu.

Begitu kuliah selesai, Andrew mendapat pekerjaan di kota yang sama di perusahaan web design Thor Loki selama tiga tahun dengan gaji per bulan USD 1500. “Gajinya sebetulnya kecil. Karena standar gaji web design di sana itu minimal USD 3000. Tapi berhubung cari kerja susah ya saya ambil,” ujarnya.

Sambil bekerja, Andrew melanjutkan kuliah S2 di Seattle University Jurusan Computer Science. Setelah lulus, dia pindah kerja dengan membangun portal musik, lyrics.com. Otaknya hanya berdua, dia dan bosnya keturunan Vietnam yang sudah menjadi warga AS. “Di sini gajinya jauh lebih besar,” akunya.

Di tengah kesibukan bekerja dan menyelesaikan sekolah itu, Andrew tidak pernah lupa untuk tetap mengembangkan Kaskus sedikit demi sedikit. Sampai akhirnya pada 2008, dia merasa harus pulang dan fokus di Kaskus. “Sebenarnya saat itu kalau mau tinggal di Amerika sudah enak. Sudah punya pekerjaan. Walaupun gaji tidak besar, tapi cukup untuk kredit rumah dan mobil,” ulasnya.

Keyakinan bahwa Kaskus akan besar yang membuat Andrew akhirnya pulang juga. Terlebih dia juga diyakinkan oleh Ken dan Danny bahwa membernya di Indonesia terus meningkat.

Belum Pernah Pacaran, Lebih Fokus Komputer

KUNCI keberhasilan Andrew Darwis adalah fokus, giat, dan sungguh-sungguh bekerja. Betapa tidak, selama 10 tahun di Amerika Serikat (AS), dia hanya bergaul dengan bidang komputer dan internet tanpa pernah pacaran.

Menurut Andrew, ada untungnya juga kuliah di Seattle. Kota itu lebih sering mendung dan hujan, sehingga membuat banyak orang, terutama dirinya menghabiskan banyak waktu di dalam ruangan. Karena itu, Andrew manfaatkan untuk melampiaskan hobinya bermain komputer.

Selain itu, kata Andrew, Seattle juga tidak sedinamis seperti di Los Angeles (LA). Beberapa temannya di LA sering mengabarkan, bahwa tidak jarang waktu luang dihabiskan ke tempat hiburan. “Sedangkan di Seattle itu jarang ada klab atau tempat hiburan seperti di LA,” ungkapnya.

Jarang bersosialisasi di luar konteks belajar dan bekerja membuat tipis peluang Andrew mendapatkan kekasih. Dia mengaku belum pernah sekalipun jatuh cinta kepada perempuan selama di sana. “Teman ya ada. Tapi perempuan bule itu biasanya tidak tertarik dengan cowok Asia. Kalau cowok bule ke cewek Asia masih mungkin,” ujarnya.

Setiap ada waktu luang, Andrew lebih sering menghabiskan di tempat tinggalnya dengan menonton, bercerita dengan teman, atau bermain komputer lag. “Kebetulan tempat saya itu strategis, dekat ke kampus juga. Letaknya di tengah- tengah. Jadi teman-teman Indonesia yang ada di sana pasti nongkrong di tempat saya,” terangnya.

Andrew mengaku orang tuanya saat ini mulai sering bertanya dan mengingatkan agar tidak terlalu lama melajang. “Iya juga sih tapi calonnya belum ada,” katanya.

Sementara itu, Andrew sedang semangat berbicara kepada banyak orang terutama kalangan IT agar membuat terobosan baru di internet. Menurutnya, peluang berbisnis di dunia maya masih terbuka lebar. “Kalau bisa orang Indonesia itu hanya buka website lokal saja, jangan facebook terus,” pungkasya

Keajaiban Bahasa Sunda!!

14 April 2012 3 komentar

Aksara Sunda

Bahasa-bahasa manusia di seluruh dunia tidak ada yang ajaib seperti bahasa Sunda. Selain kosa-katanya sangat banyak, sangat unik, susah, ekspresi sastranya juga sangat kaya, di bawah ini adalah satu bukti lain. Bisa bahasa-bahasa lain di dunia membuat kalimat yang panjang hanya menggunakan satu huruf vokal yang sama? Silahkan menirunya kalau bisa dan memang tak akan bisa. Cerita pendek ini mudah-mudahan menghibur untuk merasakan  keajaiban bahasa Sunda, untuk melupakan hutang sejenak, mengobati sakit gigi atau puyeng gak punya duit, hehe …
_______________________

TUJUH DULUR

Moeflich Hasbullah

Tujuh dulur: Mumun, Uyun, Juju, Uu, Ucup, Sunu, Udung. Mumun pupuhu nu buburuhun, Juju nu purunyus, Uyun nu mulus ku bulu kumuut, Uu nu dusun, Ucup bungsu nu lungguh. Usum dukuh, tujuh dulur nu ukur buburuh tur tutulung, ngumpul. Subuh-subuh nu nuju tunduh tur lulungu, brul tujuh dulur tuturubun mulung dukuh ruhruy nyukcruk Gunung Guntur.

Dukuh nu nguntuy nguyupuk. Guludug ujug-ujug turun, gunung hurung. Runtuy dukuh nu uduh tur rumpuyuk ku dukuh buruk, runtuh. “Burusuuut … brrug!” dukuh murulu tujuh puluh tujuh rungkuy. Jrut Mumun murungkut mundur. Kudupruk Uyun ngusruk. Juju nyuuh, hulu nyusud, huntu puput. Ucup turun nurugtug. Suku Ucup nu budug lumur ku lukut. Sup Udung mubus nyumput, buuk kusut ngusruk luhur jukut. Suku Sunu nyucug cucuk, tuur nyurucud. Ucup nguntruk. Sunu kukulutus. Uu susungut. “Nurustunjung,” nu tujuh nguyung. Muru dukuh urung.

Kurunyung usum tutut. Gunung Guntur runggunuk. Curulung curug nyurucud. Gubug dusun runtut nyusun. Rungkun jukut tumuwuh jungjung. Kukupu rubung nguntuy. Mumun nu ujub ku gubug butut, susuguh tujuh dulur ukur ku kurupuk, bubur, cuhcur, kulub suuk tur udud surutu. Juju ukur muru kulub suuk, Uyun ukur kurupuk. “Prung” Mumun tutunjuk. “Cup, buru duruk tuh udud surutu!” Ucup mumul. Puguh Mumun ngutruk. “Nu, sundut tujuh surutu ku Sunu. Gugu!” “Sumuhun.” Sunu buru-buru nurut. Tujuh surutu hurung. “Puus …. Puus …!” nu tujuh udud luhur gubug Gunung Guntur.

Tujuh dulur guyub. Brul nyukcruk turun gunung muru tutut. Mumun ukur tutunjuk. Ucup nutur-nutur punduk tur bujur Mumun. Juju nu purunyus, ujug-ujug nyundut bujur Sunu tur bulu suku Udung ku udud hurung. Puguh Udung gugutrut. Bujur Sunu tutung: “Tuluung… tuluung…!” Nu tujuh gujrud. Puguh Mumun nu pupuhu ngutruk susungut.

Nunjuk bulu suku Udung nu hurung tur bujur Sunu nu tutung, suruntul Mumun nungtut Juju: “Cucunguk! Mundur! Nurut!” Ucup tungkul murungkut ku Mumun: “Sumuhun, sumuhun …” Ucup tumut tuluy mundur. Uu buru-buru ngurud bulu suku Udung nu tuus. Mumun nutup bujur Sunu nu tutung ku dudukuy Uyun. Tujuh dulur ukur murukusunu. Muru tutut luput.[]

 

sumber:

Kisah Renungan Pemuda Yang Mencari Tuhan

14 April 2012 1 komentar

Kisah Renungan Pemuda Yang Mencari Tuhan

Ada seorang pemuda yang lama sekolah di luar negeri, kembali ke tanah air. Sesampainya di rumah ia meminta kepada orang tuanya untuk mencari seorang guru agama, kiyai atau siapa saja yang bisa menjawab 3 pertanyaannya. Akhirnya orang tua pemuda itu mendapatkan orang tersebut, seorang kiyai.

Pemuda: Anda siapa Dan apakah bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan saya?
Kiyai: Saya hamba Allah dan dengan …izin-Nya saya akan menjawab pertanyaan anda.

Pemuda: Anda yakin? Sedangkan Profesor dan ramai orang yang pintar tidak mampu menjawab pertanyaan saya.
Kiyai: Saya akan mencoba sejauh kemampuan saya.

Pemuda: Saya ada 3 pertanyaan:
1.Kalau memang Tuhan itu ada,tunjukan wujud Tuhan kepada saya
2.Apakah yang dinamakan takdir
3.Kalau syaitan diciptakan dari api kenapa dimasukan ke neraka yang dibuat dari api, tentu tidak menyakitkan buat syaitan. Sebab mereka memiliki unsur yang sama. Apakah Tuhan tidak pernah berfikir sejauh itu?

Tiba-tiba kyai tersebut menampar pipi pemuda tadi dengan keras.

Pemuda: (sambil menahan sakit) Kenapa anda marah kepada saya?
Kiyai: Saya tidak marah…Tamparan itu adalah jawaban saya atas 3 pertanyaan yang anda ajukan kepada saya.

Pemuda: Saya sungguh-sungguh tidak mengerti.
Kiyai: Bagaimana rasanya tamparan saya?

Pemuda: Tentu saja saya merasakan sakit.
Kiyai: Jadi anda percaya bahawa sakit itu ada?

Pemuda: Ya!
Kiyai: Tunjukan pada saya wujud sakit itu!

Pemuda: Saya tidak bisa.
Kiyai: Itulah jawaban pertanyaan pertama…kita semua merasakan kewujudan Tuhan tanpa mampu melihat wujudnya.

Kiyai: Apakah tadi malam anda bermimpi akan ditampar oleh saya?
Pemuda: Tidak.

Kiyai: Apakah pernah terfikir oleh anda akan menerima tamparan dari saya hari ini?
Pemuda: Tidak.

Kiyai: Itulah yang dinamakan takdir.

Kiyai: Terbuat dari apa tangan yang saya gunakan untuk menampar anda?
Pemuda: Kulit.

Kiyai: Terbuat dari apa pipi anda?
Pemuda: Kulit.

Kiyai: Bagaimana rasanya tamparan saya?
Pemuda: Sakit.

Kiyai: Walaupun syaitan dijadikan dari api dan neraka juga terbuat dari api, jika Tuhan menghendaki maka neraka akan menjadi tempat yang menyakitkan untuk syaitan.

 

Inilah Foto Foto Aksi Bugil John Lennon dan Yoko Ono Yang Baru Ditemukan

Inilah Foto Foto Aksi Bugil John Lennon dan Yoko Ono 
Yang Baru Ditemukan

Foto bugil John Lennon dan Yoko Ono yang sangat langka baru-baru ini ditemukan. Foto nude John Lennon dan Yoko Ono yang diyakini asli tersebut rencananya akan dijual oleh pemiliknya.

Foto Bugil John Lennon dan Yoko Ono DilelangSebenarnya foto bugil John Lennon dan Yoko Ono itu tidak asing lagi. Foto tersebut digunakan pada album mereka ‘Unfinished Music No 1: Two Virgins’ pada tahun 1968. Namun, foto asli itu lebih lebar dari yang digunakan di cover album.

Seperti dilansir Daily Mail, Rabu (11/4/2012) pemilik foto itu menemukan foto bugil John Lennon dan Yoko Ono tersebut di loteng rumah ibunya yang sudah lama meninggal. Ia tertegun ketika menemukan foto itu dan tidak tahu bagaimana ibunya bisa mempunyai foto tersebut.

“Tidak ada yang tahu bagaimana foto itu ditemukan di Dorset. Pemilik foto telanjang John Lennon dan Yoko Ono itu menemukannya di loteng rumah ibunya yang sudah meninggal dan tidak tahu bagaimana ibunya mempunyai foto asli tersebut,” ujar perwakilan dari pihak pelelangan Matthew Denney.

undefined

Dua foto asli John Lennon dan Yoko Ono bugil depan dan belakang itu akan dilelang di Dorchester, Dorset. Foto tersebut akan dilelang dengan harga awal sebesar 700 poundsterling.

undefined
undefined

 

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 315 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: